8 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Android

aplikasi pengatur keuangan pribadiAplikasi Pengatur Keuangan – Saat ini Anda mungkin sedang mengeluh tentang masalah keuangan. Rasa-rasanya gaji Anda tidak pernah cukup untuk sebulan. Padahal kalau di pikir-pikir, gaji Anda sudah lumayan besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Persoalan sebenarnya bukan karena seberapa besar gaji yang Anda terima. Tapi seberapa besar pengeluaran Anda selama ini. Istilahnya jangan sampai “besar pasak daripada tiang” atau lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Kalau itu terjadi, sampai kapanpun Anda akan mengalami masalah keuangan terus-menerus.

Lalu bagaimana solusinya?

Ya, Anda harus bisa mengatur keuangan pribadi dengan baik. Tapi terkadang orang malas untuk mencatat keuangan pada sebuah buku. Selain ribet, di jaman sekarang ini menulis rasanya sudah tidak bisa telaten.

Solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan pribadi lewat smartphone Anda. Saya yakin Anda saat ini sudah memiliki handphone berbasis android. Jadi dengan aplikasi perencanaan keuangan ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat seberapa besar pengeluaran Anda selama ini.

Berikut 8 aplikasi pengatur keuangan terbaik di Android yang bisa Anda download saat ini juga.

1. Monefy – Money Manager

aplikasi Monefy – Money ManagerAplikasi keuangan android yang pertama bisa Anda coba adalah Monefy – Money Manager. Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang simpel. Cara pakainya pun cukup mudah dan sederhana. Sehingga Anda tidak akan kesulitan meskipun baru pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Monefy bisa Anda download di Google Play Store. Tersedia versi gratis dan berbayar. Untuk yang gratis sendiri Anda bisa membagi transaksi ke tiga akun berbeda, yakni tunai, rekening dan kartu pembayaran.

Sementara untuk yang berbayar, aplikasi Anda akan terbebas dari tampilan iklan dan Anda juga bisa menambah jumlah akun serta menggunakan aplikasi lewat komputer.

Ada beberapa kategori di monefy yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur keuangan Anda. Jika kategori yang tersedia masih kurang, Anda bisa menambah kategori sendiri. Dari situ, Anda bisa melihat presentase pemasukan dan pengeluaran dari setiap kategori.

Baca juga : 12 Tips menabung meskipun dengan gaji pas-pasan

2. Financial Calculators

Financial Calculators atau kalkulator keuangan adalah sebuah aplikasi akutansi gratis yang fiturnya sangat lengkap untuk mengatur anggaran keuangan Anda. Kelengkapan aplikasi ini bisa dilihat dari berbagai fitur yang tersedia seperti Loan Calculator, Constant Growth Stock, TVM Calculator, Compound Interest dan lain-lain.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menentukan tujuan keuangan Anda seperti mengatur investasi terbaik, merencanakan dana pensiun atau jika Anda ingin belajar investasi saham. Sehingga rencana keuangan Anda bisa tersusun dengan rapi.

Aplikasi ini bisa bekerja tanpa koneksi internet. Disamping itu Anda bisa menikmati seluruh fitur didalamnya tanpa harus melakukan pembelian aplikasi apapun alias gratis.

Simak juga : 10 Kebiasaan keuangan ala pengusaha sukses

3. FinansialKu

aplikasi pembukuan keuangan finansialKuJika Anda mencari aplikasi pengatur keuangan yang bisa mencakup tidak hanya catatan pemasukan dan pengeluaran saja. Saya sarankan Anda mendownload FinansialKu.

Ada salah satu fitur di FinansialKu yang memungkinkan Anda untuk membuat program keuangan untuk kepentingan lainnya seperti dana pendidikan, belanja produk hingga pembelian kendaraan.

Ketika Anda mengisi data seperti harga dan periode pembelian produk tersebut, secara otomatis FinansialKu akan menghitung biaya yang harus Anda siapkan dan mencatat progres tabungan agar dapat membeli produk tersebut.

Anda bisa mendownload secara gratis di paly store untuk versi gratisan. Namun jika Anda ingin mendapatkan konsultasi dari perencana secara online, jumlah transaksi yang tidak terbatas, catatan tentang investasi, anggaran dan aset. Maka Anda bisa pilih yang berlangganan. Untuk yang bulanan sekitar Rp 35.000, sementara untuk setahun, and ahanya perlu mengeluarkan uang Rp 350.000.

4. MoneyWiz

Bagi Anda yang sudah biasa menggunakan aplikasi keuangan pribadi dan ingin mencoba fitur yang bisa menyajikan fungsi yang lebih mendetail. Maka, Anda bisa menggunakan MoneyWiz sebagai aplikasi pengatur keuangan Anda.

Salah satu contohnya adalah membuat laporan keuangan dalam format PDF atau CSV untuk data seperti uraian transaksi yang terpisah atau sebagai perbandingan anggaran.

Agar lebih mudah dalam mencatat transaksi pengeluaran. Anda bisa mengelompokkan suatu transaksi ke banyak kategori sekaligus. Hal ini tentunya akan lebih mudah karena Anda tidak perlu membuat 2 catatan.

Sebagai contoh Anda ingin pergi untuk membeli burger menggunakan bus. Anda bisa sekaligus mencatat harga burger (kategori makanan) dan biaya bus (kategori transportasi) dalam satu catatan saja.

MoneyWiz tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk berbayar sendiri seharga Rp 49.000 per bulannya. Keuntungan dari versi berbayar adalah adanya fitur tambahan seperti sinkronisasi akun berbasis Salt Edge dengan bank seperti mandiri, Danamon dan BCA.

Baca juga : 6 Cara hidup hemat, wajib dilakukan setelah terima gaji

5. Wallet

Aplikasi pengatur keuangan yang cukup lengkap selain MoneyWiz adalah Wallet. Aplikasi ini menyediakan fitur seperti pencatatan transaksi secara manual. Anda juga bisa mengimpor data Anda ke CSV atau pun Excel.

Wallet juga menyediakan fitur perencanaan anggaran untuk masa depan. Tidak ketinggalan ada fitur pengingat supaya Anda tidak lupa. Aplikasi ini tersedia baik versi gratis dan berbayar.

Jika Anda memiliki aplikasi Wallet yang berbayar, Anda bisa menikmati fitur layanan sinkronisasi dengan akun online bangking seperti BCA, bank mandiri dan Danamon. Sehingga secara otomatis akan merekam riwayat transaksi Anda secara otomatis.

Untuk versi berbayar harganya lebih murah dibandingkan MoneyWiz yaitu Rp 28.000 per bulannya. Bahkan untuk bisa berlangganan seumur hidup Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 379.000.

6. Catatan Keuangan Harian

aplikasi keuangan terbaik catatan keuangan harianSaya pernah menggunakan aplikasi yang satu ini. Aplikasi catatan keuangan harian memiliki tampilan yang cukup simpel namun tidak mengurangi fitur penting. Aplikasi ini memiliki 3 menu yakin utama, laporan dan setelan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Jika Anda ingin memasukkan pendapatan, Anda tinggal pilih pemasukan kemudian pilih kategori gaji, bonus atau tip. Begitu juga untuk pengeluaran, Anda bisa membagi dalam beberapa kategori yang terdapat di aplikasi atau jika Anda ingin menambahkannya sendiri.

Baca juga : 12 Tips hemat uang belanja bulanan untuk ibu rumah tangga

7. Pengeluaran Bulanan

Untuk saat ini, aplikasi pengeluaran bulanan adalah jenis aplikasi pengelola keuangan yang sedang saya pakai. Saya memilih aplikasi ini karena desainnya yang simple dan sederhana namun kaya akan fitur-fitur penting untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan.

Jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi pengatur keuangan pribadi, maka saya sarankan Anda memakai aplikasi ini. Karena desainnya mudah dipahami namun datanya sangat akurat. Anda bisa download disini jika tertarik dengan aplikasi buatan anak bangsa ini

8. Money Lover

aplikasi keuangan android money loverAnda juga perlu mempertimbangkan Money Lover untuk mengelola keuangan pribadi Anda. Aplikasi yang satu ini sangat mudah dan praktis. Anda bisa mengetahui kemana uang Anda pergi dengan memanfaatkan fitur yang ada di Money Lover seperti budget, savings dan event .

Fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatur pengeluaran Anda selama sebulan seperti biaya makan, transportasi, berbelanja, hiburan dan lain-lain. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengingat tagihan yang wajib Anda bayar dengan fitur perencanaan pengeluaran untuk masa depan.

Mencatat pendapatan dan pengeluaran sehari-hari memang terasa malas jika harus menulisnya di buku catatan. Dengan mendownload aplikasi pengatur keuangan tentu akan terasa lebih mudah dan praktis. Pilihlah salah satu aplikasi keuangan android diatas yang cocok dengan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *