8 Cara Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan Pada Pasangan

ilustrasi cara mengatasi rasa cemburu pada pacar

Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan – Rasa cemburu adalah bukti cinta seseorang. Ada juga yang bilang bahwa cemburu merupakan bumbu dalam sebuah hubungan spesial. Tidak hanya untuk pasangan yang berpacaran. Mereka yang sudah menikah pun tidak akan lepas dari rasa cemburu terhadap pasangan. Itu adalah tanda bahwa mereka tidak ingin kehilangan orang yang mereka cintai.

Cemburu sebenarnya adalah hal yang positif. Karena jika diantara pasangan tidak memiliki rasa ini, tentunya hubungan tersebut terasa hampar. Namun jika rasa cemburu tersebut terlalu besar, hal ini justru tidak baik dan bisa memperkeruh hubungan dengan pasangan.

Cemburu berlebihan bisa mengakibatkan pertengkaran dan rasa tidak percaya pada pasangan. dan yang lebih parah adalah rasa curiga yang berlebihan. Jika hal ini terus berlanjut maka ada kemungkinan hubungan Anda dengan pasangan akan retak. Bagi Anda yang sudah menikah, malah bisa menjadi penyebab perceraian dalam rumah tangga.

Berikut ini 8 cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan agar hubungan kalian awet dan langgeng selamanya

1. Berpikirlah Positif Tentangnya

Cemburu buta hanya akan menghancurkan hubungan Anda dengan pasangan. Untuk itu, Anda harus berpikir positif tentangnya. Jangan Anda suka curiga berlebihan yang malah akan membuat hati Anda tidak pernah merasa tenang.

Misalnya dia mengabari Anda bahwa dia akan keluar kota karena tugas kantor. Anda sudah bingung sendiri dan berburuk sangka padanya. Berprasangka bahwa pasangan Anda berbohong dan mungkin sedang selingkuh dibelakang Anda. Padahal pasangan Anda berkata yang sebenarnya.

Oleh sebab itu, kurangi rasa curiga Anda pada pasangan karena hanya akan membuat Anda sakit hati sendiri. Kalaupun Anda merasa ragu, coba cari tahu kebenarannya dengan bertanya pada teman sekantornya yang sudah Anda kenal. Dengan begitu hati Anda akan merasa tenang jika pasangan Anda memang keluar kota karena tugas dari kantornya.

Simak juga : 12 tips menghilangkan pikiran negatif yang sering muncul

2. Bersikap Saling Terbuka

Memang tidak mudah menghilangkan sifat cemburu karena karakter setiap orang berbeda-beda. Namun hal ini lebih baik karena mungkin pasangan Anda juga tidak akan nyaman jika terus dicurigai oleh Anda. Padahal dia sendiri tidak pernah melakukan hal-hal yang buruk dalam hubungan kalian.

Untuk itu, sebaiknya Anda diskusikan masalah ini dengan pasangan. Jika Anda bersikap jujur padanya, tentunya dia akan merasa senang dan kalian berdua bisa mencari solusi untuk mengatasinya.

Misalnya saja Anda tidak suka jika pasangan Anda sering chat dengan teman wanitanya. Siapa tahu dengan Anda berterus terang padanya, dia akan mengerti dan membatasi untuk tidak terlalu sering chatingan dengan wanita lain.

3. Belajarlah Berkomunikasi dengan Baik

Sikap saling terbuka dengan pasangan bisa terwujud jika Anda dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan. Jangan ada gengsi diantara kalian berdua. Salah satu contohnya komunikasi via telepon.

Jika Anda selalu berharap bahwa dia yang harus menghubungi Anda duluan, terkadang bisa membuat hati Anda tidak tenang jika dia telat menghubungi Anda. Pada akhirnya akan timbul rasa curiga seperti Anda menganggap dia berselingkuh. Padahal faktanya mungkin dia sedang sibuk sehingga telat menghubungi Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya bangunlah komunikasi yang baik dengannya. Tinggalkan semua gengsi Anda, jangan menyuruh dia terus yang harus menghubungi Anda duluan. Bagaimanapun juga kalian harus saling melengkapi. Jadi hubungilah dia jika memang dia telat menghubungi Anda. Dengan begitu komunikasi kalian akan berjalan dengan lancar.

Simak juga : 10 alasan pria selingkuh dibelakang Anda

4. Percayalah Padanya

Hal berikutnya untuk mengatasi rasa cemburu dan curiga berlebihan adalah percaya padanya. Ketika Anda percaya bahwa dia tidak akan mengkhianati Anda, maka rasa cemburu dan curiga Anda akan hilang dengan sendirinya.

Lagipula, suatu hubungan memang harus dilandasi dengan rasa saling percaya satu sama lain. Jangan langsung percaya saat orang lain menceritakan hal buruk tentang pasangan Anda. Lebih baik cari tahu dan selidiki lebih dulu. Sehingga Anda bisa menemukan kebenarannya sendiri.

5. Jangan Bersikap Posesif

Rasa cemburu berlebihan terkadang bisa membuat seseorang menjadi bersikap posesif terhadap pasangan. Anda jadi sering melarang dan membatasi gerak geriknya. Hal ini tentunya akan membuatnya merasa tidak nyaman menjalin hubungan dengan Anda.

Untuk itu, tinggalkan sikap posesif Anda. Karena sikap seperti inilah yang terkadang membuat seseorang menyerah menjalin hubungan dan memutuskan untuk berpisah. Hal ini terjadi karena tidak tahan dengan sikap pasangannya. Terkadang ada juga yang memilih untuk berselingkuh.

Simak juga : cara menjaga hubungan yang hampir putus

6. Lupakan Masa Lalu

Mungkin alasan Anda bersikap posesif dan sering curiga karena pasangan pernah melakukan kesalahan di masa lalu seperti selingkuh atau sering membohongi Anda.

Jika sampai saat ini Anda masih menjalin hubungan dengannya, berarti Anda sudah memaafkannya bukan. Jadi hilangkan sikap posesif Anda tersebut. Dia mungkin juga menyesal telah menyakiti perasaan Anda sehingga dia menurut saja meskipun Anda bersikap posesif.

Namun jika Anda terus menerus bersikap demikian, maka yang ada hanya akan menimbulkan masalah baru. Kalau sampai saat ini Anda masih dendam, sakit hati dan sering mengungkit-ungkit kesalahannya, maka hati Anda belum memaafkan dia sepenuhnya.

Oleh sebab itu, agar kalian tidak saling terbebani. Anda harus memaafkan dia sepenuhnya, lupakan kesalahan yang telah dia lakukan dan bangun lagi kepercayaan dengan pasangan Anda.

7. Jangan Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Anda akan kesulitan mengendalikan rasa cemburu jika sampai saat ini sering membandingkan diri Anda dengan orang lain. Karena hal ini hanya akan mengecilkan diri Anda sendiri dihadapan pasangan.

Hal ini biasanya terjadi pada para wanita. Misalnya Anda merasa minder dan tidak percaya diri ketika pasangan mengajak Anda berkumpul dengan teman-temannya dan membawa pasangan masing-masing.Sementara Anda melihat bahwa pasangan teman-temannya lebih cantik dibandingkan Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya hilangkan perasaan tersebut. Percayalah bahwa dia memilih Anda sebagai pasangannya karena Anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Disamping itu, Anda harus percaya bahwa manusia terlahir pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Baca juga : 9 cara menjadi diri sendiri apa adanya

8. Curhatlah dengan Orang Terdekat Anda

Cara meredam rasa cemburu berikutnya adalah curhat dengan orang terdekat Anda. Entah itu keluarga atau sahabat yang Anda percayai. Ceritakanlah bahwa Anda sulit menghilangkan rasa cemburu pada pasangan padahal dia tidak pernah berbuat aneh-aneh.

Dengan berbagi cerita dengan orang yang Anda percaya, setidaknya beban pikiran Anda akan sedikit berkurang. Siapa tahu juga mereka akan membantu Anda menemukan solusi bagaimana cara mengatasi rasa cemburu Anda yang berlebihan.

Cemburu buta dan berlebihan adalah sikap yang harus Anda hilangkan dalam menjalin suatu hubungan. Jangan sampai terjadi perpecahan dalam hubungan Anda dengannya. Cobalah 8 cara mengatasi rasa cemburu diatas agar hubungan kalian awet dan langgeng selamanya.

2 Responses to 8 Cara Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan Pada Pasangan

  1. Sebenarnya cemburu itu sendiri adalah hal yang baik.
    Cemburu bisa dibilang adalah tanda sayang, alias takut kehilangan.

    But kembali ke semua perasaan, apapun perasaan yang “terlewat over” justru bisa jadi bumerang.

    Termasuk cemburu, yang bisa tambah parah jadi posesif.

    Tapi selama bisa dikendalikan dan dikomunikasikan ke pasangan (secara intim), cemburu jusrtru bisa jadi sebuah cara untuk makin melekatkan hubungan.

    At least itu yang terjadi dalam hubungan saya =)

    Anyway, nice post mas Wachid, ditunggu post2 bertema romansa selanjutnya =)

    #Lev

    • Wachid berkata:

      Wah, sebuah pengalaman pribadi ya mas noviandi… tentunya sekarang mas bisa dong mengatasi rasa cemburu yang berlebihan karena ujungnya pasti tidak akan baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *