9 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan

Anda pasti sepakat bila saya katakan ada banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan tubuh dan mental. Apalagi puasa Ramadhan yang mana Anda akan menjalankannya selama sebulan penuh.

Sebenarnya bukan hanya puasa Ramadhan saja, puasa lain seperti puasa senin kamis atau puasa daud juga memiliki manfaat serupa. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk menguak manfaat puasa. Tapi mungkin belum banyak yang mengetahui hasil penelitian tersebut.

Berikut ini 9 manfaat puasa Ramadhan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental kita

1. Menambah Kecerdasan Intelektual

Dikutip dari islampos.com, dikatakan bahwa salah satu universitas favorit di Amerika Serikat pernah mengadakan sebuah penelitian untuk mengamati kegiatan puasa beserta manfaatnya. Hasilnya pun mengejutkan, disimpulkan bahwa puasa dapat menjernihkan pikiran dan juga meningkatkan kecerdasan intelektual.

Bagaimana bisa?

Dalam tubuh manusia, darah mengalir di setiap organ mulai dari kepala hingga kaki. Perut adalah salah satu tempat yang banyak di aliri darah. Namun pada saat berpuasa, aliran darah ke perut semakin berkurang karena kurangnya makanan. Kemudian darah yang tidak disalurkan secara penuh ke perut dapat distribusikan ke bagian tubuh lain terutama otak.

Otak yang mendapatkan asupan darah dan oksigen dengan cukup akan membuat kinerjanya semakin maksimal sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.

Sangat berbeda jika perut manusia terisi penuh dengan makanan. Akan ada banyak darah yang dialirkan ke perut untuk mencerna makanan sehingga asupan darah ke otak akan lebih sedikit.

Belum lagi kekenyangan akan mengakibatkan konsentrasi menurun dan rasa kantuk meningkat.

Salah seorang ulama besar islam yaitu Imam Syafi’i pernah berkata bahwa dia tidak pernah kenyang dalam waktu 16 tahun. Karena hal tersebut bisa memberatkan badan, membuat ngantuk, mengurangi kecerdasan, mengeraskan hati, dan melemahkan manusia dari beribadah kepada Allah.

Baca juga : 10. Manfaat minum air putih yang menakjubkan

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas Southern California yang menunjukkan adanya hubungan antara daya tahan tubuh dengan puasa. Penelitian ini di picu ketertarikan mereka terhadap puasa dan sistem imun manusia.

Dari penelitian tersebut didapatkan data bahwa ketika seseorang berpuasa dan merasakan lapar. Ini akan memicu sel induk pada tubuh manusia untuk memproduksi sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan infeksi.

Hasilnya, produksi sel darah putih baru inilah yang meregenerasi sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, puasa juga bermanfaat untuk membuang sel-sel mati, sel yang rusak, tua dan yang sudah tidak terpakai lagi. Kemudian menggantinya dengan sel yang lebih baru. Hal ini tentunya akan meningkatkan fungsi tubuh.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa puasa dalam waktu yang panjang dapat mengurangi enzim PKA. Yang disebutkan dalam situs Kompas sebagai hormon yang sangat berhubungan dengan penuaan dan hormon yang bisa meningkatkan resiko kanker juga tumor.

Namun ada pendapat berbeda dalam jurnal penelitian oleh Frontiers of Immunology pada tahun 2017 yang menyebutkan bahwa sebenarnya puasa hanya memiliki sedikit pengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

3. Puasa Bisa Membuat Anda Awet Muda

Sebuah penelitian yang melibatkan 220 orang dengan usia rata-rata 38 tahun yang dilakukan oleh Duke University menyimpulkan bahwa puasa bisa membuat Anda lebih awet muda.

Dalam penelitian ini, 145 orang diminta untuk mengurangi makan mereka hingga 25% dan sisanya yaitu 75 orang bisa mengkonsumsi makanan seperti biasanya. Penelitian ini dilakukan hingga 12 bulan. Hasilnya orang yang mengurangi makannya hanya mengalami penambahan usia biologis sebanyak 0,11% saja.

Sementara mereka yang tidak mengurangi makan mengalami penambahan usia biologis hingga 0,71%.

Dokter William Kraus menyebutkan bahwa pengurangan asupan makanan pada tubuh dapat melambatkan proses penuaan. Sehingga bisa membuat cantik lebih lama. Untuk para wanita yang ingin tampil awet muda, Anda bisa menggunakan puasa sebagai obat awet muda nya.

Simak juga : 9 Jenis olahraga untuk mengatasi stres agar cepat hilang

4. Menurunkan Berat Badan

Kalau ini pasti ya, Anda pasti setuju bahwa puasa adalah salah satu cara jitu untuk menurunkan berat badan.

Alasan kenapa orang bisa mengalami kegemukan atau obesitas adalah karena menumpuknya lemak di tubuh. Lemak ini dihasilkan dari metabolisme yang jelek, atau dari kalori yang menumpuk karena tidak dijadikan tenaga.

Saat Anda memakan makanan dalam jumlah yang banyak, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda juga akan banyak. Kalori tersebut akan diubah menjadi tenaga untuk aktivitas harian Anda.

Jika Anda melakukan aktivitas yang keras maka kalori yang Anda butuhkan akan banyak. Namun jika aktivitas Anda ringan maka kalori yang Anda butuhkan juga sedikit.

Lalu jika Anda mengkonsumsi makanan dengan banyak kalori, namun Anda hanya melakukan aktivitas ringan. Maka akan ada banyak kalori yang tersisa dan akan menjadi lemak.

Dengan puasa, Anda dipaksa untuk tidak mengkonsumsi makanan dan kalori dalam jumlah banyak sehingga tubuh mengalami defisit kalori. Artinya tubuh akan kekurangan bahan bakar untuk diubah menjadi tenaga.

Saat kekurangan kalori itulah tubuh akan memakai lemak untuk menjadi pengganti kalori. Semakin banyak Anda mengalami defisit kalori maka akan semakin banyak pula lemak yang Anda bakar menjadi tenaga.

Rekomendasi Artikel :

Cara diet saat puasa Ramadhan yang aman dan cepat

5. Puasa Dapat Membersihkan Racun dalam Tubuh

Kebanyakan mengkonsumsi produk makanan olahan tentu sangat tidak bagus untuk tubuh. Namun di jaman sekarang, banyak orang suka makanan tersebut karena enak dan cepat dalam pembuatannya.

Tapi tahukah Anda bahwa makanan olahan yang banyak dijual ternyata mengandung zat tambahan yang membawa racun kedalam tubuh jika tidak dikeluarkan. Sebagian besar racun tersebut tersimpan dalam lemak di tubuh.

Salah satu cara mengeluarkan racun tersebut adalah dengan berpuasa dimana pengurangan porsi makan dan pemilihan menu buka puasa yang sehat akan membuat jumlah lemak berkurang. Dengan begitu, racun didalam tubuh Anda juga akan ikut keluar.

6. Mengurangi Kadar Gula Darah

Bagi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes namun memiliki kadar gula darah tinggi. Melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh ternyata bisa menurunkan berat badan secara efektif.

Hal ini dikarenakan menahan makan berjam-jam akan membuat tubuh merespon dengan membuat glukosa yang tersimpan dalam tubuh menjadi energi. Secara otomatis gula dalam darah Anda akan turun.

Baca juga : 16 kebiasaan gaya hidup sehat yang mulai di lupakan banyak orang

7. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Ketika kita tidak berpuasa, organ pencernaan akan terus bekerja baik pagi, siang dan malam. Belum lagi jika Anda sering makan cemilan disela-sela makan berat. Tentu system pencernaan Anda akan terus bekerja.

Disinilah manfaat puasa Ramadhan yang akan membuat organ pencernaan bisa sedikit beristirahat. Terutama di siang sampai sore hari karena Anda tidak makan apapun.

Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan organ pencernaan sehingga Anda tidak akan mengalami penyakit yang menyangkut pencernaan.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, puasa bermanfaat mengistirahatkan sistem pencernaan Anda. Hal ini akan membuat metabolisme meningkat sehingga akan lebih efesien dalam membakar kalori.

Berbeda jika sistem pencernaan Anda bekerja dengan buruk. Tubuh Anda akan kesulitan dalam membakar lemak yang memungkinkan Anda mengalami obesitas dan resiko terkena penyakit.

9. Membantu Menghilangkan Kecanduan

Manfaat puasa Ramadhan yang terakhir adalah mengatasi kecanduan. Lewat puasa kita diajarkan untuk menahan diri hampir sepanjang hari, tanpa sadar hal itu akan melupakan seseorang dari zat-zat adiktif. Seperti kecanduan pada nikotin (para perokok), alkohol, kafein dan obat-obat berbahaya lainnya.

Manfaat dari puasa Ramadhan lainnya adalah membantu menghilangkan kecanduan dari zat-zat adiktif seperti kecanduan alkohol, kafein dan nikotin. Karena terlalu banyak mengkonsumsi hal-hal yang mengandung zat-zat adiktif berdampak tidak baik untuk tubuh.

Hal inilah yang terkadang dimanfaatkan oleh para perokok untuk berniat berhenti merokok saat datangnya puasa Ramadhan. Karena bagaimanapun, terus-terusan merokok sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda sendiri dan orang-orang disekitar Anda.

Selain merokok, bagi Anda yang kecanduan kafein, kebiasaan minum kopi di pagi dan sore tentu akan bisa di rem selama Ramadhan. Jika Anda sudah terbiasa melakukannya selama sebulan, maka pada hari-hari setelah Ramadhan Anda akan terbiasa untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Rekomendasi Artikel : 

21 Manfaat berhenti merokok yang luar biasa bagi hidup Anda

Kesimpulan

Berpuasa di bulan Ramadhan selain wajib dan mendapat pahala yang banyak Anda juga akan mendapat banyak manfaat dari puasa dan telah dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Itulah 9 manfaat puasa untuk kesehatan tubuh Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *