Cara Sukses Memulai Usaha Kue Kering dengan Modal Kecil

usaha kue kering dengan modal kecilKue kering menjadi salah satu jenis camilan yang cukup digemari masyarakat. Makanan ini juga menjadi hidangan umum yang disajikan di meja tamu. Apalagi di hari-hari tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, Perayaan Natal, acara keluarga dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, membuka usaha kue kering adalah langkah yang tepat jika Anda memutuskan untuk memulai usaha.

Bisa dibilang usaha kue kering identik sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga. Karena banyak wanita hobi membuat berbagai macam kue. Jadi tidak ada salahnya jika hobi tersebut bisa sekalian untuk menghasilkan uang.

Namun, Terbatasnya modal terkadang menjadi permasalahan umum ketika memulai sebuah usaha. Seringkali kita mendengar orang berkata “aku ingin membuat usaha ini, usaha itu, tapi sayangnya tidak ada modal”.

Tahukah Anda bahwa merintis usaha sendiri tidak harus dengan modal yang besar. Banyak usaha yang bisa dimulai hanya dengan uang 500 ribu. Contohnya seperti usaha kue kering yang hanya membutuhkan modal kecil. Memang butuh pengorbanan untuk merintisnya dari awal sehingga kebanyakan orang tidak mau melakukannya.

Padahal modal bukanlah permasalahan utama dalam memulai bisnis kue kering. Pola pikirlah yang menjadi penyebab sebenarnya. Kemudian bagaimana cara memulainya dengan modal kecil?

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara sukses usaha kue kering dengan modal kecil. Dengan resep sederhana dan peralatan yang seadanya. Yang terpenting adalah kualitas rasa dan cara memasarkannya.

Berikut cara sukses usaha kue kering dengan modal kecil yang bisa Anda coba mulai dari sekarang.

1. Ilmu Membuat Kue kering

Sebelum Anda memulai, ada satu hal penting yang harus Anda kuasai. Hal ini adalah tentang keterampilan Anda membuat kue kering. Apakah Anda sudah bisa? Berapa macam jenis kue yang sudah Anda buat? Apakah Anda sudah bisa membuatnya dengan bentuk yang menarik?

Jika jawaban Anda adalah “BELUM”, maka Anda butuh waktu untuk belajar terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuat kue kering. Anda bisa belajar melalui youtube, membaca buku memasak atau pun dengan mengikuti training pembuatan kue.

Cara pembelajaran yang paling disarankan adalah cara ketiga yaitu mengikuti training pembuatan kue. Meskipun memakan biaya lebih mahal di awal, namun sebenarnya Anda menghemat banyak waktu, uang serta tenaga untuk trial and error.

Dengan mengikuti training pembuatan kue, Anda langsung bisa membuat kue dengan baik. Namun jika modal Anda sangat menipis, Anda bisa belajar membuat kue kering melalui video youtube. Banyak channel tentang membuat kue yang bisa Anda ikuti.

Misalnya seperti channel Resep Masakan Nusantara. Berikut contoh video pembuatan kue kering ala channel tersebut.

2. Memilih Jenis Kue Kering yang Akan di Jual

Jenis kue kering ada banyak macamnya. Misalnya seperti nastar, kue kacang, putri salju, kastengel, lidah kucing, kue semprit, kue cornflakes dan masih banyak yang lainnya. Mungkin Anda bisa membuat aneka macam kue kering tersebut. Namun, jika Anda berniat untuk berjualan kue kering, sebaiknya Anda jangan bernafsu untuk menjual segala macam kue tersebut.

Akan lebih baik jika Anda memilih 2-4 macam kue terlebih dahulu untuk dijual. Pilihlah yang paling laris di daerah Anda. Sehingga kemungkinan mendapatkan konsumen lebih besar.

Sebaiknya jenis kue yang Anda pilih juga sudah Anda kuasai dengan baik. Sehingga kualitas rasa dan tampilan kue benar-benar yang terbaik.

Baca juga : 12 Peluang Usaha Modal 500 Ribu Kebawah Bagi Para Pemula

3. Gunakan Resep Terbaik

Agar Anda mendapatkan kualitas rasa yang benar-benar enak, maka Anda harus menggunakan resep terbaik untuk kue Anda. Disinilah Anda harus terus belajar untuk membuat kue yang lezat.

Jika dirasa resep dari pelatihan kue yang Anda ikuti masih ada kekurangan. Maka Anda perlu mencari sendiri resep terbaik untuk kue kering Anda. Misalnya dengan memadukan resep yang Anda dapat daro pelatihan membuat kue dengan resep dari sumber lain.

Coba Anda kumpulkan beberapa macam resep kue dari berbagai sumber seperti buku resep masakan atau browsing di internet. Salah satu situs populer membahas tentang resep masakan adalah cookpad.com. Disana Anda akan menemukan berbagai resep yang Anda inginkan.

Setelah Anda bereksperimen dengan berbagai resep kue. Anda bisa membagikan kue buatan Anda kepada keluarga atau tetangga Anda. Mintalah pendapat pada mereka tentang rasa kue tersebut. Jika mereka mengatakan enak dan gurih, maka Anda sudah siap untuk memasarkan kue tersebut.

Baca juga : 17 Ide Usaha Makanan Ringan Kekinian Paling Menjanjikan

4. Kreasikan Tampilan Kue

tampilan kue yang menarikSelain rasa kue yang enak, menjalankan usaha kue kering juga memerlukan kreasi tampilan bentuk kue yang unik. Coba ketika Anda pertama kali ingin membeli kue kering toplesan di sebuah toko kue. Hal pertama yang membuat Anda tertarik tentu tampilan kue tersebut tanpa Anda tahu kue itu enak atau tidak.

Disinilah peran tampilan kue untuk mendongkrak penjualan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda berinovasi dengan membuat tampilan kue yang menarik. Misalnya dari bentuk dan hiasannya. Dengan begitu konsumen akan lebih memilih membeli kue kering buatan Anda.

Baca juga : 8 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

5. Pilih Waktu Yang Tepat

Memilih waktu yang tepat akan sangat membantu Anda dalam meledakkan penjualan. Tentu saja harus diimbangi dengan pemasaran yang baik. Waktu apa saja yang tepat untuk memasarkan kue?

# Lebaran

lebaran via prelo.co.id

lebaran via prelo.co.id

Lebaran adalah hari terbesar dimana penjualan kue meledak di indonesia. Banyak dari produsen kue mendapatkan omset terbesarnya di waktu ini. Hampir setiap rumah orang muslim membutuhkan kue kering sebagai hidangannya. Bukan Cuma warga muslim, warga non-muslim pun juga banyak yang open house dan membutuhkan kue kering di waktu lebaran.

Bagaimana cara memasarkanya, dan berapa biaya modalnya?

– Promosi ke semua kontak

Anda harus berani berpromosi ke tetangga dan seluruh kerabat Anda, Anda bisa menyiapkan 200 daftar orang yang Anda kenal dan kemungkinan akan membutuhkan kue di waktu lebaran. Pastikan Anda memiliki nomer ponsel mereka.

25 hari sebelum lebaran Anda bisa menawarkan ke mereka produk kue kering Anda. Berikan harga khusus sehingga mereka tertarik untuk memesan di tempat Anda. Cara pemesanannya adalah dengan membayar DP terlebih dahulu untuk keperluan belanja bahan baku.

Dengan cara itu Anda bisa lebih hemat atau bahkan Anda tidak perlu keluar modal saat melakukannya.

– Promosi via sosial media

Cara kedua adalah Anda bisa promosi via sosial media. Menjelang bulan puasa, Anda bisa mulai posting kue kering buatan Anda di wall atau di grup-grup promosi. Pastikan foto yang Anda pasang menarik dan kue terlihat lezat.
Karena kunci mendapatkan uang di instagram atau facebook adalah gambar dan harga yang ditawarkan.

Anda bisa meminta DP dulu saat ada yang memesan. Hal ini untuk menekan biaya modal Anda.

Untuk lebih jelasnya, simak 10 tips menjalankan usaha kue kering lebaran untuk pemula

# Waktu Natal dan Musim Nikah

Jika Anda hanya fokus berjualan saat lebaran, Anda salah, sebenarnya ada waktu lain yang sangat bagus untuk mempromosikan kue kering Anda. Yaitu saat Natal dan Musim Nikah.di kedua waktu itu orang yang merayakannya akan membutuhkan kue kering dan juga camilan.

Untungnya kita bisa tau persis kapan natal dan kapan musim nikah, natal pasti tanggal 25 desember dan musim nikah biasanya bulan syawal dan bulan Maulud.

Bagaimana cara promosi yang bagus untuk natal dan musim nikah?

– Natal

Jika Anda berada di lingkungan orang nasrani, Anda bisa mempromosikannya dengan cara seperti Anda berpromosi saat lebaran, yaitu ke tetangga atau kerabat dekat.

Namun jika Anda tidak memiliki kontak atau pun kenalan nasrani, Anda bisa memasarkannya di sosial media. Pastikan gambar kue kering Anda mencolok dan sangat menarik

Untuk menekan biaya produksi Anda bisa meminta DP atau meminta pembeli membayar penuh di awal.

Baca juga : 9 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Paling Menguntungkan

– Musim Nikah

Jika Anda tinggal di pemukiman muslim di jawa, Anda bisa menandai beberapa bulan tertentu yang mana sangat banyak terjadi pernikahan yaitu Syawal, Maulud dan Besar.

Orang yang menikah pasti membutuhkan kue kering sebagai hidangan atau oleh-oleh untuk tamu. Nah Anda bisa mempromosikan kue kering Anda untuk keperluan itu.

Jika Anda ingin cara yang cepat, Anda bisa langsung ke KUA dan menawarkan kepada bagian administrasi untuk mempromosikan kue kering Anda dengan sistem bagi hasil.

Hal ini lebih efektif karena setiap orang yang akan menikah pasti mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu ke bagian administrasi pernikahan.

Atau Anda bisa memasang banner untuk promosi kue kering Anda di depan jalan KUA. Biaya pembuatan banner dan ijin pemasangan cukup murah. Anda hanya butuh biaya dibawah 300 ribu rupiah.

Baca juga : 15 Cara Promosi Produk Paling Efektif dan Terbukti Berhasil

# Usaha Kue Kering Konsinyasi

Ketika bukan lebaran, atau musim nikah dan natal, apa yang harus dilakukan untuk terus menjalankan usaha kue kering modal kecil milik Anda?

Jawabannya adalah dengan cara konsinyasi

Konsinyasi adalah kerja sama bagi hasil antara Distributor dan juga pengecer. Di sini Anda bertindak sebagai distributor juga produsen dari kue kering. Namun cara ini membutuhkan modal yang lumayan jika Anda ingin membesarkannya.

Jika modal Anda hanya dibawah 500 ribu, tenang saja, modal ini sudah lebih dari cukup untuk menjalankan konsinyasi kue kering.

Lalu konsinyasi dengan siapa?, salah satu tempat yang menjanjikan untuk konsinyasi adalah kantin Sekolah.

Sekolahan adalah lahan basah untuk penjual jajanan seperti kue kering, karena hampir setiap siswa membawa uang saku yang biasanya dihabiskan di kantin.

Tugas Anda sebagai distributor adalah datang ke kantin sekolah dan menawarkan kue kering Anda sebagai konsinyasi. Biasanya kantin sekolah mengambil untung 20% dari harga kue yang Anda jual. Buat kue kering dengan ukuran kecil agar bisa dijual dengan harga Rp. 500 atau Rp. 1.000 per bijinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sistem ini.

  • Kue Anda harus menarik
  • Kue Anda harus enak
  • Pastikan keuntungan Anda >100%

Keuntungan harus lebih dari 100%, kenapa? Karena Anda juga harus mempertimbangkan Bad Stock atau kue kering yang tidak laku kembali. Atau kue kadaluwarsa yang kembali, karena terkadang tidak semua kue terjual habis.

Anda juga bisa berkonsinyasi dengan toko kelontong di sekitar rumah Anda. Namun pastikan toko kelontong itu ramai pembeli. Hal ini penting karena kebanyakan orang datang ke toko kelontong bukan untuk membeli camilan kue. Sehingga kemungkinan kue Anda terjual lebih kecil jika dibandingkan dengan konsinyasi dengan kantin sekolah.

Itulah cara memulai usaha kue kering dengan modal kecil. Meskipun Anda memulai dengan modal kecil, bukan berarti Anda tidak akan berhasil. Yang terpenting Anda harus sabar dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnis Anda tersebut. Maka kesuksesan tinggal menunggu waktu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *