Cara Membentuk Kepribadian yang Baik Agar Disukai Banyak Orang

membentuk kepribadian yang baik

Setiap manusia tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada orang yang di anggap memiliki kepribadian yang baik, tapi ada juga orang yang dicap memiliki kepribadian buruk. Semua tergantung dari penilaian masing-masing orang. Belum tentu orang yang terlihat memiliki kepribadian baik memang benar-benar baik. Begitu juga sebaliknya, orang yang dianggap sifatnya buruk belum tentu benar-benar buruk.

Namun tentunya semua orang pasti menginginkan memiliki kepribadian yang bagus. Kalaupun Anda sekarang merasa bahwa Anda memiliki kepribadian yang buruk dan tidak disukai banyak orang, maka Anda harus memperbaiki segera.

Karena jika Anda sudah memiliki kepribadian yang baik, sudah barang tentu hidup Anda akan lebih tenang, bahagia dan akan banyak orang yang dekat dengan Anda.

Sebelum kita membahas bagaimana cara membentuk kepribadian yang bagus, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu seperti apa sih orang yang memiliki kepribadian yang bagus?

Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian yang baik

1. Berpenampilan Sederhana

ciri ciri kepribadian baikOrang yang memiliki kepribadian yang baik terlihat dari cara berpakaiannya yang sederhana. Ia terlihat tenang dengan gaya busana yang dikenakannya. Tidak ada kesan menonjol dari orang lain.

Sebab ia tak mengharapkan menjadi pusat perhatian dari orang lain. Ia berpakaian secara wajar dan tidak nyentrik. Walaupun demikian, ia mengikuti perkembangan gaya busana terbaru.

2. Senang Menghabiskan Waktu Didalam Rumah

Untuk menghabiskan waktu ada banyak cara yang bisa dilakukan. Dari mulai jalan-jalan, nongkrong bersama teman di cafe, sampai menghabiskan waktu di rumah.

Berdasarkan penelitian, orang yang lebih senang menghabiskan waktu di rumah untuk bercengkerama dengan keluarga tercinta termasuk kategori orang yang memiliki kepribadian baik.

Simak juga : Pengen kaya di usia muda? coba terapkan 10 cara ini

3. Bermanfaat Bagi Orang Lain

Tanda seseorang berkepribadian baik lainnya adalah memiliki sifat ingin bermanfaat bagi orang lain. Seperti sabda Rasulullah SAW bahwa ”Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling memberikan manfaat bagi manusia lainnya”.

Orang yang berkepribadian baik akan selalu diandalkan oleh orang lain. Karena ia memiliki rasa tanggungjawab yang sangat besar dan berpikir realistis. Ia akan senang sekali membantu orang-orang yang membutuhkan secara tenaga, materil maupun moril. Orang ini umumnya jadi populer di masyarakat, teman-temannya dan sanak kerabatnya.

4. Jangan Lupa Bahagia

Orang yang memiliki kepribadian baik adalah ia yang senantiasa selalu bersyukur kepada Allah SWT atas sesuatu kebahagiaan kecil dan besar. Hal tersebut membuat dirinya bahagia. Dan Allah SWT memberikan nikmat yang lebih besar lagi kepada dia sehingga ia lebih bersyukur. Bahagia itu sederhana. Ada di dalam diri bukan ada di luar.

5. Menyenangi Kondisi Stabil

Ada orang yang menyukai kondisi stabil dan ada yang tidak. Orang yang memiliki kepribadian yang baik adalah mereka yang menyukai kondisi stabil. Sebaliknya, orang yang tak menyukai situasi stabil maka ia berarti mempunyai kepribadian yang jelek.

Orang baik adalah mereka yang suka kondisi stabil dan nyaman. Kalaulah situasi tidak stabil maka mereka senantiasa bekerja keras untuk mewujudkan kondisi stabil sebagaimana semula.

Baca juga : Kata-kata motivasi agar hidup lebih semangat

6. Bersikap Jujur

Rasulullah SAW bersabda :”Kejujuran membawa kebaikan. Dan kebaikan membawa ke surga. Sedangkan kebohongan membawa kepada neraka”. Sikap jujur merupakan salah satu pertanda seseorang mempunyai kepribadian yang baik.

Jujur adalah tidak bohong atau menjelaskan apa yang sebetulnya terjadi tanpa ada niat tertentu. Orang yang bersikap jujur pada orang lain maka orang lain pun akan bersikap jujur kepadanya

7. Selalu Melindungi Orang yang Berada di Dekatnya

Salah satu ciri orang berkepribadian baik adalah orang-orang merasakan kenyamanan dan keamanan selama berdekatan dengan dia. Disebabkan dia senantiasa melindungi orang lain di dekatnya.

Hal ini sesuai dengan prinsip orang beriman yang asal kata iman dari aman yang berarti orang beriman selalu menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya.

8. Kebahagiaan Orang Lain Lebih Penting

Setelah Anda bahagia dengan diri sendiri, selanjutnya memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Kebahagiaan orang lain penting sekali disamping diri sendiri. Sehingga Anda tidak disebut egois atau hanya mementingkan diri sendiri. Contoh penerapan : Membeli oleh-oleh bagi keluarga tercinta di rumah

9.Tak ambisius

Salah satu ciri orang yang memiliki kepribadian yang jelek adalah bersikap ambisius. Lihatlah kebiasaan orang yang sukses, mereka tidak bersikap ambisius dalam menjalani kehidupan. Namun mereka bersikap menerima apa adanya. Dalam arti tidak terlalu ambisius, tapi pertengahan. Mereka menjalani kehidupan seperti air yang mengalir.

Seringkali penulis melihat orang yang ambisius. Ia mempunyai keinginan atas suatu hal dengan kuat. Sehingga menghalalkan segala cara. Termasuk cara yang salah. Kita tidak dapat memaksakan kehendak kita. Allah SWT yang mengatur kehidupan manusia itu sendiri. Apa yang terbaik bagi setiap manusia. Bagaimanapun kita berusaha tapi Allah SWT yang menentukan.

Orang yang mempunyai kepribadian baik maka ia akan bersikap tidak ambisius. Ia berpikir realistis untuk mencapai impiannya.

Simak juga : 10 orang sukses yang pernah alami kegagalan

Setelah mengetahui ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian bagus, tentunya bukanlah hal yang sulit untuk bisa membentuk kepribadian Anda agar bisa menjadi orang yang lebih baik kedepannya.

Memang semuanya tidak bisa dilakukan secara instan. Anda bisa memperbaikinya sedikit demi sedikit mulai dari sekarang.

Berikut ini cara 8 cara membentuk kepribadian yang baik agar Anda disukai oleh banyak orang disekitar Anda.

1. Rajin Beribadah Kepada Tuhan Yang Maha Esa

merubah kepribadianBukan orang baik namanya jika dia sering melupakan siapa penciptanya. Meskipun dia sering bersedekah atau membantu orang yang kesusahan. Kalau dia sendiri tidak pernah beribadah maka dia belum bisa di sebut orang yang berkepribadian baik.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjadi orang yang lebih baik. Maka Anda harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan beribadah kepadanya adalah salah satu cara untuk membentuk kepribadian yang bagus.

Karena jika Anda saja sudah berbuat baik kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh, secara otomatis sikap dan perilaku Anda kepada orang lain juga akan baik.

Jadi, apapun agama yang Anda anut, beribadahlah sesuai dengan kepercayaan Anda masing-masing. Sebagai contoh jika Anda beragama islam, Anda harus menjalankan ibadah shalat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menunaikan zakat dan lain sebagainya.

2. Tidak Perlu Menjadi Orang Lain

Untuk menjadi orang yang lebih baik. Anda tidak perlu meniru atau menjadi orang lain agar dianggap baik oleh orang disekitar Anda. Misalnya Anda meniru sikap dan perilaku si A karena orang tersebut memiliki sikap yang baik.

Ketika Anda mencoba untuk terus meniru si A, maka Anda akan merasa tidak nyaman terhadap diri Anda sendiri. Akan lebih baik jika Anda tetap menjadi diri sendiri tanpa harus menjadi orang lain.

3. Jujur dan Jadilah Diri Sendiri Apa Adanya

Agar Anda lebih mudah untuk memiliki kepribadian yang bagus, mulailah untuk jujur kepada diri Anda sendiri. Tunjukkan seperti apa diri Anda sekarang. kalau pun Anda memiliki sifat yang cenderung pendiam dan tidak banyak ngomong, mulailah untuk belajar menjadi orang yang aktif saat sedang berkumpul dengan orang lain.

Selalu tunjukkan sikap yang ramah dan sopan ketika bertemu dengan orang yang tidak Anda kenal. Bahkan ketika Anda berhadapan dengan orang yang tidak Anda sukai sekalipun. Jangan pernah tunjukkan raut muka cemberut ketika sedang ngobrol dengan mereka.

4. Bersikap Humoris

Hampir semua orang suka dengan orang yang memiliki pribadi humoris dan bisa menyenangkan banyak orang. Namun tidak semua orang dianugerahi kepribadian seperti itu.

ada orang yang memiliki karakter suka marah, gampang tersinggung, pendiam, pemalu, dan lain-lain. Kalaupun Anda adalah orang yang serius dan tidak bisa bercanda. Jangan lantas Anda bersikap seperti it uterus. Terutama kepada orang-orang yang dekat dengan Anda.

Tunjukkanlah sisi humoris pada diri Anda. Tidak perlu sungkan untuk mencoba bercanda dengan orang lain. Karena ketika seseorang tertawa saat mendengar cerita Anda, secara otomatis Anda telah membuatnya merasa senang. Tentu hal ini adalah sesuatu yang positif untuk Anda.

Baca juga : 10 cara menjadi pribadi yang menarik dalam pergaulan

5. Mudah Memaafkan

Memaafkan terkadang lebih sulit dibandingkan meminta maaf. Jika Anda ingin memiliki kepribadian yang baik, sebaiknya jadilah orang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Diawal mungkin terasa sulit. Apalagi jika orang yang berbuat salah kepada Anda sama sekali tidak meminta maaf kepada Anda. Tapi akan lebih bagus jika Anda sudah bisa memaafkan yang bahkan orang tersebut belum meminta maaf kepada Anda.

6. Berbuat Baik Pada Orang Lain

Sudah jelas bahwa orang yang memiliki kepribadian bagus pasti tidak akan segan untuk berbuat baik pada orang lain. Berbuat baik tidak memulu harus memberikan hal yang berupa materi.

Bersikap ramah dan mau membantu ketika ada orang yang membutuhkan tenaga maupun pikiran Anda pun sudah merupakan perbuatan yang baik.

Contoh simpelnya saja saat ada orang yang bingung mencari alamat, Anda bisa membantunya jika memang Anda tahu alamat yang dituju orang tersebut.

7. Jadilah Orang yang Bahagia

Menjadi orang yang bahagia tidak harus dengan memiliki rumah dan mobil mewah. Karena nyatanya banyak juga orang kaya yang hidupnya berantakan. Misalnya ada yang rumah tangganya hancur dan lain sebagainya.

Untuk menjadi orang yang bahagia, Anda hanya perlu banyak-banyak bersyukur atas apa yang sudah Tuhan kasih kepada Anda. Mungkin Anda sekarang sudah memiliki rumah kecil yang bisa dihuni oleh anak dan istri Anda. Memiliki penghasilan tetap dan lain sebagainya.

Berbahagialah karena meskipun penghasilan Anda pas-pasan atau mungkin kurang. Namun Anda tetap memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Karena hal ini akan membentuk Anda menjadi orang yang baik.

Baca lebih lanjut tentang 12 tips rumah tangga bahagia dan harmonis selamanya

8. Sabar dan Bisa Mengendalikan Diri

Setiap orang pasti memiliki masalah. Ada yang tertimpa masalah kecil dan ada juga yang mendapat masalah yang besar. Dan semua orang juga memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Bagi orang yang berkelakuan buruk, kebanyakan akan menghadapi masalah dengan cara yang tidak baik. Oleh sebab itu, Saat Anda sedang menghadapi masalah adalah momen yang tepat untuk menguji kepribadian yang Anda miliki.

Jika Anda tetap bersikap sabar dan mampu untuk mengendalikan diri berbuat hal-hal yang tidak baik, maka secara tidak sengaja Anda telah membentuk karakter dan kepribadian yang baik juga.

Menjadi orang baik memang bukan hal yang mudah. Karena selalu saja ada rintangan dan ujian bagi orang-orang yang ingin menjadi pribadi yang baik. Cobalah cara-cara diatas jika Anda ingin membentuk karakter Anda untuk menjadi orang yang lebih baik kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *