Cara Memulai Bisnis Baju Modal 1 Juta Untuk Pemula

bisnis baju modal 1 jutaMemulai sebuah bisnis memang tidak mudah. Apalagi jika modal yang kita punya sangat mepet. Coba Anda bayangkan saat memegang uang Rp 1 juta. Di jaman sekarang uang segitu mau buat bisnis apa? Tapi jangan salah, meskipun uang 1 juta rupiah terlihat kecil. Jika Anda pintar mengolahnya ternyata bisa dijadikan modal untuk memulai bisnis. Salah satunya bisnis baju modal 1 juta.

Kenapa saya katakan demikian? Karena kita tahu sendiri bahwa kebutuhan dasar manusia terdiri dari sandang atau baju, pangan atau makanan dan papan atau rumah tinggal. Dengan pemenuhan tiga kebutuhan dasar tersebut dipastikan manusia dapat hidup secara layak dan sempurna.

Nah, salah satunya adalah kebutuhan sandang atau baju yang merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Sehingga usaha jualan baju kemungkinan besar bisa laris manis. Mengingat dibutuhkan manusia setiap saat sejak ia lahir.

Menganalisa Peluang Bisnis Baju Modal 1 Juta

Peluang usaha modal 1 juta sebenarnya sangatlah banyak. Akan tetapi, seperti yang saya sebut diatas. Bahwa kebutuhan akan baju tetap menjadi salah satu prioritas masyarakat.

Keuntungan yang Anda dapat dalam menjual baju pun lumayan. Bisa mencapai 20%-50 % setiap helai jika Anda pintar menawarkannya. Belum lagi jika Anda menjual disaat yang tepat seperti momen hari raya atau pergantian tahun. Tentu peluang untuk mendapatkan banyak konsumen terbuka lebar.

Namun kendala dalam bisnis jualan baju seperti ini kebanyakan hanya bisa menjualnya secara kredit. Baik dengan sistem harian, mingguan maupun bulanan. Hanya sebagian kecil pedagang yang bisa menjual baju secara tunai. Kecuali jika Anda membuka toko atau berjualan secara online.

Mengingat Anda sedang merintis usaha sendiri hanya dengan modal 1 juta rupiah saja. Sebisa mungkin menggunakan sistem pembayaran cash atau tunai. Adapun jika menggunakan kredit pastikan pembayaran lancar tanpa mengalami kendala berarti.

Sebab bisnis baju modal 1 juta rupiah rentan sekali mengalami bangkrut jika terjadi pembayaran macet. Sehingga Anda harus benar-benar selektif dalam memilih konsumen dengan fasilitas kredit.

Prospek Bisnis Baju Modal Kecil Rp 1 Juta

Berdasarkan pengamatan dan analisa di lapangan. Bahwasanya bisnis berjualan baju mempunyai prospek yang sangat cerah. Bisnis ini termasuk usaha yang sebenarnya anti rugi. Sebab yang namanya baju merupakan barang awet yang tak akan basi atau kadaluwarsa. Selama Anda bisa menyimpannya dengan baik.

Selain itu, dari jaman dulu sampai jaman sekarang ini, bisnis usaha jualan baju selalu laris manis sebagai pemenuhan atas kebutuhan dasar manusia yakni sandang. Entah itu dijual di perkotaan atau pun di desa.

Biasanya kalau jualan di desa metodenya door to door. Dimana mereka berkeliling untuk menjual dagangannya. Dan kenyataannya dagangan mereka laku keras diserbu para pembeli.

Baca juga : 7 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Usaha Agar Cepat Berkembang

Kelebihan Bisnis Baju Modal Rp 1 Juta

Berikut ini beberapa kelebihan dan keunggulan bagi Anda yang memilih bisnis baju modal 1 juta rupiah, antara lain :

1. Modal Kecil

Tentu saja usaha ini dikategorikan usaha modal kecil dimana Anda bisa memulainya dengan modal Rp 1 juta. Sehingga untuk memulai usaha berjualan baju atau pakaian tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Dengan uang satu juta rupiah ke bawah, Anda sudah bisa memulai bisnis baju yang menguntungkan.

2. Bisa dikerjakan di rumah

Bagi Anda yang termasuk ibu rumah tangga, menjual pakaian sebenarnya tidak harus dengan cara keliling. Sehingga tidak perlu mengganggu aktivitas keseharian Anda dalam mengurus anak dan suami.

Bisnis baju sangat cocok dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan untuk seorang ibu rumah tangga. Anda tinggal mengundang para tetangga datang kerumah untuk melihat-lihat pakaian yang Anda jual. Apalagi saat ini era internet sudah semakin maju.

Sehingga untuk berjualan baju bisa menggunakan internet dengan memanfaatkan media sosial, marketplace atau pun membuat toko online. Jika Anda tertarik jualan secara online. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak artikel berikut ini.

13 Tips Mudah Jualan Baju Online Murah Untuk Pemula

3. Untung Besar

Bisnis jualan baju berpeluang mendapatkan keuntungan besar. Mengingat bisnis ini merupakan sebuah usaha yang memenuhi kebutuhan dasar manusia. Apalagi jika Anda mampu menyediakan baju yang sedang trend atau sedang di gandrungi oleh banyak orang. Tentu akan banyak orang yang ingin membeli baju ditempat Anda.

Disamping itu, harga baju juga cukup terjangkau sehingga Anda bisa menawarkannya kepada semua kalangan. Anda bisa mengambil keuntungan 20% hingga 50% dari harga yang ditetapkan supplier.

Baca juga : 12 Peluang Usaha Modal 500 Ribu Kebawah Bagi Para Pemula

Tips Sukses Bisnis Baju Modal 1 Juta Untuk Para Pemula

bisnis pakaian modal kecilSetelah Anda membaca analisa dan kelebihan dalam bisnis pakaian. Sekarang saatnya kita membahas bagaimana tips sukses agar baju yang Anda jual bisa laku keras dan memberikan banyak keuntungan. Berikut beberapa tips jualan baju yang bisa Anda praktekkan.

1. Menentukan Jenis / Model Baju

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah menentukan jenis baju yang akan dijual. Anda tidak harus menjual berbagai model baju untuk pria dewasa, ibu-ibu, remaja atau anak-anak sekaligus. Lebih baik tentukan target pembeli Anda.

Misalnya target Anda ibu ibu. Anda bisa berjualan daster, jilbab, atau baju baby doll yang mana sangat disukai oleh ibu-ibu. Mungkin Anda bisa menggabungkan dengan model baju untuk anak. Karena biasanya ibu-ibu juga tertarik untuk membelikan baju untuk anak mereka.

2. Mencari supplier

Setelah Anda menentukan target konsumen, Langkah berikutnya ialah mencari supplier yang bisa memasok dagangan Anda. Ada banyak supplier yang bisa Anda pilih. Namun pastikan bagi Anda untuk memilih supplier baju yang terpercaya, lengkap dan harganya miring.

Hal ini untuk menjaga berlangsungnya bisnis baju Anda dan meningkatkan laba. Karena jika dari supplier sudah mahal, tentu Anda akan kesulitan untuk menjualnya.

Jika Anda tinggal di dekat kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Anda bisa mengunjungi tempat grosir baju murah misalnya pasar Tanah Abang yang terkenal dengan grosirannya yang murah namun kualitas bajunya juga oke.

Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa memesannya secara online. Carilah supplier baju murah di beberapa marketplace atau toko online. Biasanya mereka melayani pemesanan secara grosir. Bahkan Anda juga bisa menjadi partner bisnis mereka dengan menjadi dropshiper. Dimana Anda bisa berjualan tanpa perlu menyetok barang.

3. Menjadi Reseller

Untuk lebih memudahkan Anda dalam berjualan baju. Sebaiknya Anda mendaftar menjadi reseller dari supplier yang Anda pilih. Keuntungan menjadi reseller antara lain Anda bisa mendapatkan potongan harga dari baju yang Anda pesan untuk dijual. Sehingga Anda bisa mendapat lebih banyak keuntungan.

Disamping itu, menjadi reseller juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi lebih awal ketika supplier mempunyai produk baju terbaru. Hal ini tentunya menguntungkan karena Anda bisa menjual baju model terbaru lebih awal dibandingkan orang lain.

4. Sediakan Baju dalam Berbagai Varian

Dalam berjualan baju, sebaiknya Anda menyediakan stok baju secara lengkap dari mulai warna dan ukurannya. Hal ini untuk mengantisipasi ketika ada konsumen yang tertarik untuk membeli baju namun menginginkan warna yang lain. Terkadang warna sudah cocok tapi ukurannya tidak pas. Hal seperti inilah yang perlu Anda antisipasi dari awal.

5. Tentukan Metode Jualan

Sangat penting memperhatikan metode jualan Anda. Apakah Anda ingin berjualan secara offline atau online. Dulu berjualan baju biasanya hanya bisa di pasar, tempat keramaian atau berkeliling keluar masuk komplek.

Sekarang ada banyak metode berjualan. Terutama jika Anda menjualnya secara online. Ada banyak pasar online yang memiliki potensi besar untuk para pedagang.

Oleh sebab itu, tentukan dari awal metode jualan Anda. Bahkan Anda bisa menggunakan dua metode itu sekaligus sehingga Anda peluang Anda mendapat pelanggan semakin besar.

Baca juga :  15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

6. Lakukan Promosi

Meskipun hanya bisnis baju modal 1 juta. Anda tetap harus melakukan promosi untuk memperkenalkan dagangan Anda. Yang paling mudah tentu saja mempromosikan usaha Anda pada keluarga, tetangga dan teman-teman.

Tidak ada salahnya juga untuk berpromosi di media sosial seperti Facebook atau Instagram. Melakukan strategi pemasaran produk yang tepat setidaknya akan memudahkan Anda dalam menarik minat konsumen.
.
5. Jadikan Sebagai Hobi

Segala sesuatu yang dikerjakan sebagai sebuah hobi pastinya akan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Anda tidak akan merasa kelelahan. Begitu pula supaya bisnis baju Anda sukses dan untung jutaan. Jadikan usaha Anda ini sebagai sebuah hobi yang menyenangkan dan bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Saat Anda merasa bahwa bisnis baju Anda laku keras dan mendapatkan keuntungan. Mulailah berfikir untuk membuka toko baju. Sehingga Anda tidak perlu mondar-mandir menawarkan dagangan Anda.

Akan tetapi, membuka toko tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda membutuhkan banyak modal karena selain harus menyewa tempat. Anda juga perlu menyediakan stok baju yang banyak. Sehingga konsumen punya banyak pilihan tentang jenis baju yang akan mereka beli.

Bisnis baju modal 1 juta memang bisa menjadi pilihan realistis bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Namun, jika Anda tekun dan pandai dalam menjualnya. Modal 1 juta bisa berkembang dan mungkin saja bisa membuat Anda mampu membuka toko baju.

2 Responses to Cara Memulai Bisnis Baju Modal 1 Juta Untuk Pemula

  1. Aplikasi Kasir di Android berkata:

    informasi berisi ilmu yang sangat bermanfaat.. terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *