Cara Sukses Memulai Usaha Salon Kecantikan Bermodal Kecil

ilustrasi salon kecantikanSaat ini ada macam-macam peluang usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil. Dari kesemua usaha tersebut, ada yang bisa dikerjakan tanpa harus memiliki keahlian khusus seperti buka toko sembako atau jualan baju. Tapi ada juga usaha yang mengharuskan memiliki sebuah keahlian seperti jasa menjahit atau membuka usaha salon kecantikan.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang bisnis salon kecantikan. Bisa dibilang usaha salon kecantikan saat ini sedang menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dan banyak diminati.

Hanya saja tidak semua orang bisa menjalankannya. Jadi artikel ini sangat cocok bagi Anda yang pernah kursus salon kecantikan atau lulusan SMK tata rias dan kecantikan. Atau mungkin Anda sekarang sedang bekerja di sebuah salon kecantikan dan berniat merintis usaha sendiri.

Mengapa peluang usaha salon kecantikan sangat menjanjikan? Anda sebagai wanita pasti menyadari bahwa penampilan adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini berlaku bukan hanya pada wanita usia muda. Mereka yang sudah menikah pun tetap berusaha menjaga penampilan agar tetap cantik dan terlihat menarik. Karena cara ini menjadi salah satu tips rumah tangga bahagia agar suami tidak berpaling pada wanita lain.

Hal inilah yang membuat para wanita berbondong-bondong mendatangi salon kecantikan dengan berbagai keperluan. Mulai dari potong dan meluruskan rambut, creambath, facial, spa, luluran dan lain-lain.

Namun, untuk membangun bisnis salon kecantikan agar ramai pengunjung bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus bisa memberikan pelayanan yang baik serta hasil yang memuaskan untuk pengunjung.

Sehingga jika keahlian Anda kurang, tentu akan sulit mendapatkan kepercayaan pengunjung. Apalagi yang membuat usaha salon kecantikan bisa ramai adalah adanya para pelanggan tetap.

Oleh sebab itu, agar Anda sukses dalam menjalankan usaha salon kecantikan. Kali ini kami akan membahas bagaimana memulai usaha salon sederhana dan cara pemasaran yang efektif. Disamping itu juga berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis kecantikan tersebut.

Sangat penting untuk mempersiapkan semua hal sebelum memulai usaha agar bisa berjalan dengan baik. Akan tetapi, hal pertama yang perlu Anda miliki tetaplah skill atau keahlian dibidang ini.

Berikut langkah-langkah memulai usaha salon kecantikan yang menguntungkan yang bisa Anda coba.

1. Perdalam Keahlian Anda Lebih Dulu

mengasah kemampuanMenjalankan bisnis seperti salon kecantikan tidak bisa dilakukan asal-asalan. Salah satu yang paling mendasar tentu saja tentang keahlian Anda dibidang ini. Jika kemampuan Anda masih minim, lebih baik tahan dulu untuk membuka usaha salon rumahan. Karena hasilnya tentu tidak akan bagus. Sama halnya seperti membuka jasa menjahit tapi tidak bisa menjahit. Kira-kira bakal jadi seperti apa hasilnya.

Memang Anda bisa menggaji seseorang yang sudah punya keahlian dan berpengalaman dibidang ini. Namun, tetap saja Anda sebagai pemilik usaha harus memiliki keterampilan tersendiri. Karena bagaimanapun, sebuah usaha akan lebih sukses jika Anda bisa terjun secara langsung.

Oleh sebab itu, jika Anda merasa kemampuan dalam bisnis kecantikan ini kurang. Lebih baik perdalam keahlian Anda terkait usaha ini. Karena pelanggan tentu ingin ditangani oleh mereka yang sudah profesional.

Untuk memperdalam keahlian Anda dalam menangani pelanggan, Anda bisa mengikuti kursus kecantikan yang ada didaerah masing-masing. Biasanya setiap tempat kursus salon kecantikan menawarkan paket berbeda-beda. Misalnya seperti tempat kursus Hai Edu dimana mereka menawarkan paket kursus dengan rata-rata biaya sebesar Rp 2,5 juta.

Disana Anda akan diajari mulai dari pengetahuan tentang rambut, tehnik potong rambut pria dan wanita, creambath, facial, smoothing, manicure, pedicure hingga diajari bagaimana cara membuka salon atau spa. Nah, setelah Anda memiliki bekal ilmu yang cukup. Maka Anda bisa segera membuka salon kecantikan dan tata rias.

Baca juga : Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mudah Mengatasinya

2. Buat Rencana Secara Matang

Setelah Anda memiliki keahlian yang cukup. Jangan langsung buru-buru buka salon. Lebih baik rencanakan dengan matang tentang usaha baru Anda ini. Jangan sampai sikap buru-buru Anda memberikan dampak yang tidak bagus untuk kelangsungan bisnis Anda.

Buatlah rencana secara garis besar tentang salon kecantikan mulai dari konsep salon yang Anda inginkan, target konsumen, lokasi usaha, perlengkapan yang dibutuhkan, bagaimana cara promosi dan masih banyak yang lainnya.

Rencana ini nantinya juga akan berhubungan dengan modal usaha yang Anda miliki. Jangan sampai ada kesalahan yang membuat pengeluaran semakin boros. Misalnya saja dalam membeli peralatan salon.

Karena Anda ingin cepat membuka salon, akhirnya Anda segera membeli peralatan di toko dengan harga yang lumayan mahal. Padahal jika Anda mau bersabar dan melakukan survei terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Ujung-ujungnya, Anda kekurangan modal sebelum bisa membuka salon karena habis untuk menyewa tempat dan membeli perlengkapan. Padahal Anda masih membutuhkan modal untuk keperluan lain guna mendukung berdirinya salon kecantikan milik Anda.

Hal inilah yang harus Anda pahami dari awal bahwa sebuah rencana yang matang akan membuat usaha Anda bisa berjalan dengan baik. Disini Anda juga bisa merencanakan untuk membuka salon model apa. Apakah salon kecantikan dengan pelayanan lengkap atau sebaliknya.

Jika memang modal Anda cukup, tentu tidak menjadi masalah. Namun jika terbatas, maka Anda bisa melayani sebagian saja seperti potong rambut, creambath, rebonding dan lain-lain. Baru setelah usaha Anda memiliki pelanggan yang banyak, Anda bisa menambah pelayanan yang lain.

Baca juga : 11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha Untuk Bisnis Anda

3. Menentukan Target Market

target market salonTarget market adalah calon kustomer ideal Anda. Menentukan target market dari awal adalah hal terpenting sebelum Anda memulai usaha salon kecantikan.

Dengan mengetahui target market atau calon konsumen Anda. Maka Anda bisa mengkalkulasi dimana tempat yang cocok untuk membuka usaha ini. Lalu apa saja jasa dan produk yang akan Anda tawarkan dan bagaimana cara mempromosikan usaha salon kecantikan Anda nantinya.

Yang pasti jika Anda membuka usaha salon kecantikan, maka target market yang cukup potensial adalah wanita dewasa berumur 23 sampai 40 tahun. Karena wanita umur segitulah yang memiliki uang dan ingin selalu merawat tubuh dan mempercantik diri. Kebanyakan dari mereka biasanya tinggal di kawasan perumahan padat penduduk dengan penghasilan diatas rata-rata.

Jangan sampai Anda malah mentarget anak sekolah SMP atau SMA karena kebanyakan dari mereka belum bekerja dan belum memiliki penghasilan sendiri. Disamping itu, banyak diantara mereka yang datang ke salon hanya untuk potong rambut atau paling banter rebonding atau smoothing.

4. Tempat Buka Usaha Salon yang Strategis

Setelah Anda mengetahui siapa target market Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tempat yang strategis untuk membuka usaha. Cara memilih tempat juga sangat penting, hal ini berhubungan dengan tingkat penjualan dan juga modal yang akan Anda keluarkan.

Berikut beberapa lokasi yang cukup strategis untuk membuka usaha salon kecantikan.

a. Daerah Padat Penduduk

Jika Anda berada di daerah perkotaan, maka Anda bisa mencari tempat di daerah pemukiman padat penduduk. Cara mengetahui apakah suatu daerah padat penduduk atau tidak cukup mudah. Anda bisa menggunakan GPS di ponsel Anda dan melihat dengan gambar satelit. Apakah di wilayah tersebut memiliki jumlah rumah yang banyak atau sebaliknya.

Jika tidak banyak, jangan memaksakan diri untuk membuka salon di daerah tersebut. Karena salon Anda kemungkinan akan sepi peminat.

Setelah itu, perhatikan juga apakah jalan raya di depan tempat yang ingin Anda sewa ramai. Sangat bagus jika kawasan tersebut memang kawasan perbelanjaan karena biasanya kawasan perbelanjaan memiliki tingkat konversi penjualan yang lebih baik

b. Pilih Tempat yang Siap Pakai

Pilihlah tempat yang sudah siap ditempati. Akan lebih baik jika tempat itu adalah ruko, karena ruko lebih mudah untuk di model sebagai salon kecantikan. Hindari menyewa tempat yang mengharuskan Anda merenovasi terlalu banyak. Selain harus mengeluarkan biaya tambahan. Hal itu juga memperlama pembukaan usaha salon Anda.

c. Jangan hanya punya satu pilihan

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah jangan hanya terpaku pada satu tempat saja. Usahakan Anda mencari 10-15 pilihan tempat sebagai perbandingan. Lebih baik mencari yang terbaik diantara 15 daripada hanya memilih 1 kemudian tidak sesuai dengan keinginan.

d. Harga Sewa yang Masuk Akal

Jika Anda ingin mendirikan salon kecantikan di tengah perkotaan. Maka satu hal yang pasti adalah mahalnya biaya sewa tempat. Pastikan Anda mengecek harga sewa tempat disekitar tempat incaran Anda. Agar Anda bisa menawar dan mendapatkan penawaran harga terbaik.

Baca juga : 19 Rahasia Sukses Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

5. Mempersiapkan Perabotan dan Perlengkapan

perlengkapan salonPerabotan dan perlengkapan adalah hal utama dalam bisnis ini. Semakin lengkap alat yang Anda miliki, akan semakin bagus untuk perkembangan usaha salon kecantikan Anda.

Ada dua pilihan cara membeli peralatan diantaranya :

Membeli Satuan

Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli keseluruhan peralatan. Atau Anda sudah memiliki beberapa peralatan salon. Anda tinggal membeli peralatan salon kecantikan lainnya secara satuan. Namun kemungkinan Anda akan mendapatkan harga yang lebih mahal daripada membeli dengan cara paket.

Membeli Paket Salon

Banyak penjual peralatan salon lengkap untuk bisnis salon secara paketan. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda membeli secara satuan kemungkinan Anda akan mendapatkan peralatan tersebut dengan harga yang normal. Namun jika Anda membeli secara paket keseluruhan. Anda akan mendapatkan potongan harga saat pembelian.

Kekurangan dari paket salon adalah Anda diharuskan membayar keseluruhan peralatan sekaligus. Jika modal Anda memang cukup banyak, maka dianjurkan untuk membeli peralatan secara paket.

Jika tidak memungkinkan, lebih baik Anda jangan buru-buru membeli perlengkapan lengkap. Karena masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Secara garis besar, beberapa peralatan usaha salon kecantikan yang paling utama adalah sebagai berikut.

a. Kursi

Tentu saja kursi menjadi perabotan wajib yang harus Anda miliki. Terutama kursi khusus yang biasa digunakan untuk salon. belilah kursi yang bisa memberikan rasa nyaman pada pelanggan.

b. Cermin

Cermin menjadi perlengkapan berikutnya yang wajib ada. Kegunaan cermin disini bukan hanya sebagai hiasan saja. Namun memang berfungsi untuk memaksimalkan pekerjaan Anda. Bahkan jika perlu lengkapi cermin didepan, samping dan belakang dinding salon Anda. Agar pelanggan lebih mudah melihat hasil pelayanan dari Anda.

c. Peralatan Salon

Ada banyak sekali peralatan yang harus dimiliki oleh sebuah salon kecantikan. Mulai dari alat-alat untuk potong rambut, rebonding, smoothing, facial dan lain sebagainya. Untuk membeli barang-barang tersebut, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Sehingga lebih baik Anda membelinya secara paket. Agar harganya lebih murah.

e. Foto atau Poster Model Rambut

Setiap salon biasanya memiliki foto atau poster model rambut yang di pajang di dinding salon. hal ini untuk memudahkan para pelanggan yang ingin potong rambut sesuai pilihan mereka. Oleh sebab itu, ketika Anda memasang foto, Anda harus yakin bahwa Anda bisa memotong rambut sesuai permintaan konsumen.

f. Kursi Tunggu

Jangan lupa juga menyediakan kursi tunggu untuk para pelanggan yang masih mengantri. Memang di awal membuka usaha ini tentu Anda belum bisa mendapatkan banyak pelanggan. Namun, jika terbukti memang pelayanan Anda bagus, lama-kelamaan Anda akan mendapat pelanggan tetap. hal inilah yang membuat kursi tunggu juga dibutuhkan.

Selain perabotan dan peralatan diatas, mungkin Anda bisa melengkapinya dengan membeli kipas angin atau AC agar pengunjung tidak kepanasan. Menyediakan TV juga sangat diperlukan agar pengunjung tidak bosan saat sedang mengantri.

Baca juga : 7 Peluang Kerja dari Rumah yang Menjanjikan dan Berpenghasilan Tinggi

7. Mencari Karyawan

Di awal memulai usaha salon kecantikan, mungkin Anda bisa mengawalinya seorang diri. Karena pelanggan yang datang ke salon Anda belum banyak. Kalau yang mengantri 1 sampai 2 orang tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana jika yang mengantri lebih dari itu. Tentu mereka akan gelisah karena kelamaan menunggu. Ujung-ujungnya mereka tidak akan puas dengan pelayanan salon Anda yang terlalu lambat.

Apalagi tujuan orang pergi ke salon kecantikan berbeda-beda. Ada yang hanya ingin potong rambut, ada juga yang pengen creambath atau sekedar facial wajah. Jika Anda melakukannya seorang diri, tentu Anda akan kewalahan.

Oleh sebab itu, dari awal usaha Anda berdiri. Sebaiknya Anda sudah mengantisipasinya dengan mencari karyawan. Apalagi karyawan untuk kerja di salon kecantikan tidak bisa sembarangan. Setidaknya mereka harus memiliki keahlian dibidang ini. paling tidak mereka sudah memiliki dasar terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak terlalu lama mengajarinya.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

8. Persiapan Modal dan Rincian Biaya Usaha Salon kecantikan

Hampir setiap usaha tentu membutuhkan modal untuk memulainya. Apalagi seperti usaha salon kecantikan dimana Anda butuh modal yang tidak sedikit. Karena ada banyak peralatan dan perabotan yang mesti Anda lengkapi. Selain itu, Anda juga perlu menyewa ruko jika menginginkan buka usaha salon di tempat yang ramai.

Berikut rincian biaya usaha salon kecantikan

Modal awal

Sewa tempat = Rp. 10.000.000
Renovasi tempat = Rp. 3.000.000
Paket peralatan salon = Rp. 10.000.000
Promosi = Rp 2.000.000

Total biaya = Rp. 25.000.000

Biaya operasional bulanan

Bahan / produk kosmetik (vitamin rambut, cat rambut, shampo, maser, facial, creambath) = Rp. 2.000.000
Kosmetik wajah dan perawatan tubuh = Rp 1.500.000
Biaya listrik dan air = Rp 1.000.000
Gaji 2 karyawan = Rp 3.000.000
Biaya lain-lain = 500.000

Total biaya operasional bulanan Rp 8.000.000

Jadi modal keseluruhan untuk membuka salon kecantikan minimal Rp 25.000.000 + Rp 8.000.000 = Rp 33.000.000

Lalu berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam satu bulan?

Dalam menjalankan usaha salon kecantikan, tentu setiap tempat memiliki harga yang berbeda-beda. Disamping itu, untuk setiap perawatan seperti potong rambut, mewarnai rambut, creambath, facial atau yang lainnya tentu memiliki tarif yang berbeda-beda.

Misalnya seperti potong rambut tentu lebih murah dibandingkan smoothing. Oleh sebab itu, kita asumsikan saja dalam sehari Anda kedatangan 10 orang dengan rata-rata biaya Rp 50.000. maka dalam sebulan hitungannya sebagai berikut :

10 x Rp 50.000 x 30 hari = Rp. 15.000.000

Keuntungan bersih yang didapat (pendapatan – biaya operasional bulanan)
Rp 15.000.000 – Rp 8.000.000 = Rp 7.000.000

Dalam setahun Anda bisa mendapatkan omset sebesar Rp 7.000.000 x 12 bulan = Rp 84.000.000.

Rincian diatas adalah rincian untuk wilayah diluar kota besar. Biaya sewa tempat tergantung lokasi dan juga kota, bisa lebih murah atau lebih mahal. Jika rumah Anda sudah cukup strategis, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.

Baca juga : 15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

9. Promosi dan Pemasaran

promotionTahap ini adalah tahap yang paling sering dilupakan pemilik sebuah usaha. Kebanyakan dari mereka hanya fokus untuk memperindah usaha mereka, mengeluarkan dana besar untuk renovasi namun lupa untuk mempromosikan usahanya.

Salah satu kunci sukses sebuah usaha adalah promosi yang dijalankan. Jika Anda membangun salon kecantikan dengan modal 30an juta, maka setidaknya Anda juga harus menyiapkan dana minimal 2 juta untuk biaya promosi. Agar orang-orang disekitar Anda tau kalau ada salon kecantikan yang baru dibuka.

Untuk pelanggan pertama yang paling memungkinkan tentu saja orang-orang terdekat Anda. Ajak saudara, tetangga dan teman-teman untuk menjajal salon baru Anda. Agar mereka semakin berkenan, berikan harga miring terlebih dahulu sebagai perkenalan.

Jika mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan. tak perlu Anda suruh pun mereka akan membantu untuk merekomendasikan salon Anda ke orang yang mereka kenal.

Disamping itu, strategi pemasaran yang cocok untuk salon kecantikan adalah dengan memasang banner sepanjang jalan tempat usaha Anda berada, Anda bisa memasang 10-20 banner besar yang mencolok, sehingga semua orang yang lewat akan merasa ingin tahu dan mencoba salon kecantikan milik Anda.

Anda juga bisa menyebarkan brosur baik secara offline maupun online. Tarik minat konsumen dengan menawarkan diskon untuk setiap perawatan salon yang biayanya cukup tinggi. Dengan begitu orang-orang akan tertarik mendatangi salon kecantikan milik Anda.

Jangan remehkan kekuatan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tidak ada salahnya Anda mempromosikan jasa salon kecantikan Anda lewat media sosial diatas. Siapa tahu dari upload Anda di media sosial, ada orang yang tertarik dan ingin mencoba salon Anda.

Baca juga : 15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

10. Keterampilan dan Pelayanan yang Bagus

Anda sudah memiliki tempat salon kecantikan dengan dekorasi yang keren. Anda juga sudah melakukan banyak promosi untuk menarik minat konsumen. Namun semua itu akan percuma jika keterampilan dan pelayanan Anda maupun karyawan buruk.

Keterampilan dan pelayanan yang bagus menjadi salah satu kunci sukses tidaknya usaha salon kecantikan Anda. Jika saat ini ketrampilan Anda dalam make up dan perawatan kecantikan masih biasa saja atau kurang, maka Anda seharusnya segera mengikuti training ketrampilan salon.

Hal ini sangat vital, apabila Anda nekat membuka salon kecantikan tanpa keterampilan yang mumpuni,. Sudah bisa dipastikan bahwa orang hanya akan datang sekali ke salon Anda kemudian tidak pernah kembali lagi.

Padahal yang membuat usaha salon itu bisa maju dan sukses adalah karena mereka memiliki pelanggan tetap yang akan terus datang ke tempat Anda ketika membutuhkan perawatan. Sehingga jika Anda tidak bisa memenuhi ekspektasi mereka. Jangan berharap mereka akan menjadikan salon Anda sebagai langganan mereka.

Pelayanan yang prima juga menjadi tolok ukur utama. Salon kecantikan adalah usaha yang bergerak dibidang jasa. Maka selayaknya pelayanan harus menjadi yang nomer satu. Usahakan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Setiap usaha memang ada kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya usaha salon kecantikan dimana hanya orang-orang tertentu yang bisa membukanya. Tanpa keahlian terkait salon kecantikan, maka jangan coba-coba Anda membuka bisnis ini.

2 Responses to Cara Sukses Memulai Usaha Salon Kecantikan Bermodal Kecil

  1. Terimakasih atas informasinya, jadi lebih memahami mengenai persiapan apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis salon…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *