Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

Manfaat lari pagi yang menakjubkanManfaat Lari Pagi –  Lari pagi memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui atau enggan melakukannya. Faktor malas karena harus bangun lebih awal menjadi penyebabnya. Alasan lain, banyak orang cenderung menganggap bahwa lari pagi, membuat pekerjaan di kantor menjadi tidak maksimal akibat kelelahan.

Padahal lari pagi adalah olahraga yang paling mudah. Anda cukup melangkahkan kaki secara bergantian dengan intensitas lebih cepat. Jika Anda rutin melakukannya, tubuh akan terasa fresh dan ringan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, Manfaat lari pagi dapat menghindarkan Anda dari banyak resiko penyakit. Sebab, udara di pagi hari kaya akan oksigen yang baik untuk kesehatan.

Berikut 14 manfaat lari pagi yang bisa Anda dapatkan :

1. Meningkatkan Stamina

Banyak yang menganggap lari pagi membuat orang kelelahan saat bekerja. Hal ini wajar terjadi, jika olahraga ini dilakukan dengan intensitas tinggi. Namun, jika Anda melakukan lari santai selama 20-30 menit saja. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya meningkatkan stamina tubuh.

Untuk menjaga stamina Anda selalu dalam kondisi prima, lakukanlah lari pagi secara konsisten setiap hari. Dengan begitu, Anda akan merasa bahwa stamina Anda telah meningkat dibandingkan sebelumnya.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

2. Menurunkan Berat Badan

manfaat lari pagi dapat menurunkan berat badan

Banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Tak jarang diantara mereka melakukannya dengan cara-cara gila, yang cenderung menyiksa tubuh untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya diet mayo, diet GM, Diet bayi atau diet OCD ala presenter Deddy Corbuzier.

Diet-diet diatas menggunakan metode mengatur pola makan dengan harapan mendapatkan tubuh yang ideal. Meskipun hasilnya cukup cepat, Namun cara-cara tersebut tidak akan bertahan lama. Sebab cara menurunkan berat badan harus diimbangi dengan olahraga.

Oleh karena itu, kenapa Anda tidak mencoba menurunkan berat badan dengan lari pagi? salah satu manfaat lari pagi adalah menghilangkan lemak tubuh. Dengan lari santai sejauh 1 mil saja, Anda dapat membakar 100 kalori tubuh. Anda tinggal meningkatkan intensitas lari agar dapat membakar lebih banyak kalori.

Dengan begitu, berat badan Anda akan turun dengan sendirinya. Namun, Anda tetap harus mengatur pola makan sehingga hasilnya lebih maksimal.

Baca juga : 10 Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari Yang Menakjubkan

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus, lari pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Energi yang Anda gunakan saat lari pagi, dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin lama Anda berlari, maka semakin banyak pula energi yang Anda keluarkan 

Biasanya setelah aktivitas fisik yang Anda lakukan, keinginan untuk makan akan muncul. Bagi yang sedang diet, tentu tidak di anjurkan makan setelah lari. Sebaliknya, bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Makan setelah lari pagi bisa menjadi cara untuk mencapai keinginan Anda tersebut.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat lari pagi dapat menyehatkan jantung

Sebuah lembaga survei nasional mengungkapkan, ada tiga faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung. Diantaranya kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik serta makan tidak seimbang. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang ubah gaya hidup Anda

Jantung merupakan organ penting pada tubuh manusia. Biasanya orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, menjalani hidup dengan banyak aturan agar kondisi jantungnya stabil. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda merawatnya dari sekarang.

Jantung adalah organ tubuh yang dapat Anda latih. Olahraga menjadi cara terbaik melatih kondisi jantung Anda. Salah satunya adalah lari pagi. Ada banyak tahapan lari yang bisa Anda praktekkan guna memacu detak jantung Anda. Mulai dari jalan santai, jalan cepat, jogging, sprint dan lari kardio. Anda dapat berlatih setahap demi setahap agar kesehatan jantung Anda terjaga.

Penelitian New England Journal of Medicine mengatakan dengan melakukan jalan ringan selama 2,5 jam selama seminggu. Anda dapat memotong sepertiga resiko serangan jantung dan stroke. (Dikutip dari pesona co.id)

5. Mencegah Impotensi

Impotensi atau Disfungsi ereksi adalah penyakit gangguan seksual dimana alat kelamin pria tidak bisa ereksi atau pun mempertahankan ereksi. Kebanyakan pria berusia lanjut mengalami penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh faktor penyakit seperti diabetes, hipertensi dan jantung. Bukan berarti Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut tidak akan mengalami Impotensi.
.
Impotensi bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat. Anda harus memperhatikan pola dan jenis makanan yang Anda konsumsi serta rutin berolahraga. Lari pagi bisa menjadi alternatif olahraga yang bermanfaat mencegah Impotensi.

Baca juga : 16 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Mulai di Lupakan Banyak Orang

6. Menghilangkan Stres

Kesibukan aktivitas sehari-hari sering membuat orang pusing dan stres. Untuk itu, Anda dapat menyegarkan pikiran dengan lari pagi. Udara yang sejuk di pagi hari bermanfaat meningkatkan mood Anda.

Apalagi jika Anda melakukan aktivitas fisik ini bersama dengan keluarga. Pasti akan sangat menyenangkan dan terasa ringan. Selain bermanfaat menghilangkan stres dan beban pikiran, Anda juga dapat menjaga keharmonisan dalam keluarga.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Dalam Hidup

7. Siklus Menstruasi Lebih Lancar

Banyak wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak lancar. Penyebabnya antara lain karena penyakit, gaya hidup yang tidak sehat, hormon tidak seimbang, kegemukan, atau pengaruh pil KB yang tidak cocok. Akibatnya menstruasi terkadang datang lebih cepat dari yang diperkirakan atau terlambat sampai lebih dari tiga bulan.

Jika Anda salah satu wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak lancar. Saya menyarankan untuk rutin lari pagi. Manfaat lari pagi salah satunya dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga Anda dapat terhindar dari resiko penyakit. Disamping itu, tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Jika tubuh Anda sehat, maka semua bagian tubuh dapat berfungsi dengan baik. Termasuk menstruasi menjadi lebih lancar.

8. Mengatasi Susah Tidur

Beberapa orang memiliki gangguan susah tidur atau Insomnia. Penyebab Insomnia terjadi karena gangguan emosional seperti stres, rasa cemas yang berlebihan, gelisah atau depresi. Gangguan susah tidur jika dibiarkan terus-menerus, maka dapat mengganggu kesehatan dan kondisi tubuh Anda.

Jika Anda mengalami masalah serupa, Lari pagi bisa menjadi cara alami untuk mengatasi gangguan tidur Anda. Aktivitas olahraga yang Anda lakukan dapat melepas hormon endorphin yang dapat menciptakan perasaan senang. Hal ini tentu akan membantu Anda mengatasi rasa stres dan gangguan emosional lainnya. 

Lebih dari itu, energi yang anda keluarkan untuk lari pagi membuat tubuh Anda lelah. Sehingga di waktu malam, tubuh secara otomatis merespon untuk segera istirahat. Rutinitas lari pagi seyogyanya mampu membuat tidur Anda lebih nyenyak. 

Baca juga : 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

9. Meremajakan Kulit

Manfaat lari pagi berikutnya adalah memperlancar sirkulasi darah. Sehingga dapat membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Menjadikan kulit Anda sehat dan dapat mencegah penuaan dini. Jika Anda mengalami masalah dengan jerawat, keringat yang dihasilkan dari lari pagi dapat mengeluarkan racun atau toksin yang menyebabkan jerawat.

Paparan sinar matahari di pagi hari, saat Anda sedang berlari juga memberikan vitamin D yang bermanfaat bagi kulit Anda. Dengan demikian, lari pagi dapat meremajakan kulit, apalagi jika ditunjang dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

10. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Apakah Anda termasuk orang yang kurang percaya diri? Mungkin saja penyebabnya adalah bentuk fisik Anda yang gemuk. Hal ini tentu membuat Anda kurang nyaman saat berkumpul dengan teman-teman.

Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan melakukan aktivitas fisik seperti rutin lari pagi. Selain menyehatkan tubuh dan stamina meningkat, bentuk tubuh Anda berangsur-angsur mengalami penurunan. Kondisi ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. 

11. Meningkatkan Konsentrasi

Tubuh yang lemas dan terlihat loyo adalah penyebab kurangnya olahraga. Pekerjaan menjadi tidak cepat selesai karena konsentrasi berkurang. Sehingga kadang Anda menjadi malas dalam bekerja karena tugas menumpuk.

Aktivitas lari pagi baik untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Stamina lebih prima serta meningkatnya metabolisme tubuh memberikan aliran oksigen menuju otak lebih lancar. Alhasil, daya ingat serta konsentrasi Anda lebih meningkat.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Sedang Bekerja

12. Mencegah Diabetes

Diabetes atau gula darah adalah penyakit yang bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, Namun, faktor lain yang menyebabkan penyakit ini adalah kebiasaan hidup dan lingkungan. Orang yang memiliki berat tubuh berlebih, cenderung mengalami penyakit diabetes.

Lari pagi bermanfaat mencegah penyakit diabetes. Aktivitas fisik ini selain membakar lemak, juga menurunkan kolesterol pada tubuh. Dengan begitu resiko penyakit diabetes pun ikut menurun.

13. Menunjang Penampilan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari lari pagi adalah menunjang penampilan. Semakin Anda rutin melakukan aktivitas lari pagi, maka bentuk badan Anda akan semakin proposional. Anda akan terhindar dari kegemukan dan membuat Anda menjadi percaya diri.

Baca juga : 9 Cara Sederhana Menjadi Diri Sendiri

14. Membuka Peluang Menjadi Orang Sukses

Manfaat lari pagi yang terakhir adalah membuka peluang menjadi orang sukses. Salah satu tokoh sukses yang mengawali hari dengan lari pagi adalah Barrack Obama. Mantan presiden USA ini menyempatkan lari pagi bersama istri dan anak-anaknya.

Bukan berarti lari pagi membuat Anda sukses secara finansial. Namun, Anda dapat membiasakan diri untuk menjadi orang sukses dengan rutin berolahraga lari pagi. Jika stamina Anda prima, jarang sakit dan konsentrasi terjaga, maka jalan meraih kesuksesan akan lebih terbuka. 

Pada awalnya, memang tidak mudah memulai hari dengan lari pagi. Namun, setelah Anda terbiasa melakukannya dan mengetahui manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh. Anda menjadi lebih semangat untuk melakukan aktivitas lari pagi setiap hari.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *