5 Strategi Jitu Membangun Jaringan Bisnis Paling Efektif

strategi membangun jaringan bisnis

Membangun Jaringan Bisnis – Membangun sebuah bisnis bukan hanya berbicara tentang produksi saja. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan jika ingin bisnis yang Anda jalankan menjadi besar dan dikenal banyak orang.

Bagi Anda yang bergelut di sebuah produk yang ingin di jual. Selain Anda harus menciptakan produk yang berkualitas, Anda juga mesti melakukan strategi pemasaran produk, mempromosikan produk serta membangun jaringan bisnis untuk memperbesar bisnis Anda.

Percuma Anda memiliki produk yang bagus jika tidak dipasarkan sama sekali. Pemasaran tidak akan berjalan sukses tanpa sebuah promosi untuk memperkenalkan produk tersebut.

Disamping itu, Anda juga harus membangun jaringan atau networking. Karena bisnis akan sulit berjalan tanpa bantuan dari pihak lain.

Pengertian Jaringan Bisnis

Dikutip dari Wikipedia, jaringan bisnis adalah suatu kegiatan sosial ekonomi dimana para pelaku bisnis mencoba saling mengenali, menciptakan dan bertindak atas peluang bisnis yang ada.

Bisa juga diartikan suatu proses membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan dengan pebisnis lain dan juga calon konsumen atau pelanggan.

Biasanya para pebisnis hebat yang sukses, mereka semua memiliki jaringan bisnis yang hebat. Memiliki banyak kenalan para investor besar, berhubungan dengan instansi besar dan para pejabat.

Membangun jaringan bisnis yang benar sama saja dengan memperbesar usaha dan kemungkinan Anda menjadi lebih sukses.

Rekomendasi Artikel : 

10 Langkah merintis usaha sendiri dari nol

Manfaat Membangun Jaringan Bisnis

Apa sih manfaat dari sebuah jaringan bisnis?

Manfaat pertama adalah Anda bisa memperbesar jangkauan penjualan Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki usaha pabrik sepatu. Apabila Anda memiliki banyak kenalan kepala sekolah, instansi pemerintah atau para pedagang di kota lain, tentu Anda bisa menjual sepatu Anda pada mereka.

Anda tidak bisa menjual barang Anda sendirian jika ingin mendapatkan banyak keuntungan. Bayangkan jika Anda memiliki 100 jaringan bisnis. Anda bisa menjual 100 kali lebih banyak daripada Anda menjualnya sendirian.

Manfaat kedua adalah bisa mendapatkan investor. Jika Anda memiliki kenalan bos besar atau pejabat besar yang kaya raya. Anda bisa menawarkan kerjasama untuk menjadi investor di perusahaan Anda.

Jika mereka setuju, masalah modal adalah masalah kecil di usaha Anda nantinya. Anda tidak perlu hutang ke bank atau mengumpulkan modal sendirian.

Baca juga : 11 Cara mudah mencari modal usaha untuk bisnis anda

Lalu bagaimana strategi membangun jaringan bisnis yang benar untuk memperbesar usaha Anda? Berikut ulasannya.

1. Jadilah Ahli di Satu Bidang Tertentu dan Perbanyak Sharing

sharing di media sosialAda banyak cara membangun jaringan bisnis untuk memperlebar sayap bisnis Anda di mata orang lain. Salah satunya dengan metode sharing.

Sharing adalah membagikan ilmu yang sangat bermanfaat kepada orang lain. Bisa dengan cara online atau pun offline. Namun sebelum sharing sesuatu, pastikan Anda menguasai topik tersebut terlebih dahulu.

a. Sharing Secara Online

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa semakin banyak Anda sharing, maka jaringan bisnis Anda akan semakin besar. Ada sebuah contoh yang bisa Anda tiru.

Ada seorang pengusaha yang cukup terkenal saat ini bernama Arli Kurnia. Dia mendapatkan jaringan bisnis yang luar biasa dengan cara sharing ilmunya melalui media Youtube.

Ali kurnia hampir setiap hari memposting tips bisnis melalui youtube dan telah diikuti oleh lebih dari 150.000 orang. Bayangkan jika 1% saja mau menjadi jaringan bisnisnya.

Berarti ada 1500 orang jaringan bisnis online yang dia dapatkan dari sana.

Jika Anda hanya sharing 1 kali seumur hidup maka orang tidak akan mengenal Anda.

Namun jika Anda sharing ratusan kali dengan ilmu yang sangat bermanfaat. Maka akan semakin banyak orang yang mengenal Anda dan mau membangun bisnis bersama Anda.

Rekomendasi Artikel : 

15 Cara promosi produk paling efektif dan terbukti berhasil

b. Sharing Secara Offline

Selain secara online, Anda juga bisa sharing secara offline. Misalnya Anda ahli dalam membuat kerajinan tangan. Anda bisa membuat perkumpulan atau kelas kerajinan tangan di kota Anda secara gratis.

Jika Anda mendapatkan 50 orang yang mau belajar, maka Anda mendapatkan 50 jaringan bisnis baru.

Anda bisa menjual bahan untuk membuat kerajinan pada mereka. Anda juga bisa membeli hasil kerja mereka. Kemudian Anda jual dengan harga yang lebih tinggi pada pecinta kerajinan tangan di tempat lain.

Dalam kegiatan sharing ini, pastikan ilmu yang Anda sharing sangat bermanfaat dan memberikan dampak yang baik pada orang lain.

Anda bisa mempelajari bagaimana cara pebisnis produk MLM membangun jaringan bisnis MLM mereka. Mereka tidak hanya memberikan produk pada mitra yang bergabung. Tapi juga memberikan dan mengajarkan ilmu mereka dalam berjualan maupun merekrut mitra baru.

Semakin banyak orang mengikuti Anda dan sukses, maka Anda juga akan semakin sukses tentunya.

Baca juga : 26 Usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

2. Sering Pergi Ke Event

Hal ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal pada event atau seminar, terdapat banyak orang sukses yang memiliki minat yang sama.

Pak Tung Desem Waringin, salah satu motivator terbaik di Indonesia pernah mengajarkan kepada saya untuk datang ke event atau seminar dan mencari kenalan di sana.

Caranya adalah ikuti seminar bisnis dengan harga yang mahal. Jika harganya mahal maka yang ikut juga orang-orang yang kaya.

Saat di sana, berkenalanlah dengan banyak orang sekaligus. Anda bisa menyiapkan 100 kartu nama dengan usaha dan keahlian Anda tertera disana. Berikan ke semua orang yang ada di seminar tersebut. Bicaralah dan jalin hubungan secara langsung dengan mereka. Tukarlah kartu nama atau Anda bisa meminta kontak mereka.

Jika ada satu saja pengusaha besar yang tertarik dengan usaha Anda, maka kemungkinan usaha Anda untuk bisa tumbuh akan lebih besar.

3. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pengusaha yang Anda Kenal

membangun jaringan bisnis onlineApabila Anda sudah mendapatkan banyak kenalan di seminar tersebut, gantilah hubungan secara berkala melalui jaringan telepon atau Whatsapp.

Anda bisa sekedar menanyakan kabar atau pertanyaan soal bisnis mereka. Jika bisa, bantulah kepentingan mereka.

Komunikasi tidak hanya sebatas melalui jaringan telepon. Anda juga bisa berkomunikasi secara langsung dengan mengundang makan malam atau mengundang mereka hadir di acara Anda.

Semakin banyak Anda berkomunikasi, maka akan semakin dekat hubungan Anda dengan relasi Anda. Yang berarti, kemungkinan mereka untuk bisa diajak bekerja sama semakin tinggi.

Baca juga : 6 Tahapan membuat perencanaan usaha agar cepat berkembang

4. Bergabung dengan Sebuah Komunitas

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membangun jaringan bisnis adalah bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan kepentingan Anda. Misalkan Anda adalah pengusaha baju, maka carilah komunitas pengusaha baju juga.

Anda bisa bergabung di grup Facebook yang khusus membahas tentang bisnis baju. Siapa tahu disana Anda akan menemukan partner kerja yang siap menjualkan baju Anda.

Selain itu, ketika Anda sedang berkumpul di suatu komunitas atau forum, jadilah orang yang proaktif. Jangan hanya berdiam diri dan sekedar ikut-ikutan saja.

Akan lebih bagus jika Anda yang mengawali dan mengajak sesama anggota forum untuk berkenalan, sering bertanya dan membantu memberikan jawaban ketika Anda mampu untuk menjawab.

Meskipun bersikap proaktif, tapi Anda jangan terlalu berlebihan. Misalnya menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi atau pertanyaan tidak nyambung dengan apa yang dibahas di forum tersebut.

Tetap jaga etika berkomunikasi seperti jangan suka menyela pembicaraan orang lain dan dengarkan ketika pembicara didepan sedang menerangkan suatu hal.

Baca juga : 7 Tips memilih jenis usaha yang cocok untuk pemula

5. Jangan Takut Mendapat Penolakan

Membangun jaringan bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Adakalanya Anda akan mendapat penolakan dari orang yang Anda ajak untuk menjadi partner atau pun investor untuk bisnis Anda.

Hal seperti ini sudah biasa. Jangan mudah menyerah ketika proposal yang Anda ajukan ternyata tidak ditanggapi atau ketika Anda menghubungi kenalan Anda tidak mendapat respon.

Mungkin saja mereka memang tidak sepaham dengan visi dan misi dari bisnis yang Anda tawarkan. Yang terpenting, teruslah berusaha membangun jaringan usaha Anda. Karena bisa saja Anda akan menemukan partner bisnis yang cocok dengan Anda ditempat yang lain.

Membangun jaringan bisnis dan kemitraan adalah suatu hal yang harus Anda lakukan jika ingin bisnis Anda berkembang lebih besar. Cobalah cara-cara diatas untuk memperluas bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *