franchise makanan

Caranya Membuka Usaha Franchise Makanan Yang Tepat

Franchise makanan mulai marak di sekitar Anda. Model bisnis ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Meskipun begitu, calon mitra perlu lebih teliti dalam menentukan jenisnya agar usahanya menemui sasaran yang tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa kebesaran nama dari sebuah brand belum tentu mendongkrak penjualan Anda. Karena, ada faktor lain yang membuat produknya sulit memperoleh konsumen.

Kondisi seperti ini seharusnya menjadi perhatian. Anda seharusnya lebih cerdik dalam menentukan kerja sama. Kejelian dalam melihat peluang bakalan mengantarkan Anda berhasil membangun usaha franchise makanan.

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Franchise

Franchise merupakan model bisnis di mana mitra diperbolehkan untuk mengenakan nama brand perusahaan dalam usahanya. Sistem ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan Anda sebaiknya mengetahuinya agar tidak merasa dirugikan.

  1. Kelebihan Franchise

Kenapa sebagian orang memilih metode franchise? Ini tidak lain disebabkan oleh sistemnya yang menguntungkan.

Keuntungan yang utama ialah bisnisnya sudah terbentuk. Betapa tidak, bisnis ini sudah berjalan dengan sistem yang bagus. Bisnisnya sudah terencana serta telah terdaftar.

Tidak hanya itu saja, bisnis ini juga sudah dikenal oleh masyarakat. Dikenalnya nama perusahaan tidak lain berasal dari serangkaian promosi yang pernah terjadi. Karena promosi ini menjadi bagian dari metode untuk memperkenalkan bisnis. Dan ini sudah dilakukan oleh pemilik bisnis utama.

Kemudian yang tak kalah penting, mitra akan memperoleh panduan dalam menjalankan usahanya. Dengan kata lain, Anda tinggal menjalankan bisnis sesuai panduannya sebagaimana yang dikerjakan oleh pemilik waralaba.

  1. Kekurangan Franchise

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti sistem franchise tanpa celah. Tetap ada kekurangan yang mana perlu mendapatkan perhatian dari calon mitra.

Salah satu kelemahannya ialah harus mematuhi kebijakan dari franchisor. Mitra tidak diperkenankan untuk menggunakan sistem yang berbeda. Bahkan, setiap bahan untuk produk wajib dibeli pada franchisor.

Kelemahan lainnya ialah terdapatnya sistem bagi hasil. Mitra tidak bisa mengambil keuntungan secara keseluruhan. Tetapi sebaliknya, ada besaran keuntungan yang nantinya perlu disetorkan pada pemilik bisnis yang utama.

Jenis Waralaba Makanan

Banyak sekali jenis waralaba makanan yang bisa Anda pilih. Ini berarti bahwa Anda memiliki banyak opsi untuk dioptimalkan. Yang paling penting, Anda memandang bahwa jenis franchise ini memang cocok di hati.

Di antara jenisnya adalah roti bakar, martabak, ayam geprek, Kebab dan lain sebagainya. Kesemuanya sudah disediakan oleh perusahaan. Anda hanya perlu menemukan perusahaan tersebut.

Sekarang, Anda lebih mudah untuk menemukannya. Karena Anda bisa mencarinya di internet. Atau, Anda bisa datang ke workshop untuk berjumpa dengan berbagai jenis perusahaan yang sedang mencari mitra dalam pengembangan bisnisnya.

Cara Memulai Usaha Franchise

Bisnis franchise makanan ini pilihan terbaik bagi Anda yang merasa kesulitan dalam membuat perencanaan. Bahkan, ini pilihan bijak ketika Anda yang baru pertama mengenal bisnis. Meskipun begitu, Anda perlu sebuah patokan untuk memulainya agar tidak salah arah.

Nah, bagaimana cara Anda memulainya? Inilah beberapa langkah untuk Anda praktikan supaya lebih terarah.

  1. Tentukan Jenis Franchise

Setiap orang memiliki kelebihan dalam beberapa hal. Begitupun dalam hal bisnis makanan. Tentunya, ada satu jenis makanan yang memang lebih difavoritkan.

Di sini, ikutilah kata hati Anda. Kenapa? Alasannya, Anda lebih semangat untuk menjalaninya. Bahkan bila menghadapi sejumlah kendala di tengah bisnis.

  1. Teliti Kondisi Pasar

Anda beruntung bila jenis bisnis ini memang memiliki pangsa pasar yang bagus di sekitar lokasi. Tetapi bila jenis franchise yang Anda pilih tidak memiliki konsumen, hendaknya Anda mengalihkan ke produk lainnya.

Usahakan agar produknya memang banyak dicari. Toh, Anda memiliki kesempatan untuk mempelajarinya. Misalnya cara meracik atau meramu produk dan lain sebagainya.

  1. Temukan Franchisor Terpercaya

Sudah semestinya Anda meluangkan waktu untuk menemukan siapa franchisor nya. Kumpulkan beberapa pemilik waralaba. Kemudian, cari informasinya secara terperinci.

Usahakan untuk mengenali reputasinya. Pemilik waralaba yang transparan dengan model bisnisnya tentu lebih baik. Karena Anda bisa menilai serta mengukur tentang apa yang bakal Anda dapatkan ke depannya.

  1. Siapkan Modal Untuk Membeli Paket Franchise

Setelah menemukannya, sediakan modal untuk membeli paket franchise. Perusahaan biasanya telah menyediakan  paket khusus. Anda hanya perlu menentukannya sesuai dengan kemampuan modal.

Tidak masalah jika mengawalinya dengan paket yang terkecil. Secara, Anda sudah mampu membuka usaha. Ketika bisnisnya sudah maju, Anda tinggal meningkatkannya dengan merubah paket pembelian.

  1. Buka Usaha

Langkah terakhirnya adalah membuka usaha. Di sini, Anda memang harus menetapkan di mana lokasi bisnis.

Anda bisa menyewa tempat. Setelah itu, bangun sesuai dengan konsep yang disetujui oleh perusahaan. Sisanya, Anda tinggal menjalankan usaha dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Kesimpulannya, rencanakan sebelum memutuskan untuk berbisnis. Kenali seluk beluknya, lantas ambil keputusan dengan cermat. Perlahan-lahan, rintisan usaha franchise makanan ini berpotensi maju sebagaimana yang Anda inginkan.

Previous Post
usaha rumahan
Bisnis Online

5 Peluang Usaha Rumahan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Next Post
bisnis online
Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online Agar Mudah Mengalami Kemajuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *