8 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis rumahan yang menjanjikanBisnis apa ya? Pertanyaan ini mungkin sering muncul pada benak para ibu rumah tangga. Mereka kebingungan saat ingin memulai membuka usaha. Selain itu, mereka tentu akan kesulitan membagi waktu saat harus mengurus rumah dan keluar menjalankan bisnis. Padahal menjalankan bisnis tidak harus keluar rumah. Banyak peluang bisnis rumahan yang menjanjikan dan cocok dijalankan oleh Ibu rumah tangga.

Mungkin ini menjadi pertanyaan umum mengapa ibu rumah tangga harus repot-repot berbisnis karena menjalani peran sebagai seorang ibu rumah tangga saja sudah sangat merepotkan? Selain mengurus anak, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan sederet pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, menyetrika, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga dituntut agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik.

Salah satu faktor terbesar yang mendorong ibu rumah tangga berfikir untuk memulai bisnis adalah faktor ekonomi. Penghasilan suami yang pas-pasan yang dihadapkan dengan biaya hidup yang serba mahal membuat para ibu rumah tangga berfikir bahwa dengan bekerja atau berbisnis tentunya dapat membantu suami untuk mengangkat perekonomian keluarga.

Mungkin anda salah satu dari sekian banyak ibu rumah tangga yang ingin mempunyai bisnis namun tetap bisa menjalankan kewajiban sebagai ibu rumah tangga? Jika ya, anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, Ada banyak macam bisnis rumahan yang menjanjikan dan mungkin sesuai dengan keahlian serta minat anda.

Berikut 8 ide bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga yang bisa anda coba.

1. Menjual Makanan Ringan/Camilan

bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga

Sekarang ini, masyarakat cenderung bergaya hidup konsumtif. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan buka usaha dengan modal kecil seperti menjual makanan ringan/camilan. Jika anda seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak maka bisnis ini cocok untuk anda. Makanan yang bisa anda buat antara lain keripik pisang, keripik singkong atau keripik kentang. Adapun untuk camilan seperti kue, gorengan atau jajanan tradisional juga bisa menjadi ladang bisnis yang cukup menguntungkan.

Anda bisa menitipkan dagangan anda di beberapa warung ataupun lapak tempat biasa orang berjualan kue dipinggir jalan. Perkiraan modal yang anda butuhkan berkisar antara 500-800 ribu rupiah. Jika makanan yang anda sajikan enak, konsumen akan kembali membeli makanan/camilan anda.

Selain itu, anda bisa mempromosikan bisnis anda dengan menyediakan makanan/camilan untuk acara arisan, pesta ulang tahun, syukuran dan acara kantoran yang biasanya memesan dalam jumlah banyak. Kisah Ibu Rini yang sukses menjadi pengusaha kripik ini mungkin bisa jadi inspirasi jika anda memutuskan memulai bisnis kripik.

2. Menjual Makanan untuk Sarapan

Apakah anda tinggal dikomplek yang penghuninya rata-rata pekerja kantoran atau PNS? Jika benar, anda bisa menyediakan makanan untuk sarapan karena kebanyakan dari mereka sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk berangkat kekantor atau mengantar anak sekolah dan tidak sempat membuat sarapan dipagi hari. Sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan untuk anda.

Makanan yang bisa anda jual dipagi hari antara lain bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, soto ayam, gorengan dan lain-lain. Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Jika anda sudah memiliki peralatan memasak lengkap, modal 600 ribu -1 juta rupiah bisa anda siapkan untuk membeli bahan makanan yang akan anda masak.

Baca juga : 14 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta Untung Berlipat Ganda

3. Membuka Warung Sembako

bisnis rumahan yang menjanjikan toko rumahan

sumber foto via http://www.bisnise.com

Banyak orang membuka warung sembako di rumah tempat mereka tinggal. Hal ini membuktikan bahwa bisnis ini termasuk bisnis rumahan yang menjanjikan dan tidak ada matinya. Meskipun tidak selengkap mini market, menyediakan barang dagangan yang identik dengan sembilan bahan pokok ini merupakan usaha kecil yang menjanjikan.

Jadi, jangan anda merasa minder meskipun dikomplek perumahan anda sudah ada yang buka warung. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang lumrah terjadi. Sebaiknya segera susun perencanaan yang matang sebelum menjalankan bisnis ini.

Untuk langkah awal, anda tidak harus membuat tempat khusus dihalaman rumah yang tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Modal bisa anda alihkan untuk dibelanjakan barang-barang yang biasa dibutuhkan konsumen. Untuk sementara, lebih baik jualan di teras rumah sambil membaca pangsa pasar. Perkiraan modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak yaitu sekitar 5 juta rupiah karena target konsumenadalah tetangga di sekitar rumah anda.

Sebisa mungkin sediakan barang dagangan yang lengkap agar konsumen puas dan pada akhirnya kembali untuk belanja ke warung sembako anda. Setelah anda merasa bahwa warung yang anda kelola memiliki prospek cerah, Bangunlah toko dihalaman rumah anda. Lengkapi dagangan yang anda rasa perlu seperti menyediakan bensin eceran atau menjual minuman dingin yang akan semakin menarik minat konsumen.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

4. Jual Isi Pulsa Online

Bisnis rumahan yang menjanjikan selanjutnya adalah jual isi pulsa online. Bisnis ini tidak ada matinya karena sekarang ini hampir semua orang menggunakan handphone. Memang banyak toko pulsa yang bertebaran di sepanjang jalan raya. Meskipun demikian, bisnis ini tetap bisa dilakukan dirumah. Karena terkadang banyak tetangga yang tidak sempat atau malas untuk pergi keluar hanya untuk membeli pulsa.

Meskipun anda tidak meraup keuntungan yang signifikan dalam setiap transaksi pulsa, namun, jika konsumen rutin membeli pulsa ditempat anda maka keuntungan anda akan menjadi banyak, Apalagi sekarang ini ada produk seperti Paytren yang bukan hanya menjual pulsa untuk handphone saja. Ada token listrik, bayar PDAM, bayar TV kabel dan lain sebagainya yang tentunya akan dapat menambah keuntungan bisnis anda.

Selain tetangga yang menjadi konsumen tetap, anda bisa menjualnya kepada kerabat, teman, dan rekan kerja sekantor suami yang bisa anda layani secara online. Sehingga meskipun anda sibuk mengurus rumah, anda juga bisa membantu menambah penghasilan keluarga dengan jualan pulsa online.

5. Bisnis Online

Saat ini internet semakin merajalela. Akses yang cepat dan kaya akan sumber informasi membuat masyarakat seakan tidak bisa hidup tanpa internet. Dilansir dari kominfo.go.id, pengguna internet di Indonesia menempati peringkat 6 dunia dengan perkiraan pengguna sebanyak 112 juta orang pada tahun 2017.

Mencengangkan bukan. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mulai bisnis secara online. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun termasuk ibu rumah tangga. Selain itu, anda tidak membutuhkan lapak yang besar karena bisnis online merupakan usaha yang bisa dilakukan dirumah dan dapat dikerjakan dimana saja selama masih ada koneksi internet.

Modal yang dibutuhkan bervariasi tergantung bisnis apa yang ingin anda jalankan. Ada yang membutuhkan dana ratusan ribu sampai jutaan, bahkan ada bisnis tanpa modal sama sekali jika sudah berbicara tentang bisnis online. Yang terpenting mau belajar dan menekuni bisnis ini, anda bisa memiliki penghasilan yang melebihi gaji pegawai kantoran.

Beberapa bisnis online yang sedang trend dan dijalankan oleh banyak orang antara lain:

  • Toko online
  • Menjadi blogger
  • Penulis lepas
  • Reseller/Dropship
  • Menjadi Youtuber
  • dan lain-lain

6. Jasa Les Privat

bisnis rumahan yang menjanjikan 3 les privat

sumber foto via www.pinterest.com

Jika anda lulusan jurusan pendidikan, membuka jasa les privat atau bimbingan belajar bisa menjadi bisnis rumahan dengan modal kecil yang cocok untuk anda. Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong dirumah untuk memulai bisnis ini.

Target anda mulai dari siswa SD, SMP dan SMA yang biasanya membutuhkan les tambahan untuk menghadapi ujian akhir kelulusan. Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak. Selain untuk membeli peralatan mengajar, anda perlu menyediakan meja dan kursi agar proses belajar menjadi lebih mudah. Mendekorasi ruangan bisa menjadi nilai plus agar bisnis anda tersebut terlihat lebih profesional.

Untuk langkah awal, anda bisa menawarkan jasa les tersebut pada anak-anak tetangga disekitar rumah. Pasang tarif yang relatif terjangkau untuk menarik minat mereka. Jangan lupa untuk melakukan promosi dengan menyebarkan brosur, menawarkan pada teman atau bisa lewat media sosial.

Saat bisnis berkembang dan anda merasa kewalahan, anda bisa mengontak beberapa teman kuliah anda agar mau membantu menjadi pengajar tambahan dibimbingan belajar milik anda.

7. Jualan Air Galon Isi Ulang dan Gas Elpiji

Air minum adalah kebutuhan pokok yang diperlukan oleh semua orang. Hal ini menjadikan jualan air isi ulang menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Mengapa demikian? Karena kebanyakan orang dikomplek perumahan lebih memilih membeli galon yang siap antar kerumah sehingga mereka tidak perlu repot-repot keluar.

Selain jualan galon, anda bisa melengkapinya dengan menjual tabung gas elpiji yang saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Memang dana yang dibutuhkan cukup besar untuk memulai bisnis ini. Apalagi jika dibandingkan dengan target konsumen yang sebagian besar merupakan tetangga-tetangga dan perumahan lain disekitar komplek anda. Namun, bisnis ini tetap akan memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Sebaiknya, pekerjakan satu atau dua orang karyawan dalam menjalankan bisnis ini. Karena anda harus menyediakan fasilitas siap antar kepada konsumen agar mereka menjadi langganan tetap anda.

Baca juga : 10 Jenis Usaha Di Bulan Ramadhan Dijamin Menguntungkan

8. Membuka Jasa Menjahit

Bagi anda yang lulusan SMK jurusan tata busana, membuka jasa menjahit bisa menjadi alternatif peluang usaha yang layak anda coba. Sayang bukan jika keahlian anda tersebut tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Apalagi bisnis ini termasuk kategori jasa yang tidak semua orang bisa melakukannya tanpa keahlian tersebut.

Modal awal yang harus anda siapkan memang cukup besar. Modal tersebut anda gunakan untuk membeli peralatan menjahit yang anda perlukan. Namun, berbeda dengan bisnis makanan yang harus setiap saat belanja sewaktu bahan habis, peralatan menjahit bisa anda gunakan selamanya. Anda hanya perlu merawatnya agar tidak cepat rusak.

Target konsumen anda adalah kerabat dan tetangga disekitar rumah. Anda bisa menjahit baju sekolah, gamis, kemeja atau permak baju dan celana jeans. Konsumen akan menjadi pelanggan setia jika jahitan yang anda buat memuaskan dan cepat selesai. Oleh sebab itu, butuh ketekunan dan kesabaran dalam menjalankan bisnis ini.

Selain 8 Ide bisnis rumahan yang menjanjikan diatas, masih banyak bisnis rumahan yang bisa anda coba seperti membuka jasa laundry, membuat kerajinan tangan, catering, dan lain sebagainya. Anda tinggal memilih bisnis apa yang kira-kira cocok dan sesuai dengan minat anda.

Yang terpenting, apapun bisnis yang anda jalankan, jangan melakukannya setengah-setengah. Meskipun hanya bisnis kecil-kecillah, jika anda fokus dan memiliki perencanaan yang matang terkait bisnis anda tersebut, maka suatu saat bisnis anda akan menjadi bisnis yang besar.

2 Responses to 8 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

  1. hulya berkata:

    trmksh byk..ini sangat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *