7 Tips Jitu Memilih Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula

tips jitu memilih jenis usaha untuk pemulaUsaha apa ya? mungkin pertanyaan ini sering muncul dibenak anda saat merasa kebingungan dalam memilih jenis usaha yang ingin anda bangun. Padahal anda sudah memiliki sejumlah uang yang akan dijadikan modal bisnis. Mau usaha ini merasa tidak mampu, mau usaha itu takut gagal. Apalagi jika modal yang anda punya pas-pasan. Terjerat dalam kebingungan seperti ini akhirnya membuat anda urung dalam membuka usaha.

Lantas bagaimana cara menentukan usaha yang cocok untuk pemula ketika ingin memulai merintis usaha dari nol? Sebenarnya tidak sulit kok untuk memilih jenis usaha apa yang bagus dan pas untuk seorang pemula. Hanya saja anda belum tahu caranya dan harus memulai dari mana.

Artikel ini mungkin bisa membantu kebingungan yang sedang anda alami. Anda tidak perlu banyak berangan-angan dan berfikir terlalu jauh karena terkadang sesuatu hal yang sudah didepan mata malah luput dari pandangan. Padahal bisa jadi hal tersebut bisa menjadi usaha yang dapat membuat anda menjadi orang sukses dikemudian hari.

Berikut 7 tips jitu menentukan / memilih jenis usaha yang cocok bagi anda yang masih pemula dalam berbisnis.

1. Pilih Usaha yang Sesuai dengan Minat dan Keahlian Anda

Cara mengetahui usaha yang cocok untuk kita yang pertama adalah dengan mengenali diri anda terlebih dahulu. Coba anda ingat-ingat apa yang menjadi minat anda selama ini. Misalnya ijia anda kurang mengerti masalah fashion tapi anda memaksakan diri untuk membuka toko baju karena merasa bahwa jualan baju pasti laku dan untungnya besar. Sebulan dua bulan mungkin berjalan biasa saja, namun, jika anda tidak bisa mengikuti trend, usaha anda bisa-bisa tidak bertahan lama karena anda kurang mengerti dalam fashion

Berbeda halnya misalnya anda hobi dan suka membuat aneka macam kue sehingga berniat membuka toko kue. Maka usaha ini akan sesuai dengan hobi anda yang suka membuat kue. Selain itu, usaha tersebut akan terasa nyaman anda jalankan karena memang selaras dengan hobi anda.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mencari usaha yang cocok untuk anda adalah memilih usaha yang sudah sesuai dengan keahlian anda. Memang keahlian yang anda miliki belum tentu menjadi hobi anda, namun setidaknya anda tidak akan kerepotan dalam memulai bisnis karena anda memang sudah ahli dalam bidang tersebut. Sehingga anda tidak butuh waktu lama untuk mengembangkan usaha anda.

2. Membuat Daftar Bidang Usaha

Setelah anda menemukan usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Jangan anda terburu-buru untuk segera membuka usaha tersebut. Ada baiknya buatlah daftar bidang usaha yang sudah anda pilih terlebih dahulu. Anda bisa mencatatnya dalam sebuah buku tentang macam-macam usaha yang sesuai dengan minat dan hobi anda.

Pikirkan usaha apa yang bagus saat ini sehingga anda akan lebih mudah dalam mengembangkannya. Sebisa mungkin tulis sebanyak-banyaknya dalam daftar bidang usaha tersebut agar anda punya banyak alternatif sebagai pilihan. Dengan begitu, anda bisa menganalisa dan mencari tahu jenis usaha apa yang belum banyak didirikan orang lain. Jika memang banyak saingan untuk jenis usaha yang anda minati, maka anda harus memiliki inovasi baru untuk bisa bersaing atau anda mencari alternatif jenis usaha lain yang masih sepi pesaing namun memiliki tingkat peminat yang banyak.

Selain itu, dalam memilih jenis usaha, pikirkan juga dimana akan membuka usaha anda. Apakah anda ingin memilih jenis usaha rumahan atau membuka kios dipinggir jalan. Sesuaikan juga dengan bujet modal yang anda punya sehingga anda tidak keteteran dalam pengelolaan keuangan usaha anda.

Baca juga : 8 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

3. Pelajari Bidang Usaha yang Anda Pilih

memilih jenis usaha untuk pemula belajar

Pada poin ini, seharusnya anda sudah memastikan jenis usaha yang ingin anda geluti. Meskipun anda merasa punya minat dan keahlian dalam bidang usaha tersebut, hal ini bukan berarti menjadi jaminan anda akan sukses dalam membangun usaha tersebut.

Oleh sebab itu, Segera pelajari bidang usaha yang sudah anda pilih. Pahami betul-betul apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan usaha anda. Sebagai contoh anda ingin membuka usaha pecel lele, tetapi untuk mendapatkan lele yang layak jual cukup sulit karena harus membeli diluar kota. Itu saja kadang ada kadang enggak.

Hal ini tentunya dapat menghambat usaha anda karena kekurangan bahan baku utama. Anda seharusnya bisa menjual pecel lele 100 porsi perhari nyatanya hanya bisa mendapat separonya gara-gara tidak ada bahan bakunya. Tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan usaha anda.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

4. Sesuaikan dengan Modal yang Anda Punya

Dalam mendirikan sebuah usaha, sebaiknya perhatikan betul-betul untuk urusan modal. Jangan anda memaksakan membuka sebuah usaha yang anda ingini, jika modal yang anda punya tidak cukup. Karena bisa-bisa usaha yang anda buka baru berjalan berapa bulan, anda sudah kehabisan modal.

Sebagai contoh, anda ingin membuka usaha toko fotocopy dan dilengkapi dengan segala peralatan ATK. Usaha ini tentunya akan lebih tepat jika dibuka didekat tempat perkantoran maupun lembaga pendidikan. Hal ini membuat anda harus menyewa ruko/kios yang harga sewanya tidak murah. Sementara modal anda hanya cukup untuk membeli bahan-bahan untuk usaha anda. Pada akhirnya anda kebingungan dan ragu untuk memulai usaha fotocopy yang anda impikan.

Maka dari itu, saat anda memilih jenis usaha apapun, sesuaikan dengan modal yang anda punya. Jika modal anda kecil, untuk sementara carilah peluang usaha modal kecil yang pastinya tidak akan memberatkan keuangan anda. Toh, jika anda mau bekerja keras dan pintar dalam mengelolanya, usaha seperti apapun yang anda jalankan pasti akan memberikan keuntungan untuk anda.

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

5. Perhatikan Lokasi Tempat Usaha

memilih jenis usaha lokasi strategis

Selain berurusan dengan modal, jenis usaha yang anda ingin dirikan juga harus disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal anda. Perhatikan tingkat persaingan usaha sejenis, pangsa pasar dan peluang berkembangnya usaha yang akan anda jalankan untuk beberapa tahun kedepan. Jika dirasa kurang memiliki prospek cerah, sebaiknya urungkan niat anda tersebut.

Misalnya anda ingin membuka warung bakso dilokasi tempat tinggal anda, namun kenyataannya didaerah tersebut sudah banyak warung bakso yang terkenal dan memiliki pelanggan tetap. Jika anda merasa mampu bersaing karena anda menawarkan sesuatu yang baru tidak jadi soal. Namun, jika anda pesimis, mending mencari lokasi lain untuk tempat usaha anda yang belum banyak saingan.

6. Perhatikan Juga Minat dan Kebutuhan Konsumen

Hal penting yang mesti anda perhatikan dalam menentukan jenis usaha adalah pangsa pasar. Poin ini sebenarnya berkaitan erat dengan pemilihan lokasi. Anda harus memperhatikan juga minta dan kebutuhan konsumen saat ingin mendirikan sebuah usaha

Sebagai contoh jika anda tinggal didesa yang jarang lalu lalang kendaraan dan anda mencoba membuka sebuah café atau resto yang menyediakan berbagai makanan modern seperti burger, steak, hotdog dll. Tentunya usaha tersebut akan sepi peminat dan bisa jadi tidak laku. Namun, jika anda tinggal dikota, membuka cafe pastinya akan lebih berpeluang untuk sukses. Contoh lain bisnis yang sangat memperhatikan kebutuhan konsumen adalah usaha laundry dimana banyak orang sangat membutuhkannya.

Baca juga : 19 Rahasia Sukses Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil 

7. Segera Beraksi

Setelah anda membaca poin-poin diatas, seharusnya anda sudah bisa menentukan atau memilih jenis usaha yang ingin anda bangun. Dari pada anda hanya berangan-angan, sebaiknya mulailah dari sekarang. Entah usaha yang anda bangun hanya usaha kecil-kecilan atau yang besar sekalipun akan percuma jika anda tidak segera merencanakan dari sekarang. Salah-salah modal yang anda pegang malah habis duluan untuk memenuhi kebutuhan anda.

Memang tidak mudah untuk memulai sebuah usaha ketika anda belum memiliki pengalaman sama sekali. Pada akhirnya anda kebingungan mau usaha apa. Coba terapkan tips memilih jenis usaha diatas agar keinginan anda untuk segera memiliki usaha bisa kesampaian.

4 Responses to 7 Tips Jitu Memilih Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula

  1. saya sangat setuju dengan pemilihan lokasi Gan, terutama untuk usaha yang offline seperti warung sembako tetapi untuk jenis usaha online sepertinya lokasi tidak begitu berpengaruh

    • Wachid berkata:

      iya mas, terima kasih atas pendapatnya.. betul kalau usaha online dimana pun tetap bisa dilakukan. yang penting masih ada sinyal internet. hehehehhe

  2. Salam Sukses Bahagia
    Terimaksih ya ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...