Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

Pengen kaya Mulailah dengan hindari 11 kebiasaan buruk iniKata “Kaya” memang selalu menjadi topik menarik untuk diperbincangkan. Siapa sih didunia ini yang tidak pengen kaya? Tentunya sebagian besar orang menginginkan untuk menjadi orang kaya. Nyatanya tidak mudah untuk mewujudkan hal tersebut. Ada orang yang harus bersusah payah dan bekerja keras untuk meraihnya. Namun, ada juga orang menjadi kaya karena memang pada dasarnya orang tuanya sudah kaya. Sehingga dia tidak perlu repot-repot berjuang seperti yang lain.

Sebenarnya standar seseorang disebut kaya itu seperti apa sih? Beberapa orang ternyata berbeda pendapat tentang hal ini. Ada yang bilang orang kaya adalah mereka yang bergelimang harta dan mampu membeli apapun yang dia mau. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa orang yang memiliki pendapatan tetap, punya rumah, mobil, tidak diketahui memiliki hutang dan gaya hidupnya yang terkesan mapan sudah bisa dibilang orang kaya.

Terlepas dari apapun pendapat orang tentang sebuah kekayaan, pada dasarnya semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang kaya. Tergantung bagaimana setiap individu berusaha meraih impian tersebut. Karena dalam dunia nyata, tidak ada orang yang tiba-tiba menjadi kaya tanpa jelas juntrungannya. Namun, kenyataannya masih ada saja orang yang pengen kaya dengan cara-cara instan seperti mendatangi tempat pesugihan tanpa memikirkan resiko yang akan mereka hadapi setelahnya.

Kekayaan yang didapat dengan cara diatas adalah cara yang jelas-jelas salah. Orang-orang terkaya didunia seperti Bill Gates, Warren Buffett, Jeff Bezos dan Amancio Ortega adalah sebuah bukti bahwa untuk meraih kesuksesan butuh perjuangan keras yang diimbangi dengan kebiasaan dan gaya hidup yang baik.

Oleh sebab itu, jika anda pengen kaya seperti mereka, ada baiknya anda ikuti kebiasaan-kebiasaan orang sukses yang mungkin saja bisa mengantarkan anda menjadi orang kaya. Jangan anda malah menerapkan kebiasaan buruk yang akan semakin menjauhkan anda dari kesuksesan.

Berikut 11 kebiasaan yang harus dihindari jika anda pengen kaya dimasa depan.

1. Bergaya Hidup Layaknya Orang Kaya

Dijaman modern seperti sekarang ini, banyak orang selalu ingin tampil eksis dengan harapan mendapat perhatian orang lain. Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter adalah jejaring sosial yang sering digunakan orang sebagi ajang untuk berlomba-lomba menunjukkan siapa jati dirinya. Ada orang kaya yang mengekspos gaya hidupnya dengan memamerkan rumah mewahnya atau berlibur keluar negeri dengan segala fasilitas kelas satu. Namun, ada sebagian orang yang menunjukkan gaya hidup layaknya orang kaya padahal sebenarnya hidup mereka pas-pasan.

Kebiasaan tersebut biasanya banyak dilakukan oleh kaum perempuan. Apalagi jika sudah berkumpul bersama teman-temannya. Mulai dari yang masih remaja sampai yang sudah emak-emak. Kaum perempuan selalu ada saja persaingan dalam hal barang-barang yang mereka miliki. Misalnya saat salah satu teman memiliki gadget baru, maka yang lain buru-buru membeli gadget agar tidak kalah atau mendapat olokkan dari yang lain.

Hal ini kalau diteruskan tentunya dapat mengganggu finansial anda. Apalagi jika anda berniat ingin menjadi orang kaya. Anda harus memiliki prinsip bahwa untuk menjadi kaya harus selalu “merasa tidak cukup”. Sangat disayangkan jika uang yang anda kumpulkan dihabiskan untuk sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan prioritas namun hanya sekedar keinginan akibat gengsi terhadap teman.

Anda bisa mencontoh Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang juga merupakan salah satu orang terkaya didunia. Sangat jarang dia terlihat mengenakan jas dan lebih sering menggunakan T-Shirt. Bahkan terkadang dalam beberapa kesempatan dia selalu memakai kaos yang itu-itu saja.

Jika Mark Zuckerberg yang memiliki harta melimpah saja tidak menampilkan gaya hidup kaya maka kenapa juga anda mesti bergaya hidup seperti orang kaya . Apalagi alasannya hanya karena gengsi.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

2. Sering Mengeluh

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari jika Ingin kaya adalah sering mengeluh tentang segala sesuatu. Terutama tentang masalah ekonomi. Jika anda tidak mampu menghilangkan kebiasaan jelek tersebut, maka jangan anda berharap menjadi orang kaya.

Sering mengeluh akan membuat anda menjadi pribadi yang malas dan tidak bisa memecahkan masalah. Misalnya anda berat untuk berinvestasi atau menabung karena merasa gaji yang anda terima tiap bulan bahkan tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Jika dibiarkan terus-menerus maka sampai kapanpun anda tidak akan punya tabungan untuk masa depan.

Solusinya anda harus buang jauh-jauh kebiasaan sering mengeluh. Untuk menjadi orang kaya butuh perjuangan, kerja keras bukan hanya mengandalkan keberuntungan saja. Anda bisa membuka usaha sampingan untuk membantu perekonomian anda. Dengan penghasilan tambahan yang signifikan tentunya membuat jalan anda yang pengen kaya semakin terbuka.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

3. Suka Menumpuk Utang

Pengen kaya Mulailah dengan hindari hutang

Jika anda termasuk orang yang gemar berhutang sana-sini, maka lupakan saja mimpi anda untuk menjadi orang kaya. Bagaimana anda pengen kaya jika hidup anda masih suka “gali lubang tutup lubang”. Penghasilan yang anda terima hanya akan digunakan untuk membayar utang.

Jika hal ini dibiarkan berkelanjutan, secara otomatis akan menambah pengeluaran anda. Apalagi jika anda berhutang di bank atau sejenisnya dalam jumlah besar. Maka anda harus membayar cicilan hutang tiap bulan berikut bunganya yang tentunya tidak kecil.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari hutang jika anda merasa memang tidak terlalu membutuhkan dana besar. Hindari juga membeli barang secara kredit yang perlakuannya hampir sama seperti anda hutang di bank. Bahkan cicilan kredit barang biasanya mempunyai bunga yang lebih besar dan pasti akan semakin menambah beban hidup anda.

Baca juga : 11 Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat Dan Aman

4. Tidak Bisa Mengatur Keuangan

Satu hal yang membuat perekonomian anda terasa berat sehingga memiliki banyak hutang adalah karena anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Bagi anda yang masih lajang mungkin belum terlalu terasa. Namun, beda cerita jika anda sudah berkeluarga. Sampai-sampai ada ungkapan yang mengatakan jika sudah berkeluarga, “seratus perak pun sangat berharga”.

Jika selama ini anda acuh dalam mengatur keuangan, segeralah tinggalkan kebiasaan tersebut agar anda bisa hidup layak dimasa depan. Belajarlah untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Berusahalah untuk menghargai uang meskipun hanya seratus perak karena bagaimanapun itu merupakan jerih payah anda sendiri.

Baca juga : Inilah Pentingnya Anda Harus Punya Perencanaan Keuangan

5. Menunda Dalam Menabung

Pengen kaya Mulailah dengan menabung

Saya kurang setuju jika orang mengatakan menabung bisa menjadi kaya. Namun, seperti kata pepatah jaman dulu bahwa “hemat pangkal kaya”. Menghemat uang bisa juga dilakukan dengan menabung. Dan jika sampai saat ini anda belum memiliki tabungan dan masih menunda-nunda untuk menabung, maka jangan harap anda bisa menjadi orang kaya.

Seberapa besar yang harus anda tabung dari penghasilan anda? Menurut infoperbankan.com, anda harus menyisihkan sekitar 15% penghasilan anda untuk ditabung dengan asumsi tabungan tersebut tidak boleh anda otak-atik dalam jangka waktu yang sudah anda tentukan. Hal ini untuk menyeimbangkan neraca keuangan anda.

Jika anda belum mampu untuk melakukannya karena masih ada cicilan rumah, kredit motor dan lain sebagainya, jangan anda terus menunda dalam menabung. Usahakan untuk tetap menyisihkan uang anda agar anda terbiasa disiplin dalam menabung.

Baca juga : 12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

6. Berfikir Jangka Pendek

Kebanyakan dari mereka yang gagal dalam menata perekonomian adalah mereka yang selalu berfikir dalam jangka pendek. Prinsip yang satu ini sama halnya dengan orang yang sering mengeluh akibat pendapatan yang dirasa pas-pasan sehingga merasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika dibiarkan, pada akhirnya anda hanya berfikir tentang masalah anda sekarang tanpa memikirkan kebutuhan dimasa mendatang. Anda menjadi takut menabung, berinvestasi dan juga mengikuti program asuransi kesehatan yang mana sangat penting untuk kebutuhan anda kedepannya.

Oleh sebab itu, jika anda pengen kaya, sebaiknya tata kembali kehidupan anda. Jangan anda punya fikiran “hari ini ya hari ini, urusan esok ya pikirkan esok”. Karena anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi dimasa mendatang. Bayangkan jika tiba-tiba anda atau anggota keluarga anda mengalami sakit mendadak dan harus membutuhkan dana besar. Anda akan kalang kabut mencari uang karena anda tidak memiliki simpanan dan juga tidak mengikuti program asuransi.

Baca juga : 6 Penyebab Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Anda Alami

7. Tidak Memiliki Rencana Jangka Panjang

Satu lagi kebiasaan orang tidak pengen kaya adalah tidak mempunyai rencana untuk jangka panjang. padahal memiliki rencana jangka panjang sangat penting anda persiapan jika anda berkeinginan memiliki kehidupan yang lebih baik dimasa depan.

Coba anda bayangkan jika anda tidak mempunyai rencana sama sekali, bisa dipastikan anda akan keteteran dan tidak siap ketika datang masalah tak terduga yang mengharuskan anda mengeluarkan dana banyak. Selain itu, dengan tidak memiliki rencana jangka panjang, Anda akan terbiasa hidup boros dan menghabiskan uang untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Semestinya mulai dari sekarang persiapkan rencana matang untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Misalnya anda belum punya rumah, sebisa mungkin rencanakan untuk segera memilikinya dalam jangka waktu 5 tahun kedepan. Anda juga harus memikirkan kebutuhan dan masa depan anak-anak seperti sekolah dan biaya pernikahan yang tentunya tidak sedikit.

Di samping itu, pikirkan juga bagaimana supaya anda bisa hidup enak ketika anda sudah tua dan tidak lagi bekerja. Tentunya anda tidak menginginkan bukan menggantungkan hidup pada anak dihari tua anda.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Sedang Bekerja

8. Tidak Memiliki Investasi

Pengen kaya Mulailah dengan investasi

Salah satu cara untuk mewujudkan keinginan anda menjadi orang kaya adalah dengan berinvestasi. Jadi, buang jauh-jauh kebiasaan boros anda dan mulailah untuk investasikan harta anda. Berbeda dengan menabung yang mana jika anda tidak komitmen atau disiplin, maka anda akan gatal untuk mengmbil simpanan tabungan untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak terduga.

Berinvestasi mengharuskan anda memaksakan diri untuk menyisihkan penghasilan agar bisa anda gunakan untuk membeli barang yang tentunya memiliki nilai tinggi jika anda terpaksa menjualnya dimasa mendatang. Beberapa investasi yang bisa anda pilih antara lain dalam bentuk emas batangan, tanah atau property yang nyatanya dalam sepuluh tahun kedepan bisa memiliki nilai jual berlipat-lipat.

Jika anda pengen cepat kaya, sebaiknya investasikan dana anda di bursa saham. Namun, sebelum anda terjun ke pasar saham, sebaiknya, anda perlu belajar mendalam tentang bagaimana cara kerja pasar saham yang meskipun bisa memberikan keuntungan yang signifikan namun juga bisa membuat anda rugi dalam jumlah besar.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

9. Tidak Mempunyai Simpanan Darurat

Memiliki simpanan darurat menjadi sesuatu hal penting yang mesti anda persiapkan jika anda pengen kaya. Ada sebuah anggapan yang mengatakan bahwa anda harus memiliki simpanan enam kali lipat dari gaji bulanan anda. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga sehingga anda tidak harus berhutang untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa menengok orang kaya yang kelihatannya uangnya tidak pernah habis. Hal ini terjadi karena mereka telah memiliki persiapan yang matang. Selain mereka punya tabungan dan investasi, mereka juga menyimpan sebagian harta mereka sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa dipergunakan ketika mendapat permasalahan yang tak terduga.

Contoh lain yang bisa anda lihat jika tidak memiliki dana darurat adalah para wiraswasta yang gagal dalam menjalankan bisnis mereka. Ketika mereka mulai membuka bisnis, mereka menghabiskan seluruh dana untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Namun ketika ditengah jalan bisnis yang mereka jalankan mengalami hambatan, mereka akan kebingungan karena tidak memiliki simpanan darurat yang pada akhirnya membuat bisnis mereka gulung tikar karena kehabisan modal.

Baca juga : 7 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Usaha Agar Cepat Berkembang

10. Belum Punya Sumber Pendapatan Lain

Jika anda adalah seorang pegawai atau karyawan yang mendapat penghasilan bulanan, sebaiknya mulai sekarang berfikirlah untuk bisa memiliki sumber pendapatan lain selain dari gaji anda. Mengapa? Karena mengandalkan gaji dengan dihadapkan pada kebutuhan hidup yang semakin mahal dapat membuat mimpi anda menjadi orang kaya sirna.

Jika anda belum kepikiran ingin usaha apa, artikel saya yang berjudul 14 ide peluang usaha dengan modal 1 juta ini mungkin bisa membantu anda untuk memilih usaha apa yang kira-kira cocok dan sesuai dengan minat anda. Memang untuk membuka usaha sampingan akan terkendala dengan waktu kerja anda. Namun, dengan memilih usaha sampingan yang tepat, anda akan dapat membagi waktu untuk bekerja sekaligus menjalankan usaha sampingan anda.

Dengan adanya usaha sampingan, maka anda akan memiliki sumber penghasilan lain yang tentunya akan sangat membantu perekonomian anda. Dan mungkin saja jika anda sukses dengan bisnis sampingan tersebut, maka bisa menjadi sumber penghasilan yang melebihi gaji bulanan anda.

11. Tidak Melakukan Aksi Apapun

Setelah membaca artikel saya diatas, anda sekarang mungkin berfikir bagaimana supaya cepat kaya dan sukses dalam kehidupan anda. Jangan sampai anda hanya berdiam diri dan tidak melakukan aksi apapun untuk memperbaiki hidup anda.

Cobalah untuk menghindari segala sesuatu yang dapat menghambat anda menjadi orang kaya. Anda bisa memulai dengan menabung, berinvestasi, membuka usaha sampingan dan lain sebagainya untuk membuka jalan menjadi orang sukses dimasa depan.

Nah, jika anda masih pengen kaya, segeralah hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuat anda kesulitan secara ekonomi. Belajarlah untuk menjadi pribadi yang tidak boros yang suka menghambur-hamburkan uang hanya untuk membeli kebutuhan yang kurang penting. Lebih baik, terapkan gaya hidup sederhana yang mana selain untuk mengajarkan pada anak-anak anda, juga akan dapat membuat hidup anda lebih baik kedepannya

4 Responses to Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

  1. Aboy berkata:

    Perlu diterapkan ini artikel,, hmm.. maaf kalau boleh tau Anda mungkin tidak terlalu kaya, tapi setidaknya Anda sudah merasakan rizki yg terbaik pada saat ini, bukan begitu kawan?? maaf ya kalau salah kata,,

    • Wachid berkata:

      Hehehehe… kalo soal itu saya juga belum terlalu mapan mas aboy. Saya sendiri masih bekerja dengan gaji bulanan yang pas-pasan. Makanya saya juga harus ada usaha sampingan untuk memenuhi semua kebutuhan hidup saya agar kedepannya bisa hidup lebih baik lagi.

  2. Gadai Bpkb Motor berkata:

    Suka menumpuk utang yg paling sering.. kadang jg suka denger ungkapan klo ga ngutang atau kredit dari mana dpt nya.. bli cash susah…

    Padahal.. ditahan dlu aja keinginannya..

    Salam kenal
    Andez

    • Wachid berkata:

      Betul itu gan, sekarang ini banyak orang sukanya serba simple dan pengen cepet. padahal kredit jika dihitung kembali pastinya lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *