8 Cara Menghadapi Kemarahan Istri Akibat Kesalahan Anda

cara menghadapi kemarahan istri Anda

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, pertengkaran dengan pasangan adalah hal yang lumrah terjadi. Hanya saja Anda sebagai seorang kepala rumah tangga harus bisa menghadapinya secara bijak. Apalagi jika Anda mendapati istri sedang marah akibat kesalahan yang Anda buat. Yang perlu Anda lakukan ialah bagaimana cara menghadapi kemarahan istri agar tidak menjadi masalah yang lebih serius.

Selama ini, banyak kasus perceraian terjadi karena terjadinya kesalahpahaman antara suami dan istri. Salah satunya ketika istri sedang marah dan suami tidak bisa meredam kemarahannya. Sehingga menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga yang berujung pada perceraian.

Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi dalam rumah tangga Anda bukan?

Jika ya, mulai sekarang belajarlah bagaimana cara meredam kemarahan istri agar tercipta rumah tangga bahagia dan harmonis selamanya.

Berikut ini 8 cara menghadapi kemarahan istri yang diakibatkan oleh kesalahan Anda.

1. Jangan Ikut-Ikutan Marah

Wanita adalah pribadi lemah yang lebih banyak mengandalkan emosi dan perasaan. Hal inilah yang membuat mereka terlalu sensitif dalam menghadapi suatu hal. Sebuah kata-kata yang tidak pas di hati saja bisa membuatnya sedih, marah, kecewa dan lain sebagainya. Parahnya, kebanyakan istri terkadang tidak mau berterus terang jika terjadi suatu masalah.

Sementara itu, pria terkadang tidak peka dengan apa yang sedang menjadi permasalahan istri. Sikap sang suami yang demikian membuat istri merasa tidak diperhatikan yang akhirnya bersikap ngambek dan marah.

Oleh sebab itu, ketika Anda mendapati istri marah tanpa tahu apa penyebabnya. Entah dia sedang dilanda cemburu atau karena masalah lain, sebaiknya Anda jangan malah ikut-ikutan marah.

Dengarkan saja kemarahannya sambil mencari tahu hal yang membuatnya marah. Karena jika Anda ikut-ikutan marah, akan menimbulkan masalah baru. Yang seharusnya bisa diselesaikan baik-baik, malah menjadi konflik yang lebih besar.

Baca juga : Timbulnya masalah rumah tangga akibat 15 kesalahan suami

2. Jangan Didiamkan

Menghadapi wanita yang sedang marah memang terkadang serba salah. Anda memang tidak boleh membalas dengan kemarahan. Namun Anda juga tidak boleh mengabaikannya begitu saja.

Mendiamkannya saat marah hanya akan membuat dia semakin marah terhadap Anda. Cobalah dekati dia dan tanyakan penyebab kemarahannya. Agar dia merasa bahwa Anda tetap memperhatikannya. Kemungkinan dia akan mau berterus terang dengan Anda

3. Hadapi dengan Penuh Kesabaran

Cara menghadapi kemarahan istri harus dengan penuh kesabaran. Dia mungkin tidak akan langsung berterus terang pada Anda tentang hal yang membuatnya marah. Misalnya karena dia mendapati Anda sedang chat dengan wanita lain atau melihat Anda bersama wanita lain.

Dalam situasi seperti ini, jangan Anda menghadapinya dengan emosi. Karena hanya akan membuat masalah semakin runyam. Bagaimanapun juga dia akan mempertahankan egonya sebab dia merasa benar. Begitu juga dengan Anda yang merasa tidak melakukan kesalahan apapun namun tiba-tiba istri marah begitu saja.

Lebih baik ketika dia begitu marah terhadap Anda, atasi dengan cara menenangkannya. Peluk dia erat-erat dan cobalah untuk mengambil hatinya. Dari situ lambat laun dia akan mulai berterus terang dan mengatakan apa yang membuatnya begitu kesal.

Simak juga : 14 Masalah dalam rumah tangga dan penyelesaiannya

4. Dengarkan Keluh Kesahnya

Saat istri marah, dia tidak butuh dinasihati. Dalam keadaannya sekarang, dia menganggap bahwa dirinya benar. Dan jika Anda mengusiknya, dia malah akan semakin marah.

Maka dari itu, lebih baik Anda mendengarkannya saja. Apapun keluh kesah yang ia utarakan, sebaiknya Anda tidak perlu membalas ucapannya. Karena hanya akan membuat dia semakin marah.

Mungkin dalam hati Anda sangat kesal karena harus mendengarkan ocehannya terus-menerus. Tapi percayalah dia akan capek dengan sendirinya. Begitu dia sudah terlihat tenang, barulah anda coba mencairkan suasana dengan menanyakan hal apa yang membuatnya begitu marah.

Jika dia belum mau bercerita, jangan anda paksakan. Tunggu sampai dia mau berterus terang sendiri.

5. Mengakui Kesalahan

Jika Anda merasa telah melakukan kesalahan sehingga menyebabkan istri marah, maka sebaiknya Anda berbesar hati mengakuinya. Jangan malah Anda berusaha mencari pembenaran sendiri yang mana jadinya bisa menimbulkan pertengkaran dalam rumah tangga.

Hal ini sudah sering kejadian. Dimana suami merasa gengsi untuk mengakui kesalahannya. Ujung-ujungnya masalah rumah tangga yang muncul. Istri meminta suami mengakui kesalahannya bukan terus dia akan merasa menjadi paling sendiri. Sang istri hanya butuh kejujuran saja.

Jika Anda bisa bersikap jujur dengan mengakui kesalahan, kemarahannya akan cepat hilang karena perasaannya sudah lega. Apalagi jika dia merasa bahwa kesalahan Anda tidak terlalu fatal.

Baca juga : 10 Cara terbaik mendidik anak dalam islam sejak bayi

6. Berbesar Hati Meminta Maaf

Jika Anda telah mengetahui kesalahan Anda. Anda harus mengakui kesalahan Anda tersebut dan berbesar hati untuk meminta maaf pada istri Anda.

Meminta maaf pada istri tidak akan menurunkan derajat Anda sebagai seorang kepala keluarga. Istri juga tidak akan menganggap dia lebih tinggi daripada Anda.

Sebaliknya, dia akan bangga memiliki suami yang mau berbesar hati mengakui kesalahannya sendiri. Dan tidak sungkan untuk meminta maaf.

7. Jangan Bersikap Kasar

Dalam menghadapi kemarahan istri, sangat dianjurkan untuk tidak mengeluarkan kata-kata kasar seperti bentakan apalagi sampai melakukan kekerasan fisik.

Wanita manapun sangat tidak suka di bentak. Kata-kata bentakan terkadang malah membuatnya semakin melawan Anda. Ujung-ujungnya Anda tidak mampu menahan emosi dan tanpa sadar melakukan kekerasan fisik padanya.

Kalau sudah seperti itu, siapa yang salah coba. Tentu saja Anda yang tidak mampu menahan emosi dalam menyikapi kemarahan istri.

Jadi lebih baik hadapi kemarahan istri Anda dengan bersikap lembut padanya. Bagaimanapun juga, fisik seorang wanita pasti lebih lemah daripada laki-laki. Jika Anda menggunakan kekerasan, pasti dia akan tetap kalah. Dan seorang laki-laki yang berani memukul istrinya hanyalah seorang yang pengecut.

Simak juga : 10 Tips ampuh menghindari perceraian dalam rumah tangga

8. Mengalah dan Memaafkannya

Menghadapi kemarahan istri sebenarnya sangatlah mudah. Setelah Anda membaca poin-poin diatas, maka langkah yang harus Anda ambil ketika istri marah adalah bersikap mengalah ketika ia sedang marah.

Kalaupun istri Anda marah-marah kepada Anda bahkan meskipun sebenarnya dia yang salah, Anda maafkan saja dia. Karena terkadang istri suka sensitif apalagi jika datang tamu bulanan.

Ingat bahwa dia mungkin kecapean mengurus rumah dan menjaga anak-anak. Sehingga terkadang ada masalah sedikit saja bisa memicu kemarahannya. Jadi sebaiknya Anda mengalah.

Menjadi seorang suami yang baik dan juga bijak memang tidak mudah. Apalagi ketika Anda melihat istri kerjaannya marah-marah terus. Coba 8 tips menghadapi kemarahan istri diatas agar rumah tangga Anda selalu harmonis selamanya.

2 Responses to 8 Cara Menghadapi Kemarahan Istri Akibat Kesalahan Anda

  1. Suka Sehat berkata:

    Saya setuju, karena tanpa kita sadari sebagai seorang lelaki. Istri lebih merasakan tekanan yang besar dalam menjalani keseharian. Istri adalah manusia multi talent dengan segala kesabarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *