4 Usaha Waralaba Minuman Kekinian Bermodal Kecil Terlaris

waralaba minuman teh poci via kertosono.net

waralaba minuman teh poci via kertosono.net

Kalau membicarakan sebuah usaha yang menjanjikan. Usaha waralaba minuman adalah jenis jualan yang paling menguntungkan. Karena modalnya relatif kecil namun memberikan margin yang lumayan besar dan hal tersebut adalah benar adanya.

Akan tetapi, banyak orang yang masih memandang rendah bisnis minuman. Mereka melihat bahwa minuman hanya bisa dijual dengan harga 2.000 sampai 5.000. Selain itu, ada anggapan bahwa bisnis waralaba minuman tidak bisa mendatangkan profit maksimal dengan harga segitu.

Padahal tidak demikian. Kalau Anda membelinya di warung kopi memang harganya segitu. Tapi jika Anda membelinya di franchise minuman kekinian tentu harganya beda lagi.

Waralaba minuman saat ini sudah dikemas dengan sangat modern mengikuti perkembangan jaman. Sasarannya tentu saja anak-anak muda generasi milenial.

Bahkan untuk ukuran minuman kemasan di pinggir jalan, satu gelas bisa dihargai Rp 5.000 – Rp 15.000 loh. Tak heran jika banyak pelaku usaha waralaba mendapatkan margin hingga 200%.

Kenapa harus bisnis waralaba minuman kekinian? Kenapa bukan makanan saja?

Saat Anda memulai usaha sendiri, Anda harus memperhatikan banyak hal seperti modal, resiko bisnis dan scale up bisnis yang mudah.

Jika Anda memilih usaha waralaba makanan apalagi makanan jadi. Margin Anda mungkin hanya sekitar 30% dan Anda memiliki resiko rugi yang lebih besar. Mulai dari resiko makanan yang basi, sewa tempat yang mahal, dan scale up bisnis atau pengembangan bisnis yang membutuhkan biaya yang banyak.

Berbeda jika Anda memilih waralaba minuman. Modal awal yang dibutuhkan lumayan kecil, mungkin hanya sekitar 4-7 juta saja. Dan itu sudah termasuk stand dan peralatan utama untuk berjualan.

Dengan margin hingga 200%, maka waktu balik modalnya bisa sangat cepat. Apalagi jika Anda bisa memilih tempat jualan yang strategis dengan biaya sewa yang kecil. Anda bisa balik modal hanya dalam waktu setengah bulan saja.

Scale up bisnisnya pun mudah dan murah. Scale up bisnis adalah memperlebar bisnis. Jika Anda ingin membesarkan usaha tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkan budget beberapa juta saja dan Anda sudah bisa membuka cabang lagi. Yang Anda butuhkan hanya karyawan yang jujur.

Wah, Enak ya… lalu waralaba minuman seperti apa yang tepat untuk saya?

Jika Anda memang sudah berniat untuk membuka waralaba minuman. Pertama Anda harus memilih jenis waralaba yang cocok untuk Anda sehingga memiliki potensi berkembang lebih cepat.

Ada beberapa waralaba yang bisa Anda pilih. Saya akan sekaligus mengulas tentang strategi berjualan khusus waralaba minuman yang bisa Anda gunakan. Sebagai dasar landasan bisnis minuman Anda.

1. Capucino Cincau Tempoe Doloe

waralaba minuman kopi via cappucinocincau.org

waralaba minuman kopi via cappucinocincau.org

Ini adalah salah satu waralaba dengan harga yang sangat murah. Dengan modal 2 juta saja Anda sudah bisa membeli waralaba cappucino cincau tempo doeloe. Menu yang dijual adalah minuman kopi dicampur dengan cincau.

Kelebihan waralaba ini apa?

Salah satu alasan kenapa saya merekomendasikan waralaba ini adalah karena ada banyak kelebihan.

Yang pertama adalah kemudahan pembuatan.

Yang Anda butuhkan untuk membuat minuman ini hanya bubuk kopi capucino, susu, cicau parut dan air.

Anda tidak perlu khawatir tentang bahan-bahan tersebut karena pihak waralaba akan mengirimkan bahan-bahan yang di butuhkan sesuai permintaan Anda. Untuk pemesanan waralaba yang pertama kali, Anda akan mendapatkan bahan baku secara gratis.

Namun jika bahan sudah habis, maka Anda bisa memesan ulang ke pihak waralaba, Akan tetapi, tentu saja kali ini Anda harus membayar karena sama seperti kulakan.

Baca juga : Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mudah Mengatasinya

Kelebihan kedua dari bisnis capucino cincau ini adalah keunikan

Cincau pada dasarnya adalah minuman yang sudah ada sejak jaman dulu. Namun dengan waralaba ini cincau dikemas dengan cara yang berbeda.

Cincau yang tergolong bahan minuman jaman dulu dipadukan dengan capucino yang merupakan jenis minuman masa kini yang biasanya tersedia di café tentu menjadi kombinasi yang sangat unik.

Hal ini bisa menarik minat calon pembeli untuk mencicipi rasa minuman ini. Jika lidah mereka cocok, maka mereka akan datang lagi dan menjadi pelanggan setia Anda.

Kelebihan ketiga dari waralaba ini adalah margin bisa hingga 100%

Kebanyakan minuman seperti ini di banderol dengan harga Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000. Tergantung tempat Anda membeli. Tentu saja harga di pinggir jalan dan di dalam Mall berbeda meskipun minuman yang dijual sama.

Tahukan Anda berapa modal untuk membuat minuman capucino cincau ini? Modalnya adalah sekitar Rp. 1.500 hingga Rp. 2.500 saja per gelas. Sementara Anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 5.000 sampai Rp.10.000.

Sangat tinggi bukan keuntungannya. Bayangkan jika Anda bisa menjual 100 cup dalam sehari. Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp. 250.000 setiap harinya. Lumayan besar bukan.

Baca juga : 12 Peluang Usaha Modal 500 Ribu Kebawah Bagi Para Pemula

Wah sangat menjanjikan ya?

Memang benar jika dibayangkan akan sangat menjanjikan. Tapi kenyataannya Anda harus memiliki strategi bisnis yang baik jika menginginkan untung yang banyak. Anda beruntung karena saya akan membagikanya kepada Anda di artikel bagian bawah.

2. Waralaba Minuman Teh Poci

Bisa dikatakan bahwa waralaba minuman teh poci adalah waralaba favorit saya diantara waralaba minuman yang lain.

Kok bisa begitu? Apa alasanya?

Yang paling pertama adalah karena pembuatannya sangat sangat sangat mudah. Karena yang dijual hanya ES TEH saja,

Saya yakin Anda pasti bisa membuat es teh? Anda hanya membutuhkan gula, teh, dan air saja dan es agar dingin. Sangat mudah

Apakah laku?

Laku berat…. Es teh adalah salah satu minuman yang paling banyak di mimum orang Indonesia. Sehingga es teh akan lebih laku dibandingkan dengan minuman olahan lain.

Lalu berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka franchise ini?

Untuk membuat franchise teh poci ini Anda membutuhkan modal 6,7 juta. Mungkin agak sedikit mahal tapi itu karena Anda akan mendapatkan peralatan komplit untuk berjualan.

Diantaranya adalah :

  • Meja Both jualan
  • Mesin sealer
  • Cooler box
  • Container teh 20 Liter
  • Thermos 10 Liter
  • Teko listrik
  • Saringan Teh
  • Sodet Kayu
  • Centong es
  • Banner
  • Dan bahan baku untuk berjualan.

Makanya harga franchise ini agak sedikit mahal. Namun jangan khawatir waralaba ini masih termasuk waralaba modal kecil jika dibandingkan dengan Baba Rafi yang modal awalnya saja sudah puluhan juta rupiah.

Baca juga : 8 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

3. Monster Ice Blend

Modal awal waralaba ini adalah 7 jutaan. Anda akan mendapatkan 300 porsi bahan baku yang bisa Anda jual Rp. 6.000 per porsinya. Selain itu, Anda akan mendapatkan both dengan kualitas yang sangat bagus dan eye catching.

Waralaba minuman ini masuk ke salah satu list karena memiliki keunikan yang tinggi dan potensi lakunya sangat bagus..

Sebenarnya Monster Ice Blend itu jualan apa sih?

Monster ice blend adalah minuman es blender dengan banyak varian rasa dan dengan toping yang lezat. Varian rasa yang bisa Anda jual salah satunya adalah rasa coklat dengan topping chococips diatasnya..

Minuman ini sangat cocok untuk dijual diarea sekolahan SMP dan SMA, kenapa ? karena anak SMP SMA suka jajan dan salah satu favorit mereka adalah minuman susu dengan banyak rasa.

Apalagi dengan Both jualan yang di desain dengan bagus pasti akan semakin menarik para pembeli untuk datang mencoba.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

4. Nyoklat Kress

waralaba minuman coklat via nyoklatkress.business.site

waralaba minuman coklat via nyoklatkress.business.site

Usaha waralaba selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah waralaba minuman coklat kress. Keunikan nyoklat kress dibandingkan waralaba lain adalah adanya sensasi krispi saat meminumnya.

Varian rasa yang disediakan lumayan lengkap, ada coklat hazlenut, tiramisu, choco banana, Original chocolate, coklat oreo, dan lain-lain.

Pembeli dijamin tidak akan bosan karena bisa mencoba rasa berbeda setiap kali membeli di lapak Anda.

Berapa modal untuk mengambil franchise ini?

Franchise ini harganya sekitar 2,9 juta. Sayangnya belum termasuk both namun jangan kuatir.. Anda bisa membeli both sendiri seharga Rp. 600.000 secara terpisah.

Keunggulan nyoklat kress sebenarnya ada di rasa minuman dan sensasi krispi yang ada di dalamnya. Yang sangat disukai oleh para remaja.

Baca juga : 7 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Usaha Agar Cepat Berkembang

Bagaimana cara meramaikan usaha waralaba dan menghindari kerugian?

Sesuai janji, saya akan memberikan strategi berbisnis waralaba minuman agar Anda tidak mengalami kerugian dalam menjalankan bisnis ini.

Asal Anda tahu, berdasarkan data dari Action Coach Indonesia, ternyata hampir 80% usaha di Indonesia lebih banyak tutup sebelum mencapai 5 tahun. Artinya apa?

Bisa jadi karena bangkrut atau sudah tidak bisa diteruskan. Apakah Anda mau seperti itu? Pasti tidak bukan, maka dari itu simak hingga akhir.

Pemilihan Lokasi Harus Bagus

Yang paling penting dalam bisnis waralaba minuman adalah pemilihan lokasi yang tepat. Sekali Anda salah menentukan lokasi berjualan, maka kemungkinan berkembangnya bisa sangat berbeda?

Lalu lokasi yang terbaik dimana?

Target market waralaba minuman paling potensial adalah remaja putri, khususnya minuman yang memiliki rasa-rasa. Untuk itu usahakan untuk memilih tempat yang dekat dengan kawasan sekolah dan mudah di jangkau dengan berjalan kaki. Jika bisa usahakan mencari tempat yang ada banyak sekolahan yang berdekatan.

Kalau tidak bisa mencari tempat seperti itu bagaimana?

Anda wajib mencari tempat seperti itu jika Anda ingin sukses. Namun jika memang Anda sudah mencoba dengan keras dan tidak menemukan tempat yang seperti itu, Anda bisa mencoba lokasi kedua.

Yaitu di pinggir jalan dimana siswi sekolah sering lewat untuk berangkat dan pulang, juga pergi untuk nongkrong bersama teman-teman mereka.

Buat Both yang Mencolok

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memiliki both atau banner yang mencolok dan bisa dilihat dari kejauhan. Karena tempat usaha yang mencolok akan lebih banyak dikunjungi daripada ditempat yang tidak begitu kelihatan.

Ada banyak cara untuk membuat Both waralaba minuman Anda mencolok. Bisa dengan menggunakan desain Both yang unik, atau bisa menggunakan banner yang besar. Selain itu Anda bisa juga menggunakan suara yang keras seperti musik agar orang sadar bahwa ada both waralaba minuman di pinggir jalan.

Mungkin pada pembelian awal paket waralaba. Anda tidak mendapatkan both yang mencolok. Namun Anda bisa memodifikasinya sendiri atau menambah sendiri banner dan dilengkapi dengan aksesoris tambahan.

Aktiflah di Sosial Media

Siswi SMP dan SMA adalah para milenial yang selalu membawa gadget. Bahkan kemungkinan siswi tersebut menggunakan gadget 3 sampai 5 jam dalam sehari. Biasanya yang mereka buka adalah facebook dan instagram.

Maka dari itu, Anda bisa mengenalkan dan mempromosikan waralaba minuman Anda melalui media tersebut.

Carilah grup facebook yang memiliki banyak anggota terutama siswi yang ada di sekitar waralaba Anda.

Promosikan usaha Anda setiap hari dan pastikan gambar yang ditampilkan bagus. Jika gambar Anda jelek, maka orang-orang tidak akan tertarik untuk datang membeli ke lapak Anda.

Baca juga : 15 Cara Promosi Produk Paling Efektif dan Terbukti Berhasil

Kesimpulan

Waralaba minuman adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin memulai usaha bermodal kecil. Karena hanya membutuhkan modal awal kecil dan memiliki tingkat ROI yang lebih besar dari makanan.

Pilihlah waralaba minuman yang paling sesuai dengan warga di sekitar lokasi Anda. Misalkan Anda berlokasi di sekolah SMA, maka Anda bisa memilih minuman susu rasa-rasa. Dan Anda bisa memilih waralaba teh jika orang-orang disekitar tempat Anda adalah orang umum.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan adalah cara Anda menyusun strategi berdagang. Buatlah strategi yang baik. Dan selalu ukur tindakan promosi Anda. apakah sudah maksimal atau harus ditingkatkan lagi. Dengan begitu Anda akan bisa meraih kesuksesan dari bisnis ini.

Selamat mencoba bisnis waralaba minuman kekinian !!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *