7 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Sedang Bekerja

cara meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerjaCara Meningkatkan Konsentrasi – Memusatkan konsentrasi saat sedang bekerja bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi dengan kemajuan jaman dimana informasi bisa anda dapatkan dengan mudah. Misalnya saat anda sedang serius bekerja tiba-tiba ada bunyi handphone entah itu panggilan, pesan atau chat dari media sosial. Konsentrasi anda pasti langsung buyar dan pada akhirnya anda malah asyik bermain handphone.

Itu baru handphone, belum lagi jika komputer anda memiliki akses internet, baru bekerja sebentar, anda sudah tidak tahan ingin buka video youtube untuk sekedar melihat hasil pertandingan bola tadi malam. Akhirnya anda terbius dengan video lain yang mengakibatkan lupa akan tugas-tugas anda. Jika dibiarkan terus-menerus, Pekerjaan anda tidak akan terselesaikan dan ujung-ujungnya harus lembur.

Jika sudah demikian, bagaimana sih cara meningkatkan konsentrasi supaya bisa fokus saat sedang bekerja? Apakah harus melatih konsentrasi dengan cara terapi khusus? Semestinya tidak perlu, jika anda memang susah untuk bisa berkonsentrasi saat bekerja. Bacalah artikel ini sampai selesai agar anda bisa melatih fokus dan konsentrasi anda.

Berikut 10 cara meningkatkan konsentrasi yang harus anda lakukan saat sedang bekerja

1. Cari Tahu Penyebab Anda Tidak Bisa Berkonsentrasi

Hal apa yang membuat anda susah berkonsentrasi? Coba cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Seperti yang saya singgung diatas, sebagian besar orang kehilangan konsentrasi akibat handphone. Hal ini sudah diteliti oleh Dr. Glenn Wilson, seorang pakar psikologi ini mengemukakan bahwa orang yang sedang bekerja mengalami penurunan IQnya 10% ketika sering mendapat panggilan dari handphonenya. Terutama media sosial yang mana bisa membuat daya ingat menurun.

Belum lagi gangguan dari rekan kerja sekantor yang datang keruangan anda hanya untuk bergosip. Namun, adakalanya juga orang kehilangan konsentrasi karena sedang mendapat masalah pribadi yang membuat anda stres dan tidak bisa fokus.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Dalam Hidup

2. Singkirkan Hal yang Mengganggu Pikiran Anda

cara meningkatkan konsentrasi dengan menyingkirkan gangguan

Setelah anda mengetahui penyebabnya, kini saatnya anda menyingkirkan gangguan-ganggguan tersebut. Misalnya saja ketika anda terganggu karena dering handphone terutama yang mengharuskan menggunakan akses internet. Anda bisa mematikan fitur data seluler atau mengubahnya pada mode airplane sebagai cara meningkatkan konsentrasi anda.

Mengobrol dengan rekan sekerja memang menyenangkan. Akan tetapi anda mesti ingin bahwa saat sedang jam kerja, mereka bisa menjadi pengganggu yang harus anda singkirkan. Sebisa mungkin jangan tergoda saat ada teman ingin mengajak ngobrol. Jika anda punya ruangan sendiri, anda bisa memasang label didepan pintu yang berbunyi “jangan diganggu orangnya sedang sibuk”.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

3. Konsumsi Makanan Sehat Peningkat Konsentrasi

Kehilangan konsentrasi bisa terjadi jika anda sering melewatkan sarapan, loh. Atau mungkin sarapan yang anda konsumsi kurang bernutrisi sehingga membuat anda cepat lapar dan dan mudah lelah.

Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan sehat yang bisa memberikan vitamin untuk otak sehingga konsentrasi anda terjaga saat sedang bekerja. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik untuk tubuh anda. Lebih baik perbanyak makanan seperti sayuran, buah-buahan yang mana selain memiliki serat tinggi juga dapat membuat tubuh dan pikiran anda tetap segar.

4. Buat Rencana untuk Tugas yang Belum Diselesaikan

Untuk lebih menjaga konsentrasi anda, sebaiknya susun rencana untuk tugas-tugas yang akan anda kerjakan sehingga anda menjadi lebih fokus dalam menyelesaikannya. Perencanaan yang sudah anda siapkan bertujuan agar konsentrasi pikiran anda tidak pecah.

Namun, meskipun pekerjaan anda menumpuk dan harus segera diselesaikan, sebaiknya jangan bebankan pikiran anda dengan menyelesaikan semua tugas dalam jangka waktu yang pendek. Hal ini malah bisa membuat hasilnya tidak bagus karena anda bisa saja kehilangan konsentrasi ditengah jalan.

5. Selesaikan Pekerjaan Satu Per Satu

Setelah anda merasa nyaman bekerja karena semua sudah direncanakan. Sebaiknya dari sini mulailah untuk menyelesaikan pekerjaan anda satu per satu. Karena kebanyakan orang kehilangan fokus disebabkan oleh cara menyelesaikan pekerjaan yang salah. Tugas yang satu belum selesai malah mengerjakan tugas lain. Hal ini bisa membuat kerja otak tidak maksimal karena harus memikirkan dua tugas yang berbeda.

Sebaiknya fokuslah untuk menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu meskipun sulit. Utamakan tugas yang menjadi prioritas dan harus segera diselesaikan hari ini karena deadline sudah menunggu. Setelah terselesaikan, pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan percaya diri untuk mengerjakan tugas berikutnya.

6. Berhenti untuk Istirahat Sejenak

Cara meningkatkan konsentrasi bukan hanya tentang bagaimana anda duduk dimeja untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan pada anda. Beristirahat sejenak dengan minum kopi sambil membuka handphone bisa jadi cara untuk mengembalikan fokus yang terkadang menurun.

Ingat bahwa kekuatan pikiran pada otak kita ada batasnya. Anda tidak bisa seharian duduk dikantor untuk mengerjakan tugas yang begitu banyak. Berikan otak anda istirahat sejenak barang 10-15 menit agar lebih fresh.

7. Perbanyak Minum Air Putih

cara meningkatkan konsentrasi dengan minum air putih

Pegaruh dehidrasi bagi produktivitas para pekerja ternyata sangat fatal. Selain bisa membuat anda kehilangan konsentrasi dan menurunkan daya ingat. Dehidrasi bisa menyebabkan kepala pusing, tubuh lemas dan gemetaran serta mudah lelah yang akhirnya bikin cepat mengantuk.

Maka dari itu, untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anda, sebaiknya selalu siapkan air minum dimana pun anda berada. Khususnya ditempat kerja karena ketika anda sedang asyik mengerjakan berbagai tugas biasanya sampai lupa minum. Apalagi jika anda bekerja didalam ruangan yang ber-AC. Suhu yang dingin membuat anda tidak berkeringat dan tidak haus. Sehingga anda berfikir tidak perlu minum air putih. Padahal kebiasaan seperti inilah yang bisa menimbulkan dehidrasi.

8. Jangan Lupa untuk Mengkaji Ulang

Langkah berikutnya adalah mengkaji ulang tentang tugas-tugas yang sudah anda selesaikan. Bandingkan setiap pencapaian yang sudah anda peroleh, apakah sesuai dengan rencana yang telah anda susun sebelumnya atau malah sebaliknya? Apakah tugas anda selesai tepat waktu atau tugas-tugas apa yang belum anda selesaikan dan apa yang menyebabkan tugas tersebut belum rampung?

Dengan mengkaji ulang atau review, maka anda bisa menjaga fokus dan konsentrasi anda untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang sudah direncanakan.

9. Kembali Fokus pada Pekerjaan

Setelah mengkaji ulang, mungkin anda merasa tidak puas dengan pencapaian anda selama ini. Masih ada beberapa tugas yang tidak selesai pada waktunya. Memang ada kalanya anda kehilangan konsentrasi sehingga membuat pekerjaan yang seharusnya anda rencanakan sudah selesai malah terbengkalai.

Hal ini mungkin terjadi karena adanya masalah pribadi yang datang secara tiba-tiba yang mengganggu konsentrasi anda. Jangan anda merasa kecewa apalagi bersalah pada diri sendiri karena target yang anda canangkan sebelumnya tidak berjalan sesuai dengan rencana. Sebaiknya segera pusatkan fokus dan kosentrasi anda kembali untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Baca juga : 17 Cara Untuk Berhenti Merokok Total Selamanya Dijamin Sukses

10. Jangan Terburu-Buru dan Tetap Tenang

Meskipun anda dikejar waktu untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Jangan lantas anda terburu-buru yang mana malah dapat membuat pekerjaan anda banyak kesalahan. Tetaplah tenang dan jernihkan pikiran anda. Lebih baik bekerja agak lambat namun benar dan rapi. Daripada cepat namun salah sehingga anda akhirnya harus mengulanginya lagi dari awal.

cara meningkatkan konsentrasi setiap orang memang berbeda-beda. Beberapa cara diatas bisa anda coba ketika anda merasa sulit untuk berkonsentrasi saat berada ditempat kerja. Dengan kembalinya fokus dan konsentrasi anda, segala macam tugas pasti bisa anda selesaikan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *