9 Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Belajar Investasi Saham

alasan orang ingin belajar investasi saham

Belajar investasi saham memang sedang banyak diminati sekarang ini. Padahal kebanyakan orang menganggap investasi ini hanya bisa dilakukan oleh orang berduit. Hal inilah yang membuat mereka enggan terjun didunia saham. Padahal pemikiran tersebut jelas salah. Investasi saham nyatanya juga bisa dilakukan oleh siapapun.

Bahkan untuk pemula dengan kemampuan dan modal terbatas sekalipun. Mereka tetap bisa belajar dan mengenal apa itu saham. Tapi apa sebenarnya yang membuat para investor lebih memilih investasi saham daripada investasi lain?

Alasan yang Membuat Investasi Saham Banyak Dipilih

Sekarang ini, banyak orang yang berminat pada investasi ini dibandingkan jenis investasi lain seperti investasi emas batangan atau tabungan deposito. Hal ini tentu membuat Anda bertanya-tanya apa alasan yang membuat mereka tertarik. Jika dilihat dari segi keuntungan, semua jenis investasi tentu akan menghasilkan keuntungan. Jadi apa alasannya?

Berikut ini beberapa alasan yang membuat banyak orang memilih investasi saham:

1. Modal Investasi Relatif Kecil

Sebelum belajar investasi saham tentu hal yang pertama kali Anda pikirkan adalah berapa banyak modal yang diperlukan. Ada anggapan yang mengatakan bahwa berinvestasi saham hanya cocok dilakukan para investor-investor berduit. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Anda tak perlu khawatir tentang hal ini karena modal yang dibutuhkan dalam investasi saham bisa disesuaikan dengan kondisi kantong Anda.

Berbeda dengan tahun tahun dulu dimana untuk bisa berinvestasi saham memerlukan modal hingga puluhan juta rupiah. Sekarang Anda bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Bahkan untuk jenis investasi reksadana saham, Anda sudah bisa memulainya dengan modal Rp 100.000 rupiah saja.

Bahkan untuk sekarang ini, sudah banyak perusahaan menawarkan pembelian saham dengan cara di cicil. Jadi Anda tidak membutuhkan banyak modal dalam melakukan investasi yang ini. Disamping itu, Anda tidak akan dituntut untuk menyisihkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulannya.

Hal ini tentu menguntungkan untuk Anda yang belum memiliki modal besar. Sehingga Anda bisa menyisihkan uang sesuai dengan kemampuan Anda untuk berinvestasi saham.

Baca juga : 4 Investasi yang menguntungkan dengan modal kecil untuk pemula

2. Tidak Terikat Tempat dan Waktu

investasi saham mudah dan praktisKelebihan dari investasi yang satu ini adalah cara kerjanya yang fleksibel. Berinvestasi saham nyatanya dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Jadi, untuk Anda yang terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor yang sangat padat. Namun tetap ingin berinvestasi maka investasi jenis saham ini sangat tepat.

Anda tidak perlu datang ke bursa untuk melakukan transaksi saham. baik itu investasi yang bersifat online maupun offline. Berinvestasi saham memungkinkan Anda mendapatkan metode transaksi yang praktis, waktu fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja dan yang jelas Investasi ini tentu tidak akan mengganggu kesibukan Anda sehari-hari.

3. Transaksi Cukup Mudah

Banyak orang yang mengira bahwa transaksi dalam investasi saham sulit untuk dilakukan karena harus melihat laju perkembangan saham Anda setiap waktu. Hal inilah yang membuat mereka mengurungkan niat untuk mencoba investasi saham.

Mereka pikir jenis investasi lain seperti emas, deposito dan investasi fisik lainnya lebih mudah. Padahal sebenarnya proses transaksi saham cukup mudah dan praktis. Apalagi jika dibandingkan dengan investasi lain, investasi ini memang lebih gampang dilakukan.

Bagaimana tidak? Dalam investasi saham Anda bisa melakukannya cukup dirumah dan hanya perlu menghubungi broker untuk bertransaksi secara online. Baik itu saat Anda ingin membeli atau menjual saham Anda. Sehingga ketika Anda memantau saham sedang naik, Anda bisa segera menjual untuk mendapat keuntungan. Begitu juga saat harga saham turun, Anda cukup menghubungi broker dalam pembelian saham Anda.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan jenis investasi lainnya. Yang mana kadangkala harus membawa sertifikat untuk proses jual belinya. Belum lagi harus menyewa jasa notaris yang tentu harus mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga : Mengenal bisnis trading forex tanpa modal no deposit

4. Pergerakan Saham Mengikuti Laju Inflasi

saham mengikuti laju inflasiPergerakan nilai saham yang mengikuti tingkat inflasi juga menjadi salah satu alasan banyak orang ingin belajar investasi saham. Nilai saham yang dipengaruhi oleh laju inflasi ini tentu berpotensi untuk menambah nilai saham ketika inflasi meningkat.

Sebagai contoh Anda awalnya membeli saham dengan nilai sebesar Rp 5 juta. Jika laju inflasi meningkat maka secara otomatis nilai saham Anda juga akan naik. Oleh sebab itu, lebih baik pertimbangkan dahulu jenis saham yang memang cukup terpengaruh inflasi agar keuntungan yang didapat juga besar.

5. Bersifat Transparan dan Liquid

Sifat transparan pada saham yang dimaksud adalah investor bisa melihat secara jelas harga permintaan dan penawaran serta jumlah slot yang diminta dan ditawarkan dari masing-masing perusahaan. Hal ini dikarenakan ketentuan dari Lembaga Otoritas Keuangan (OJK) dimana perusahaan harus bersikap terbuka jika ingin menawarkan sahamnya ke masyarakat umum.

Setiap perusahaan yang listing di bursa saham wajib mengunggah laporan keuangan sehingga bisa diakses oleh publik. Dengan begitu, investor memiliki kemudahan dalam menganalisis perusahaan mana yang memiliki prospek bagus kedepannya.

Selain itu, investasi saham juga bersifat liquid yang berarti instrumen investasi yang satu ini mudah dicairkan dan dijual ketika Anda. Jadi jika Anda membutuhkan dana dengan segera maka investasi ini bisa diandalkan. Proses pencairannya membutuhkan waktu paling lama 3 hari kerja untuk menyelesaikan transaksi.

6. Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Investasi saham tidak cocok jika Anda menginginkan bentuk investasi jangka pendek. Karena jika Anda memiliki saham yang cukup banyak terpengaruh oleh inflasi. maka memilih investasi jangka panjang akan lebih menguntungkan. Anda bisa memperkirakan dana awal yang akan Anda investasikan dan kemungkinan perkembangan nilai saham tersebut.

Anda tentu dapat membayangkan berapa keuntungan yang diperoleh dari investasi jangka panjang ini. Apalagi jika modal yang Anda tanam cukup besar. Maka kemungkinan mendapat imbal hasil investasi yang tinggi.

Disamping itu, keuntungan berinvestasi saham ialah tidak mengenal pensiun. Sehingga bisa Anda lakukan hingga tua. Bahkan saham yang Anda miliki bisa diwariskan kepada ahli waris.

Rekomendasi Artikel : 

7 Jenis investasi jangka panjang terbaik untuk masa depan

7. Aman dan Dijamin Pemerintah

investasi saham sangat amanSebagai investasi sektor pasar modal yang berada dibawah pengawasan pihak OJK, investasi saham ini bersifat legal sehingga aman untuk dijalankan. Hal ini tentu menghilangkan kekhawatiran banyak orang yang ingin belajar investasi saham karena khawatir dana yang mereka investasikan akan diselewengkan oleh perusahaan sekuritas atau broker saham.

Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir. Pemerintah sudah mengantisipasi hal tersebut dengan diberlakukannya peraturan pemerintah tentang pemisahan dana investor (RDI) dengan rekening milik perusahaan sekuritas. Sehingga kemungkinan untuk disalahgunakan sangat kecil.

Disamping itu, saham yang Anda beli akan disimpan di lembaga pemerintah yang bernama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sehingga tidak perlu khawatir saham Anda beresiko rusak, hilang atau pun dicuri.

Namun meskipun sudah dijamin keamanannya oleh pemerintah, Tetaplah belajar investasi saham dengan benar agar Anda bisa berhati-hati dengan investasi saham yang menawarkan keuntungan yang sangat tinggi karena bisa saja itu adalah investasi palsu atau bodong.

8. Urusan Pajak Investasi Tidak Rumit

Mengurus pajak seringkali terasa rumit, Contohnya saja membayar pajak bumi dan bangunan dimana Anda harus rela mengantri untuk bisa membayar pajak. Namun untuk pajak investasi saham

Anda bisa dengan mudah mengurusnya. Jenis pajak yang dikenakan pada investor saham ada 2 jenis yaitu pajak deviden sejumlah 10% dari nilainya, serta pajak hasil penjualan sebesar 0,1% dari nilai penjualan saham.

Urusan pajak investasi ini dikatakan tidak rumit karena pajak akan dipotong oleh pihak sekuritas sehingga Anda tinggal terima bersihnya saja. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah untuk membayar pajak. Jika Anda memiliki NPWP, maka Anda hanya perlu melaporkan pajak tersebut dalam SPT tahunan.

9. Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Saat ini, boleh dikatakan mayoritas pemegang saham yang ada di Indonesia lebih banyak dikuasai oleh orang asing. Hal ini tentu akan berdampak buruk bila semua investor asing tersebut secara serentak menarik sahamnya yang mana bisa membuat perekonomian Indonesia akan collapse atau mengalami krisis moneter

Oleh sebab itu, mulailah belajar investasi saham dan segera berpartisipasi di bursa efek. Dengan partisipasi Anda untuk mengambil bagian dalam membeli saham dari perusahaan yang bergerak di sektor vital, maka secara tidak langsung Anda sudah memajukan perekonomian Indonesia dengan berusaha menjaga keseimbangan investor lokal dan asing.

Simak juga : 8 Investasi terbaik yang akan buat Anda kaya di usia 35 tahun

Keuntungan dan Resiko Investasi Saham

kuntungan investasi sahamInvestasi saham memang memberikan keuntungan yang cukup besar. Karena kebanyakan saham mengikuti laju inflasi. Namun setara dengan keuntungannya yang besar, resiko kegagalan yang dimiliki juga cukup tinggi.

Karena itu, Anda perlu belajar investasi saham agar cara kerja investasi ini. Sebelum Anda memutuskan berinvestasi, ketahui lebih dulu keuntungan dan resiko yang ada pada investasi saham berikut ini.

Keuntungan Investasi Saham

Dividen

Deviden adalah pembagian perolehan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Dividen dibagi menjadi dua yaitu dividen tunai yang berarti keuntungan dibagikan dalam bentuk uang tunai, serta dividen saham yang artinya perusahaan memberikan dividen berupa saham sehingga jumlah saham yang dimiliki investor bertambah.

Capital Gain

Kenaikan harga saham atau capital gain adalah keuntungan dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham yang diberikan perusahaan kepada para pemegang saham. Dengan kata lain, keuntungan ini akan di dapatkan jika harga jual saham lebih tinggi dari harga belinya.

Resiko Investasi Saham

Capital Loss

Jika capital gain adalah keuntungan maka capital loss adalah sebuah resiko yang mengakibatkan kerugian. Yakni dimana harga jual saham lebih rendah jika dibandingkan dengan harga belinya. Sehingga Anda akan mengalami kerugian ketika menjual saham saat harganya lebih rendah

Suspend

Yang dimaksud dengan suspend adalah diberhentikannya perdagangan oleh bursa efek sehingga investor tidak bisa menjual sahamnya hingga suspend dicabut. Pada umumnya suspend berlangsung satu hari, namun ada juga yang berlangsung beberapa hari. Suspend yang dilakukan bursa efek ini bukan tanpa sebab, biasanya hal ini terjadi karena perusahaan memiliki masalah.

Ketika belajar investasi saham, Anda tidak cukup hanya dengan mengetahui teorinya. Anda juga harus mencoba mempraktekkannya dengan ikut berinvestasi. Jangan terpaku pada investasi besar, mulailah dari investasi dengan modal yang kecil. Dan jika Anda sudah merasa mampu, tingkatkan investasi Anda dalam tahap yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *