9 Ide Jualan untuk Bulan Puasa yang Cocok Dilakukan Dirumah

jualan untuk bulan puasa via era.id

jualan untuk bulan puasa via era.id

Sebentar lagi bulan puasa Ramadhan akan segera tiba. Para pelaku bisnis biasanya memiliki banyak ide jualan untuk bulan puasa. Meskipun tergolong usaha musiman, namun omset yang didapatkan cukup besar. Anda bisa melihat, biasanya akan banyak pedagang di pinggir jalan yang berjualan berbagai macam barang mulai dari makanan, pakaian dan lain sebagainya.

Sebenarnya banyak orang tertarik untuk membuka usaha di bulan Ramadhan. Namun terkadang mereka malas kalau harus buka lapak sendiri di pinggir jalan. Kalaupun harus sewa tempat, tentu modal yang dikeluarkan cukup besar.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, masih ada jenis jualan untuk bulan puasa yang bisa dilakukan cukup dirumah saja. Akan lebih menguntungkan lagi jika rumah Anda berdekatan dengan pinggir jalan yang ramai. Sehingga Anda jualan di halaman rumah Anda.

Berikut 9 ide jualan untuk bulan puasa yang cocok dilakukan dirumah

1. Jualan Takjil Buka Puasa

Sebagian besar orang menganggap bahwa kurang lengkap rasanya berbuka puasa tanpa menyantap takjil terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat para penjual takjil menjamur saat bulan puasa.

Jika Anda termasuk orang yang pandai membuat berbagai jenis kue rumahan. Manfaatkan keahlian Anda tersebut untuk menjual takjil buka puasa. Beberapa takjil yang cukup laris saat puasa diantaranya kolak pisang, kurma, aneka macam gorengan dan lain sebagainya.

Jika malas untuk berjualan sendiri, Anda dapat bekerja sama dengan pedagang takjil yang biasanya berjualan di pinggir jalan. Anda bisa memberikan komisi untuk setiap jajanan yang berhasil dijual oleh mereka.

Namun jika Anda merasa bahwa mampu berjualan didepan rumah. Anda bisa memulai berbisnis takjil sejak puasa pertama. Yang harus Anda siapkan adalah meja besar yang bisa Anda taruh di depan rumah untuk memajang takjil Anda.

Agar takjil Anda laris manis, buatlah jajanan terlihat menarik sehingga pembeli merasa harus membeli takjil buatan Anda. Anda bisa mencari resepnya di cookpad.com.

Simak juga : 7 Bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa di bulan Ramadhan

2. Jualan Minuman yang Menyegarkan

Selain takjil, Anda juga bisa sekalian berjualan aneka minuman yang menyegarkan. Anda pasti tahu bahwa puasa seharian membuat orang haus dan lapar. Sehingga ketika melihat minuman dingin yang terlihat menyegarkan, tentu mereka ingin segera meminumnya.

Beberapa minuman untuk buka puasa yang cukup laris diantaranya :

  • Es kelapa
  • Es dawet
  • Es campur
  • Es cincau
  • Es buah
  • Es kopyor dan lain sebagainya.

Cara berjualan minuman buka puasa sama dengan jualan takjil. Anda bisa menitipkan ke pedagang takjil atau menjualnya sendiri di depan rumah Anda.

Yang terpenting, kemas minuman Anda agar terlihat enak, segar dan utamakan kebersihannya. Dengan begitu orang akan tertarik membeli ditempat Anda.

Simak juga : 20 Jajanan buka puasa paling laris

3. Menyediakan Catering untuk Sahur dan Buka Puasa

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang pandai membuat berbagai macam masakan rumahan, jualan untuk bulan puasa yang cocok bagi Anda adalah menyediakan jasa catering untuk sahur dan buka puasa.

Akan sangat tepat jika lokasi tempat tinggal Anda berdekatan dengan kontrakan para pekerja, kost-kostan para pelajar atau komplek tempat tinggal karyawan. Karena merekalah target konsumen yang paling tepat untuk bisnis catering Anda.

Untuk urusan modal, saya kira tidak terlalu besar. Kalaupun modal yang Anda miliki terbatas, Anda bisa meminta DP terlebih dahulu kepada pelanggan Anda untuk membeli bahan baku makanan.

Sebisa mungkin makanan yang Anda sajikan benar-benar enak. Sehingga konsumen tidak akan kapok berlanggan catering dengan Anda. Yang menarik dari bisnis catering ini adalah ketika bulan puasa sudah berakhir, Anda tetap bisa menyediakan jasa catering jika memang ada pelanggan yang memesan.

Jika Anda ingin tahu tips sukses bisnis catering, silahkan baca cara sukses memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil

4. Berjualan Baju Anak

Saat bulan puasa tiba maka penjual baju akan menjamur dimana-mana. Mulai dari baju muslim, peralatan shalat sampai baju untuk lebaran. Pedagang biasanya lebih banyak menjual baju untuk orang dewasa.

Jika Anda juga berminat untuk berjualan baju, sebaiknya Anda mengurungkan niat Anda ingin jualan baju untuk orang dewasa. Karena persaingannya sangat ketat.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba berjualan baju khusus anak-anak. Karena baju anak masih belum banyak yang menjualnya. Padahal kalau di pikir-pikir, yang paling banyak membeli baju sebenarnya bukan orang tua, namun anak-anak.

Berjualan baju bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika Anda hanya memiliki sedikit modal, Anda bisa jualan baju secara online dengan menjadi reseller atau dropshiper.

Yang lebih mudah tentu saja dengan sistem dropship dimana Anda tidak perlu menyetok barang sama sekali. Tugas Anda tinggal mengupload foto produk di media sosial. Ketika ada yang membeli, Anda tinggal menghubungi supplier agar mengirimkan barang kekonsumen atas nama Anda.

Atau Anda juga bis buka toko online di situs jual beli online seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shoppe. Market disana tentu lebih besar karena memang disanalah tempat orang melakukan jual beli secara online.

Jika Anda berminat jualan baju secara online, silahkan simak 13 Tips mudah jualan baju online murah untuk pemula

Kalau Anda tidak tertarik jualan via online dan Anda memiliki modal yang cukup. Anda bisa kulak baju dan Anda bisa jual di depan rumah. Gunakan gantungan baju ya kalau bisa. Selain agar enak dilihat, orang yang lewat pun bisa melihat corak baju yang Anda jual.

Untuk pemilihan baju, Anda bisa mencari yang paling disenangi anak atau baju yang berisi kata-kata agamis.

Karena jualan Anda hanya untuk bulan puasa saja, maka juallah baju yang memang banyak peminatnya. Agar ketika puasa dan lebaran telah usai, Anda tidak menumpuk baju banyak-banyak karena tidak laku.

Baca juga : Cara memulai bisnis baju modal 1 juta untuk pemula

5. Jualan Kue Lebaran

jualan kue kering lebaranKalau yang satu ini Anda sudah pasti tahu, salah satu jualan untuk bulan puasa yang ramai dan paling laku adalah bisnis kue lebaran. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang pandai membuat aneka macam kue kering.

Jika Anda bisa membuat kue dengan rasa yang enak, Anda bisa menjual kue buatan Anda sendiri. Anda bisa membuat kue yang paling banyak dicari oleh orang sekitar Anda seperti kue nastar, kue semprit atau putri salju.

Jika Anda tidak bisa membuat kue sendiri, Anda bisa menjual kue curah dari pabrik. Makanan kecil seperti wafer, oreo, selai olei biasanya memiliki curah. Anda bisa mencari tempat kulakan curahnya di dekat rumah Anda dan menjualnya kembali dengan menaikkan harganya.

Biasanya snack curah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang sudah kemasan.

Selain itu, Anda bisa membeli snack kiloan di grosiran snack dan membungkus snack tersebut dalam wadah yang lebih kecil. Salah satu teman saya juga ada yang memiliki bisnis seperti ini dan alhamdulilah bisa untuk mencukupi keluarganya.

Untuk pemasaranya Anda bisa menjualnya secara online atau menitipkannya kepada toko-toko di dekat rumah Anda.

Rekomendasi Artikel : 

10 Tips menjalankan usaha kue lebaran untuk pemula

6. Jualan Toples Lebaran

Selain kue, hal yang biasa dicari adalah toples, jika Anda ingin menghemat biaya Anda bisa menjual toples secara dropship. Selain untuk menekan biaya, hal tersebut juga tidak beresiko apapun bagi Anda. Sarena jika sampai ada toples yang tersisa maka Anda baru bisa menjualnya di puasa tahun depan lagi…

Namun jika Anda ingin berjualan toples fisik, Anda bisa menjual toples hias. Jadi Anda open order toples yang dihias cantik khusus lebaran. Untuk cara membuatnya Anda bisa lihat videonya disini.

Cara menjualnya bisa dengan cara pesan dulu, baru dibuatkan toplesnya. Hal ini akan mengurangi resiko barang tidak laku.

7. Jualan Amplop Lebaran

Mungkin di awal puasa barang ini tidak akan laku cepat. Namun ketika puasa sudah hampir mencapai akhir, biasanya amplop lebaran menjadi salah satu item paling dicari.

Cara membuat amplop khusus hari raya sangatlah mudah. Anda bisa mencari caranya dengan menonton video di Youtube. Disana banyak sekali ide yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari amplop sederhana hingga amplop kreatif dengan kerumitan yang lebih tinggi.

Cara menjualnya, Anda bisa mempromosikanya melalui grup Facebook dan Whatsapp. Anda juga bisa menitipkanya pada toko-toko di dekat rumah Anda. Pastikan amplop Anda di pajang di tempat yang terlihat oleh semua pengunjung toko.

Simak juga : 7 Peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi

8. Jualan Kembang Api

Mungkin yang ini agak berbahaya, namun kembang api adalah hal yang sangat diminati oleh anak-anak pada saat bulan puasa.

Saya memiliki seorang teman yang selalu menjual kembang api disaat puasa tiba. Dan keuntungan yang dia dapatkan juga sangat lumayan. Namun jangan menjual petasan ya, karena agak berbahaya.

Jika rumah Anda berada di tempat yang ramai, maka Anda bisa menjualnya di depat rumah Anda, tinggal pajang saja.

9. Jualan Parsel Lebaran

Jualan untuk bulan puasa yang terakhir adalah membuat parsel lebaran. Usaha ini cocok untuk Anda yang memiliki kreativitas dan keterampilan dalam membuat berbagai model parsel.

Parsel apa saja yang laku saat lebaran?

Beberapa diantaranya parsel berisi makanan dan minuman ringan, parsel sembako, parsel kue kering dan parsel toples lebaran dan lain-lain.

Modal untuk membuat parsel memang tidak sedikit. Namun jika laris terjual, Anda bisa mendapatkan omset yang lumayan besar.

Anda bisa menitipkan parsel Anda ditoko-toko terdekat. Atau promosikan parsel lebaran Anda pada rekan suami di kantor, keluarga dan kenalan Anda sendiri. Selain itu, tidak ada salahnya mengunggah foto parsel buatan Anda di grup jualan Facebook. Siapa tahu banyak yang tertarik pesan parsel pada Anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak 9 tips bisnis parcel lebaran yang menguntungkan

Datangnya bulan Ramadhan tidak hanya membawa berkah untuk yang ingin menjalankan ibadah puasa. Para pebisnis juga sangat senang menyambut bulan puasa. Cobalah ide jualan untuk bulan puasa diatas yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *