5 Cara Mencuci Baju Ala Laundry yang Praktis dan Cepat

ilustrasi cara mencuci baju

Cara Mencuci Baju Ala Laundry – Pencucian pakaian yang sudah kotor dan berbau harus dilakukan secepat mungkin. Karena kalau pakaian kotor dan berbau dibiarkan terlalu lama akan membuat bau tak sedap di lingkungan sekitarnya. Namun terkadang kesibukan sehari-hari membuat orang tidak sempat mencuci. Pada akhirnya menggunakan jasa laundry menjadi pilihan paling simpel

Akan tetapi, melaundrykan pakaian secara terus menerus tentu saja akan berpengaruh dari sisi finansial. Bisa dibilang ini adalah suatu pemborosan yang tidak perlu. Karena sebenarnya cara mencuci baju ala laundry juga bisa kita terapkan di rumah.

Berdasarkan pengalaman, mencuci pakaian menggunakan mesin cuci tentu lebih praktis dan mudah serta cepat dibandingkan dengan menggunakan tangan. Namun tak semua pakaian bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Ada beberapa jenis pakaian yang mesti dicuci menggunakan tangan dengan cara di kucek supaya tak mengalami kerusakan. Seperti baju berpayet, pakaian berbordir, kain tenun, wol dan sutra.

Disinilah pentingnya bagi Anda untuk menguasai cara mencuci baju dengan tangan. Supaya beberapa jenis pakaian yang dicuci dapat terjaga keawetan dan tak rusak dengan cepat. Selain itu, cara mencuci pakaian menggunakan tangan perlu dikuasai secara baik. Untuk membentuk pribadi mandiri dan suatu waktu sangat mungkin mesin cuci yang Anda miliki mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin menghemat keuangan dan tetap sehat untuk mencuci pakaian dengan tangan sendiri. Mengingat mencuci baju dan celana saat ini sudah sangat mudah, praktis dan cepat dengan tersedia fasilitas alat bantu seperti mesin cuci.

Cara Mencuci Baju dengan Praktis dan Cepat

Bagi Anda yang sedang belajar untuk mencuci baju sendiri diperlukan pemahaman dalam proses pencucian pakaian dari awal sampai akhir. Berikut ini cara mencuci baju dengan praktis dan cepat sangat cocok bagi pemula, antara lain:

1. Memisahkan Baju

Sebelum Anda ingin mencuci, sebaiknya pisahkan antara pakaian yang berwarna dengan pakaian putih. Karena cara mencuci baju putih sangat berbeda dengan mencuci pakaian berwarna. Hal ini tak terlepas dari warna yang bisa luntur dari baju berwarna.

Oleh sebab itu, sebelum mencuci pakaian pastikan Anda memisahkan baju putih dengan baju berwarna pada wadah berlainan.Kemudian rendam pakaian pada ember yang telah terisi air.

2. Memakai Detergent

Seringkali seseorang dalam mencuci pakaian menggunakan detergent secara pukul rata. Cara ini terbilang salah. Karena ada pakaian mahal yang harus dicuci menggunakan shampoo khusus.

Penggunaan detergent hanyalah untuk pakaian dan kaos biasa. Sehingga setelah pakaian direndam kemudian Anda bubuhi detergent. Seperti Rinso, Soklin, Daia atau Molto. Kocok rata dengan pakaian. Sampai pakaian dalam ember tertutupi penuh oleh busa detergent.

3. Lakukan Pengucekan Pakaian Secara Lembut Selama Beberapa Detik

Hal ini bertujuan agar detergent dapat membersihkan noda-noda pakaian. Agar air detergent dapat memasuki pori-pori kain dalam waktu singkat sampai noda menjadi luntur. Selanjutnya, lakukan proses perendaman selama setengah jam. Jika pakaian Anda mempunyai noda yang sangat kotor bisa diperpanjang waktu perendaman sampai satu jam.

Saran penulis, jangan terlalu singkat merendam kain dan jangan terlalu lama. Kalau terlalu singkat proses perendaman maka noda-noda pada pakaian akan masih ada. Sedangkan kalau terlalu lama merendam baju dapat membuat pakaian menjadi mudah rusak dan bau.

4. Membersihkan Baju Sampai Bersih

Kemudian angkat baju dalam ember. Lalu kucek secara lembut menggunakan tangan hingga bersih. Hal ini berlaku untuk pakaian yang tak terlalu kotor. Mencuci pakaian menggunakan tangan akan membuat baju lebih tahan lama atau awet dibandingkan menggunakan mesin cuci atau sikat.

Untuk baju yang sangat kotor dan membandel alias tak bisa dibersihkan dengan mengucek menggunakan tangan maka Anda bisa menggunakan sikat untuk melakukan pembersihan pakaian sampai sebersih mungkin.

Tampaklah mencuci pakaian seperti kegiatan yang membosankan dan merepotkan. Dimana harus bergelut dengan sabun detergent dan busa serta harus berbasah-basahan. Namun jadikanlah kegiatan mencuci pakaian menggunakan tangan oleh sendiri sebagai kegiatan yang menyenangkan walaupun keringat bercucuran. Kegiatan mencuci pakaian dapat disamakan dengan kegiatan olahraga yang akan mampu menyehatkan badan.

5. Menjemur Pakaian Secara Baik dan Benar

Setelah pakaian biasa seperti kaos dicuci bersih dan dibilas serta diperas airnya. Selanjutnya adalah menjemur pakaian. Pastikan cara menjemur baju sesuai aturan yang baik dan benar yaitu menjemur baju jangan terlalu lama sebab dapat merusak pakaian dan berdebu.

Kegiatan mencuci pakaian terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama bagi seorang pemula. Namun hal itu bisa di atasi dengan melakukan cara-cara yang telah penulis beberkan sebelumnya. Walaupun demikian tetap saja, mencuci baju memerlukan waktu. Sehingga Anda harus bersikap sabar selama proses pencucian pakaian sampai bersih.

Untuk lebih aman dalam mencuci pakaian maka Anda hendakya menggunakan sarung tangan. Supaya kulit tangan sobat yang sangat sensitif tidak terkena secara langsung dengan sabun detergent. Setelah baju yang dicuci bersih dijemur hingga kering maka tahapan berikutnya adalah menyetrika baju.

Itulah cara mencuci baju ala launry yang praktis dan cepat yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Bagaimana mudah bukan? Silahkan mencobanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *