Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

7 ide bisnis tanpa modal untung besar

Sesuai judul diatas, apakah mungkin memulai sebuah usaha tanpa modal sepersenpun namun bisa mendapat keuntungan besar? Jawabannya mungkin saja.

Memang modal menjadi pondasi utama dalam merintis sebuah usaha. Hal ini yang menyebabkan banyak orang ragu untuk memulai usaha karena dalam pikiran mereka, usaha harus memerlukan modal yang besar.

Pendapat seperti itu tidak sepenuhnya benar. Masih ada banyak peluang usaha yang hanya memerlukan modal kecil tetapi dapat memberikan keuntungan besar. Asalkan Anda serius dalam menjalankan usaha tersebut.

Jadi pada dasarnya, dalam memulai usaha tetap membutuhkan modal walaupun tidak banyak. Saya akan menguraikan beberapa usaha tanpa modal yang bisa kerjakan disela-sela kesibukan Anda. Hitung-hitung sebagai penghasilan tambahan.

Berikut 7 ide usaha tanpa modal baik secara online maupun offline.

1. Menjadi Penerjemah (Translator)

Apakah Anda termasuk orang yang menguasai beberapa macam bahasa asing? Jika ya, ini bisa menjadi peluang usaha Anda.

Anda pasti tahu, Indonesia terkenal akan wisata alamnya yang indah. Di lansir dari jawapos.com, dalam periode Januari sampai dengan Juni 2017, kunjungan turis mancanegara ke Indonesia mencapai 6,48 juta orang.

Anda bisa bekerja sama dengan agen travel untuk menjadi pemandu wisata bagi turis mancanegara. Bayaran yang akan Anda terima cukup tinggi.

Jika Anda termasuk orang yang malas keluar rumah, menjadi penerjemah secara online pun tidak masalah. Banyak situs-situs besar yang menawarkan pekerjaan untuk para penerjemah seperti upwork.com yang tarifnya bisa Anda tentukan sendiri per jam. 

Bagaimana menurut pendapat Anda? Bisa dibilang menjalani profesi sebagai penerjemah bisa dikatakan peluang usaha tanpa modal bukan.

Rekomendasi Artikel : 

7 peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan bergaji tinggi

2. Menjadi Penulis Lepas (Content Writer)

usaha tanpa modal menjadi penulis lepas

Anda hobi menulis?

Menjadi penulis lepas untuk situs-situs ternama bisa dijadikan usaha tanpa modal untuk menambah penghasilan Anda. Anda bisa menulis artikel dalam berbagai macam topik seperti olahraga, politik, kesehatan, humor, traveling dan lain sebagainya.

Artikel Anda tentu tidak akan dibayar murah. Semakin panjang artikel yang Anda buat maka bayarannya akan semakin tinggi. Jika Anda berminat, banyak penyedia situs dalam maupun luar negeri yang akan membayar tulisan Anda.

Beberapa situs yang terbukti membayar artikel Anda antara lain:

  • Iwriter
  • UC We Media
  • Babe
  • JalanTikus
  • Basabasi
  • IDNTimes
  • Brilio
  • DLL

Baca juga : 20 jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil

3. Menjadi Blogger

Selain menjadi penulis lepas, Salah satu contoh penghasilan tambahan tanpa modal lainnya adalah menjadi blogger profesional. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Jika Anda sudah punya laptop atau komputer, modal lain yang dibutuhkan umumnya hanya koneksi internet.

Sudah banyak orang yang mempunyai penghasilan ratusan juta rupiah dari pekerjaan ini. Salah satu contohnya Linda Ikeji, blogger asal Nigeria ini rata-rata memiliki penghasilan mencapai 800 juta rupiah per bulan pada tahun 2013. Sekarang mungkin penghasilan dari blognya terus bertambah seiring makin populer dan terus kebanjiran pengunjung.

Bayangkan, hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet, Anda bisa mendapatkan banyak uang bukan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang blogger professional tidaklah mudah. Blog yang Anda kelola harus memiliki artikel yang berkualitas dan disukai pengunjung.

Banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan uang dari blog Anda. Semisal melalui program adsense (PPC), program pay per led, menyewakan tempat iklan, afiliasi, dan lain lain.

Lebih lengkapnya bagaimana mendapatkan uang dari blog, silahkan baca cara mudah menghasilkan uang dari blog untuk pemula

4. Dropshiper

Anda tidak suka menulis?

Jangan khawatir, masih ada peluang bisnis online yang bisa Anda jadikan kerja sampingan di rumah tanpa modal yakni dropshiper. Yang dimaksud dengan istilah dropship adalah menjualkan barang atau produk orang lain kepada costumer bisa secara offline maupun online. 

Keuntungan menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu pusing membuat produk. Anda hanya perlu fokus untuk memasarkan produk dari supplier tanpa harus menyetok barang sendiri dirumah.

Penghasilan yang Anda dapatkan ialah selisih harga dari supplier dan saat Anda harga jual ke konsumen. Contohnya begini, Anda menjual produk berupa baju wanita. Harga dari supplier Rp 100.000. Jika Anda ingin mengambil keuntungan Rp 50.000. Maka Anda harus menjual ke konsumen dengan harga Rp 150.000.

Sangat simple bukan. Ketika mendapatkan konsumen yang mau membeli, Anda tinggal mengontak ke penyedia barang dan setelah transaksi selesai, maka pihak supplier akan mengirimkan barang ke konsumen atas nama Anda. 

Dalam memulai bisnis ini, Anda juga memerlukan website atau situs sebagai tempat untuk menawarkan produk Anda. Namun, bagi Anda yang merasa kesulitan menggunakan website, ada cara lain untuk berjualan online, yaitu melalui media sosial seperti Facebook, Instragram, BBM, Line dan media sosial lainnya.

Semakin banyak barang yang bisa Anda jual, maka keuntungan yang akan Anda terima pun maikn besar. Modal Anda cukup kouta internet. Tentunya biaya ini tidak seberapa dibandingkan penghasilan yang akan Anda peroleh nantinya.

Baca juga : 13 tips mudah jualan baju online murah untuk pemula

5. Menjadi Agen atau Broker

Usaha tanpa modal lainnya yang cukup familier adalah menjadi agen atau istilah kerennya broker. Jika Anda mengamati, menjadi seorang agen tidaklah membutuhkan modal. Anda hanya perlu belajar cara promosi yang baik untuk menjualkan barang seseorang.

Sebagai contoh Anda menjadi agen jual beli mobil. Jika Anda berhasil menjualkan mobil, tentu sang pemilik mobil akan memberikan tip pada Anda. Keuntungan Anda pun bisa berlipat ganda karena biasanya pembeli juga akan memberikan komisi atas informasi dan bantuan dari Anda.

Selain agen jual beli mobil, Anda juga bisa menjadi agen properti seperti bangunan, tanah, perlengkapan rumah tangga dan lain sebagainya. Ada banyak cara untuk memasarkan barang klien Anda. Misalnya secara offline bisa melalui mulut ke mulut, memasang iklan di koran atau menempel brosur di berbagai tempat.

Sedangkan secara online bisa Anda tawarkan di media sosial yang Anda miliki. Jika Anda tertarik ingin menjadi agen seperti tanah dan properti, silahkan simak  11 cara jitu memulai bisnis properti tanpa modal untuk pemula

6. Youtuber

usaha tanpa modal youtuber

Anda orang kreatif yang hobi mengabadikan kegiatan Anda lewat video?

Jika ya, tidak ada salahnya Anda menjadi conten creator dengan mengupload video Anda di youtube. Sekarang ini, banyak sekali video viral yang sukses menyedot perhatian penonton di channel youtube. Semakin banyak pengunjung atau viewer Anda, maka kesempatan Anda untuk mendapatkan penghasilan semakin besar.

Lalu video apa saja yang boleh di upload di youtobe?

Video apapun bisa Anda masukkan di cannel youtube. Misalnya video lucu, peragaan memasak, senam, olahraga, dan lain lain. Yang terpenting video tersebut adalah karya Anda sendiri dan tidak melanggar ketentuan pihak youtube.

Keuntungan menjadi seorang conten creator di Youtube, selain Anda bisa mendapatkan penghasilan. Anda juga berpotensi menjadi orang terkenal dan bahkan di undang di acara-acara televisi. Salah satu contohnya Bayu Skak yang mana sekarang malah sudah membuat film berjudul Yo Wes Ben yang cukup laris dipasaran. 

Rekomendasi Artikel :

 Begini cara menjadi youtuber yang sukses dan terkenal

7. Membuka Jasa Les Privat

Bisnis sampingan tanpa modal uang sedikitpun memang sulit. Contohnya membuka jasa les privat atau bimbingan belajar bagi Anda yang memiliki basic jurusan pendidikan. Anda tentu membutuhkan modal walaupun tidak banyak. Modal tersebut bisa Anda gunakan untuk mencetak selebaran/brosur atau memasang iklan di koran setempat.

Langkah awal dalam memulai usaha ini bisa dilakukan secara door to door atau mendatangi murid Anda di rumahnya. Namun, jika jumlah murid Anda banyak, membuka jasa les privat bisa Anda lakukan dirumah saja. Tentukan target murid yang ingin Anda berikan bimbel mulai dari TK, SD, SMP dan SMA.

Bila kekurangan tenaga pendidik, Anda bisa mengajak teman yang mau diajak kerja sama menjalankan bisnis ini. Untuk urusan harga, sebaiknya Anda berikan harga yang lebih murah dibanding tempat bimbingan belajar lain sebagai ajang promosi.

Membuka jasa les privat juga bisa Anda lakukan secara online. Anda bisa bergabung dengan website yang menyediakan lowongan kerja sebagai guru privat online. Prosesnya tidak sulit, Anda hanya perlu mendaftar sesuai ketentuan dan persyaratan dari website tersebut.

Setelah Anda diterima, Anda akan dihubungkan dengan calon murid yang sedang mencari guru privat sesuai dengan bidang Anda. Cara mengajarnya juga tidak secara langsung. Anda bisa menggunakan media online seperti chat atau video call sebagai tempat Anda mengajar.

Baca juga : 9 Ide usaha modal 2 juta yang menguntungkan

Kesimpulannya. 

Memulai usaha tanpa modal sedikitpun rasanya hampir tidak mungkin. Anda tetap membutuhkan modal seperti uang bensin, pulsa, dan tenaga Anda sendiri untuk menunjang usaha yang ingin Anda geluti.

Cobalah beberapa usaha tanpa modal diatas yang sesuai dengan bidang Anda. Jika Anda serius dan fokus dalam menjalankannya, lama kelamaan akan memberikan keuntungan yang besar.

 

 

6 Responses to Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

  1. Aboy berkata:

    terima kasih atas uraiannya terinspirasi sekali, akan tetapi menurut saya, Pada dasarnya di dunia ini tidak ada yg mutlak gratis, apalagi menyangkut masalah usaha dan bisnis. bagaimana pendapat Anda? mohon pencerahannya..?

    • Wachid berkata:

      Terima kasih mas aboy atas pendapatnya. Memang betul seperti yang mas bilang kalau bisnis memang tidak ada yang tidak pakai modal. makanya pada paragraf pembuka saya sampaikan bahwa tidak ada bisnis yang dimulai tanpa modal sama sekali. Tentunya kita butuh modal untuk uang pulsa, uang transportasi, uang ngopi dll. terima kasih atas kunjungannya mas

  2. indi berkata:

    Terima kasih..artikel yang sungguh menarik apalagi di jaman seperti sekarang yang selalu menuntut kita untuk bisa jeli melihat dan memanfaatkan peluang yg ada.
    Ditunggu artikel berikutnya…

  3. Asep sopyan berkata:

    Adakah agen atau grosir yg bisa d ajak kerjasama .saya bersedia jadi dropship & reseler .tinggal kirimin katalog kesaya saya siap bekerja sama.

    • Wachid berkata:

      kalau agen atau grosir sih banyak mas terdebar diinternet. Tinggal mas mau pilih grosir apa. Misalnya baju, sepatu dn lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *