Kata-kata Motivasi Hidup Terbaik Agar Hidup Lebih Semangat

ilustrasi kata-kata motivasi hidup agar lebih semangatKata-kata motivasi hidup – Siapapun Anda, pasti Anda pernah merasa bahwa hidup yang Anda jalani sedang sulit. Bisa jadi Anda sedang dalam titik terendah dalam hidup. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Apakah Anda harus menyerah atau mencoba untuk bangkit?

Hampir semua dari kita tahu kalau hidup ini seperti roda yang terus berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Dan kita juga semua tahu kalau kita sedang berada di bawah, maka yang harus kita lakukan adalah berusaha untuk bisa merangkak ke atas lagi.

Artinya, kita harus mencoba melawan kesulitan hidup yang kita alami. Tapi masalahnya, kebanyakan dari kita kurang memiliki motivasi untuk melakukannya. Ya, motivasi memang amat sangat penting bagi kita. Tanpa kita sadari, hal-hal yang berat bisa menjadi lebih mudah dengan adanya motivasi.

Kalau mau tahu buktinya, cobalah ingat kapan Anda mendapatkan dukungan atau pujian dari seseorang tentang apa yang sedang Anda lakukan. Dukungan dan pujian itu adalah bentuk motivasi. Dan Anda semua pasti setuju kalau kata-kata motivasi hidup bisa membuat Anda lebih semangat, bukan?

Buat Anda yang memang sedang mengalami masa-masa sulit dalam hidup. Di bawah ini ada beberapa kata-kata bijak untuk memotivasi diri sendiri.

Semoga kata-kata motivasi hidup terbaik agar hidup lebih semangat di bawah ini akan membantu Anda untuk menghadapi kesulitan dan Anda bisa bangkit lagi

1. Merasakan Sesuatu dengan Hati

ilustrasi rasakan dengan hati

“Hal-hal yang terindah di dunia ini sebenarnya bukanlah yang bisa dilihat atau pun disentuh. Tapi hal-hal terindah itu pasti bisa dirasakan dengan hati”

Kebanyakan dari kita itu memiliki kecenderungan empiris jika berbicara tentang hal-hal yang indah. Apa itu kecenderungan empiris? Kecenderungan empiris adalah mengakui kalau sesuatu itu ada ketika hal tersebut bisa dirasakan oleh panca indera kita.

Padahal, di luar itu semua, ada hal-hal yang tidak bersifat empiris tapi tetap indah. Malah, hal-hal yang tidak empiris ini boleh dikatakan lebih indah dibandingkan hal-hal yang bisa dilihat dan disentuh.

Sebagai contoh, cinta. Bisakah kita melihat cinta? Bisakah kita menyentuh cinta? Tentu saja tidak. Tapi kita bisa merasakannya dengan hati. Dan kita semua tahu bagaimana cinta itu memberikan rasa yang susah dijelaskan dengan kata-kata. Dengan kata lain, cinta itu indah, bukan?

Lalu masih ada lagi hal indah yang tidak bisa dilihat dan disentuh tapi bisa dirasakan dengan hati. Apa itu? Jawabannya adalah Tuhan. Ya, Tuhan itu Maha Indah. Kita tidak bisa melihat-Nya tapi kita selalu bisa merasakannya. Cobalah untuk selalu mengingat Tuhan sebagai salah satu usaha kita untuk mendapatkan motivasi.

Kita jangan sampai terlalu terpaku pada masalah kesulitan hidup yang kita hadapi sampai-sampai kita melupakan hal-hal tidak terlihat yang sebenarnya bisa membuat hidup kita jauh lebih mudah.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Dalam Hidup

2. Cintai Diri Sendiri Apa Adanya

ilustrasi cintailah diri sendiri

“Cintai dirimu dan semua hal akan jadi lebih mudah serta indah”

Banyak dari kita yang terlalu terpaku pada sesuatu dan menganggap hal tersebut lebih bagus daripada diri kita sendiri. Atau kita merasa minder karena kita memiliki kekurangan dan kondisi tersebut membuat kita semakin terpuruk dengan kondisi kesulitan yang kita hadapi.

Padahal ketika kita sudah berhasil mencintai diri kita apa adanya, semua hal akan lebih mudah. Kita akan lebih percaya diri dengan diri kita dan selalu berusaha menjadi diri sendiri, bukan orang lain. Dan rasa percaya diri itu akan membuat kita jadi lebih bisa mengeluarkan potensi diri kita. Dengan demikian, kita bisa jadi lebih semangat dan kita akan bisa lebih mudah menghadapi kesulitan hidup yang kita alami.

3. Jangan Pernah Menyia-nyiakan Waktu

ilustrasi jangan menyia nyiakan waktu

“Jangan sia-siakan waktumu atau waktu akan menyia-nyiakanmu”

Ya, banyak dari kita yang masih kurang memahami pentingnya waktu. Padahal waktu itu memainkan peran yang sangat vital untuk hidup kita. Dan kita juga harus tahu bahwa waktu itu tidak bisa kita putar balik lagi bahkan itu satu detik yang sudah berlalu. Maka benar adanya kata-kata bijak di atas.

Kalau kita menyia-nyiakan waktu, maka tunggulah waktu yang akan menyia-nyiakan kita nantinya. Dan kita akan menderita karenanya sebab kita tahu kita tidak bisa mengulangnya lagi. Yang ada hanya tinggal penyesalan saja.

Kata-kata motivasi hidup ini mengajarkan kita untuk selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kalau kita menghabiskan waktu kita dengan rasa minder, pesimis, dan tidak percaya diri, maka tunggulah bagaimana waktu akan menyia-nyiakan kita nantinya karena sikap kita itu.

Lain halnya kalau kita mengisi waktu kita dengan rasa percaya diri, optimis, dan bersemangat. Waktu juga akan membalas sikap kita tersebut. Tentunya dengan hal yang baik-baik pula.

Baca juga : 12 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Malas dalam Bekerja

4. Percayalah Akan Datangnya Keajaiban

ilustrasi keajaiban pasti ada

“Kalau kamu tidak mempercayai keajaiban, maka kamu tidak akan pernah mengalaminya”

Percayalah bahwa keajaiban itu selalu ada. Kalau kamu tidak mempercayainya, maka keajaiban tidak akan mendatangimu. Yang dimaksud dengan keajaiban di sini adalah bantuan dari Tuhan. Ketika kita mengalami kesulitan, kita memang wajib untuk berusaha mengatasi masalah dan kesulitan tersebut.

Tapi tanpa meminta bantuan dari Tuhan, sepertinya akan susah bagi kita untuk keluar dari masalah karena Tuhan pulalah yang punya kehendak. Untuk mempermudah segala sesuatunya, bagi kita orang yang beragama, kita pasti diajarkan untuk berdoa. Itu sebenarnya esensi utama dari meminta bantuan dari Tuhan dan bisa juga dimaknai sebagai meminta keajaiban untuk datang.

Bagaimana mungkin Tuhan dan keajaiban/bantuan-Nya akan datang kepada kita kalau kita tidak percaya dan tidak meminta bantuan-nya?

5. Percayalah Bahwa Anda yang Terhebat

ilustrasi kamulah yang terhebat

“Tidak ada orang yang seperti dirimu, dan itu adalah kekuatan terhebatmu”

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang pepatah yang mengatakan “rumput tetangga pasti terlihat lebih hijau dibanding rumput sendiri”. Pepatah tersebut mengacu pada sikap kebanyakan dari kita yang selalu memandang orang lain lebih baik dari kita.

Hal ini sangat berbahaya karena akan membuat kita merasa pesimis dan tidak yakin dengan diri kita sendiri. Selain itu, kita juga cenderung menjadi iri dan dengki pada orang lain itu. Bagaimana bisa kita keluar dari kesulitan hidup kalau kita punya sikap seperti itu?

Untuk itulah, kita harus mencoba untuk mencintai diri sendiri lebih besar lagi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Yakinlah kalau kita itu unik dan tidak ada yang menyamai kita secara persis. Dan oleh karenanya, itulah yang menjadi kekuatan terbesar kita. Hal ini tentu akan lebih meningkatkan kepercayaan diri Anda sehingga Anda tidak takut menghadapi apapun.

6. Berusahalah Mewujudkan Impian

ilustrasi mengejar impian

“Petualangan terbesar dalam hidupmu adalah untuk mencoba mewujudkan impianmu”

Yang namanya berusaha untuk mewujudkan impian itu pasti tidak akan pernah mudah. Seperti yang disebutkan di kata-kata motivasi hidup diatas, ketika kita berusaha untuk mewujudkan impian, sebenarnya kita sedang menghadapi petualangan terbesar.

Nah, apakah kita sudah benar-benar siap dengan petualangan tersebut? Tentu saja kita harus selalu siap karena kalau tidak, kita tidak bisa mencapai impian kita tersebut. Waktu yang tepat untuk memulai adalah “sekarang”.

Banyak orang yang merasa ragu untuk memulai sesuatu, entah apapun itu. Kita terlalu sering bimbang kapan harus memulai dan akhirnya kita kehilangan momentumnya. Kalau itu sudah terjadi, biasanya kita hanya bisa merasa menyesal saja.

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada kita. Waktu yang paling baik untuk memulai adalah sekarang. Jangan ragu lagi, lakukan segera.

Itulah dia beberapa kata-kata motivasi hidup terbaik agar hidup lebih semangat. Semoga dengan membaca kata-kata tersebut, semangat Anda bisa semakin terpacu dan kita bisa menghadapi kesulitan hidup dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *