Investasi Emas Perhiasan VS Emas Batangan, Lebih Untung Mana?

investasi emas perhiasan vs emas batangan

Membicarakan tentang investasi tentu tidak akan jauh-jauh dari emas. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang sejak jaman dahulu. Alasannya tentu saja harganya yang stabil dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Namun terkadang orang bingung ingin investasi emas perhiasan atau emas batangan.

Kedua jenis emas tersebut tentu memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. Banyak kalangan yang menilai bahwa membeli emas batangan merupakan investasi yang keuntungan karena hampir merata emas batangan adalah emas murni sehingga harganya lebih mahal.

Bagaimana dengan emas perhiasan? Sebagian orang ada yang memilih jenis emas perhiasan, terutama para wanita dimana selain sebagai bentuk investasi, juga untuk menunjang penampilan mereka.

Melihat dari kacamata orang-orang, baik investasi emas perhiasan maupun emas batangan memberikan nilai yang berbeda bagi setiap orang. Tapi jika anda sedang serius berinvestasi dan ingin mendapatkan keuntungan lebih, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa poin berikut ini sebelum memilih emas perhiasan atau emas batangan.

Berikut pertimbangan antara investasi emas perhiasan vs emas batangan yang harus anda lakukan sebelum berinvestasi.

Emas Perhiasan

emas perhiasanBagi orang awam yang tidak begitu mengerti tujuan investasi, emas perhiasan menjadi primadona untuk menyimpan sebagian sejumlah uang mereka. Terutama kaum hawa dimana selain dijadikan tabungan, emas perhiasan bisa digunakan sebagai aksesoris untuk mempercantik diri.

Apalagi bentuk emas bermacam-macam mulai dari kalung, gelang, anting, dan cincin. Tentu hal ini semakin menambah minat banyak orang untuk memilih investasi emas perhiasan.

Disamping itu, keunggulan lain dari emas perhiasan adalah lebih mudah didapatkan dibandingkan emas batangan. Anda bisa menemui sejumlah toko emas tidak hanya di perkotaan saja. Di pedesaan pun sudah banyak orang membuka toko emas sehingga membuat orang-orang tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk membeli atau membeli emas.

Meskipun bisa memberikan keuntungan jika dijual beberapa tahun mendatang, investasi dalam bentuk emas perhiasan tentu memiliki kekurangan. Apalagi jika membicarakan tentang keuntungan yang didapat dibandingkan jika anda memilih investasi emas batangan.

Apalagi saat anda membeli emas perhiasan juga akan dikenai biaya pembuatan yang cukup mahal. Biasanya biaya pembuatan emas perhiasan berkisar antara 15%-20% dari harga emas yang anda beli.

Bahkan untuk beberapa toko perhiasan besar terkadang mengenakan biaya sampai 30%. Hal ini tentu menjadi kerugian pertama saat anda membeli emas batangan. Belum lagi jika emas yang anda pilih modelnya rumit. Tentunya biaya pembuatannya lebih besar.

Yang menjadi permasalahan berikutnya ialah sejumlah biaya permbuatan yang dikenakan pada saat anda membeli perhiasan tersebut tidak akan dihitung saat anda menjualnya kembali. Meskipun anda menjualnya di toko perhiasan tempat anda membeli pertama kali.

Permasalahan lain yang sering timbul ialah sebagian orang tidak mengetahui tentang kadar emas sehingga jika tidak membeli ditempat yang tepat, rawan kena penipuan sehingga tujuan anda agar bisa untung dalam berinvestasi malah mengalami kerugian.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

Emas Batangan

emas batanganBagaimana dengan emas batangan?

Investasi emas batangan tentu saja memiliki sejumlah keuntungan dari segi penjualan kedepannya. Bisa dibilang emas batangan adalah salah satu alternatif jika anda menginginkan investasi jangka panjang. Misalnya untuk biaya pendidikan anak atau tabungan masa tua.

Mengapa demikian?

Karena emas batangan memiliki kadar kemurnian 99,99% yang mana tentu akan membuat harga jualnya tinggi dan stabil. Dalam pembelian emas batangan, biasanya juga disertai dengan sertifikat yang didalamnya terdapat berat, ukuran, tingkat kadar dan nomor idnya.

Selain itu, anda juga tidak akan dikenakan biaya pertambahan nilai sebesar 10%. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan untuk anda karena dengan memilih emas batangan, maka investasi yang anda lakukan lebih terjamin.

Namun yang menjadi permasalahan adalah membeli emas batangan tidak semudah membeli emas perhiasan. Karena hanya toko perhiasan tertentu saja yang tersedia emas batangan. Sementara PT Antam selaku pihak yang memproduksi dan memiliki layanan penjualan emas batangan hanya terdapat di beberapa kota besar saja.

Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan kehadiran pegadaian dan sejumlah bank yang juga memberikan layanan jual beli dan gadai emas. Sehingga masyarakat yang dulu kurang berminat, perlahan-lahan mulai berinvestasi emas batangan.

Kendala lain yang sering dihadapi masyarakat ialah harga emas batangan yang relatif tinggi. Bahkan harganya bisa dua kali lipat dibandingkan ukuran emas perhiasan yang berkadar rendah. Hal ini wajar mengingat kemurnian emas batangan yang mencapai nyaris 100%.

Harga emas batangan yang mahal sekarang bisa diatasi karena perusahan seperti pegadaian menfasilitasi masyarakat yang ingin membeli emas dengan cara di cicil. Bahkan pegadaian juga memberikan kemudahan dengan menyediakan produk tabungan emas yang mana anda sudah bisa menabung minimal Rp 7.000.

Baca juga : 6 Cara Sukses Investasi Emas Batangan Untuk Pemula

Nah, pembahasan tentang emas perhiasan dan emas batangan sudah saya jabarkan diatas dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Emas Perhiasan

Kelebihan

  • Bisa dipakai sebagai aksesoris
  • Memiliki model dan desain menarik
  • Memiliki keindahan
  • Tersedia tidak hanya di perkotaan

Kekurangan

  • Kadar emas tidak pasti
  • Dikenakan biaya pembuatan 15-30%
  • Harga jual kembali lebih rendah dibanding emas batangan
  • Rawan terkena penipuan

Emas Batangan

Kelebihan

  • Cocok untuk investasi jangka panjang
  • Kemurnian emas 99,99%
  • Harga jual kembali lebih tinggi dibanding emas perhiasan
  • Tidak terkena biaya pembuatan

Kekurangan

  • Tidak bisa dipakai seperti emas perhiasan
  • Hanya tersedia di tempat-tempat tertentu

Baca juga : Inilah 3+ Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya, tentu anda sudah bisa memilih membeli emas batangan atau emas perhiasan. Tinggal sesuaikan saja dengan tujuan anda. Misalnya anda tujuan investasi anda untuk jangka 10-15 tahun mendatang, maka akan lebih cocok jika anda membeli emas batangan.

Tidak masalah juga membeli emas perhiasan. Karena bisa untuk mempercantik diri. Emas perhiasan juga bisa langsung dijual atau digadaikan jika sewaktu-waktu anda membutuhkan uang. Yang terpenting, hati-hatilah dalam membeli emas perhiasan karena beberapa toko tertentu terkadang menjual emas yang kualitasnya kurang bagus.

Selain itu, perhatikan harga emas saat anda akan membeli. Jika harganya masih tidak stabil dalam satu dua minggu ke belakang, lebih baik tunda dulu sampai harganya stabil. Sehingga bisa mendapat harga murah.

Investasi emas perhiasan atau emas batangan sama saja. Tergantung tujuan anda membeli emas Sehingga sejumlah uang yang anda investasikan bisa memberikan keuntungan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *