usaha rumahan

5 Peluang Usaha Rumahan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa bekerja mencari uang? Dengan menjalankan usaha rumahan, penghasilan bisa didapatkan. Lantas, apa saja bentuk usaha itu?

Sebagai ibu rumah tangga, Anda pasti kerap disibukkan dengan urusan rumah. Seperti memasak, mencuci dan bersih-bersih. Di mana itu cukup memakan banyak waktu dan tenaga. Hingga tidak memiliki kesempatan bekerja di luar mencari uang.

Namun kini hal itu tidak lagi menjadi penghalang. Meski hanya di rumah, ibu tetap bisa berbisnis mencari uang. Menjalankan usaha sendiri yang lebih menguntungkan.

Keuntungan Membuka Usaha Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Saat sudah berumah tangga, banyak wanita memilih berhenti dari pekerjaannya. Alasan utamanya agar ia dapat fokus mengurus rumah. Namun tak dipungkiri, hal itu kadang memunculkan rasa bosan. Karena itulah mereka mencari kesibukan lain.

Salah satunya dengan membuka usaha rumahan. Selain untuk mengisi kegiatan, itu bisa juga menghasilkan uang. Jadi tak heran jika usaha ini banyak dilakukan. Apalagi bagi ibu rumah tangga, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, seperti:

  1. Bisa Bekerja Sambil Mengurus Keluarga

Karena pekerjaannya di rumah, maka Anda tidak perlu keluar. Itu artinya, Anda bisa bekerja sambil menyelesaikan urusan rumah. Seperti sambil membereskan pekerjaan rumah dan mengurus anak.

Dengan membuka usaha di rumah, Anda bisa membagi waktu. Antara rumah dan pekerjaan sama-sama bisa dilakukan. Sehingga keduanya bisa dijalankan tanpa harus ada yang dikorbankan.

  1. Waktu Kerja yang Fleksibel

Dalam usaha ini, waktu kerja sangat fleksibel. Bisa dimulai kapanpun, begitu juga jam tutupnya. Yang penting, atur waktu sebaik mungkin dan bersikaplah disiplin. Supaya kinerja usaha tidak menjadi kacau.

Anda bisa sesuaikan waktu kerja dengan waktu luang. Tidak perlu khawatir telat atau pulang malam. Tidak itu saja, Anda juga dapat bebas saat bekerja di rumah. Karena di sini Anda adalah bosnya.

  1. Hemat Ongkos

Bekerja di rumah berarti tidak perlu kemana-mana. Itu artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos setiap hari. Baik untuk pulang pergi kantor atau jajan di luar. Sebab Anda yang memang berada di rumah sendiri.

Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Tidak semua usaha bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Kesibukan mengurus rumah cukup membatasi mereka dalam bekerja. Tidak heran jika usaha kelas rumahan seakan menjadi angin segar. Sebab dapat dijalankan sambil tetap mengatur rumah.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka usahanya, berikut beberapa peluang usaha yang bisa dicoba:

1. Bisnis Makanan

Bagi ibu rumah tangga, memasak adalah hal mudah. Itu bisa dimanfaatkan juga menjadi modal usaha. Anda bisa berkreasi menciptakan makanan dan membuka usaha kuliner. Mulai dari makanan jenis berat hingga ringan.

Opsinya, Anda bisa membuka jasa catering atau warung makan sederhana. Bisa juga berbisnis camilan, dengan membuka toko kecil-kecilan. Seperti menjual kue kering, snack, cupcake dan dessert.

Semua kegiatan usaha ini dapat dijalankan di rumah. Apalagi jika disediakan jasa pesan antar. Usaha rumahan ini bisa sangat menguntungkan.

2. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha ini terbilang cukup mudah dan murah. Terlebih bagi ibu rumah tangga, ini mungkin sangat menyenangkan. Bisa untuk menyalurkan hobi sekaligus sumber penghasil uang.

Ada banyak kerajinan tangan yang bisa Anda buat. Misalnya gelang, kalung, bros dan hiasan. Atau kerajinan unik dari barang tidak terpakai. Seperti lampu meja dari batok kelapa, tas anyaman dan lainnya.

3. Toko Kelontong

Ide lainnya, Anda bisa membuka usaha toko kelontong. Memanfaatkan kawasan depan rumah sebagai lokasi toko. Jadi tidak perlu sewa tempat juga tidak perlu meninggalkan rumah.

Sementara untuk barang dagangan bisa diisikan sembako. Bisa juga dilengkapi barang kebutuhan harian. Serta beberapa barang keperluan lainnya.

Usaha ini memang paling pas bagi ibu rumah tangga. Karena jam buka yang bisa disesuaikan. Serta tidak akan mengganggu pekerjaan rumah. Sambil menunggu pembeli datang, urusan rumah bisa diselesaikan.

4. Jasa Laundry

Jika punya mesin cuci di rumah, Anda bisa buka usaha laundry. Target pasarnya bisa tetangga dan orang sekitaran kompleks. Utamanya mahasiswa dan pekerja kantoran yang sibuk. Ini bisa ladang penghasilan menjanjikan di rumah.

Membuka usaha laundry tidak butuh keahlian khusus. Anda bisa tawarkan jasa laundry seperti cuci kering, cuci setrika dan lainnya. Yang penting, hasil laundry harus memuaskan konsumen. Memastikannya bersih, rapi dan wangi.

5. Jasa Penjahit

Bagi yang memiliki keahlian menjahit, usaha ini bisa dipilih. Pekerjaannya bisa dilakukan di rumah. Sehingga cocok bagi ibu yang punya anak kecil. Karena bisa dikerjakan sambil memantau anak bermain.

Tidak hanya menawarkan jasa menjahit pakaian. Anda bisa juga menjahit tirai, seprai, selimut atau jasa permak. Yang penting, kualitas jahitan pastikan rapi dan bagus. Sehingga usaha akan ramai didatangi pengunjung.

Itulah beberapa ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Dengan bekerja di rumah, tidak perlu khawatir urusan rumah akan terabaikan karena bekerja. Karena dua hal itu bisa dikerjakan bersama-sama.

Previous Post
usaha sablon digital
Bisnis Online

Peralatan Wajib Ada Dalam Memulai Usaha Sablon Digital

Next Post
franchise makanan
Bisnis Online

Caranya Membuka Usaha Franchise Makanan Yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *