5 Tips Bersiap-siap Memasuki Semester Baru Bagi Mahasiswa

bersiap siap memasuki semester baru bagi mahasiswaSaat memasuki semester baru, kebanyakan mahasiswa tak sabar ingin segera menyiapkan segala sesuatunya agar lebih siap. Karena semester baru selalu menimbulkan perasaan yang menyenangkan namun juga bercampur dengan rasa was-was.

Semua pelajar tentu ingin mendapatkan nilai yang lebih baik dibandingkan semester sebelumnya, bisa belajar lebih efektif, dan dapat mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Semua itu bisa terjadi jika anda sudah menyiapkannya dari awal.

Lalu, apa saja yang harus anda siapkan saat memasuki semester baru supaya berjalan lancar? Mari kita simak tips berikut ini.

1. Rapikan Lemari

Kelihatannya memang tidak ada hubungannya, tapi urusan memilih baju tiap pagi bisa bikin senewen, apalagi bagi mahasiswa indekost yang suka telat bangun. Oleh sebab itu, lemari yang rapi membuat urusan memilih baju jadi cepat dan mudah.

Pilah-pilah baju terbagi menjadi beberapa kategori. Antara lain baju yang masih dipakai, tidak lagi dipakai (untuk didonasikan), dan perlu diperbaiki. Lakukan hal yang sama pada sepatu anda.

Sediakan juga tempat untuk pakaian kotor. Agar jangan sampai menumpuk sehingga anda akan capek sendiri saat mencuci. Kalau ada baju yang masih anda suka tapi punya noda membandel, jangan buru-buru dimasukkan ketumpukan yang tidak lagi dipakai. Jangan sampai noda sulit dihilangkan jika terlalu lama menempel.

Lebih baik, segera cuci dan hilangkan noda tersebut. Sebagian besar noda bisa dihilangkan selama anda tahu caranya. Misalnya saja, ada cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju secara mudah. Intinya, coba bersihkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyingkirkannya.

2. Siapkan Perlengkapan Lain

Coba periksa tas dan kotak pensil anda, apakah semuanya masih lengkap? Mahasiswa jurusan tertentu bisa saja membutuhkan perlengkapan lain seperti penggaris khusus untuk jurusan arsitektur, jas lab untuk jurusan kedokteran dan lain sebagainya.

Siapkan semuanya agar anda tidak kekurangan suatu apapun ketika memasuki semester baru. Kalau peralatan sudah lengkap, setidaknya satu sumber stres teratasi.

Baca juga : 12 Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Agar Menjadi Orang Sukses

3. Tentukan Tujuan Jangka Pendek dan Panjang

Agar cara anda belajar lebih terstruktur, tentukan beberapa tujuan, yaitu jangka pendek (per minggu atau per bulan) dan jangka panjang (semester ini). Contoh tujuan jangka pendek misalnya di akhir tiap minggu saya sudah menyelesaikan tugas yang diberikan minggu itu. Contoh tujuan jangka panjang misalnya semester ini saya akan mendapatkan IPK minimal 3,5.

Tulis tujuan anda di kertas dan tempelkan di meja belajar agar anda termotivasi untuk mencapainya. Anda juga bisa menjanjikan hadiah untuk diri sendiri jika tujuan anda tercapai, misalnya pergi kumpul-kumpul dengan teman di akhir pekan jika semua tugas sudah selesai.

4. Rencanakan Keuangan

Masalah keuangan selalu menjadi sesuatu yang rumit untuk banyak orang termasuk mahasiswa. Sebenarnya hal ini bisa ditangani kok, asal anda tahu cara mengatur keuangan.

Sebelum memasuki semester baru, siapkan proyeksi perhitungan bulanan yang meliputi pendapatan (uang bulanan dari orang tua, hasil bekerja jadi tutor bahasa, mengajar les privat dsb) dan pengeluaran (uang kos, makan 3 kali sehari, ongkos, dan sebagainya).

Selain itu, sebisa mungkin sisipkan 10-20% untuk tabungan. Jangan anggap remeh menabung karena bisa menjadi investasi terbaik anda saat sedang kesulitan uang dipertengahan semester. Anda bisa menyiapkan tabel sederhana di komputer untuk mengatur masalah keuangan. Kemudian, ketika semester sudah mulai, catat semua pendapatan dan pengeluaran sekecil apapun, kemudian tiap akhir bulan, bandingkan proyeksi dan kenyataan. Setelah beberapa bulan, anda akan tahu mengatur keuangan secara lebih realistis.

5. Pilih Kegiatan Ekstrakurikuler atau Organisasi Mahasiswa

Ikut kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi mahasiswa memiliki manfaat besar loh. Selain untuk menambah teman, anda juga bisa mempelajari banyak hal. Anda pun bisa mengikuti kegiatan-kegiatan seru yang akan anda kenang hingga kakek nenek seperti naik gunung, panjat tebing, bakti sosial ke panti asuhan, membersihkan pantai bersama, dan lain-lain.

Disamping itu, teman-teman yang anda peroleh dalam kegiatan ini bisa menjadi “jaringan profesional” anda kelak, yang sangat berguna ketika anda sedang mencari pekerjaan.

Nah, itu dia 5 tips saat anda bersiap-siap memasuki semester baru. Untuk hari pertama, siapkan peralatan yang akan anda bawa dan baju yang akan anda pakai agar anda menjadi lebih percaya diri

Tapi nasihat terpenting, siapkan fisik dan mental. Kuliah membutuhkan kerja keras dan usaha, jadi siapkan diri untuk tantangan dan masalah yang akan terjadi. Kalau anda siap, semuanya pasti akan bisa anda hadapi. Semoga sukses di semester baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...