7 Sikap Mental Pengusaha Sukses yang Harus Anda Miliki

mental pengusaha yang harus di miliki

Salah satu hal yang didambakan oleh setiap pengusaha adalah menjadi orang yang sukses dan berhasil. Dan untuk bisa meraihnya, butuh perjuangan keras dan sikap pantang menyerah. Disamping itu, Anda juga harus memiliki mental pengusaha yang sukses.

Ada banyak pengusaha muda yang terpaksa gulung tikar karena mereka tidak sanggup menghadapi tekanan dalam persaingan bisnis. Salah satu faktor yang membuat mereka mengalami kegagalan dalam berbisnis mungkin disebabkan mental mereka yang lemah. Hal inilah yang harus Anda hindari.

Menjadi seorang pengusaha sebenarnya sangatlah mudah. Asalkan Anda memiliki modal yang memadai, Anda bisa membuka bisnis apapun dan dimana pun. Yang sulit tentu saja dalam mengembangkan bisnis tersebut. Karena jika Anda salah langkah, bisa-bisa bisnis Anda tidak berkembang dan mungkin juga bisa bangkrut.

Oleh sebab itu, disamping Anda harus mempelajari segala hal tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Mental pengusaha Anda juga harus dibentuk dari awal agar Anda siap menghadapi segala rintangan dalam menjalankan bisnis Anda nantinya.

Lalu apa saja mental pengusaha yang harus Anda miliki? Simak ulasannya disini

1. Harus Tahan Banting

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, Anda harus memiliki keberanian untuk mewujudkan cita-cita Anda tersebut. Tentunya sebuah bisnis bisa berdiri setelah Anda mengeluarkan modal usaha awal berupa biaya investasi.

Selepas bisnis Anda berdiri, maka Anda harus menjalankan operasional usaha dengan baik dan benar. Mulai dari memproduksi barang, melakukan strategi pemasaran dan promosi untuk mendatangkan konsumen dan mendistribusikan produk ke konsumen.

Disamping itu, Anda harus bisa membangun jaringan usaha baik dengan investor, kompetitor bisnis Anda maupun dengan konsumen. Dan yang lebih penting adalah pengelolaan usaha yang baik. Karena jika Anda salah dalam mengatur keuangan usaha, bisnis Anda bisa-bisa oleng.

Dalam menjalankan suatu bisnis tidak selamanya berjalan lancar. Ada saatnya Anda melakukan kesalahan dalam berbisnis. Yang membuat bisnis Anda merugi. Terkadang pula ada pesaing kuat yang membuat bisnis Anda mengalami kemunduran. Tantangan demi tantangan serta berbagai kesulitan akan Anda hadapi selama menjalani sebuah bisnis.

Untuk itu, jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses. Maka Anda harus bisa menjadi seseorang yang tahan banting terhadap segala permasalahan yang ada. Jika Anda memiliki sikap tahan banting, maka Anda akan menemukan jalan keluar dan masalah akan terselesaikan secara baik.

Simak juga : tantangan dalam memulai usaha sendiri dan cara mengatasinya

2. Pantang Menyerah

Anda pasti kenal dengan Thomas Alva Edison. Dia adalah penemu pertama bola lampu. Tahukah Anda bahwa untuk menciptakannya, dia harus mengalami kegagalan sampai ribuan kali.

Baginya kegagalan itu tidak ada. Kegagalan adalah sebuah upaya yang belum berhasil. Sikap pantang menyerah inilah yang membuat namanya mendunia setelah berhasil menemukan bohlam lampu yang telah menerangi dunia hingga saat ini.

Oleh sebab itu, ketika Anda mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis., janganlah dianggap sebagai sebuah kegagalan. Tapi upaya yang belum berhasil dan harus bertahan sampai usaha yang dijalani sukses. Pantang menyerah merupakan bagian dari kepribadian entrepreneur yang sukses.

Baca juga : 10 kisah orang sukses yang pernah mengalami kegagalan

3. Memiliki Kecerdasan Emosional

Seorang pengusaha haruslah memiliki kecerdasan emosional. Yaitu sebuah kecerdasan yang berkaitan dengan diri sendiri dan orang lain. Misalkan keterampilan untuk mengendalikan emosi secara baik dan bersikap tegas kepada diri sendiri dan orang lain serta mampu memotivasi atau memimpin orang lain secara baik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Goleman. Bahwa mayoritas wirausahawan yang berhasil adalah mereka yang mempunyai kecerdasan emosional sebanyak 90 persen. Sedangkan sisanya adalah kecerdasan intelektual.

Selanjutnya, penelitian itu menunjukkan banyak orang yang mempunyai pendidikan tinggi namun tidak berhasil dalam menjalani karir dan kehidupannya. Hal tersebut bukan disebabkan minimnya kecerdasan intelektual. Kecerdasan intelektual justru sangat tinggi. Namun dikarenakan kecerdasan emosionalnya sangat rendah.

Simak juga : 8 kisah pengusaha sukses Indonesia yang membangun bisnis dari nol

4. Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Mental pengusaha sukses berikutnya yang harus Anda miliki adalah rasa percaya diri yang tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Melbourne Australia membuktikan bahwasanya orang yang mempunyai rasa percaya diri tinggi di dalam sebuah perusahaan atau kantor akan lebih sukses mendapatkan jabatan tinggi dan gaji yang lebih besar ketimbang orang yang biasa saja.

Dengan memiliki rasa percaya diri maka Anda akan mempunyai mental yang kuat sebagai pengusaha. Berbeda jika Anda sering meragukan kemampuan diri sendiri. Anda akan mudah goyah ketika ada masalah yang menerpa bisnis Anda.

Baca lebih lanjut tentang cara meningkatkan kepercayaan diri

5. Berani Mengambil Resiko

Untuk melatih mental yang kuat agar bisa menjadi pengusaha yang sukses. Anda harus berani mengambil resiko untuk kemajuan bisnis Anda. Karena jika terus berada di zona nyaman Anda, usaha Anda akan sulit berkembang.

Anda bukanlah karyawan yang bekerja sesuai dengan perintah atasannya. Posisi Anda disini adalah sebagai atasan. Jadi Anda harus berani mengambil keputusan jika itu memang baik untuk bisnis Anda.

Memang dalam mengambil resiko terkadang Anda bisa melakukan kesalahan. Namun, bisa jadi resiko yang Anda ambil malah menjadi peluang untuk membawa Anda meraih kesuksesan di kemudian hari.

6. Pintar Membangun Jaringan Bisnis

Mental entrepeneur sukses bisa dilihat dari bagaimana cara mereka membangun relasi dengan pihak lain. Baik itu kepada para karyawan, konsumen, perusahaan lain, investor dan juga instansi pemerintahan.

Karena yang namanya bisnis tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh sebab itu, mulailah untuk membangun jaringan bisnis Anda. Anda harus memiliki kemampuan untuk bisa berinteraksi dengan pihak yang bisa membantu dalam mengembangkan bisnis Anda.

7. Memiliki Target yang Jelas

berbisnis dengan investasiCara melatih mental bisnis selanjutnya adalah mempunyai target pendapatan perhari atau pun per bulan. Dan kalau sudah tercapai terus merasakan ketidakpuasan atas apa yang telah dicapai. Itulah sikap mental wirausaha yang ingin sukses di masa mendatang.

Salah satu contohnya dalam berbisnis mempunyai tujuan mendapatkan omset Rp 100 juta per bulan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Rp 100 Juta Perbulan?

Terkadang seseorang dibuat sulit dalam mendapatkan penghasilan 100 juta rupiah per bulan. Mereka memikirkan ini dan itu. Melakukan pekerjaan yang belum menghasilkan atau mendekati 100 juta per bulan. Padahal caranya sangat mudah.

Mungkin Anda berkata bahwasanya bicara itu mudah tinggal mengatakan sangat mudah memperoleh pendapatan 100 juta rupiah per bulan. Tapi yang penting kenyataannya mana?

Para pakar keuangan dan motivasi sering mengaitkan cara menghasilkan uang 100 juta rupiah dengan mudah. Yaitu menggunakan teknik angka. Salah satu caranya adalah melakukan bisnis. Jika Anda ingin mendapatkan 100 juta rupiah per bulan maka Anda harus menjual suatu produk atau barang sebanyak 100 yang harganya Rp 1 juta.

Jika Anda kesulitan dalam menjual barang dengan harga Rp 1 juta sebanyak 100 maka Anda bisa menurunkan harga produk tersebut menjadi Rp 100 ribu. Dengan syarat Anda menjual 1000 barang dari produk itu. Sehingga tetap Anda dapat menghasilkan uang Rp 100 juta per bulan.

Menurut pengamatan penulis, menjual produk harga Rp 1 juta sebanyak 100 buah lebih mudah ketimbang menjual produk harga Rp 100 ribu yang terjual harus 1000 buah walaupun itu dibantu oleh reseller. Jumlah barang 1000 pcs yang harus terjual itu jumlah banyak. Bandingkan dengan jumlah 100 produk yang lebih mudah dan realistis.Baca juga : 13 faktor penyebab kegagalan usaha

Sikap Mental Wirausaha dalam Berinvestasi

Cara lain yang bisa ditempuh selain melalui bisnis untuk mendapatkan penghasilan Rp 100 juta per bulan maka Anda bisa melalui cara investasi yang juga cukup sederhana dan mudah.

Langkah pertama adalah memiliki rumah lalu di kontrakan. Harga sewa satu rumah kontrakan sebesar Rp 1 juta per bulan. Namun jika Anda memiliki rumah sebagai satu-satunya tempat tinggal keluarga maka Anda bisa saja mengontrakkan satu buah kamar di dalam rumah yang terpisah.

Cara lain Anda bisa melihat rumah Anda. Mungkin ada sepetak tanah kosong disamping rumah. Anda dapat membangun rumah di tanah kosong tersebut lalu di kontrakan sebesar Rp 1 juta per bulan.

Seiring berjalan waktu, jika Anda mempunyai uang berlebih maka Anda bisa mendirikan satu buah rumah kontrakan sehingga mempunyai dua rumah kontrakan. Penghasilan pasif Anda mencapai Rp 2 juta per bulan.

Waktu terus berjalan, Anda bisa membangun satu rumah kontrakan selanjutnya sampai mempunyai 10 rumah kontrakan. Maka Anda sudah berpenghasilan 10 juta rupiah per bulan. Dari itu Anda harus tetap konsisten mendirikan rumah kontrakan baru berjalan waktu sampai jumlahnya 100 rumah kontrakan. Dan itu hal yang tak mustahil.

Kalau sudah mempunyai 100 rumah kontrakan dengan harga sewa Rp 1 juta per bulan maka Anda sudah mempunyai penghasilan Rp 100 juta per bulan tanpa perlu bekerja keras. Lumayan bukan?

Bahkan penghasilan seratus juta rupiah per bulan lebih dari cukup. Penghasilan sebesar itu mampu mengalahkan gaji pegawai kantoran bahkan sama dengan gaji direktur utama Pertamina.

Cara mendapatkan Rp 100 juta per bulan ternyata sangat sederhana dan tidak seribet apa yang Anda pikirkan. Melalui cara berbisnis maupun investasi.

Demikianlah cara melatih sikap mental pengusaha yang berhasil. Yang intinya meliputi dua hal yakni menerapkan pola cara pikir dan tindakan entrepreneur yang sukses serta melakukan pendidikan karakter seorang wirausahawan yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *