usaha menjanjikan untuk pemula

5 Usaha Menjanjikan untuk Pemula

Patut diacungi jempol ketika semakin banyak anak muda yang mulai mencari tahu mengenai usaha menjanjikan untuk pemula. Setidaknya, ini menunjukkan bahwa mental anak-anak muda saat ini tidak boleh diragukan.

Ini perkembangan yang luar biasa. Karena kebanyakan anak muda beberapa tahun yang lalu tidak tertarik dengan usaha. Setelah lulus sekolah, mereka ingin bekerja di perusahaan. Hampir semua lulusan akan berpikir demikian.

Mungkin Anda salah satu di antara anak muda yang ingin memulai usaha. Akan tetapi, ada keraguan. Bagaimana jika nanti gagal? Bagaimana nanti bisa mendapatkan modal? Jenis usaha untuk pemula seperti apa yang bisa membuat Anda sukses?

Banyak pertanyaan yang ada di benak Anda. Dan mungkin itulah yang membuat Anda tidak mau langsung melangkah. Apa yang harus Anda lakukan? Anda harus berani. Itu poin pentingnya. Anda bisa mulai dengan menjalankan usaha menjanjikan untuk pemula. Risiko yang kecil setidaknya bisa memupus keraguan Anda untuk memulai usaha.

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Usaha

Sebelum masuk ke bagian apa saja usaha menjanjikan untuk pemula, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui dua hal. Ini berkaitan dengan mindset. Karena jangan sampai Anda memulai usaha baru hanya karena ikut-ikutan trend. Anda tahu seorang teman sukses karena usaha sendiri, tidak menjadi karyawan.

Harus ada mindset yang tepat. Mengapa Anda memulai usaha? Dan mindset ini terkait dengan dengan dua hal. Apa saja itu?

Yang pertama adalah potensi. Setiap orang pasti punya potensi. Namun, cukup disayangkan ketika tidak banyak orang yang tahu dan mau mengembangkan potensi tersebut.

Nah, sekarang yang harus Anda tanyakan adalah apakah potensi terbesar di dalam diri Anda? Jika Anda berhasil menjawab pertanyaan ini, maka Anda akan lebih mudah untuk memulai langkah membuat usaha baru.

Setelah itu, Anda lanjut ke bagian yang kedua, yaitu peluang. Apakah ada peluang di mana Anda bisa me monetize potensi yang Anda miliki? Misalnya saja, Anda seorang yang pintar di bidang matematika. Lihat apakah ada peluang di mana Anda bisa menjual “kepintaran” Anda tersebut?

Jadi, dua hal tersebut harus dipikirkan. Apapun usaha menjanjikan untuk pemula yang akan Anda coba, mulailah dengan menemukan dua hal tersebut, yaitu potensi dan peluang.

Usaha Menjanjikan untuk Pengusaha Pemula

Jika Anda baru pertama kali terjun di bisnis, maka sebaiknya ambil usaha yang risikonya rendah. Ibarat kata, ada balita usia 1 tahun. Tentu balita tidak boleh diajarkan untuk lari dan menendang bola. Walaupun Anda ingin sekali anak balita Anda bisa melakukan hal tersebut. Anda harus mengajarkan anak berdiri, melangkah, berjalan, baru berlari. Karena risikonya berbahaya sekali jika Anda langsung ajarkan anak lari, apalagi sambil menendang bola

Begitu juga dengan memulai bisnis. Mengapa Anda harus memilih usaha menjanjikan untuk pemula? Setidaknya jenis usaha tersebut berpotensi tinggi menguntungkan dan kecil sekali risiko kerugian.

Lalu, usaha apa yang dimaksud? Berikut ini 5 usaha menjanjikan bagi pemula:

1. Jualan di Marketplace

Sekarang, eranya serba online. Dan untuk menjadi pengusaha online, kini semakin mudah. Sudah ada marketplace. Ini ibarat pasar tapi bersifat digital. Anda hanya perlu membuka “lapak” di marketplace atau pasar digital tersebut. Tawarkan dagangan Anda di lapak Anda tersebut.

Mudah, bukan?

Risikonya sangat kecil. Karena Anda tidak perlu keluar uang untuk bisa memiliki lapak di marketplace. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari barang yang bisa Anda jual. Anda bisa jadi reseller, dropshipper, atau Anda menjual barang milik teman.

Hanya satu yang perlu Anda pelajari. Jika Anda ingin berjualan di marketplace, Anda hanya perlu belajar bagaimana mengoptimasi toko online Anda. Kemudian, bagaimana Anda bisa mendatangkan trafik ke toko online Anda tersebut. Pasalnya, persaingan antar penjual di marketplace semakin ketat.

2. Ikut Usaha Franchise

Jika Anda tidak begitu yakin dengan jualan online di marketplace, Anda bisa coba usaha menjanjikan yang satu ini, yaitu franchise. Ini merupakan usaha yang potensi keuntungan tinggi, namun risiko rugi kecil.

Mengapa? Karena usaha franchise biasanya sudah terkenal. Brand sudah dikenal banyak orang. Jadi, Anda akan mudah sekali untuk melakukan promosi. Anda sudah dibantu dengan brand yang sudah familiar di telinga konsumen.

Namun, Anda harus keluar modal. Karena, jika Anda menjadi mitra, Anda harus mengikuti semua aturan dari pihak penyedia usaha franchise, tak terkecuali biaya modal dan juga sharing profit.

3. Jasa Online Marketing

Tidak punya barang yang bisa dijual tapi punya skill marketing online? Ini peluang besar. Banyak sekali UMKM yang punya kapabilitas membuat produk namun kurang bagus dalam hal pemasaran. Saatnya Anda datangi mereka dan tawarkan kolaborasi.

Bayangkan jika Anda memegang 10 UMKM dengan model bisnis sharing profit. Anda tidak perlu pusing memikirkan produksi. Anda hanya tinggal pilih produk mana yang demand nya tinggi. Anda pasarkan dan Anda bisa dapatkan keuntungan dari setiap penjualan.

Selain model bisnis seperti itu, Anda juga tawarkan jasa lain, misalnya saja mengoptimasi media sosial mereka, toko online mereka, dan lain-lain. Jadi, Anda tidak mendapatkan untung dari setiap penjualan tapi dari jasa yang Anda tawarkan.

4. Usaha Kursus

Salah satu usaha menjanjikan untuk pemula yang risiko ruginya sangat kecil adalah bisnis di bidang jasa. Dan bisnis jasa yang cukup mudah untuk Anda lakukan adalah usaha kursus.

Sekarang ini, siswa dituntut untuk memiliki skill. Sayangnya, tidak banyak sekolah yang mau memoles siswa mereka sehingga punya skill. Kurikulum seolah-olah didesain hanya untuk memastikan anak bisa menjawab soal tes. Itu saja. Padahal, dunia membutuhkan anak yang skillful.

Di sinilah Anda bsia menawarkan jasa kursus sesuai dengan keahlian Anda. Jika Anda ahli di bidang Bahasa Inggris, Anda bisa tawarkan kursus speaking Bahasa Inggris. Karena banyak anak yang butuh skill active English daripada passive English.

5. Usaha Makanan Ringan

Ini yang paling banyak dilakukan. Makanya, usaha cemilan menjadi usaha menjanjikan untuk pemula yang sangat popular.

Akan tetapi, apakah semuanya sukses? Tidak juga. Karena banyaknya orang yang terjun di bidang usaha makanan ringan, harus ada strategi marketing yang jitu. Selain itu, segmen pasar harus benar-benar ditentukan. Apakah segmen pasar yang Anda target anak muda, ibu-ibu, dinas, atau siapa. Semakin mengerucut segmen pasar yang Anda target, maka itu semakin mudah bagi Anda untuk menjalankan bisnis tersebut.

Hal ini penting untuk Anda pikirkan. Karena banyak pengusaha makanan ringan yang mentarget semua kalangan. Tapi, ternyata malah mereka gagal mentarget segmen pasar mana saja.

Jadi, sudah siap untuk menjalankan salah satu usaha menjanjikan untuk pemula tersebut di atas? Yang pasti, Anda harus punya mental baja. Ada peluang untuk sukses di usaha apapun yang Anda jalankan. Namun, ada juga peluang rugi. Dan itu yang harus Anda antisipasi.

 

 

 

Previous Post
cara jualan di facebook
Bisnis Online

5 Cara Jualan di Facebook

Next Post
game android penghasil uang
Bisnis Online

6 Game Android Penghasil Uang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *