8 Cara Mengatasi Rasa Takut Memulai Usaha Sendiri dari Nol

mengatasi rasa takut memulai usaha baru

Memulai usaha sendiri dari nol memang memiliki resiko tersendiri, Hal seperti ini biasa dialami orang-orang saat pertama kali ingin membuka usaha. Sebenarnya takut memulai usaha baru adalah hal yang wajar-wajar saja.

Siapa sih yang tidak takut mengalami kerugian, takut bisnisnya macet ditengah jalan atau lebih parahnya mengalami kebangkrutan. Hampir semua orang pasti takut gagal memulai usaha. Apalagi jika sudah menyangkut modal yang besar.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa takut memulai usaha sendiri yang biasa dialami para pemula?

Sebenarnya mengatasi rasa takut saat akan membuka usaha cukup mudah. Anda hanya perlu memperkecil resiko dari bisnis yang akan Anda jalankan. Sehingga Anda tidak sampai rugi banyak apabila gagal.

Ada beberapa alasan kenapa Anda takut membuka usaha. Diantaranya adalah takut rugi, takut tidak laku, takut di cemooh orang atau takut karena melanggar hukum.

Baiklah, kita akan membahasnya satu persatu.

Berikut cara mengatasi rasa takut memulai usaha sendiri dari nol yang bisa Anda coba mulai dari sekarang

1. Mengatasi Takut Rugi Saat Membuka Usaha

Membuka usaha memang harus mengeluarkan modal pada umumnya. Namun ada juga usaha tanpa modal sepeserpun. Seperti contohnya menjadi dropshiper atau agen properti.

Biasanya orang yang takut rugi adalah orang yang mengeluarkan modal saat membuka usaha.

Untuk mengatasinya, Anda harus punya batasan sendiri jika harus merugi. Berapa rupiah kerugian yang bisa Anda terima dengan lapang dada.

Sebagai contoh, Anda memiliki modal 10 juta rupiah. Jika Anda hanya bisa menerima kerugian dibawah dua juta. Maka mulailah usaha yang resikonya hanya Rp 2.000.000 saja.

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, Anda bisa membuka usaha hanya bermodal banner saja. Contohnya adalah pijat urat panggilan, jasa pembuatan skripsi, jasa potong rambut, usaha catering rumahan dan lain-lain. Usaha berjenis jasa memiliki resiko kerugian yang kecil.

Atau Anda juga bisa memulai usaha yang hanya bermodalkan Rp100.000 saja. Contohnya Anda bisa membuka usaha kue rumahan dan menjualnya di sekolah-sekolah.

Rekomendasi Artikel :

Tips sukses usaha kue rumahan bermodal kecil

2. Mengatasi Rasa Takut Tidak Laku

jangan takut usaha tidak lakuYang namanya usaha pasti ada waktu ramai dan sepinya. Apalagi jika Anda bergerak di bidang usaha dagang. Jadi Anda jangan takut berdagang hanya karena takut tidak laku. Anda akan baik-baik saja selama Anda memilih usaha yang tepat, dengan produk yang tepat, serta tempat usaha di lokasi yang strategis.

Oh ya satu lagi, Anda harus memiliki strategi pemasaran produk yang tepat.

Jika Anda sudah bisa mengaplikasikan hal di atas, maka Anda tidak perlu lagi merasa takut produk Anda tidak laku di pasaran.

Lalu bagaimana memilih usaha yang tepat?

Yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis usaha dengan modal paling kecil dan memiliki potensi untung yang besar.

Anda bisa mencoba bisnis kuliner karena tingkat keuntungannya lumayan besar yaitu 30%. Dan resikonya lumayan kecil selama Anda tidak menyewa tempat yang mahal.

Usaha yang tepat adalah yang Anda kuasai pembuatannya. Misalkan Anda ahli membuat cemilan seperti keripik, maka mulailah jenis usaha makanan ringan saja.

Apalagi jika cemilan yang Anda buat lebih enak dan harganya lebih terjangkau daripada merk lain. Maka kemungkinan sukses akan lebih besar.

Lalu bagaimana cara memilih produk yang tepat?

Seperti di atas, carilah yang Anda kuasai pembuatannya. Atau yang Anda kuasai soal seluk beluknya. Jika Anda pernah bekerja sebagai pegawai toko sembako dan sudah tahu seluk beluk usaha sembako, Anda bisa memulai usaha yang sama.

Rekomendasi Artikel :

Tips mudah memilih jenis usaha untuk pemula

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Dengan memilih lokasi usaha yang strategis, Anda mengurangi resiko kerugian yang bisa Anda alami.

Pada dasarnya usaha rugi karena tidak ada pembeli. Dengan memilih lokasi yang strategis, maka pembeli akan lebih mudah untuk mengetahui lokasi Anda dan menjangkaunya.

Lokasi yang strategis tidak melulu tentang tempat yang bagus, mewah dan mahal. Namun yang paling penting adalah dekat dengan target konsumen Anda dan terlihat dengan jelas dari jalan.

Jangan tertipu dengan harga sewa yang mahal. Anda harus benar-benar mensurvei lokasi tersebut sebelum menyewanya. Caranya adalah dengan melihat kepadatan penduduk di sekitar lokasi dan menganalisa kebutuhan mereka. Jika sudah cocok maka Anda bisa menyewanya.

Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajari analisis SWOT untuk mengetahui segala hal dari bisnis Anda mulai dari kekuatan, kekurangan, menganalisa peluang dan ancaman untuk kelangsungan bisnis Anda.

Jika Anda belum tahu tentang analisis SWOT, silahkan baca

Mengenal analisis SWOT, pengertian, manfaat dan contoh penerapannya

Seperti contohnya analisis SWOT untuk usaha laundry kiloan. Jika Anda membukanya di tempat yang jarang orang menggunakan jasa laundry, maka usaha Anda tidak akan bertahan lama.

Berbeda halnya jika Anda membuka usaha tersebut di lingkungan seperti dekat kost/kontrakan, dekat asrama/pesantren atau pinggir jalan raya yang ramai. Tentu kemungkinan mendapat banyak pelanggan akan lebih besar.

Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, maka Anda bisa mencari tempat sewa yang murah atau yang gratis. Seperti di depan toko yang tutup, di pinggir jalan, atau di trotoar. Yang penting strategis.

Anda bisa mencontoh para pelaku usaha waralaba makanan dan minuman dimana mereka memanfaatkan keramaian minimarket untuk berjualan didepan tokonya. Dengan biaya sewa yang kecil, tapi omset yang mereka dapatkan sangat besar.

Intinya, semakin terlihat usaha Anda, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui. Makin banyak orang mengetahui, maka akan semakin banyak orang yang membeli.

Jika Anda telah memiliki tempat yang strategis maka tidak ada yang perlu ditakutkan lagi.

Baca juga : Tantangan memulai usaha sendiri dan cara mengatasinya

4. Berkumpullah dengan Orang yang Sudah Sukses

Sebuah pepatah mengatakan, “kamu akan mirip seperti orang-orang di sekitarmu”.

Arti pepatah ini adalah jika Anda berkumpul dengan orang-orang yang jahat, Anda bisa menjadi jahat.

Begitu juga ketika Anda berkumpul dengan orang-orang yang tidak takut memulai usaha, maka Anda akan tidak takut untuk usaha juga. Apalagi jika Anda sering berdiskusi dengan mereka.

Lalu bagaimana cara mendapatkan teman seperti itu?

Caranya adalah dengan mendatangi perkumpulan pengusaha dan carilah kenalan disana. Salah satu tempat yang bisa Anda datangi adalah Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di kota Anda.

Anda juga bisa masuk ke grup pengusaha via media sosial atau juga bisa belajar secara tidak langsung dengan menggunakan buku atau menonton video youtube.

Saya pribadi sangat suka melihat video youtube tentang motivasi usaha. Cari tokoh-tokoh terkenal seperti Arli Kurnia, Denny Santoso, Neil Patel, dan pengusaha yang memiliki channel youtube lain.

Simak juga : 10 Kisah orang sukses yang dulunya pernah mengalami kegagalan

5. Buatlah Perencanaan Usaha yang Matang

buat perencanaan usahaApapun bisnis yang akan Anda jalankan, seberapa besar dan modal yang akan Anda keluarkan, sebaiknya buatlah rencana bisnis untuk usaha Anda.

Mungkin Anda berpikir tidak perlu buat perencanaan usaha karena bisnis yang Anda jalankan adalah usaha kecil seperti bisnis gorengan misalnya. Tapi jangan salah, banyak orang sukses menjalankan bisnis gorengan beromset jutaan loh.

Mengapa mereka bisa sukses?

Karena mereka dari awal membuat perencanaan usaha yang matang. Mulai dari konsep bisnis, perkiraan modal dan kebutuhan belanja untuk usaha, memprediksi kebutuhan pasar dan gimana cara pemasarannya.

Jika Anda bisa membuat perencanaan bisnis yang benar, maka jangan takut memulai usaha meskipun Anda menggunakan modal besar sekalipun.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membuat perencanaan bisnis yang benar, silahkan baca 6 tahapan membuat perencanaan usaha

6. Nikmati Prosesnya Jangan Hanya Fokus Pada Hasil

Banyak orang gagal membangun usahanya karena mereka lebih fokus pada hasil daripada proses menjalankan usaha tersebut.

Ketika mereka merasa bahwa usaha yang dijalankan tidak memberikan hasil yang memuaskan, mereka akhirnya lebih memilih untuk meninggalkan bisnis tersebut.

Oleh sebab itu, cara mengatasi rasa takut dalam berwirasusaha adalah menikmati setiap proses yang harus Anda lalui dalam mengembangkan bisnis Anda. Jangan hanya fokus pada hasil karena tidak ada bisnis yang bisa sukses secara instan.

Sebagai contoh Anda sedang merintis karier sebagai blogger professional karena tergiur dengan kesuksesan peblogger seperti Linda Ikeji yang mampu menghasilkan uang ratusan juta per bulan.

Di awal ngeblog, Anda semangat menulis artikel untuk blog Anda. Sebulan, dua bulan, hingga enam bulan setelahnya, semangat Anda mulai turun karena tidak kunjung mendapatkan uang dari blog.

Padahal kalau Anda tahu, menghasilkan uang dari blog itu butuh waktu yang lama. Jadi jangan patah semangat ketika baru setahun ngeblog, tapi penghasilan Anda masih kecil.

Lebih baik nikmati proses untuk terus update artikel dan belajar bagaimana membangun blog yang bagus. Bbarulah memikirkan hasil yang akan Anda dapatkan nantinya.

Rekomendasi Artikel :

Cara meningkatkan semangat kerja – Apapun profesi Anda

7. Bangun Jaringan Bisnis Untuk Kelangsungan Usaha

Bisnis tidak akan berkembang besar tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh karena itu, kembangkan usaha Anda dengan membangun jaringan bisnis.

Jangan hanya bergerak sendirian. Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis baik secara ofline maupun online.

Selain itu, jangan lewatkan ketika ada seminar bisnis di daerah Anda. Siapa tau disana Anda bisa berkenalan dengan partner bisnis yang cocok.

Manfaat dari jaringan bisnis itu ada banyak sekali. Semisal begini, Anda sedang memulai usaha penjualan sepatu. Jika Anda memiliki kenalan banyak kepala sekolah, orang yang kerja instansi pemerintah atau bahkan pejabat.

Anda bisa menjual sepatu lewat mereka. Ketika Anda memiliki 10 orang saja yang masuk dalam jaringan bisnis Anda, maka Anda bisa menjual 10 kali lebih banyak daripada Anda menjual sendirian.

Jadi, jangan takut memulai usaha ketika Anda memiliki jaringan bisnis yang kuat.

8. Selalu Optimis dan Yakin Sukses

Cara mengatasi rasa takut memulai usaha yang terakhir ialah selalu optimis dan yakin sukses. Jangan pernah berpikir bahwa bisnis yang akan Anda jalankan bakal rugi atau pun gagal.

Karena ketika Anda sudah membuat perencanaan bisnis yang matang, memiliki jaringan bisnis yang kuat dan mau terus belajar dari kegagalan. Maka kemungkinan untuk sukses akan terbuka lebar.

Jadi tetaplah optimis dan percaya pada diri sendiri. Jangan dengarkan orang lain yang sukanya meremehkan apa yang Anda lakukan. Sebaliknya, buktikan pada mereka bahwa Anda akan sukses. Meskipun harus melalui proses yang panjang.

Kesimpulan

Anda bisa mengurangi rasa takut memulai usaha dengan cara berkumpul dengan pengusaha lain yang telah sukses. Dan selalu belajar dimanapun bisa dengan membaca buku atau menonton video motivasi di Youtube. Dengan begitu Anda akan memiliki keyakinan bahwa Anda akan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *