9 Cara Mengendalikan Emosi Negatif Pada Diri Sendiri Yang Efektif

9 cara mengendalikan emosi negatif by pixabay.comCara mengendalikan emosi – Emosi adalah bagian dari perasaan yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Emosi merupakan perasaan intens yang ditujukan kepada orang lain ataupun sesuatu. Emosi adalah reaksi alami terhadap seseorang atau suatu kejadian.

Pada dasarnya, emosi terbagi menjadi dua yaitu emosi positif dan emosi negatif. Perasaan senang, bahagia, ceria, atau damai mewakili perasaan yang positif. Sementara perasaan marah, benci, jijik, kecewa, atau benci adalah bagian dari emosi negatif. Namun, banyak orang cenderung menganggap bahwa kata “emosi” lebih kepada suatu hal yang bersifat buruk atau negatif.

Sebenarnya emosi adalah perasaan yang datang dan pergi secara cepat. Mungkin anda pernah merasakannya sendiri. Misalnya saja saat melihat anak anda memecahkan gelas secara reflek anda memarahinya. Ketika anak anda menangis, timbullah penyesalan pada diri anda kenapa harus berkata keras padanya.

Oleh sebab itu, emosi negatif yang begitu cepat datangnya karena suatu kejadian harus bisa anda atasi agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.Salah satu langkahnya adalah anda harus belajar bagaimana cara mengendalikan emosi diri anda sendiri. Jangan khawatir jika anda tidak tahu caranya. Mudah-mudahan artikel saya ini bisa membantu anda.

Berikut 9 cara mengendalikan emosi negatif pada diri sendiri yang bisa anda coba mulai dari sekarang.

1. Selalu Ingat Kepada Tuhan YME

Emosi negatif seperti marah adalah senjata terbaik setan untuk menjerumuskan manusia. Sudah banyak kasus pembunuhan yang terjadi hanya karena timbulnya marah sesaat. Oleh sebab itu, berusahalah untuk bisa menahan amarah ketika terjadi sesuatu terhadap anda.

Salah satu cara terbaik adalah dengan mengingat Tuhan Yang Maha Esa. Bagi anda yang beragama islam, segeralah berta’awudz yakni dengan meminta perlindungan kepada-Nya dari godaan setan. Karena sumber marah adalah setan, maka cara terbaik untuk meredam emosi anda dengan meminta perlindungan kepada sang pencipta.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut Pada Diri Sendiri

2. Diam dan Tenangkan Diri Anda

cara mengendalikan emosi dengan diam by pixabayCara mengendalikan emosi selanjutnya adalah dengan bersikap diam. Ketika anda sulit mengontrol emosi negatif terutama marah, senjata paling ampuh untuk meredamnya adalah dengan diam. Anda tidak perlu meluapkannya dengan mengumpat, mengucapkan kata serapah ataupun mencaci maki. Karena hal tersebut hanya akan semakin membuat emosi memuncak dan memperburuk keadaan.

Selanjutnya anda tenangkan diri anda. Dengan bersikap tenang, pikiran akan menjadi lebih jernih dan anda bisa mencari solusi dari masalah yang tengah anda hadapi.

Untuk menenangkan diri yang sedang terpancing emosi, anda bisa melakukan tips-tips berikut ini:

  • -Pejamkan mata anda beberapa detik
  • Tarik nafas dalam-dalam
  • Fokuskan pikiran anda pada hal-hal yang indah seperti langit yang biru cerah, pemandangan gunung atau lautan.

Cara diatas setidaknya dapat meredakan emosi anda.

3. Ingat Dampak Negatif yang Akan Terjadi

Saat anda sudah merasa tenang, cobalah untuk ingat-ingat kembali apa yang telah terjadi kepada anda. Hal apa yang membuat anda begitu emosi. Terus apa yang akan terjadi jika anda tetap membiarkan emosi mengendalikan diri anda.

Sebagai contoh anda emosi karena saat anda berkendara tiba-tiba ada orang yang menyalip anda secara ugal-ugalan. Karena anda terpancing emosi, anda mengejar pengendara tersebut dengan kecepatan tinggi. Bayangkan jika seandainya anda terjatuh atau menabrak pengguna jalan lain. Apa yang akan terjadi? Anda sendiri yang rugi.

Oleh karena itu, Berfikirlah matang-matang sebelum anda bertindak. Jangan hanya karena menuruti hawa nafsu, anda merugikan diri sendiri maupun orang lain.

4. Cari Kesibukan Untuk Meredakan Emosi Anda

Anda sudah berusaha meredakan emosi dengan bersabar dan bersikap tenang. Namun saat anda mengingat kembali apa yang terjadi, emosi anda kembali bangkit. Solusinya carilah kegiatan atau tempat yang bisa membuat emosi anda reda.

Anda bisa mencari kesibukan dengan menonton TV, jalan-jalan atau menyalurkan hobi anda. Setidaknya dengan kesibukan. Anda tidak perlu meluapkannya dengan memarahi orang lain yang tidak tahu apa-apa.

5. Intropeksi Diri

Anda tentu tidak mau terus-menerus tenggelam dalam emosi yang tidak menentu. Ingat bahwa orang yang sedang emosi tentunya selalu menganggap bahwa diri mereka benar. Alangkah baiknya ketika anda sedang emosi, anda instropeksi diri. bertanyalah apakah apa yang anda pertahankan saat ini adalah hal yang benar.

Sebagai contoh ketika anda bertengkar dengan pasangan. Kalian berdua sama-sama marah dan mempertahankan argumen masing-masing. Masih untung jika anda tidak sampai melakukan tindak kekerasan dan lebih memilih saling berdiam diri. Pada saat diam inilah cara mengendalikan emosi yang tepat dengan intropeksi diri.

Baca juga : 16 Cara Ampuh Menjaga Keharmonisan dalam Rumah Tangga

6. Mau Minta Maaf dan Bersedia Memaafkan

Emosi negatif hanya merugikan diri anda. Apalagi jika emosi tersebut melibatkan orang lain. Emosi sesaat yang anda biarkan malah bisa mengakibatkan anda menjauhkan diri dari kerabat maupun teman. Alangkah bijaknya jika anda berbesar hati untuk meminta maaf terlebih dahulu. Jikalaupun mereka yang salah, maafkanlah mereka sebelum mereka minta minta maaf. Jika anda mampu melakukannya, maka hati anda akan lebih tentram.

Disamping itu, jangan ungkit-ungkit atau mengingat kembali masalah yang bisa membuat anda emosi. Lebih baik lupakan masalah yang telah terjadi dan berfikirlah positif. Anda masih memiliki banyak hal penting yang bisa anda fikirkan ketimbang memikirkan masa lalu.

7. Selesaikan Sumber Masalah Anda

Kemarahan anda tentu ada penyebabnya. Alih-alih anda membiarkan emosi anda memuncak. Lebih baik segera menyelesaikan masalah yang menjadi sumber kemarahan anda.

Sebagai contoh ketika anda bertengkar dengan istri. Daripada anda berdua hanya berdiam-diaman saja. Cobalah anda mengalah dan dekati istri anda. Bersikaplah merendah jika dia masih belum bisa mengontrol emosinya. Mulailah obrolan untuk membahas apa yang sebenarnya terjadi. Dan carilah solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Dalam Hidup

8. Olahraga

cara mengendalikan emosi dengan lari pagi by pixabayCara mengendalikan emosi yang cukup ampuh adalah dengan melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Seperti dikutip dari kompas.com bahwa menurut peneliti dari University of Vermont mengemukakan bahwa olahraga selama 20 menit dapat membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik selama 12 jam. Sehingga olahraga dapat mempengaruhi mental seseorang ketika dalam suasana hati yang buruk termasuk emosi negatif.

Namun faktanya selama ini kebanyakan orang meluapkan emosi dengan melakukan hal-hal yang salah seperti merokok, minum alcohol, makan berlebih bahkan memakai narkoba. Padahal jika mereka tahu, olahraga ternyata malah mampu untuk menghilangkan emosi anda.

Maka dari itu, alihkanlah emosi anda dengan melakukan olahraga yang menarik seperti bermain sepak bola, futsal, basket,bersepeda dan lain sebagainya. Jika anda tidak punya waktu. Anda bisa jogging dipagi hari. Selain dapat menghilangkan emosi, banyak manfaat lari pagi yang bisa anda dapatkan.

9. Aggap Saja Hari Ini Hari Terakhir

Menuruti emosi tidak ada gunanya. Jika memang anda sudah tidak bisa lagi menahannya. Anggaplah bahwa ketika hari dimana anda sedang emosi adalah hari terakhir anda hidup. Tentunya anda adalah orang yang masih takut mati bukan. Jangan sampai anda mati malah membawa keburukan.

Memang belajar mengendalikan emosi bukanlah perkara yang gampang. Teori-teori diatas rasanya sulit dipraktekkan bagii mereka yang sifat dasarnya mudah marah atau tersinggung. Cobalah 9 cara mengendalikan emosi diatas agar anda bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *