usaha sablon digital

Peralatan Wajib Ada Dalam Memulai Usaha Sablon Digital

Ingin buka usaha sablon digital? Sudahkah Anda persiapkan semuanya? Untuk memulai sebuah usaha, Anda tentu harus memiliki peralatan yang dibutuhkan. Nah, tahu alat apa saja yang harus Anda siapkan untuk usaha ini?

Sablon secara umum bisa dilakukan secara manual dan digital. Tapi sekarang, sablon digital lebih banyak diminati. Kenapa? Sebab jenis sablon dinilai lebih menguntungkan. Apalagi bagi pemula yang baru merintis usaha sablonnya.

Sablon digital sendiri adalah teknik sablon dengan menggunakan mesin. Di mana semua prosesnya mulai dari desain hingga cetak akan dilakukan oleh mesin. Sehingga berbagai peralatan pun diperlukan guna menggantikan proses manual.

Kelebihan Menjalankan Usaha Sablon Digital

Sebelum membuka sebuah usaha, Anda tentu sudah memikirkannya matang-matang. Termasuk mengenai besar modal, persiapan hingga kelebihan dalam menjalankannya. Nah, asal Anda tahu usaha sablon ini juga memiliki kelebihan. Apa saja itu?

  1. Kualitas Hasil Cetakan Lebih Bagus

Hasil cetakan sablon digital terbilang sangat minim kesalahan. Ini karena dalam proses sablonnya menggunakan mesin. Juga dikerjakan langsung dari komputer. Jadi hasilnya sesuai dengan desain yang dibuat sebelumnya.

Tidak itu saja, kualitas cetakannya juga sangat bagus. Dengan resolusi gambar yang tinggi. Hal ini tentunya akan lebih memuaskan konsumen.

  1. Lebih Cepat dan Mudah

Dalam prosesnya, pengerjaan sablon digital lebih mudah dan cepat. Pasalnya, ini dikerjakan memakai media kertas transfer. Selain itu, hasilnya juga lebih cepat kering. Dengan proses pengepresan menggunakan mesin pres digital.

  1. Hemat Biaya Operasional

Dibandingkan cetak sablon manual, biaya operasional usaha sablon digital lebih rendah. Anda tidak harus menyisihkan banyak dana per bulannya.

Untuk soal tempat juga sangat fleksibel. Anda tidak perlu sampai menyewa kios atau tempat. Cukup dijalankan di rumah saja. Biaya listrik dan gaji pekerja juga bisa dipangkas. Sebab usahanya bisa dijalankan sendiri.

  1. Lebih Hemat Biaya Cetak

Biaya untuk cetak digital cenderung lebih hemat. Di samping itu, hasil bisa dijual dengan harga lebih tinggi. Meskipun untuk modal awal butuh biaya besar. Tapi keuntungan yang diperoleh dapat segera menutupinya.

  1. Cocok untuk Kain

Mesin cetak memang cocok untuk kain, khususnya jenis DTG. Di mana mesin ini umumnya mencetak di atas serat pakaian. Terlebih lagi yang berjenis katun, yang banyak digunakan untuk bahan kaos.

Peralatan Untuk Memulai Usaha Sablon Digital

Sebelum memulai usaha, penting untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Hal ini agar operasionalnya bisa berjalan dengan baik. Begitu pun dalam usaha sablon digital. Maka dari itu, pastikan peralatan sablon Anda sudah lengkap.

Nah, tahukah Anda apa saja peralatan yang harus disiapkan itu? Untuk mengetahuinya, perhatikan berikut ini:

– Mesin Cetak DTG

Alat pertama yang wajib ada adalah mesin cetak DTG. Mesin ini merupakan inti dari proses cetak digital. Anda bisa menemukan alat ini dengan mudah. Dengan beragam variasinya, mulai dari yang harga rendah hingga tinggi.

Cara kerja mesin ini sama seperti mesin printer umumnya. Dapat dipakai untuk mencetak apa saja dari desain di komputer. Dengan keuntungan lebih hemat dan praktis. Serta lebih efektif dan tanpa batasan warna dalam cetak kaos.

– Alat Pengering Sablon

Alat ini akan digunakan setelah mesin melakukan cetak pada kaos. Kegunaannya ialah untuk mengeringkan sablon. Agar dapat kering cepat dan tidak mengalami kerusakan pada desainnya.

Dengan alat pengering, pesanan sablon dapat cepat selesai. Sehingga bisa segera dikemas dan dikirimkan. Jadi Anda bisa menerima lebih banyak pesanan. Untuk hal ini, umumnya akan ada mesin pengering semacam blower atau heat gun.

– Kompresor

Alat ini berfungsi untuk finishing sablon kaos. Di mana setelah kaos dicetak maka akan disemprot epoxy. Fungsinya untuk merapatkan bagian serat kain. Sehingga hasil cetak menempel sempurna dan lebih awet.

– Kertas Teflon

Kertas teflon berfungsi melindungi kaos saat di mesin pres. Sehingga tidak akan terlalu kena panas saat masuk ke dalamnya. Pasalnya jika tidak dilindungi, tinta mungkin akan lengket pada elemen pres kaosnya.

Dengan kata lain, alat ini akan mencegah permukaan kain rusak. Sehingga desain cetakan yang sudah dibuat tidak jadi berantakan.

– Seperangkat Tinta dan Catridge

Dua hal ini dibutuhkan untuk membuat pola cetak sesuai kebutuhan. Jenis tinta yang dipakai disini bisa bermacam-macam. Tinggal pilih saja yang kualitasnya paling bagus. Agar hasil cetakan terlihat sempurna nantinya.

– Mesin Press untuk Kaos

Mesin ini digunakan untuk menjadikan hasil cetakan lebih awet. Membuat tinta merekat dengan kuat di atas kain. Proses ini umumnya dapat dilakukan dengan cepat. Bahkan bisa dikerjakan sendiri asal pesanan tidak terlalu banyak.

– Komputer

Sablon digital sebagian besar prosesnya dilakukan dengan komputer. Maka dari itu, komputer jenis dekstop atau laptop wajib ada. Sebaiknya pilihlah komputer sesuai kebutuhan, untuk menjalankan usaha sablon Anda.

Itulah beberapa peralatan usaha sablon digital yang wajib ada untuk memulai usahanya. Modal awal untuk memiliki alat-alat ini memang tidak sedikit. Namun ketersediaannya penting agar usaha berjalan dengan baik. Jadi, usahakan untuk melengkapinya. Atau jika Anda mersa tidak cocok dengan usaha, Anda bisa cari juga referensi usaha modal kecil lainnya. Karena peluang untuk berusaha itu selalu ada.

Previous Post
bisnis pupuk organik
Bisnis Online

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Pupuk Organik Bagi Pemula

Next Post
usaha rumahan
Bisnis Online

5 Peluang Usaha Rumahan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *