usaha sarapan pagi

Langkah-Langkah Memulai Usaha Sarapan Pagi

Bisa dikatakan usaha sarapan pagi itu paling menyenangkan. Bayangkan saja. Hanya buka di pagi hari, sekitar 2-3 jam saja, keuntungannya sangat banyak.

Sekarang ini, banyak sekali orang yang tidak sempat untuk membuat makanan sendiri. terutama sarapan. Bagi ibu rumah tangga pun tidak punya cukup waktu untuk memasak menu sarapan pagi. Apalagi sudah punya anak sekolah atau bayi yang masih kecil.

Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi orang yang berjiwa bisnis. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah urban atau suburban di mana banyak orang yang menjadi pekerja. Kebanyakan mereka akan mengandalkan warung yang menjajakan sarapan pagi.

Namun, Anda tidak boleh gegebah. Anda perlu tahu apa saja yang perlu dilakukan jika ingin membuka usaha kecil-kecilan yang satu ini. Saingan Anda semakin banyak. Jangan sampai Anda hanya menyukai apa yang seharusnya terjadi. Tapi faktanya tidak demikian.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Usaha

Setiap usaha pasti ada risikonya. Tak terkecuali usaha sarapan pagi. Ada risiko menu makanan Anda tidak disukai. Atau Anda sudah menjajakan menu sarapan yang enak tapi tidak konsumen yang datang.

Akan tetapi, hal tersebut tidak seharusnya membuat Anda patah arang. Yang Anda perlu pikirkan adalah bagaimana meminimalisir risiko tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha sarapan pagi.

1. Riset Pasar

Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Cari tahu menu apa yang paling banyak orang sukai di sekitar Anda. Anda bisa coba masuk ke beberapa warung yang menjajakan menu sarapan pagi. Lihat mana warung yang paling ramai pengunjungnya. Lalu, menu apa yang paling disukai oleh konsumen.

Dalam melakukan riset, mungkin Anda harus mendatangi beberapa warung yang ramai. Coba saja untuk makan di sana. Sembari Anda cari menu sarapan, Anda juga bisa memantau keadaan. Anda akan tahu kira-kira menu sarapan pagi apa yang tepat untuk Anda jual nanti.

2. Survey Lokasi

Setelah tahu menu apa yang sebaiknya Anda jual, selanjutnya adalah survey lokasi. Ini sangat penting mengingat Anda pengusaha baru. Anda harus pastikan lokasi yang akan Anda gunakan mudah ditemukan orang.

Berbeda jika usaha sarapan pagi Anda sudah terkenal. Anda tidak perlu mencari lokasi yang mudah orang lihat. Karena sudah terkenal, orang akan datang sendiri, di mana pun lokasi Anda jualan.

Sebenarnya, bisa saja Anda tidak mempertimbangkan faktor lokasi. Anda bisa pasarkan secara online. Itu memang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, untuk branding awal, sebaiknya jangan hanya mengandalkan online. Anda harus fokus di offline dulu. Baru kemudian Anda kembangkan dengan cara marketing online.

3. Resource

Membuka usaha sarapan pagi itu berat. Anda harus menyiapkan semuanya setidaknya jam 6 pagi. Itu artinya Anda harus memasak sekitar jam 2 atau 3 pagi. Tergantung menu apa yang Anda sajikan dan berapa banyak variasi menu yang Anda jajakan.

Maka dari itu, Anda juga perlu pertimbangkan resource atau sumber daya. Apakah Anda sudah punya orang yang bisa Anda ajak untuk memulai usaha? Apakah sudah ada juru masak? Apakah sudah ada yang bagian belanja bahan makanan?

Tentu tidak semuanya bisa Anda handle. Anda butuh bantuan orang lain. Oleh sebab itu, jika Anda sudah yakin menu sarapan pagi apa yang akan Anda jual, tentukan juga berapa orang yang perlu membantu Anda.

Jadi, sudah siap untuk menjalankan bisnis sarapan pagi? Sudah ada bayangan menu makanan apa yang cocok untuk dijual di pagi hari?

Menu Makanan Sarapan Paling Banyak Diminati

Sebenarnya, tidak sulit untuk mendapatkan menu sarapan pagi apa yang tepat untuk dijajakan. Akan tetapi, perhatikan juga kompetitor Anda. Bukan hal yang salah jika Anda berjualan menu yang sama yang banyak orang sudah jajakan. Akan tetapi, Anda harus siap-siap karena kompetisi yang begitu ketat.

Maka dari itu, selain menentukan menu sarapan yang tepat dan melihat kompetitor, ada satu hal lagi yang perlu Anda pertimnbangkan, yaitu keunikan atau kekhususan. Meskipun menunya sama, coba pikirkan apa yang menjadikan usaha sarapan pagi Anda beda dengan kompetitor. Entah itu harganya, cara pembuatannya, rasanya, porsinya, atau faktor lainnya.

Adapun menu sarapan pagi yang banyak orang minati adalah sebagai berikut:

Nasi Kuning

Sangat mudah sekali mencari warung yang menjual menu sarapan pagi berupa nasi kuning. Anda bisa meniru. Apalagi tidak sulit untuk membuat masakan yang satu ini.

Akan tetapi, lagi-lagi, Anda harus beda jika banyak kompetitor. Biasanya, nasi kuning dilengkapi dengan lauk seperti gorengan. Dalam hal ini, Anda bisa berinovasi dengan menyiapkan berbagai jenis lauk, tidak hanya gorengan saja. Bisa jadi karena variatif ini membuat Anda lebih dipilih daripada yang lain.

Nasi Uduk

Selain nasi kuning, nasi uduk juga termasuk menu sarapan yang banyak diburu. Biasanya, nasi uduk dilengkapi dengan lauk seperti telur dadar. Anda bisa berinovasi dengan cara menambahkan perkedel atau lauk pauk lengkap lainnya.

Akan tetapi, Anda harus tahu butuh waktu yang lebih lama untuk membuat nasi uduk. Dan orang bisa membedakan antara nasi udak buatan warung satu dengan yang lain. Karena nasi uduk itu gurih, maka orang akan lebih suka pada salah satu warung. Usahakan nasi uduk yang Anda buat istimewa. Walaupun Anda menetapkan harga yang sedikit lebih mahal, orang tetap akan memilih nasi uduk buatan Anda.

Nasi Bakar

Ini termasuk menu sarapan pagi yang tidak banyak kompetitornya. Itu artinya peluangnya begitu besar jika Anda menjual menu sarapan pagi yang satu ini. Apakah ini layak dicoba?

Tunggu dulu. Ingat langkah pertama. Anda harus survey pasar. Apakah ada calon konsumen potensial? Apakah masyarakat suka dengan nasi bakar? Ini yang harus Anda jawab dulu.

Akan tetapi, kemungkinan besar orang suka. Karena nasi bakar ini cenderung beda, gurih, dan jauh lebih sehat. Dan satu lagi. Nasi bakar sudah dibungkus. Bagi mereka para pekerja akan sangat senang sekali. Karena mereka bisa membeli dan membawa nasi bakar ini ke kantor. Mereka tidak perlu berada di warung. Mereka bisa bawa nasi bakar dan memakannya di kantor. Mereka tidak perlu takut terlambat.

Begitu juga dengan ibu-ibu yang tidak sempat masak sarapan di rumah. Ketika mereka ingin menyajikan menu sarapan untuk suami atau anak-anaknya, mereka bisa beli beberapa bungkus nasi bakar dan membawa pulang ke rumah.

Tentu tidak tiga itu saja menu sarapan yang bisa Anda pilih. Masih banyak pilihan lainnya. Yang pasti, Anda harus ikut langkah-langkah memulai usaha sarapan pagi tersebut di atas. Ini menjadi sangat penting agar Anda tidak gegabah dalam memulai usaha. Jangan hanya ikut trend. Semuanya harus dipikirkan secara matang.

Previous Post
usaha bubur ayam
Bisnis Online

Cara Memulai Usaha Bubur Ayam

Next Post
usaha yang menghasilkan uang
Bisnis Online

6 Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *