9 Ide Peluang Usaha Modal 10 Juta Untung Besar

ilustrasi peluang usaha modal 10 juta

Uang 10 juta rupiah bukanlah sebuah nominal yang besar. Apalagi kalau sudah membicarakan tentang modal untuk bisnis. Jika Anda kebingungan memilih jenis usaha apa. Saat ini ada banyak peluang usaha modal 10 juta yang bisa Anda jalankan.

Sebelum membahas tentang usaha modal 10 juta, sebaiknya Anda harus berhati-hati ketika memutuskan merintis usaha sendiri. Apalagi jika kekuatan finansial yang Anda miliki sangat mepet. Karena modal 10 juta masih masuk kategori jenis usaha mikro dan menengah. Sehingga ketika Anda salah perhitungan, bukan untung yang didapat tapi malah buntung.

Jadi, apa saja peluang usaha modal 10 juta yang bisa Anda kembangkan?

Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal tersebut. Namun, saya akan merangkum beberapa jenis usaha yang tergolong mudah dijalankan asal Anda mau sedikit belajar tentang cara menjalankan usaha tersebut dan bagaimana pengelolaan keuangan usaha yang baik. Agar dengan modal 10 jutaan bisa berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan.

Berikut 9 ide peluang usaha 10 juta beserta rinciannya yang bisa Anda coba.

1. Usaha Laundry Kiloan

usaha laundry kiloan 10 juta kebawahJasa laundry saat ini sedang menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati oleh para pengusaha UKM. Selain tidak membutuhkan skill khusus, usaha ini bisa memberikan keuntungan yang besar. Hanya saja ada strategi khusus agar usaha laundry bisa berkembang dan ramai pelanggan.

Apa saja strategi khusus tersebut?

Yang pertama ialah pemilihan tempat. Usahakan buka jasa laundry di tempat-tempat yang dekat dengan kost-kostan, kontrakan, kampus atau pinggir jalan raya.

Mengapa?

Karena ditempat-tempat tersebutlah banyak orang yang membutuhkan jasa laundry.

Yang kedua ialah pelayanan yang baik. Berikanlah pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan karena usaha laundry berbentuk jasa. Ketika konsumen merasa puas dengan hasil laundry Anda, maka mereka tidak akan segan untuk terus berlangganan. Sebaliknya, jika mereka tidak puas, maka siap-siap Anda ditinggal oleh mereka.

Yang ketiga adalah strategi marketing yang baik. Anda harus pintar menarik pelanggan agar selalu datang ke tempat laundry Anda. Salah satu caranya dengan memberikan promo. Contohnya cuci 5 kg gratis 1 kg, memberikan souvenir bagi yang sudah datang 5 kali dan lain sebagainya. Intinya buat agar para pelanggan tidak mau berpaling dari tempat laundry Anda.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa laundry kiloan?

Untuk laundry kelas kecil, modal 10 juta sudah cukup untuk menjalankan usaha ini meskipun peralatannya tidak terlalu lengkap. Tapi ingat, lebih baik Anda action dulu daripada banyak berpikir. Kekurangan peralatan bisa di tambah saat usaha Anda sudah berjalan.

Untuk sementara, modal 10 juta bisa digunakan untuk membeli perlengkapan berikut ini :

  • 2 Mesin cuci bukan depan @ Rp 3,5 juta = Rp 7 juta. Anda bisa mengecek harganya disini
  • 2 Setrika @ Rp 200 ribu = Rp 400 ribu
  • Timbangan @ Rp 200 ribu
  • (Ember, keranjang, hanger, jepitan, gunting dan lain-lain) @ Rp 400 ribu
  • 3 Kursi plastik @ 60 ribu = Rp 180 ribu
  • Meja @ Rp 300 ribu
  • (Kalkulator, buku catatan, nota) @ Rp 100.000
  • 2 banner @ Rp 200 ribu
  • Sewa tempat Rp 1 juta per bulan

Total modal awal Rp 9.780.000

Jadi uang 10 juta baru bisa untuk modal usaha laundry sampai berdiri. Sebaiknya Anda harus memiliki uang lebih untuk biaya operasional sebulan kedepan. Karena saat usaha laundry Anda dibuka, belum tentu langsung ramai pelanggan.

Biaya operasional bulanan meliputi :

  • Deterjen dan pewangi @ Rp 400 ribu
  • Listrik @ Rp 600 ribu
  • Air @ Rp 500 ribu
  • Gaji 1 karyawan @ Rp 1 juta

Total biaya operasional bulanan Rp 2.500.000

Perkiraan omset pendapatan dalam sebulan

Asumsikan Anda mendapat orderan rata-rata 40 kg cucian per hari dengan biaya Rp 7.000 per kg. Maka dalam sebulan pendapatan kotor Anda adalah (40 kg x 30 hari) x Rp 7.000 = Rp 8.400.000

Pendapatan bersih = Pendapatan kotor – (biaya operasional bulanan + sewa tempat bulanan)

Rp 8.400.000 – (Rp 2.500.000 + Rp 1.000.000 = Rp 4.900.000

Wah, sangat menggiurkan bukan. Jika Anda ingin lebih tahu tentang usaha laundry, simak artikel saya tentang 19 Rahasia sukses usaha laundry kiloan dengan modal kecil.

2. Usaha Cuci Motor

Anda tahu sendiri bukan bahwa motor adalah kendaraan yang paling banyak dipakai di negara kita. Bukan hanya di perkotaan saja, bahkan di pedesaan pun rata-rata sudah memiliki motor. Jadi untuk usaha modal 10 juta berikutnya tidak salah saya memasukkan usaha cuci motor.

Mengapa harus cuci motor?

Karena tidak semua orang pandai merawat motor. Terutama dalam hal kebersihan. Disamping itu, struktur alam di Indonesia sangat mendukung. Pada saat musim hujan, biasanya jalanan akan becek bahkan berlumpur. Sedangkan saat musim panas, debu dan kotoran pada beterbangan.

Bagaimana tips sukses menjalankan jasa cuci motor?

Yang pertama tentu Anda harus mengetahui teknik mencuci motor yang baik. Agar pelanggan puas dan tidak segan balik ke tempat cuci motor Anda.

Yang kedua pemilihan lokasi usaha. Jika Anda ingin mendapatkan omset jutaan, saya sarankan carilah tempat yang ramai lalu lalang kendaraan. Semakin banyak orang melihat usaha Anda, maka kemungkinan mendapat pelanggan semakin besar.

Meskipun Anda harus menyewa tempat tidak menjadi masalah. Usahakan Anda bisa mendapatkan tempat usaha yang bisa disewa per bulan untuk menekan modal awal.

Yang ketiga ialah mencari karyawan. Usaha cuci motor memang bisa dikerjakan sendiri. Namun, jika banyak orang yang ingin mencuci tentu Anda akan kewalahan. Sementara pelanggan tentu malas mengantri berlama-lama. Sehingga akan membuat mereka pada kabur.

Jika Anda keberatan karena harus menggaji karyawan karena baru mengawali usaha. Anda bisa menggunakan sistem bagi hasil. Misalnya 60% untuk Anda dan 40 % untuk karyawan dari setiap satu cucian motor.

Lalu berapa rincian biaya usaha cuci motor sampai buka? Simak ulasannya berikut ini.

  • Kompresor udara @ Rp 3 juta
  • Tabung snow + selang @ Rp 1,5 juta
  • Mesin steam @ Rp 1,5 juta
  • Mesin jet cleaner @ Rp 500 ribu
  • Peralatan mencuci (sikat, kain lap, kanebo, spoon, ember dll) @ Rp 300 ribu
  • 2 Banner @ Rp 200 ribu
  • 6 Kursi plastik @ Rp 60 ribu = Rp 360 ribu
  • 1 Meja panjang @ Rp 300 ribu
  • Sewa tempat @ Rp 500 ribu/bulan
  • Renovasi tempat @ Rp 1,5 juta

Total modal awal usaha Rp 9.660.000

Modal 10 juta sudah bisa digunakan untuk membuka usaha cuci motor. Namun Anda perlu biaya tambahan untuk operasional bulanan. Diantaranya

  • Sampo cuci motor @ Rp 200 ribu
  • Cairan mesin snow salju @ Rp 500 ribu
  • Pengkilap motor @ Rp 200 ribu
  • Semir ban @ Rp 300 ribu
  • PDAM @ Rp 500 ribu
  • bahan bakar mesin @ Rp 300 ribu
  • Lain-lain @ Rp 500 ribu

Total biaya operasional bulanan Rp 2.500.000

Berapa perkiraan pendapatan selama sebulan?

Saya asumsikan Anda mendapatkan orderan rata-rata 30 motor setiap harinya dengan harga Rp 12.000. Maka pendapatan kotor dalam sebulan adalah 30 motor x 30 hari x Rp 12.000 = Rp 10.800.000

Pendapatan bersih = pendapatan kotor – (biaya operasional + sewa tempat)
Rp 10.800.000 – (Rp 2.500.000 + Rp 500.000) = Rp 7.800.000

Sementara Anda masih harus memberikan upah 40 % untuk karyawan dari setiap motor yang mereka cuci. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

40% x Rp 7.800.000 = Rp 3.120.000

Pendapatan bersih : Rp 7.800.000 – Rp 3.120.000 = Rp 4.680.000

Lumayan bukan, ini baru perhitungan jika semua orderan diambil karyawan. bagaimana jika Anda ikut mencuci sendiri? Tentu omset yang didapat akan semakin besar.

Untuk lebih jelasnya tentang usaha ini, bacalah 9 tips sukses usaha cuci motor beromset jutaan.

3. Usaha Catering Rumahan

usaha modal 10 jutaan catering rumahanUsaha modal 10 juta berikutnya di bidang kuliner. Kayaknya usaha ini sangat cocok dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga yang memiliki kepandaian memasak tingkat dewa. Kenapa saya katakan tingkat dewa? Karena Anda memang bertujuan menjual hasil masakan Anda. Kalau tidak enak tentu tidak ada yang mau berlangganan pada Anda.

Anda bisa melayani catering untuk hajatan, acara khusus, catering kantoran, dan catering khusus anak. Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkan jasa catering pada rekan-rekan suami di kantor, ibu-ibu arisan, acara syukuran tetangga dan lain-lain.

Sebenarnya usaha catering rumahan bisa dimulai dengan modal dibawah 5 juta. Apalagi jika Anda sudah memiliki peralatan memasak lengkap di dapur. Namun, agar jasa catering Anda lebih terlihat profesional, modal 10 juta saya rasa cukup.

Setengahnya bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan catering lengkap diantaranya peralatan memasak dan perlengkapan untuk sajian seperti piring, mangkok, sendok, gelas, soup tureen, baki. Sisa modal bisa digunakan untuk membeli bahan baku masakan, promosi dan transportasi.

Omset pendapatan dari bisnis catering tergantung berapa banyak pelanggan yang menggunakan jasa Anda. Akan lebih baik jika Anda memiliki pelanggan tetap seperti pekerja kantoran yang mana Anda bisa melayani jasa catering pada hari-hari kerja.

Untuk acara khusus seperti pernikahan, hajatan atau syukuran pasti tidak datang setiap saat. Namun, ketika Anda mendapatkan orderan seperti ini, sebisa mungkin berikan pelayanan yang maksimal. Karena orang-orang yang mendatangi acara tersebut suatu saat juga membutuhkan jasa catering. Mereka mungkin saja teringat dengan jasa catering Anda.

Jika Anda tertarik ingin bisnis catering, silahkan simak artikel tentang cara sukses memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil.

4. Warung Makan Sederhana

Selain catering, usaha modal 10 juta dibidang kuliner selanjutnya ialah membuka warung makan sederhana. Hanya saja ini diperuntukkan bagi Anda yang sudah memiliki warung sendiri sehingga tidak perlu menyewa tempat. Karena jika harus menyewa tempat, modal Anda mungkin habis hanya untuk menyewa tempat usaha.

Hampir seperti bisnis catering, salah satu usaha modal 10 juta yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan biaya banyak untuk bahan baku masakan. Modal awal Anda lebih banyak digunakan membeli perlengkapan usaha seperti estalase, meja, kursi dan peralatan makan.

Kunci sukses dari usaha warung terletak pada cita rasa masakan. Jika memang masakan Anda enak, pasti akan banyak orang berlangganan di warung Anda. Walaupun makanan yang Anda jual harganya mahal. Selain itu, selalu berikan pelayanan terbaik dengan bersikap ramah kepada siapapun yang datang ke warung makan Anda.

Baca juga : 15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

5. Toko Sembako

bisnis modal 10 juta usaha sembakoDimanapun berada, toko sembako merupakan jenis bisnis yang tidak ada matinya. Anda tidak harus membukanya di tempat keramaian. Karena usaha ini bisa dijalankan di rumah Anda sendiri. Target konsumennya jelas para tetangga Anda. Sehingga usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Itung-itung membantu suami untuk menambah uang dapur.

Sebagai permulaan, Anda bisa memanfaatkan ruangan depan seperti garasi sebagai tempat untuk buka toko. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal guna merenovasi tempat.

Yang Anda perlukan hanyalah 1 estalase, 1 meja kasir, 1 kursi dan rak kayu yang bisa dibuat sendiri untuk menekan biaya. Sisa modal bisa digunakan untuk membeli barang dagangan yang akan dijual.

Bisnis ini tidak akan langsung memberikan omset yang besar. Karena Anda hanya bisa mengambil sedikit keuntungan dari setiap barang yang Anda jual. Kunci sukses usaha sembako terletak pada pelayanan yang baik dan sebisa mungkin sediakan barang yang dibutuhkan konsumen.

Contohnya jualan pulsa dan token listrik yang mana saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Disamping itu, jangan pasang harga terlalu mahal. Karena selisih 200 perak saja bisa membuat pelanggan lari.

Membuka usaha sembako di rumah sebenarnya memiliki kekurangan. Yakni jumlah konsumen yang tidak akan banyak bertambah. Karena Anda hanya bisa melayani para tetangga. Berbeda jika Anda berjualan sembako di pinggir jalan yang ramai atau di pasar.

Kenapa harus dipasar?

Karena pasarlah tempat terbaik untuk transaksi jual beli. Saya katakan demikian karena ibu saya sendiri adalah pedagang sembako di pasar daerah saya. Dulu saat awal mulai merintis usaha sembako, beliau hanya memiliki modal kurang dari 10 juta dengan lapak seluas 3 x 3 meter.

Kini usahanya telah berkembang besar hingga memiliki 3 ruko besar di 3 pasar yang berbeda. Dari usaha sembako itulah perekonomian keluarga kami bisa naik. Foto diatas adalah salah satu lapak beliau di salah satu pasar didaerah saya.

Kata beliau, kunci sukses dalam menjalankan usaha sembako tergantung pada diri sendiri. Harus memiliki sikap disiplin dimana Anda sebisa mungkin membuka toko lebih awal dibanding pedagang yang lain. Harus tekun dan jangan malas-malasan serta memiliki manajemen keuangan yang baik.

Jika Anda tertarik ingin buka toko sembako, bacalah 13 tips sukses buka toko sembako dari nol dengan modal kecil 

6. Warung Kopi Sederhana

peluang usaha warung kopi sederhanaKopi adalah minuman favorit orang Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya saya memasukkan usaha warung kopi kedalam ide usaha modal 10 juta. Anda bisa mendapatkan omset jutaan rupiah jika tahu strategi yang tepat untuk usaha ini.

Salah satunya adalah pemilihan lokasi untuk berjualan. Beberapa lokasi yang cocok untuk berjualan kopi antara lain :

  • Terminal
  • Dekat lokasi industry
  • Dekat perkantoran
  • Pasar
  • Tempat wisata
  • Tempat keramaian seperti alun-alun dan pinggir jalan

Disamping itu, Anda harus bisa menemukan pemasok bahan kopi yang berkualitas. Sehingga rasa kopi Anda banyak disukai konsumen. Tidak masalah kalau harganya lebih mahal dibandingkan pemasok lain. Karena konsumen lebih mementingkan cita rasa kopi dibandingkan harganya.

Modal 10 juta digunakan untuk membeli bahan baku kopi dan peralatan pembuatan kopi. Sisanya bisa Anda pakai untuk membuat konsep warung kopi yang sederhana namun tetap menarik. Contohnya Yayang S. Sahara, pengusaha warung kopi di Sidoarjo. Dia menggunakan konsep pedagang kaki lima (PKL) untuk menjaul kopinya.

Karena banyak yang suka dan menjadi langganan. Akhirnya beliau memutuskan untuk membuka kedai kopi ala caffe. Bahkan sekarang beliau telah memiliki 9 kedai kopi yang tersebar di beberapa kota.

Baca juga : 7 Rahasia Sukses Usaha Warung Kopi Sederhana dengan Modal Kecil

7. Usaha Makanan Ringan

Usaha modal 10 juta berikutnya adalah usaha makanan ringan. Makanan ringan seperti keripik pisang, keripik singkong atau rempeyek sampai saat ini masih menjadi primadona masyarakat Indonesia. Sudah banyak orang sukses menjalankan bisnis ini. Meskipun pesaingnya banyak, market untuk bisnis ini masih sangat besar. Jadi jangan pernah takut untuk memulai bisnis makanan ringan.

Sebaiknya Anda fokus pilih satu jenis makanan ringan untuk dijual. Misalnya saja keripik pisang. Pelajari bagaimana cara membuat keripik pisang yang enak dan renyah.

Dapatkan resep terbaik dengan bertanya pada kerabat atau browsing di internet. Salah satu situs yang bisa Anda kunjungi adalah cookpad.com. Disana Anda akan menemukan berbagai resep keripik pisang yang bisa Anda coba. Teruslah berinovasi sampai Anda menemukan resep terbaik.

Sebenarnya makanan ringan bisa dibilang sebagai usaha modal 10 juta kebawah. Modal 1 juta pun sudah bisa untuk berjualan makanan ringan seperti keripik. Akan tetapi, dengan modal yang lebih besar, keuntungan yang didapat pun akan berlipat-lipat.

Langkah sukses dalam berbisnis makanan ringan terletak pada strategi pemasaran produk yang tepat. Anda harus gencar melakukan pemasaran baik secara offline maupun online. Berikan nama produk untuk usaha Anda agar orang lain mudah mengingatnya.

Cara promosi offline bida dilakukan dengan menitipkan produk makanan ringan Anda di sejumlah toko sembako dan minimarket didaerah Anda. Sementara untuk pemasaran online, Anda bisa memanfaatkan marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia. Promosikan juga di media sosial seperti Facebook dan Isntagram agar semakin banyak orang mengenal produk Anda.

Baca juga : 17 Ide Usaha Makanan Ringan Kekinian Paling Menjanjikan

8. Menjadi Reseller Baju Online

Anda pasti tahu bahwa banyak peluang bisnis online yang bisa dijalankan. Yang lebih menyenangkan memulai bisnis online bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Bahkan beberapa diantaranya ada yang tanpa modal sama sekali. Salah satu contohnya dropshiper.

Namun karena kita sedang membahas tentang usaha modal 10 juta, usaha yang cocok untuk dikembangkan adalah reseller baju online. Meskipun sama-sama menjual barang milik orang lain atau supplier. Ada perbedaan antara dropship dan reseller. Dimana sebagai dropship Anda tidak perlu menyetok barang, sementara menjadi reseller berarti Anda harus menyetok barang. Makanya Anda memerlukan sejumlah modal.

Kenapa harus menyetok barang? Karena biasanya barang yang laris dijual online, stok produknya akan cepat habis. Sehingga jika Anda sudah menyetok barang sendiri dirumah. Ketika para dropshiper kehabisan barang. Anda tetap bisa berjualan.

Produk fashion apa yang biasa laku dijual secara online. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Baju anak dan perlengkapan bayi
  • Pakaian pria
  • Pakaian wanita
  • Baju muslim
  • Jilbab
  • Sepatu
  • Dan lain-lain

Lebih baik jika Anda fokuus berjualan satu jenis baju saja. Misalnya jika Anda minat untuk berjualan hijab. Maka fokuslah untuk berjualan hijab terlebih dahulu. Ketika sudah berjalan dengan baik, barulah Anda menambah produk lain seperti baju muslim wanita atau yang lainnya.

Modal 10 juta selain untuk menyetok barang, juga bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk. Misalnya dengan memasang iklan di Facebook Ads atau Instagam Ads agar Anda menjaring konsumen lebih banyak. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pembeli lebih besar.

Baca juga : 13 Tips Mudah Jualan Baju Online Murah Untuk Pemula

9. Usaha Waralaba

Usaha modal 10 juta selanjutnya ialah usaha waralaba makanan atau minuman. Bisnis waralaba memang sedang populer dan di gandrungi para pebisnis di jaman milenial ini. Anda tidak perlu susah-susah membuat produk sendiri karena mitra waralaba Anda yang akan menyediakan tempat untuk berjualan berikut jenis usahanya.

Beberapa contoh usaha waralaba makanan yang cukup populer diantaranya :

  • Kebab bab rafi
  • Bakso benhil
  • Dokar (donat bakar)
  • Shiuka Takoyaki
  • Burger king
  • Sabana Fried Chicken
  • dan lain lain

Sementara untuk contoh usaha francise minuman diantaranya

  • Minuman teh poci
  • Monster ice blend
  • Nyoklat kress
  • Pee Bee
  • Bubble boom
  • dan lain lain

Jika Anda tertarik dengan waralaba minuman, simak artikel tentang 4 usaha waralaba minuman kekinian paling laris

Hampir merata usaha waralaba diatas bisa Anda mulai dengan modal dibawah 10 juta rupiah. Contohnya saja dokar atau donat bakar. Untuk menjadi mitra francise dokar Anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp 7,5 juta saja. Anda akan mendapatkan fasilitas lengkap diantaranya

  • Booth dokar
  • Kompor gas tunggu
  • Selang dan regulator
  • Tabung gas 3 kg
  • X-banner menu
  • Grill Pan (wajan bakar)
  • Saringan
  • Parutan keju
  • 20 box sealware
  • 10 botol saos
  • 2 seragam dokar
  • Bahan baku dan masih banyak yang lainnya.

Jika Anda adalah seorang karyawan yang sibuk, Anda bisa mempekerjakan karyawan. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk terjun dan jualan sendiri. Lebih baik Anda fokus mengumpulkan modal untuk membuka cabang usaha waralaba Anda.

Kesimpulan :

Apapun usaha yang akan Anda jalankan dan berapa pun modal yang Anda keluarkan. Tidak akan pernah bisa berkembang jika Anda tidak serius dalam menjalankan usaha tersebut. Cobalah satu diantara 9 peluang usaha modal 10 juta diatas yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *