ilustrasi Memulai Karir untuk Fresh Graduate

Tips Memulai Karir untuk Fresh Graduate agar Cepat dan Lancar

Tidak mudah bagi orang yang baru lulus dari universitas untuk mulai bekerja. Memulai karir untuk fresh graduate tidak hanya sekedar mendapatkan pekerjaan. Harus ada hal lain yang dipertimbangkan. Misalnya saja apakah pekerjaan sesuai dengan jurusan, apakah ada potensi peningkatan karir yang bagus, dan lain sebagainya.

Beberapa orang tidak memikirkan bagaimana 2 tahun, 5 tahun, atau bahkan 10 tahun ke depan. Yang mereka pikirkan adalah bagaimana segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Yang penting, mereka dapat pekerjaan. Itu saja.

Mungkin seperti itu juga yang Anda pikirkan dan akan lakukan. Dan itu bukan hal yang salah. Hanya saja, beberapa dari mereka terjebak dengan kalimat “Yang penting bekerja”. Terkadang, pekerjaan tidak sesuai dengan passion atau bahkan jurusan. Atau bahkan, pekerjaan yang digeluti tidak menawarkan gaji yang bagus dan juga tingkat promosi yang menjanjikan.

Jadi, jika Anda saat ini sedang memulai karir di dunia kerja, Anda perlu tahu tentang karir untuk fresh graduate.

Mulai Kerja di Tempat yang Bagus

Apa yang harus Anda lakukan sebagai fresh graduate? Kebanyakan orang yang baru lulus dari universitas akan berpikir untuk melamar di perusahaan kecil terlebih dahulu. Dengan harapan, yang penting kerja dan mendapatkan pengalaman.

Melamar di perusahaan kecil lebih tinggi potensinya untuk diterima. Jadi, yang terpenting adalah mendapatkan pengalaman. Baru kemudian selanjutnya pengalaman tersebut bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan besar.

Apakah Anda juga berpikir demikian? Jika ya, Tentu pikiran tersebut tidak salah. Namun, coba bandingkan dengan ketika Anda diterima di perusahaan besar. Saat Anda mula karir dengan bekerja di perusahaan besar, seberapa besar potensi Anda untuk bisa mendapatkan pengalaman kerja dan juga gaji yang tinggi di perusahaan lain?

Maka dari itu, jika Ada peluang untuk bisa bekerja di tempat yang bagus, seperti di perusahaan besar dan bonafid, jangan lepaskan kesempatan itu. Mungkin Anda akan bersaing dengan ratusan pelamar kerja yang sudah berpengalaman. Karir untuk fresh graduate memang tidak mudah. Tidak seperti mereka yang sudah berpengalaman.

Namun, Anda harus tahu, pemilik perusahaan juga tidak semerta-merta menerima pelamar yang sudah punya pengalaman kerja. Ada hal lain yang dipertimbangkan seperti mengapa mereka pindah kerja. Karena bagaimanapun juga, perusahaan tidak ingin meng hire karyawan yang mudah bosan dan tidak punya dedikasi dengan perusahaan.

Jadi, mulailah berkarir di perusahaan besar dan bagus jika kesempatan itu ada. Karena Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik sehingga Anda punya kesempatan berkarir yang jauh lebih baik lagi nanti.

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Perusahaan Besar

Jadi, sudah tidak lagi grogi untuk berkarir di perusahaan besar? Meskipun Anda fresh graduate, percaya saja bahwa kesempatan itu ada. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara agar Anda dilihat oleh perusahaan dan akhirnya terpilih sebagai karyawan.

1. Buat CV yang Menarik

Sebagai pencari kerja, maka Anda harus meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda orang yang tepat untuk mereka hire. Cara membuat mereka yakin adalah dengan membuat CV yang baik dan beda. Baik saja tidak cukup tapi juga harus menarik sehingga beda dari yang lain.

Bagaimana cara membuat CV yang menarik? Setidaknya ada tiga komponen penting:

– Buat CV pendek tapi padat informasi

Tidak perlu Anda membuat CV berlembar-lembar. Bahkan, sangat disarankan agar Anda membuat CV dalam satu lembar. Hanya saja, dalam 1 lembar tersebut, terdapat informasi yang padat alias lengkap, seperti data diri, background Pendidikan, pengalaman organisasi, skill yang dimiliki, dan lain sebagainya.

– Gunakan Template CV yang Bagus

Jangan menulis CV di satu kertas plain. Gunakan template CV yang paling menarik yang bisa menggambarkan siapa diri Anda.

– Tuliskan apa yang Penting

Terkadang, pelamar menyertakan apa saja yang mereka dapatkan sekalipun itu tidak ada kaitannya dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Sebaiknya, hal tersebut dihindari. Tuliskan skill apa yang Anda miliki yang bisa mendukung Anda sehingga bisa bekerja dengan baik di posisi yang Anda lamar.

2. Gunakan Media Sosial secara Bijak

Karir untuk fresh graduate, terutama yang tidak punya pengalaman kerja, sangat ditentukan oleh media sosial. Apa maksudnya? HRD biasanya mencari tahu karakter seseorang yang melamar dari media sosialnya. Jika konten yang diposting itu positif, maka kemungkinan besar diterima. Atau setidaknya ia dipanggil untuk tahap wawancara.

Namun, jika media sosial digunakan untuk share berita apa yang tidak jelas kebenarannya, tidak akan mungkin orang seperti itu dipanggil untuk tes wawancara. Maka dari itu, bijaklah bermedia sosial. Karena media sosial bagi orang yang tidak kenal Anda bisa digunakan untuk meraba seperti apa karakter diri Anda.

3. Siapkan Mental untuk Wawancara

Anda harus bersyukur jika mendapatkan panggilan wawancara. Itu artinya Anda orang yang cukup impresif dilihat dari CV dan mungkin juga media sosial Anda. Saat Anda akan datang untuk tes wawancara, siapkan mental. Karena kesan pertama saat Anda diwawancarai sangat penting untuk menentukan apakah Anda benar-benar karyawan yang sedang dicari atau tidak.

4. Siapkan Jawaban Terbaik

Saat wawancara, selalu ada pertanyaan yang diajukan. Tentu saja bukan tentang diri sendiri karena biodata Anda sudah dibaca di CV yang Anda kirim. Yang ditanya biasanya tentang rencana jangka pendek dan jangka panjang, kemampuan untuk mengatasi pekerjaan berat di perusahaan, dan lain sebagainya.

Dan satu pertanyaan jebakan yang dari awal harus Anda siapkan jawabannya sebelum tes wawancara, yaitu ketika Anda ditanya seputar gaji. Jangan mengatakan berapapun gaji Anda terima karena itu tidak menunjukkan bahwa Anda berkualitas dan percaya diri. Anda harus tentukan nominal gaji yang Anda ingin dapatkan beserta alasannya.

5. Tunjukkan bahwa Anda Tertarik Menjadi Bagian dari Perusahaan

Ketika wawancara, Anda sebaiknya selipkan kalimat yang menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik dengan perusahaan. Mungkin Anda bisa baca dulu visi dan misi perusahaan. Anda bisa membaca apa saja yang sudah dilakukan perusahaan.

Tunjukkan bahwa Anda juga begitu senang dengan apa yang perusahaan lakukan selama ini. Itu bisa membuat pewawancara yakin bahwa Anda orang yang membantu perusahaan mewujudkan visi dan misinya.

Itulah tips memulai karir untuk fresh graduate. Yang pasti, jangan berkecil hati karena Anda juga punya kesempatan yang sama seperti halnya orang yang sudah berpengalaman lainnya.

 

Previous Post

10 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut Pada Diri Sendiri

Next Post

9 Tips Ampuh Cari Pasangan Hidup yang Tepat untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *