5 Jenis Alat Olahraga yang Bisa Anda Pakai di Rumah

ilustrasi alat olahraga di rumah by pixabayAda banyak sekali jenis alat olahraga yang bisa kita gunakan untuk berolahraga. Setiap jenis alat olahraga memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan pilihan olahraga yang anda lakukan. Jika anda sudah menentukan olahraga apa yang ingin anda lakukan, maka anda bisa langsung membeli beragam perlengkapan olahraga untuk digunakan.

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika olahraga tersebut dilakukan di pagi hari misalnya seperti lari pagi. Banyak sekali manfaat lari pagi yang bisa anda dapatkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Olahraga adalah salah satu kebiasaan gaya hidup sehat yang harus diterapkan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak bisa melakukan olahraga secara rutin. Hal ini bisa disebabkan karena memang malas berolahraga atau karena kesibukan sehari-hari yang padat sehingga membuat anda tidak sempat berolahraga.

Bagi anda yang merasa kesulitan meluangkan waktu untuk pergi olahraga atau malas kalau harus pergi olahraga di gym, anda bisa berolahraga di rumah.

Berolahraga di rumah pasti akan menyenangkan untuk dilakukan. Keuntungan lainnya anda tak perlu meluangkan banyak waktu dan anda bisa melakukan aktivitas olahraga dalam posisi relaks.Lakukanlah gerakan olahraga ringan di dalam rumah untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Misalnya seperti lari ditempat, push up, sit up, squat bahkan senam aerobik.

Tapi, terkadang anda pasti merasa bosan jika hanya melakukan gerakan olahraga seperti itu terus. Oleh sebab itu, variasikan gerakan dengan memanfaatkan alat-alat olahraga agar aktivitas olahraga anda seperti sedang berolahraga di gym. Toh, harga alat-alat olahraga juga tidak mahal.

Kali ini kita akan membahas pilihan jenis alat olahraga yang bisa anda pakai untuk berolahraga di dalam rumah.

Inilah dia 5 jenis alat olahraga yang bisa membantu anda berolahraga di dalam rumah :

1. Tali Skipping

ilustrasi alat olahraga skipping by pixabayTali skipping merupakan alat yang bisa digunakan untuk melakukan lompat tali atau skipping. Menggunakan skipping bisa menjadi aktivitas olahraga yang sederhana dan sangat menyenangkan. Disamping itu, tali skipping memiliki manfaat yang begitu banyak.

Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berolahraga menggunakan tali skipping antara lain bisa memperkuat otot kaki, membakar lemak di dalam tubuh anda, meningkatkan kinerja otak dan menambah tinggi badan bagi anda yang masih dalam masa-masa pertumbuhan.

Cara melakukan olahraga menggunakan skipping pun sangat mudah. Pertama-tama anda mulailah dengan berdiri tegak sambil kedua tangan memegang ujung tali. Posisikan tali dibelakang kaki. Selanjutnya anda tinggal ayunkan tali kedepan dan melompatlah sebelum tali tersebut mencapai ujung kaki depan.

Untuk tahap awal, lakukanlah sesuai dengan kemampuan. Misalnya 20 kali lompatan berhenti. Jika anda sudah terbiasa, dalam beberapa hari anda mungkin sudah bisa melakukan lompatan menggunakan skipping sebanyak 200 hingga 300 kali tanpa henti.

2. Matras Yoga

Salah satu jenis olahraga yang sedang tren ialah yoga. Yoga merupakan jenis olahraga yang banyak diminati karena bisa membuat pikiran menjadi lebih relaks. Sangat banyak manfaat gerakan yoga bukan hanya dari segi kesehatan fisik saja. Namun juga untuk kesehatan mental.

Lebih menyenangkan lagi olahraga ini juga bisa dilakukan dirumah. Salah satu alat yang anda perlukan adalah matras yoga. Matras yoga digunakan sebagai alas ketika anda sedang melakukan yoga.

Matras ini dipakai sebagai pijakan ketika anda melakukan gerakan-gerakan yoga. Matras yoga ini juga bisa membuat tubuh anda merasa nyaman selama melakukan yoga dan mencegah tubuh anda tergelincir.

3. Dumbell

Bagi anda yang suka dengan olahraga berat untuk menambah masa otot, namun tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym. Maka solusinya ialah menggunakan dumbell. Dumbell merupakan alat angkat beban seperti barbel namun dalam versi mini. Dumbell memiliki berat yang bervariasi mulai dari 0,5 kg sampai 10 kg.

Dumbell menjadi alat olahraga yang tepat untuk digunakan jika anda ingin membentuk otot lengan dan bahu anda. Mulailah dengan dumbell yang paling ringan kemudian tingkatkan secara berkala. Disamping itu, anda harus rutin melakukan setiap gerakan menggunakan dumbell agar otot lengan dan bahu anda terbentuk dengan baik.

4. Resistance Band

Jenis alat olahraga lain yang memberikan banyak manfaat ialah resistance band. Resistance band sendiri adalah alat olahraga berupa seutas tali yang elastis. Resistance band memiliki elastisitas yang berbeda-beda mulai dari yang rendah sampai tinggi.

Silakan mulai dengan resistance band yang elastisitasnya paling rendah kemudian tingkatkan secara bertahap. Alat ini bisa anda gunakan untuk membantu proses pembentukan otot menjadi lebih maksimal. Mulai dari otot-otot dibagian tangan, kaki dan perut akan berkontraksi saat anda mencoba meregangkan tali elastis ini.

Sehingga tulang dan otot-otot tubuh anda menjadi lebih kuat. Walaupun kelihatanya mudah, olahraga menggunakan alat ini nyatanya membutuhkan energi yang cukup banyak.

Sehingga pada tahap awal, jangan anda terlalu memaksakan. Lebih baik lakukan gerakan dasar terlebih dahulu dengan hitungan 10-20 kali dalam satu kali gerakan. Karena jika tarikan yang anda lakukan salah, kadang bisa membuat cedera otot..

5. Ketel

Alat fitnes lain yang sangat direkomendasikan untuk kegiatan olahraga di rumah ialah ketel. Ketel atau Kettlebell adalah alat olahraga yang berbentuk bola besi kemudian ada pegangan di bagian atasnya.

Ketel bisa digunakan dengan cara diangkat maupun di ayunkan. Ketel juga menjadi pilihan alat yang tepat untuk dipakai jika anda ingin memperkuat otot lengan anda. Sebagai perhatian, pastikan anda berhati-hati ketika menggunakan alat ini agar tidak terjadi cedera.

Itulah tadi 5 jenis alat olahraga yang bisa anda gunakan untuk berolahraga di rumah. Anda bisa membeli beragam jenis alat olahraga di toko online Bukalapak. Bukalapak menawarkan banyak sekali pilihan produk perlengkapan olahraga mulai dari perlengkapan olahraga untuk dipakai di rumah hingga perlengkapan sepak bola dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *