bisnis jarum tiram

Ide Bisnis Jamur Tiram Paling Menjanjikan Dalam Bentuk Olahan

Bisnis jamur tiram merupakan salah satu peluang bisnis di bidang pertanian yang menjanjikan. Tak ayal banyak orang tertarik untuk membudidayakan jamur tiram. Selain cara budidayanya mudah, ternyata waktu panennya juga relatif cepat dan terus-menerus.

Hal tersebut membuat persediaan jamur tiram di pasaran cukup melimpah. Dan jauh lebih banyak dibandingkan permintaan konsumen. Sehingga tidak menutup kemungkinan membuat harga jualnya anjlok. Tentunya ini akan sangat merugikan petani jamur tiram.

Nah, kurangnya kreativitas petani jamur tiram merupakan pemicu utamanya. Jadi, sudah semestinya para petani tidak melulu mengurusi cara budidaya jamur tiram saja. Tapi, juga dituntut lebih kreatif untuk mengolah jamur tiram agar bernilai jual lebih tinggi.

Lalu, apa saja produk olahan jamur tiram yang bisa berpotensi sebagai bisnis yang menjanjikan?

Jenis Produk Olahan Jamur Tiram

Olahan jamur tiram merupakan salah satu solusi untuk menaikkan harga jual jamur tiram yang Anda budidayakan. Sehingga terbentuk suatu olahan makanan berbahan jamur tiram yang bisa dimakan tanpa dimasak dulu.

Nah, berikut ini adalah 2 produk olahan jamur tiram. Produk olahan ini bisa dijadikan peluang bisnis jamur tiram yang cukup menjanjikan, yakni:

  1. Produk Olahan Jamur Tiram dalam Kemasan

Merupakan berbagai olahan jamur tiram yang telah dikemas menggunakan berbagai jenis kemasan. Adapun jenis produk olahan jamur tiram dalam kemasan seperti abon jamur, keripik jamur, seta dendeng jamur,

Biasanya, produk olahan jamur tiram ini dikemas dan harus mendapatkan izin legalisasi edar makanan. Anda bisa mendapatkannya dari Dinas Kesehatan tingkat kabupaten untuk usaha kecil atau rumah tangga.

  1. Produk Olahan Jamur Tiram Siap Saji

Produk olahan jamur tiram selanjutnya adalah olahan siap saji. Yakni berbagai masakan jamur murni atau jamur sebagai pelengkap masakan saja.

Ternyata, selain bisa digunakan sebagai pelengkap masakan, jamur tiram juga bisa dimasak menjadi aneka masakan siap saji yang bercita rasa lezat lainnya. Seperti burger jamur, bakso jamur, sate jamur dan siomay jamur.

Keunggulan Jamur Tiram untuk Bisnis Produk Olahan

Jamur tiram memang berpeluang sebagai bisnis jamur tiram yang menguntungkan. Lalu, apa keunggulan dari jamur tiram sehingga cocok dijadikan produk olahan makanan bernilai jual tinggi? Simak penjelasan berikut ini.

Keunggulan pertama, jamur tiram memiliki cita rasa unik, yakni gurih dan sedap. Bahkan, jika Anda pintar mengolahnya, maka jamur tiram bisa memiliki rasa yang mirip dengan daging ayam. Karena punya tekstur yang kenyal dan berserat. Sehingga olahan jamur bisa menjadi alternatif bagi kaum vegetarian.

Keuntungan selanjutnya, jamur tiram memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seperti mengurangi kolesterol, mengatasi jantung lemah, melancarkan pencernaan, serta kaya antioksidan sebagai anti kanker.

Nah, dalam 100 gram jamur tiram basah diketahui mengandung 3,5% hingga 4% protein, 72% lemak  tidak jenuh, 28% asam lemak jenuh, vitamin B, C, D, B1, B2, niasin dan provitamin D2. Serta, mengandung beberapa mineral dan asam amino penting.

Sedangkan kandungan protein pada jamur tiram kering adalah 10,5% hingga 30,4%. Ternyata, memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan kandungan protein pada beras (7,3%), gandum (13,2%), serta susu sapi (25,2%).

Keuntungan lainnya, jamur tiram memiliki harga yang terjangkau. Karena banyak dibudidayakan. Selain itu, jamur tiram juga banyak tersedia dipasaran. Sehingga usaha produk olahan jamur tiram ini sangat terjamin keberlangsungannya.

Tips Jalankan Bisnis dari Produk Olahan Jamur Tiram

Setiap bisnis pastinya perlu tips jitu dalam pelaksanaannya. Demikian pula dengan bisnis produk olahan  dari jamur tiram ini. Jika Anda ingin menjalankan bisnis dari produk olahan jamur tiram, maka ikuti tips berikut ini:

  1. Bekerja Sama dengan Petani Budidaya Jamur Tiram

Tips yang pertama ditujukan bagi Anda yang belum mempunyai pertanian budidaya jamur tiram secara mandiri. Atau budidaya sendiri. Jadi, di sini Anda tidak direpotkan dengan mengelola budidaya jamur tiram sendiri. Tapi, Anda cukup mengambil bahan baku, yaitu jamur tiram  dari petani.

  1. Menjadi Produsen Olahan Produk Jamur Tiram

Tips yang kedua sesuai bagi Anda yang sudah memiliki pertanian budidaya jamur tiram sendiri. Meskipun terkesan lebih repot, keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Dikarenakan Anda tidak dibebankan modal untuk membeli bahan baku lagi.

Tapi, Anda bisa mengolah jamur tiram hasil budidaya sendiri menjadi produk olahan bernilai jual mahal (value added). Dan ini juga bisa menjadi solusi saat produksi jamur Anda panen melimpah. Jadi, Anda tidak khawatir akan ada jamur tiram yang busuk dan tidak terpakai.

Itulah ulasan tentang keuntungan bisnis jamur tiram. Selain melakukan budidaya, ternyata Anda bisa meningkatkan nilai jual jamur tiram dengan mengolahnya menjadi produk makanan olahan. Jadi, tunggu apa lagi, jalankan tips bisnisnya dan segera raih keuntungannya.

Previous Post
cara bisnis kopi kekinian
Bisnis Online

Cara Bisnis Kopi Kekinian Agar Sukses Di Usia Muda

Next Post
bisnis pupuk organik
Bisnis Online

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Pupuk Organik Bagi Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *