8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

investasi terbaik yang akan buat anda kaya di usia 35 tahunInvestasi adalah kegiatan menyimpan atau menanamkan modal dengan harapan mendapat keuntungan di masa mendatang. Hal ini membuat banyak orang yang sudah matang secara finansial berupaya mencari investasi terbaik untuk mengamankan aset mereka.

Saat ini sudah banyak orang mulai mengalokasikan dananya untuk berinvestasi. Bukan saja mereka yang memiliki penghasilan tinggi, mereka yang berpenghasilan pas-pasan saja sudah menyadari akan pentingnya investasi bagi masa depan.

Jika anda ingin berinvestasi, sebaiknya mulailah dari sekarang. Dimana anda masih produktif dan memiliki penghasilan tetap. Siapa tahu dengan melakukan investasi terbaik yang tepat, pada usia 35 tahun hidup anda sudah mapan.

Namun, anda juga perlu hati-hati dalam menginvestasikan harta anda. Sekarang ini banyak jenis investasi illegal yang nantinya malah merugikan anda. Sebaiknya pilihlah investasi paling aman dan mudah sehingga dapat memberikan bermanfaat untuk masa depan anda.

Berikut 8 Investasi terbaik yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi keuangan yang anda miliki saat ini.

1. Tabungan di Bank

Boleh dikatakan sebenarnya tabungan bukanlah investasi yang baik. Namun, tabungan di bank adalah investasi bagi pemula yang paling cocok karena mudah dan aman. Selain bunga investasi tabungan rendah, jika anda sewaktu-waktu membutuhkan dana cepat, maka tidak butuh waktu lama untuk mencairkan uang anda.

Tabungan juga merupakan investasi bagi semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua. Akan tetapi, anda jangan berharap mendapat keuntungan bunga yang banyak. Jangankan untuk membeli suatu barang, bunga investasi tabungan yang anda dapat buat sekedar jajan saja mungkin tidak cukup.

Baca juga : 12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

2. Deposito

Selain tabungan, salah satu investasi terbaik untuk jangka pendek dan menengah adalah deposito. Deposito dianggap sebagai investasi paling mudah, aman, dan menguntungkan. Deposito sendiri bisa diartikan sebagai produk simpanan di bank yang penyetoran maupun penarikannya hanya bisa dilakukan sesuai dengan perjanjian.

Bagi anda yang ingin berinvestasi untuk setahun atau dua tahun ke depan karena bank biasanya memberikan beberapa pilihan jangka waktu. Oleh sebab itu, deposito sangat cocok bagi anda yang kesulitan menabung. Karena jika sembarangan dalam menarik simpanan, anda akan terkena denda pinalti.

Hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan berinvestasi melalui deposito, sebaiknya anda ketahui dulu ciri-ciri deposito seperti dilansir dari cermati.com.

  • Minimal Setoran

    Biasanya, saat buka rekening tabungan dibank, anda harus membayar minimal setoran pertama kali. Begitu juga dengan deposito, syarat minimal setoran deposito sekitar 5 juta rupiah. Namun, setiap bank mempunyai kebijakan masing-masing terkait hal ini.

  • Jangka Waktu Simpanan

    Produk simpanan deposito memiliki jangka waktu simpanan. Beberapa pilihan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan atau investasi yang anda inginkan.

    Misalnya, anda butuh dana untuk 1 tahun kedepan sebagai persiapan anak masuk universitas, maka produk deposito 12 bulan akan cocok anda pilih. Beda halnya jika anda ingin menyimpan uang untuk dana darurat, deposito yang bisa anda pilih adalah yang memiliki jangka waktu simpanan 1 atau 3 bulan.

  • Pencairan Dana

    Seperti yang saya singgung diatas, deposito memiliki jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika anda menarik simpanan sebelum jangka waktu yang anda pilih selesai. Maka, bersiap-siaplah anda terkena denda pinalti yang tentu mengurangi keuntungan.

  • Bunga Deposito

    Bunga deposito jelas lebih tinggi dibandingkan tabungan. Hal ini mungkin disebabkan adanya perjanjian jangka waktu yang ditetapkan. Bunga yang tergolong tinggi membuat deposito cocok dijadikan investasi yang aman dan menguntungkan.

  • Resiko Rendah

    Bisa dibilang, deposito merupakan produk simpanan yang memiliki resiko paling rendah karena memiliki jaminan Lembaga penjamin simpanan (LPS). Hampir seluruh bank di Indonesia tercatat sebagai anggota LPS.

    Namun perlu dicatat bahwa jaminan ini hanya berlaku untuk simpanan dibawah Rp 2 milyar dengan suku bunga paling tinggi 7,5 %. Jika lebih dari itu, maka LPS tidak akan menjamin dana anda.

  • Deposito Sebagai Jaminan

    Mungkin yang satu ini belum banyak diketahui orang bahwa deposito termasuk aset yang bisa dijadikan pinjaman ke bank. Akan tetapi tidak semua bank mau menerima jaminan berupa deposito.

  • Produk kena pajak

    Simpanan diposito merupakan produk kena pajak. Sehingga anda akan mendapat keuntungan 80% karena dipotong pajak sebesar 20%.

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

3. Investasi Emas Batangan

investasi terbaik emas batangan

Dari dulu sampai sekarang, emas dipercaya sebagai investasi aman dan menguntungkan. Memang harga emas tidak pernah stabil namun tetap saja banyak orang berinvestasi emas.

Jika anda ingin investasi terbaik dengan jangka panjang 5-10 tahun mendatang, ada baiknya anda menginvestasikan harta anda untuk logam mulia ini. Akan tetapi, sebaiknya anda memilih emas batangan daripada emas perhiasan.

Kenapa demikian? Karena membeli emas perhiasan biasanya dikenakan biaya pembuatan sebesar 1-7 persen untuk emas buatan pabrik. Sementara emas perhiasan yang dibuat pengrajin emas rumahan biasanya mengenakan biaya pembuatan 15-20 persen. Cukup merugikan bukan.

Selain itu, saat kita menjualnya kembali jangan berharap anda mendapat keuntungan karena terdapat potongan 10 persen dari toko tempat anda membeli. Itu pun kondisinya harus masih bagus. Jika cacat, potongan harga bisa sampai 30 persen.

Beda halnya dengan investasi emas batangan. Selain kemurnian emas terjamin, harga emas batangan cenderung stabil harganya. Anda juga tidak akan dikenakan biaya pembuatan seperti emas perhiasan. Sehingga, ketika anda kedepannya ingin menjualnya, anda akan mendapat keuntungan lebih besar dibandingkan emas perhiasan.

4. Reksadana

Satu lagi investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang yang bisa anda pilih adalah reksadana. Yang di maksud dengan reksadana adalah wadah yang digunakan oleh masyarakat untuk mengumpulkan dana. Dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek. Portofolio efek sendiri adalah kumpulan surat berharga seperti saham, obligasi, deposito dan lain-lain.

Kelebihan dari reksadana adalah anda tidak perlu berinvestasi dalam jumlah besar seperti saham yang memerlukan modal puluhan juta. Anda tinggal menentukan reksadana apa yang ingin anda beli. Selanjutnya biar manajer investasi yang akan mengelola dana anda.

baca juga : Rahasia Menjadi Orang Kaya Dengan 12 Cara Sederhana

5. Menanam Saham

investasi terbaik menanam saham

Menanam saham bisa menjadi investasi terbaik yang bisa anda pilih. Akan tetapi, berinvestasi saham memiliki resiko tinggi jika anda tidak menguasai pasar saham. Selain itu, akan cukup melelahkan karena anda setiap hari harus memantau naik turunnya harga saham untuk mencairkan uang dari saham yang anda beli dari perusahaan.

Sebagai contoh, anda membeli saham ABC sebanyak 1000 lembar dengan harga Rp 10.000 per lembar. Ketika berjalan seminggu kemudian harga saham naik menjadi Rp 10.500 per lembar. Anda menjual semua saham tersebut Rp. 10.500 x 1000 = 10.500.000. Nah, anda memiliki keuntungan Rp 500.000 hanya dalam waktu seminggu.

Meskipun mudah dalam meraih keuntungan. Resiko mengalami kerugian juga cukup tinggi. Anda bisa mengalami kerugian jika saham yang anda tanam di suatu perusahaan mengalami penurunan.

6. Investasi Tanah

Jika anda ingin investasi yang aman dan terjamin sebaiknya pilihlah investasi tanah. Resiko anda mengalami kerugian sangat kecil. Karena harga tanah dari tahun ke tahun pasti mengalami kenaikan. Apalagi jika lokasinya sangat strategis.

Sebagai contoh, anda membeli sebidang tanah dengan harga Rp 40 juta pada tahun 2017. Bisa saja di tahun 2018 harga tanah anda naik menjadi Rp 50 juta. Hal ini akan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, tanah sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

Hanya saja, kekurangan investasi ini adalah ketika anda sedang membutuhkan uang, anda tidak bisa mencairkan dengan cepat seperti tabungan. Menjual tanah juga tidak bisa seperti emas yang cenderung memiliki harga stabil. Anda mesti sabar menemukan orang yang mau membayar tanah sesuai dengan harga yang anda minta.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

7. Investasi Properti

investasi terbaik propertiSama seperti tanah, investasi properti menjadi pilihan investasi terbaik untuk jangka panjang. Tiap tahun, harga properti pasti naik. Sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin berinvestasi untuk jangka 5 tahun keatas.

Misalnya saja anda membeli rumah disuatu perumahan dengan harga Rp 120 juta pada tahun 2017. Dalam jangka waktu setahun harga rumah anda mungkin naik menjadi Rp 140 juta. Lima tahun ke depan bisa saja rumah tersebut harganya mencapai Rp 250 juta.

Selain rumah, anda bisa membeli ruko atau toko. Pilihlah lokasi yang strategis dan sesuai dengan bujet anda. Jika anda terlalu sibuk dan tidak bisa mengelolanya, anda bisa menyewakannya. Sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi anda tersebut.

Baca juga : 6 Penyebab Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Anda Alami

8. Membuka Peluang Usaha Sendiri

Membuka usaha sendiri menjadi investasi paling menguntungkan jika anda pengen kaya dan berhasil. Kenapa? Karena anda yang akan mengelola usaha tersebut dan anda yang akan sendiri yang akan menikmati hasilnya.

Meskipun berisiko kehilangan seluruh modal jika usaha anda gagal atau bangkrut, Namun, jika anda merintis usaha sendiri disertai dengan pengetahuan tentang manajemen keuangan yang baik, cara pemasaran produk yang jitu serta ditunjang dengan ketekunan dan kerja keras. Maka hasilnya pun akan bisa anda nikmati di kemudian hari.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

Itulah 8 investasi terbaik yang bisa anda pilih untuk masa depan. Semua investasi tersebut tentu menguntungkan. Tergantung anda membutuhkan investasi seperti apa. Jika anda seorang pemula dalam hal investasi, mencoba tabungan, disposito atau investasi emas bisa menjadi pilihan.

Jika anda sudah ahli dan memiliki modal besar, memilih investasi saham pasti sangat menguntungkan. Begitu juga dengan investasi tanah/properti yang tentu saja akan memberikan keuntungan untuk jangka panjang.

4 Responses to 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

  1. Bram berkata:

    Setuju banget Karena ketidakstabilan nilai mata uang sehingga Untuk Investasi jangka panjang sangat direkomendasikan investasi Emas, Tanah dan Properti. Untuk melihat berbagai pilihan properti ini bisa jd rekomendasi lo http://www.rhapropertisyariah.com

  2. Zonkeu berkata:

    Sekarang udah bisa mendapatkan penghasilan lebih harus investasi baik itu investasi jangka panjang maupun jangka pendek, asal ulet dan cermat pasti bisa sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *