ilustrasi mengelola SDM melalui aplikasi HR

5 Kemudahan Mengelola SDM Melalui Aplikasi HR

Mengelola sumber daya manusia merupakan hal yang wajib dilakukan setiap jajaran HRD di sebuah perusahaan. Bagaimana tidak? Semua proses produksi dalam perusahaan akan dipengaruhi kualitas SDM. Namun, tidak jarang pula HRD menemukan berbagai kendala dalam pengelolaan SDM, khususnya jika jumlah karyawan mulai bertambah. Jika sudah begini, ada baiknya HRD memanfaatkan aplikasi HR.

Aplikasi HR adalah sebuah perangkat lunak canggih yang dapat memproses, menyimpan, dan mengelola segala informasi karyawan lebih mudah dan cepat. Dengan begitu, berbagai tugas administrasi HRD bisa diselesaikan lebih cepat. Lalu, apa yang dapat Aplikasi HR lakukan?

1. Mengelola Penggajian dengan Akurat untuk Banyak Karyawan

Penggajian adalah kewajiban perusahaan terhadap karyawan yang seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, proses penggajian terkenal cukup rumit dengan adanya banyak komponen dan informasi yang harus diurus. Belum lagi kendala dalam regulasi penghasilan.

Adanya aplikasi HR dapat membantu perusahaan dalam mengelola penggajian lebih akurat. Sehingga tidak ada lagi salah hitung atau informasi karyawan yang tertukar. Tidak hanya itu, aplikasi HR juga mampu menyimpan data penggajian karyawan jauh lebih aman dibandingkan cara manual.

Baca juga: Job Evaluation: Metode Analisis Bobot Kerja Karyawan

2. Penilaian Kinerja Sistematis

Penilaian kinerja merupakan salah caru cara HRD untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas karyawan secara kontinu. Baik pihak manajerial maupun staf akan bersama-sama menilai kinerja satu sama lain kemudian merencanakan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja.

Dalam hal ini, HRD berperan besar untuk menyukseskan penilaian kinerja. Menggunakan aplikasi dapat membuat sistem penilaian kinerja menjadi jauh sistematis.

3. Laporan Otomatis

Ada berbagai macam laporan yang dibutuhkan HRD untuk mengelola karyawan, contohnya adalah laporan penggajian, laporan absensi, laporan penilaian kinerja, dan sebagainya. Semua laporan tersebut akan digunakan untuk evaluasi dan perencanaan soal tenaga kerja di periode mendatang. Bayangkan jika HRD harus merekapitulasi semua data menggunakan cara konvensional, tentu akan memakan waktu lama bukan?

Kini, berkat adanya aplikasi HR, HRD tidak perlu lagi menghabiskan waktu lama dalam menyusun laporan. Aplikasi HR dapat memproses laporan dengan otomatis. Tampilan dari laporan tersebut bahkan bisa disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan user.

4. Penyimpanan Terpusat

Informasi dan data karyawan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga kerahasiaannya. Hal ini berguna untuk mencegah manipulasi atau penyalahgunaan data. Umumnya HRD sering merasa kesulitan ketika hendak menyimpan data karyawan. Akan tetapi, aplikasi HR dapat menyimpan data karyawan dengan aman dan rahasia dalam satu penyimpanan terpusat yang didukung oleh cloud based server.

Baca juga : 10 Cara jitu meningkatkan semangat kerja

5. Perencanaan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Program pelatihan dan pengembangan karyawan menjadi salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kinerja karyawan. Diharapkan karyawan dapat meningkatkan kemampuannya sesuai kebutuhan perusahaan. Program pelatihan dan pengembangan karyawan harus dirancang sematang dan sedetail mungkin agar implementasinya lebih tepat guna.

Aplikasi HR dapat mewujudkan hal ini dengan mudah. Dengan penggunaan aplikasi, HRD bisa menyusun perencanaan mulai dari jenis pelatihan, sesi, pelatih, karyawan yang wajib mengikuti program, kurikulum, dan sebagainya. Bahkan HRD juga bisa memantau hasil dari pelatihan dan membuat laporannya.

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi HR dan bagaimana kemudahan yang ditawarkan aplikasi HR. mungkin banyak perusahaan yang masih bingung bagaimana cara menemukan aplikasi yang paling cocok. Salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan perusahaan adalah aplikasi HR dari LinovHR. Sebab, LinovHR sudah banyak dipercaya klien sebagai konsultan HRD terbaik di Indonesia.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda!

 
Next Post

12 Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Agar Menjadi Orang Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *