Cara Menata Warung Sembako Agar Konsumen Merasa Nyaman

cara menata warung sembako agar laris

Cara Menata Warung Sembako – Warung sembako adalah suatu jenis usaha modal kecil yang paling banyak ditemukan saat ini. Tak heran jika tingkat persaingan untuk usaha sembako sangatlah tinggi. Anda bisa dengan mudah menemukan warung sembako baik di pinggir jalan maupun di gang-gang sempit.

Hal ini wajar mengingat warung sembako memang menjual berbagai keperluan sehari-hari seperti minyak goreng, telor, tepung terigu, gas elpiji 3 kg pertamina, beras, sabun, makanan ringan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Bahkan ada juga warung sembako yang menjual bahan pokok yang umumnya dijual dipasar seperti daging ikan, ayam, sapi dan berbagai macam sayuran.

Disamping mudah dalam menjalankannya, usaha sembako juga tidak membutuhkan modal yang besar. Anda sudah bisa membangun warung sembako seadanya disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki.

Mengingat persaingannya yang sangat tinggi, Bahkan untuk lingkungan RT dan RW saja bisa ada 2- 5 warung sembako. Hal ini tentu cukup sulit untuk memenangkan persaingan dengan toko sembako lainnya.

Dan salah satu cara untuk memenangkan persaingan bisnis warung sembako yang sangat ketat adalah penataan warung sembako sebaik mungkin. Yang meliputi penataan barang dan desain toko kelontong minimalis. Sehingga bisa menarik para pengunjung yang datang dan merasa nyaman saat berbelanja di toko Anda.

Pentingnya Menata Barang dan Desain Warung Sembako

Berikut ini beberapa alasan pentingnya penataan warung sembako dari dalam maupun dari luar, antara lain :

Membuat Pelanggan Merasa Nyaman

Pelanggan adalah orang yang akan berkali-kali membeli barang kebutuhannya kepada warung sembako Anda. Semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, maka keuntungan bisnis toko sembako Anda akan semakin besar.

Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan oleh pemilik warung untuk membuat betah pelanggan. Salah satunya dengan cara menata warung supaya rapi, enak dilihat dan nyaman dikunjungi.

Meningkatkan Penjualan dan Omset Warung Sembako

Warung sembako yang acak-acakan akan membuat para pengunjung atau pembeli tak betah berlama-lama di warung Anda. Sehingga kuantitas penjualan bisa berkurang.

Oleh sebab itu, Anda mesti menata warung secara baik dalam segi barang-barang yang dijual ditata secara baik dan rapi serta menerapkan teknik desain interior toko sembako yang menarik.

Jika hal ini dilakukan para konsumen akan merasakan kenyamanan dalam berbelanja di toko sembako milik Anda. Kemudian mereka memilih untuk berubah menjadi pelanggan dan pelanggan akan bertambah banyak setiap harinya.

Simak juga : 7 penyebab toko sembako sepi pembeli

Lalu bagaimana cara menata warung sembako agar pembeli merasa nyaman?

Toko kelontongan identik dengan barang yang di dalamnya berjumlah sangat banyak. Dan hal itu perlu ditata secara rapi berdasarkan kategori produk. Untuk warung sembako skala kecil yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, pastinya akan sumpek dengan banyaknya barang di dalam warung.

Namun jika pemilik warung dapat menyusun barang secara rapi maka toko sembako yang kecil pun dapat menjadi leluasa.

Cara Menata Warung Sembako Agar Laris

Cara menata warung sembako pada dasarnya mudah. Yang paling mendasar adalah menempatkan produk atau barang secara rapi dan berdasarkan jenis dan kategori.

Disamping itu, produk atau barang yang disimpan dalam warung sembako pastikan gampang di jangkau oleh Anda sebagai pemilik warung dan para pembeli.

Untuk lebih lengkap, berikut ini cara penataan warung sembako yang baik dan benar berdasarkan pengalaman penulis, antara lain :

Optimalkan Bagian Dinding Pada Toko Sembako

Dinding toko sembako yang meliputi di dalam maupun diluar bangunan perlu Anda perhatikan. Salah satu caranya dengan memberikan tampilan menarik, rapi dan menawan.

Anda bisa menggunakan wallpaper atau cat yang memiliki warna cerah yang sangat menarik. Seperti biru muda, kuning, putih dan warna gabungan. Harga cat atau wallpaper sangat murah saat ini. Jadi Anda tidak akan mengeluarkan biaya terlalu besar.

Keindahan ruangan tentunya akan menjadi nilai plus di mata para pelanggan. Mereka pasti akan merasa nyaman jika warung sembako Anda terlihat cerah.

Baca juga : 11 cara menjadi agen sembako yang sukses

Pajang Barang-Barang dengan Rapi

Akan lebih bagus jika Anda memiliki etalase agar barang dagangan Anda bisa ditata dengan rapi. Teknik display produk-produk yang dijual di dalam warung dapat menggunakan sistem vertikal maupun horizontal.

Namun berdasarkan pengalaman, sangat bagus untuk memajang produk-produk yang dijual secara vertikal. Karena akan lebih mampu mengoptimalkan ruangan toko kelontongan menjadi lebih rapi, menarik dan barang jualan yang di pajang dapat lebih banyak lagi.

Anda juga bisa menggunakan rak untuk menaruh barang di dinding kanan dan kiri warung Anda. Kalau Anda tidak mampu membeli rak dari besi, sementara Anda bisa membuat rak dari kayu.

Dengan begitu, barang dagangan Anda tidak akan terlihat berantakan dan berserakan dilantai. Karena selain mengganggu pandangan, juga akan menyulitkan pelanggan ketika mencari barang-barang yang akan mereka beli.

Baca juga : 15 peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan

Tirulah Model Minimarket

Hal yang membuat orang saat ini cenderung berbelanja di minimarket adalah mereka merasa nyaman dan gampang berbelanja di sana. Meskipun mereka tahu bahwa harga jual di minimarket lebih mahal dibandingkan di toko kelontong biasa.

Nah, jika warung sembako Anda cukup luas, Anda bisa mencontoh cara penataan barang yang dilakukan oleh supermarket atau minimarket terdekat yang laris manis dan ramai pengunjung.

Hal ini bisa diterapkan pada penataan warung sembako Anda untuk menarik semakin banyak pelanggan serta menimbulkan rasa nyaman dalam berbelanja di toko sembako Anda.

Sediakan Gudang Stok

Ketika warung sembako Anda sudah ramai, tentunya Anda akan kulakan barang-barang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Terkadang Anda harus stok barang dalam jumlah besar karena takut barang cepat habis atau untuk mengantisipasi jika Anda kedepannya tidak sempat belanja.

Usahakan Anda memiliki gudang untuk menaruh stok barang yang belum akan dijual. Jangan ditaruh semuanya di toko karena akan membuat warung Anda berantakan dan penuh sesak.

Kalaupun tidak memiliki modal untuk membuat gudang, Anda bisa menyimpannya dulu diruangan rumah yang jarang terpakai. Dengan begitu warung Anda tetap rapid an enak dilihat orang.

Simak juga : tips mencari distributor sembako murah 

Demikianlah cara menata warung sembako agar laris dan pelanggan merasa nyaman membeli ditoko Anda. Yang intinya berusaha meningkatkan kenyamanan dalam usaha toko kelontong sobat. Sehingga konsumen atau pelanggan betah berbelanja dan berlama-lama di toko sembako Anda selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *