7 Cara Jitu Memilih Asuransi Pendidikan Anak Secara Tepat

7 cara jitu memilih asuransi pendidikan anak secara tepatBiaya pendidikan anak dari tahun ketahun terus meningkat. Hal ini menyebabkan banyak orang tua harus mengalokasikan dana lebih untuk menunjang pendidikan bagi anak-anaknya. Jika hal ini tidak disiapkan sejak dini. Kebanyakan kasus yang terjadi, para orang tua akan keteteran dalam memenuhi kebutuhan biaya pendidikan untuk buah hatinya. Oleh sebab itu, solusi yang paling mudah dan aman adalah dengan mengikuti asuransi pendidikan anak.

Permasalahan ini tentunya menjadi peluang tersendiri. Khususnya bagi para pelaku usaha yang bergerak dibidang asuransi. Para perusahaan akan berlomba-lomba menawarkan produk asuransi terbaik guna menarik minat nasabah.

Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk menyimpan uang anda dalam bentuk asuransi pendidikan anak, sebaiknya anda perlu untuk cermat dalam memilah-milah produk asuransi mana yang tepat  agar menjadi investasi terbaik khususnya dalam hal pendidikan anak.

Berikut ini 7 cara memilih asuransi pendidikan anak secara tepat.

1. Rencanakan Pendidikan Anak Sejak Awal

Asuransi pendidikan terbaik menjadi hal yang wajib anda pilih. Agar tidak salah memilih, anda perlu rencana yang matang sebelum memutuskan membeli salah satu produk asuransi. Rencana ini menjadi dasar penting sehingga anda tidak akan kebingungan dalam memilih asuransi pendidikan yang bagus.

Dalam menyusun rencana pendidikan, sebaiknya anda bicarakan dengan pasangan. Sehingga anda berdua bisa menentukan sampai setinggi apa pendidikan anak kalian. Selain itu anda bisa merencanakan dimana buah hati anda akan bersekolah mulai dari sekolah dasar, menengah sampai lanjutan. Meskipun terkadang anak akan memilih sekolah sendiri namun tidak ada salahnya anda merencanakan dahulu dari sekarang.

Untuk mendapat informasi yang valid tentang sekolah yang bagus, anda bisa menanyakan kepada kerabat, tetangga atau teman yang sudah memasukkan anak mereka kesekolah. Anda juga bisa berkunjung sendiri ke beberapa sekolah yang anda inginkan agar anda mengetahui sekolah mana yang bagus dan cocok untuk anak anda nantinya.

Baca juga : Inilah Pentingnya Anda Harus Punya Perencanaan Keuangan

2. Hitung Biaya Pendidikan yang Dibutuhkan

menghitung biaya asuransi pendidikan anakSetelah anda memiliki rencana yang matang dalam hal pendidikan anak. Mulailah untuk menghitung keseluruhan biaya yang dibutuhkan selama pendidikan anak anda. Hal ini menyangkup biaya mulai dari sekolah dasar sampai dengan jenjang pendidikan tertinggi.

Sebisa mungkin anda mendapat informasi secara lengkap tentang tempat pendidikan yang anda pilih sehingga anda bisa mengetahui seberapa besar biaya yang anda butuhkan selama anak bersekolah ditempat tersebut. Selain itu, anda juga perlu memperkirakan kenaikan biaya pendidikan yang tentu pasti naik dari tahun ketahun.

Dengan menghitung besaran biaya yang dibutuhkan tentunya akan membantu anda untuk mulai menyimpan sebagian penghasilan anda sebagai tabungan untuk masa depan anak anda.

3. Evaluasi Anggaran Keuangan Keluarga

Setelah menghitung biaya yang dibutuhkan selama pendidikan, segeralah evaluasi anggaran keuangan keluarga anda. Hitung seberapa besar uang yang harus anda simpan per bulannya (jika gajiannya tiap bulan) untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak. Besaran uang yang anda simpan harus sama atau bahkan lebih dengan besarnya biaya kebutuhan pendidikan anak. Oleh sebab itu, ada baiknya dana yang anda simpan tersebut dilindungi dengan asuransi pendidikan anak.

Hal ini untuk berjaga-jaga agar semisal terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, anak tetap dapat melanjutkan pendidikannya sampai selesai. Oleh sebab itu, mengevaluasi anggaran keuangan keluarga anda sangat penting agar anda dapat memprioritaskan sebagian uang anda untuk mendapatkan asuransi pendidikan anak.

Baca juga : 12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

4. Carilah Perusahaan Asuransi Terbaik dan Terpercaya

Perencanaan dan perhitungan akan kebutuhan biaya pendidikan anak akan terasa percuma jika anda salah dalam memilih produk asuransi pendidikan anak. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih perusahaan asuransi yang akan anda percayakan untuk mengelola keuangan anda.

Apalagi sekarang hampir semua perusahaan asuransi memiliki produk layanan asuransi pendidikan anak. Banyak pilihan yang tersedia jangan sampai malah membuat anda salah memilih yang akibatnya merugikan anda sendiri. Setiap layanan asuransi tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga untuk menentukan perusahaan asuransi terbaik, anda harus memperhatikan keuangan perusahaan tersebut. Selain itu, carilah perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak yang baik dimata konsumen yang pernah menggunakannnya.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, anda bisa bertanya kepada kenalan anda yang pernah menggunakan jasa layanan asuransi tersebut. Tanyakan secara mendetail mulai dari kelebihan dan kekurangannya, cara kerja dan pelayanannya serta seberapa besar manfaat yang bisa didapatkan.

Selain itu anda juga bisa mencari informasi lewat internet. Baca secara teliti apa saja yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut. Setidaknya hal ini akan membantu anda untuk menentukan perusahaan asuransi mana yang anda pilih nantinya.

5. Pilihlah Produk Asuransi yang Sesuai dengan Kamampuan dan Kebutuhan

Pada poin ini, seharusnya anda sudah memiliki beberapa pilihan perusahan asuransi yang sesuai dengan kriteria anda. Langkah selanjutnya adalah memilih program layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak anda. Setidaknya ada beberapa jenis asuransi yang bisa anda pilih seperti asuransi unit link, asuransi dwiguna, atau asuransi berjangka.

Apapun program asuransi yang anda pilih nantinya. Cobalah buka kembali perencanaan serta perhitungan biaya pendidikan anak anda. Sebisa mungkin untuk memilih layanan asuransi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Jangan sampai anda memilih produk asuransi yang malah memberatkan keuangan anda. Sehingga kebutuhan yang lain tidak terpenuhi.

Baca juga : 16 Tips Mendidik Anak Agar Anda Menjadi Ayah yang Hebat

6. Perhatikan Biaya Lain yang Dikenakan

Selain mempertimbangkan biaya kebutuhan yang sesuai dengan bujet anda, ada hal lain yang perlu anda perhatikan dalam memilih program asuransi yakni biaya-biaya lain yang dikenakan didalam asuransi yang anda pilih tersebut.

Jangan sampai anggaran dana yang anda alokasikan malah tidak sesusai dengan kebutuhan biaya pendidikan kedepannya. Karena anda dikenakan dengan bermacam-macam biaya lain yang diterapkan oleh perusahaan layanan asuransi.

Oleh karena itu, baca dan pelajari secara seksama apa saya yang menjadi keunggulan ataupun kelemahan produk asuransi yang mereka tawarkan. Jika anda belum merasa cocok, coba cari produk layanan sejenis di perusahan lain. Siapa tahu ditempat lain dikenakan biaya kecil sehingga tidak akan memberatkan anda nantinya.

7. Pahami Juga Resiko Produk Asuransi

Selain memperhatikan biaya yang dikenakan kepada nasabah, anda juga perlu memahami resiko produk asuransi yang anda pilih. Contohnya saja seperti jenis asuransi unit link. Seperti dikutip dari kompas.com bahwa asuransi unit link  merupakan jenis asuransi non tradisional yang memiliki sejumlah resiko lebih besar dibandingkan jenis asuransi lain.

Hal ini mengingat asuransi unit link memiliki dua kantong yakni kantong untuk proteksi dan kantong investasi didalamnya. Unit link berkaitan erat dengan perkembangan pasar modal sehingga ketika pasar modal turun maka nilai unit link juga ikut turun. Hal semacam inilah yang perlu anda pahami tentang besarnya resiko yang harus anda terima kedepannya.

Resiko disini tentunya memiliki dua pilihan, anda bisa merugi atau malah mendapat keuntungan karena memang dalam bentuk asuransi plus investasi. Jika anda termasuk orang yang memilih suatu hal yang pasti, maka pilihlah produk asuransi yang aman dan memiliki resiko kecil agar manfaat asuransi yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak anda.

Memilih asuransi pendidikan anak memang tidak bisa sembarangan. Anda perlu meriset sejak awal agar apapun produk asuransi yang anda beli nantinya dapat bermanfaat serta menunjang pendidikan anak dimasa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...