Pengen Sukses di Usia Muda? Coba Terapkan 10 Cara Ini

cara sukses di usia muda

Semua orang pasti ingin menjadi orang sukses. Apalagi jika kesuksesan tersebut di raih saat usia masih muda. Karena dengan begitu, Anda bisa menikmati setiap jerih payah yang sudah Anda lakukan demi bisa sukses di usia muda.

Sayangnya banyak orang yang tidak bisa merasakan sebuah kesuksesan terutama menyangkut soal finansial. Jangankan sukses di usia muda, terkadang sampai tua pun belum sukses juga. Bukan karena mereka tidak ingin sukses dan berhasil, tapi karena mereka tidak tahu caranya dan tidak mau berusaha keras untuk mencapainya.

Seorang pakar marketing dan keuangan Indonesia bernama Tung Desem Waringin pernah berkata bahwa pangkal kemiskinan adalah kurangnya ilmu dan keberanian. Pendapat ini benar adanya, dimana jika Anda tidak memiliki ilmu atau keahlian, modal apa yang bisa Anda sodorkan untuk menjadi pribadi yang sukses

Intinya, jika Anda ingin menjadi sopir, maka Anda harus mempunyai ilmu menyupir. Jika Anda ingin menjadi koki, maka Anda harus tahu cara memasak yang enak. Jika Anda ingin jadi orang sukses, maka Anda harus tahu bagaimana cara menjadi orang sukses.

Di bawah ini ada beberapa ilmu dan tips yang bisa Anda kan gunakan sebagai batu loncatan untuk menjadi sukses di usia muda. Pastikan Anda membacanya hingga akhir.

1. Mulailah dari Memiliki Mental untuk Sukses

Kesuksesan didapatkan dari 20% skill dan 80% mental kaya. Salah satu ciri orang bermental kaya adalah selalu berfokus pada solusi dan selalu berpikir positif. Jika mendapatkan masalah, dia berpikir bagaimana cara menyelesaikan masalah.

Orang yang memiliki mental untuk sukses juga bertanggung jawab penuh untuk apa saja yang terjadi pada hidupnya. Tidak suka menyalahkan orang lain dan selalu berusaha bangkit ketika jatuh.

Berbeda dengan orang bermental miskin. Mereka yang bermental seperti ini lebih suka mengeluh, mengharapkan bantuan orang lain, suka menyalahkan, malas, selalu mencari alasan, selalu berpikiran negatif jika ditawari sesuatu hal yang baru, takut untuk berusaha, merasa bahwa dirinya adalah yang paling benar dan lain-lain.

Jika Anda memiliki mental seperti ini, sebaiknya Anda segera memperbaikinya. Anda bisa belajar dari video atau biografi orang sukses untuk membangun pola pikir Anda. Salah satunya seperti 10 kisah orang sukses dunia yang pernah mengalami kegagalan.

2. Memiliki Tujuan Hidup yang Jelas

tetapkan tujuan hidup untuk suksesUsia muda adalah masa dimana Anda harus mulai memikirkan tentang tujuan hidup Anda kedepannya. Jangan Anda mengikuti orang lain yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

Karena untuk bisa meraih kesuksesan, Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas untuk bisa sukses. Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka jalan untuk mencapainya pun akan semakin terang. Setidaknya ketika usia Anda sudah melewati 20 tahunan, Anda harus sudah memiliki tujuan hidup Anda.

Cobalah jawab pertanyaan di bawah ini

a. Berapa penghasilan yang Anda inginkan setiap bulannya?
b. Bisnis apa yang ingin Anda jalankan
c. Kapan Anda menikah?
d. Rumah seperti apa yang Anda impikan?
e. Investasi apa yang ingin Anda miliki?
f. Dan pada usia berapa Anda harus sudah bisa memiliki semuanya?

Pertanyaan diatas bagi anak-anak muda seperti Anda mungkin masih menjadi sebuah impian. Mimpi yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan hidup Anda. Kalau ingin sukses, Anda jangan hanya berani bermimpi, tapi harus berani untuk mewujudkannya.

Ketika Anda menjawab pertanyaan pertama, Anda akan bisa mengira-ngira bagaimana cara Anda bisa mendapatkan nominal tersebut. Begitu juga untuk pertanyaan kedua dan seterusnya. Anda harus memiliki jawaban dan cara untuk mendapatkannya

Ingat bahwa apa yang Anda lakukan hari ini pasti memiliki pengaruh untuk masa depan Anda. Jika Anda terlena dengan kehidupan masa muda yang cenderung berfoya-foya, maka Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Namun jika Anda fokus untuk meraih tujuan Anda, setidaknya beberapa hal yang Anda impikan pasti akan tercapai.

Simak juga : Rahasia menjadi orang kaya dengan 12 cara sederhana

3. Memiliki Pemikiran yang Luas

Orang yang sukses adalah mereka yang memiliki pemikiran luas. Karena di jaman yang semakin modern ini, Anda harus bisa mengikuti peradapan yang juga semakin maju. Jangan Anda berpikir seperti jaman kuno, karena pemikiran Anda pastinya akan ketinggalan jaman.

Sebagai contoh soal investasi. Dahulu orang bisa kaya dengan menjadi membeli banyak tanah atau investasi emas. Tapi di era sekarang, pasti Anda akan kesulitan jika ingin berinvestasi tanah. Jangankan membeli banyak tanah, satu kavling tanah saja harganya sudah mahal.

Berbeda jika Anda mau belajar investasi saham. Mereka yang sudah ahli dalam menjalankan investasi ini, pasti tidak butuh waktu lama untuk bisa meraih kesuksesan.

Sekarang kita hidup didunia digital. Saya yakin Anda saat ini menggunakan handphone yang harganya diatas Rp 1 juta. Dan hampir setiap waktu Anda menggunakannya. Tapi apakah Anda pernah berpikir bahwa handphone Anda bisa menjadi alat untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Jika Anda sudah melakukannya, maka Anda sedang menuju ke jalan kesuksesan. Tapi jika Anda lebih sering menggunakan handphone hanya untuk melihat medsos atau bermain game. Maka sebaiknya Anda mulai rubah mindset Anda.

Saya ambil contoh pendiri situs jual beli online Tokopedia, William Tanuwijaya. Anda pasti tidak menyangka bahwa dia dulu kuliah nyambi bekerja sebagai penjaga warnet. Dari ketertarikannya dengan dunia digital itulah pada akhirnya dia berhasil mendirikan Tokopedia yang saat ini telah menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia

Pemikiran yang luas akan membuat Anda sangat menghargai waktu. Ada banyak hal yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih tujuan hidup Anda ketimbang hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

4. Terus Mengasah Skill Anda

Robert T Kiyosaki, seorang usahawan, investor dan motivator asal Amerika Serikat pernah berkata bahwa sekolah membatasi potensi Anda. Karena disana Anda tidak pernah diajarkan untuk mengatur keuangan, cara memulai bisnis, bahkan tidak ada pelajaran personal development.

Sedangkan, hal yang saya sebutkan diatas adalah ilmu dan skill yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di usia Anda.

Jika Anda tidak mendapatkannya di sekolah, Anda harus mencarinya sendiri di tempat lain. Beberapa skill yang bisa Anda pelajari adalah

  • Skill marketing
  • Skill mengatur keuangan
  • Skill berbisnis
  • Skill mengatur emosi
  • Skill berkomunikasi

Itulah beberapa skill yang bisa Anda pelajari untuk mengawali jalan Anda untuk bisa sukses di usia muda.

5. Praktekkan Terus Menerus

Percuma jika Anda belajar tapi tidak Anda praktekkan. Belajar memang bagus, tapi jika tidak di praktekan maka akan percuma.

Jika Anda ingin menjadi ahli dibidang yang Anda inginkan, Anda harus mempraktekan ilmu Anda selama 10.000 jam, praktekan secara konsisten dan lakukan pembenahan jika terjadi kegagalan.

Ketika Anda sudah menjadi ahli hingga tidak ada yang bisa mengalahkan Anda, maka tidak perlu menjual pun orang-orang akan mencari untuk membeli dari Anda.

Baca juga : 10 Cara terbaik memotivasi diri sendiri agar sukses dalam hidup

6. Keluar dari Zona Nyaman

Pada dasarnya orang suka dengan hal-hal yang membuat mereka merasa nyaman. Mereka yang suka berada di zona nyaman adalah orang yang mudah terlena, lebih suka bersenang-senang, tidak mau menerima tekanan, tidak mau terusik dan lain-lain.

Yang menjadi masalah, berada terus di zona nyaman hanya akan membuat Anda tidak maju dan sulit berkembang. Karena apa yang Anda kerjakan hanya itu-itu saja tanpa ada sesuatu hal yang baru

Untuk bisa meraih kesuksesan di usia muda, mulailah untuk keluar dari zona nyaman Anda. Percuma Anda memiliki skill yang mumpuni namun tidak berani mengambil tantangan atau kesempatan yang ada. Karena banyak orang telah sukses adalah mereka yang berani keluar dari zona nyaman.

Sebagai contoh jika Anda seorang karyawan atau pegawai negeri. Mungkin Anda sudah merasa nyaman dengan gaji yang Anda terima saat ini. Tapi apakah gaji tersebut bisa memenuhi impian-impian Anda sepenuhnya?

Jika belum, Anda harus berupaya untuk menambah penghasilan. Misalnya dengan mencari usaha sampingan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Siapa tahu usaha Anda sukses dan tidak perlu menjadi seorang karyawan lagi.

Rekomendasi Artikel :

20 Jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil

7. Hentikan Scrolling dan Bermain Game, Fokuslah

tinggalkan kebiasaan yang bikin anda tidak suksesSalah satu penghalang utama kesuksesan adalah scrolling di internet. Kebanyakan orang tidak menyadarinya, mereka terus scrolling, kepo dengan kehidupan orang, awalnya hanya ingin membalas chat dan akhirnya lebih banyak scrolling selama berjam-jam.

Setelah lelah, baru mereka sadar bahwa banyak pekerjaan yang ditunda hanya untuk scrolling tidak jelas. Anda mungkin juga merasakanya. Begitu juga Anda yang maniak game. Saat ini ada banyak game online yang memang asyik untuk dimainkan. Ketika Anda bosan dengan game pertama, akan ada game kedua, ketiga dan seterusnya yang akan mewarnai hari-hari Anda.

Lalu apa yang Anda dapat setelah bermain game selama berjam-jam?

Jika hanya rasa capek, maka lebih baik hentikan ketagihan Anda dalam bermain game. Terkecuali jika game bisa membuat anda menjadi sukses dan terkenal seperti Jess No Limit.

Maka dari itu mulai, sekarang berhentilah scrolling sosial media, nonton video youtube, bermain game online dan hal-hal yang tidak berguna lainnya sebelum pekerjaan Anda selesai.

Jika perlu gunakan aplikasi untuk membatasi penggunaan hape Anda. Seperti “helpmefocus” Anda bisa mendownloadnya di playstore.

Sehingga jika Anda butuh sesuatu di internet, cukup browsing yang Anda perlukan, ketika sudah selesai, segera tutup browser Anda.

Simak juga : Pengen kaya? Mulailah dengan tinggalkan 11 kebiasaan buruk ini

8. Berkumpulah dengan Orang Sukses

Ada sebuah pepatah mengatakan, kamu akan seperti teman-temanmu atau gajimu mirip dengan teman-temanmu. Hal ini memang benar, jika Anda ingin sukses dengan cepat, maka Anda harus berkumpul dan menjalin relasi dengan orang yang sudah sukses di bidang yang Anda inginkan.

Dengan berkumpul bersama mereka, banyak hal yang bisa Anda pelajari. Anda bisa berkonsultasi pada mereka soal bisnis maupun cara hidup yang membuat mereka bisa sukses. Dan yang pasti Anda akan lebih mudah mendapatkan peluang usaha dari mereka.

9. Jangan Pernah Takut Akan Kegagalan

Ada harga yang harus Anda bayar dalam upaya Anda untuk meraih kesuksesan, yakni menghadapi sebuah kegagalan. Bukan berarti orang yang sukses semuanya pernah mengalami kegagalan, namun kebanyakan dari mereka pasti pernah mengalami kegagalan.

Penulis novel sekelas J.K. Rowling pernah di tolak oleh penerbit sebanyak 12 kali yang membuatnya sempat depresi disamping kegagalannya dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Namun kini siapa yang tidak kenal novel Harry Potter yang sangat laris di pasaran.

Anda juga bisa belajar pada Thomas Alva Edison, dia adalah orang yang telah mengalami ribuan kegagalan demi bisa menciptakan bola lampu yang manfaatnya bisa kita rasakan sampai saat ini.

Oleh sebab itu, ketika Anda pernah gagal dan kehabisan modal dalam menjalankan suatu bisnis, jangan langsung menyerah begitu saja. Kegagalan itu sebenarnya tidak ada. Seharusnya dari kegagalan itulah Anda harus mencari jalan untuk bisa meraih kesuksesan.

10. Belajarlah Menggunakan Faktor Kali

Yang terakhir adalah belajarlah menggunakan faktor kali. Jika Anda ingin sukses, Anda tidak bisa melakukanya sendirian. Jika Anda sudah lancar bekerja sendirian dan bisa menghasilkan, belajarlah untuk mempekerjakan orang lain.

Hal ini berlaku untuk bisnis apapun. Jika Anda bisa pekerjakanlah orang yang ahli, maka usaha Anda akan meledak dengan lebih cepat dibandingkan hanya bekerja seorang diri.

Menjadi orang sukses memang bukan perkara mudah. Apalagi jika Anda ingin meraihnya saat usia Anda masih muda. Cobalah terapkan 10 cara sukses di usia muda diatas agar Anda bisa segera meraih apa yang Anda impikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *