5 Daftar Sosial Media Terbaik untuk Jualan dan Promosi Bisnis

daftar media sosial terbaik untuk jualan online

Media Sosial Terbaik untuk Jualan dan promosi Bisnis – Kecanggihan teknologi saat ini membuat semua orang dengan mudah berkomunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan internet. Hal ini ternyata juga berimbas terhadap transaksi jual-beli dimana kita tidak perlu bertemu secara langsung ketika ingin membeli maupun berjualan.

Salah satu prasarana yang sering dimanfaatkan untuk jual beli secara online maupun melakukan promosi bisnis adalah dengan menggunakan media sosial. Pada awalnya situs jejaring sosial dibuat hanya untuk berbagi foto atau video dan mengirim pesan ke teman-teman online. Namun, karena semakin ramainya jual beli secara online, membuat media sosial juga dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.

Lalu manakah media sosial terbaik yang biasa dimanfaatkan para internet marketing untuk berjualan maupun promosi bisnis secara online?

Berikut ini kami rangkumkan 5 daftar media sosial terbaik untuk jualan dan promosi bisnis.

1. Facebook

jualan online di facebookFacebook adalah salah satu layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan didunia saat ini sejak peluncurannya tahun 2004. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg awalnya membuat Facebook hanya untuk bisa saling berkirim pesan dan berbagi foto maupun video.

Namun seiring berjalannya waktu, sekarang Facebook menjadi media untuk berjualan maupun melakukan promosi online. Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang Anda di Facebook.

Salah satunya Fan Page Facebook dimana Anda bisa mempromosikan segala hal tentang bisnis Anda. Cara membuat Fan Page pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu memiliki akun Facebook terlebih dahulu, kemudian carilah fitur Fan Page Facebook.

Buatlah nama sesuai dengan brand bisnis Anda. Setelah mengisi data secara lengkap, selanjutnya Anda tinggal rajin posting dan mempromosikan Fan Page Anda kepada pengguna Facebook lainnya sehingga memiliki banyak pengikut

Jika Anda ingin cepat mendapatkan tanggapan dari banyak orang, Anda tinggal memanfaatkan fitur Facebook Ads. Iklan berbayar Facebook ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan maupun untuk mendapatkan pengikut karena sangat tertarget.

Selain Fan Page, Anda juga bisa berjualan melalui grup Facebook. Grup Facebook adalah salah satu fitur di Facebook yang biasanya fokus membahas satu topik saja. Sehingga sangat pas sebagai media untuk promosi maupun berjualan.

Beberapa waktu lalu, Facebook juga meluncurkan fitur marketplace dimana fitur ini merupakan pasar online di Facebook. Anda bisa berjualan dengan bebas disana hanya dengan memposting foto produk yang akan Anda jual dan dilengkapi dengan deskripsinya.

Sampai dengan saat ini, Facebook masih menjadi media sosial terbaik untuk jualan online. Jadi, jika Anda belum pernah berjualan di Facebook, Anda bisa mencobanya sekarang.

Baca juga : 9 cara mendapatkan uang di Facebook

2. Instagram

instagramInstagram adalah media sosial yang fokus mengedepankan berbagi foto. Yang unik dari Instagram adalah memotong foto menjadi persegi. Hal ini berbeda dengan rasio 4:3 yang biasa digunakan oleh kamera. Di Instagram juga terdapat beberapa efek yang bisa digunakan untuk memperindah foto yang di posting.

Di Instagram, Anda bisa mengikuti dan diikuti oleh para pengguna Instagram lainnya. Semakin banyak follower Anda, maka foto yang Anda posting pastinya akan mendapat banyak tanda suka dan komentar. Maka tak heran, jika banyak publik figur seperti artis dan pejabat memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk berinteraksi dengan penggemar.

Hal ini ternyata juga berdampak dengan bisnis online. Dimana Instagram menjadi media sosial terbaik untuk jualan maupun mempromosikan bisnis. Apalagi Instagram juga menyediakan akun bisnis yang memang diperuntukan untuk keperluan bisnis.

Cara mendapatkan uang di Instagram tidak memulu harus berjualan produk saja, ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda bangun dan menghasilkan banyak uang di Instagram. Syaratnya tentu saja Anda harus memiliki follower dalam jumlah banyak.

Jika Anda ingin fokus berjualan, Anda hanya perlu memposting banyak foto produk dan melakukan strategi promosi di Instagram. Misalnya dengan memanfaatkan Instagram Ads, jasa endorse, paid promote dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak 12 cara jualan di Instagram untuk pemula

3. Twitter

twitter media sosial terbaik untuk jualanMedia sosial terbaik ketiga untuk berjualan online ialah Twitter. Memang media sosial yang satu ini tidak segemerlap Facebook dan Instagram dalam kegiatan jual beli online. Namun jika Anda bisa menemukan pengikut yang tertarget, melakukan jualan maupun pemasaran di Twitter juga sangat menjanjikan.

Salah satu kisah pengusaha sukses Indonesia bernama Reza Nurhilman. Pemuda asal kota bandung ini sukses berjualan “kripik setan maicih” dengan memanfaatkan media sosial Twitter. Dengan mentarget penggemar keripik di Twitter, Reza berhasil menjual ratusan kripik per harinya di Twitter.

Dari kisah diatas, ada beberapa cara untuk memasarkan bisnis dan produk Anda di Twitter yaitu memperbanyak follower tertarget, mengirimkan twett secara kontinyu, menyewa buzzer untuk promosi atau Anda bisa juga saling promosi dengan akun twitter bisnis lainnya.

Simak juga : 15 situs jual beli online terbaik dan terpercaya

4. Youtube

youtubeYoutube dikenal sebagai jejaring sosial berbagi video secara gratis. Di situs ini, Anda bisa menemukan berbagai macam video sesuai dengan kategori. Anda juga bisa memberikan tanda like atau dislike, membagikan dan mengomentari video yang ada disana.

Karena mudahnya pemahaman orang dalam menonton video dibandingkan baca artikel, Youtube bisa menjadi salah satu tempat yang cocok untuk berjualan online maupun mempromosikan bisnis Anda.

Apalagi tidak sulit untuk membuat video di Youtube. Kalaupun Anda tidak memiliki kamera, Anda bisa menggunakan smartphone untuk merekam jualan produk Anda. Selanjutnya Anda tinggal mengunggahnya di akun Youtube Anda.

Baca juga : Begini cara menjadi youtuber yang sukses dan terkenal

5. Pinterest

pinterestPinterest hampir mirip dengan Instagram dimana lebih fokus sebagai media sosial yang mengedepankan berbagi foto. Di situs tersebut, Anda bisa mengunggah foto-foto terbaik Anda sehingga jika Anda memiliki produk yang akan dijual, tentu akan sangat tepat memamerkan foto produk Anda di Pinterest.

Agar banyak yang tertarik dengan produk Anda, sebaiknya desainlah foto Anda semenarik mungkin sehingga ketika ada orang yang sedang scroling di Pinterest, akan langsung tertarik dan membuka foto kiriman Anda.

Itulah 5 daftar media sosial terbaik untuk jualan maupun promosi bisnis secara online. Nah, bagi anda yang ingin menjual produknya secara online, cobalah untuk memanfaatkan situs-situs tersebut agar produk anda semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *