Tips Mencari Distributor Sembako Murah Offline dan Online

cara mencari distributor sembako murah

Mencari Distributor Sembako – Salah satu hal terpenting jika┬áingin membuka usaha sembako adalah Anda harus memiliki distributor untuk pemasok barang dagangan Anda. Ada banyak agen distributor sembako yang bisa Anda ajak kerja sama sesuai dengan produk yang mereka tawarkan seperti Wings, Indomarco, P&G, Unilever, dan distributor lokal yang menyediakan produk tersendiri.

Jika Anda khawatir apakah distributor akan menerima toko Anda sebagai agen, maka Anda tidak perlu khawatir. Mereka bisa menerima toko Anda selama toko Anda tidak terlalu kecil.

Anda bisa mendapatkan distributor sembako murah dengan cara online atau offline. Namun biasanya jika Anda melakukan pemesanan secara online. Barang tersebut harganya akan sedikit lebih mahal daripada yang offline.

Dibawah ini adalah langkah-langkah mendapatkan distributor sembako murah baik secara offline dan online :

Mencari Distributor Sembako Secara Offline

1. Mencari Nomor Telepon Salesman Distributor

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari nomor telepon milik salesman distributor atau akan sangat bagus jika Anda bisa mendapatkan nomor milik supervisornya. Anda bisa mendapatkan nomer salesman ini dari teman Anda sesama pemilik toko sembako.

Jika bisa, mintalah semua nomor telepon salesman yang dia miliki. Sehingga Anda bisa mendaftar di masing-masing distributor sembako. Jika tidak ada nomor salesman pun Anda juga bisa meminta nomer telepon milik deliverymannya.

Baca juga : 7 Penyebab toko sembako sepi pembeli dan cara mengatasinya

2. Ajukan Permohonan pada Salesman/Supervisor

Setelah Anda mendapatkan nomer telepon milik salesman atau supervisor distributor. Anda bisa menelpon mereka untuk mengajukan toko Anda sebagai agen resmi mereka. Biasanya mereka akan menerima Anda dengan persyaratan fotokopi KTP dan Kartu krluarga.

Jika dalam 2 minggu mereka tidak datang ke toko Anda. Coba hubungi kembali, mungkin saja nama Anda terlewat oleh mereka. Jika mereka menyanggupi, tentu mereka akan datang untuk mensurvey terlebih dulu toko kelontong Anda.

3. Mendatangi Kantor Distributor

Jika Anda tidak juga didatangi oleh salesman, Anda bisa langsung datang ke distributor yang Anda tuju. Carinya di Google atau melihat alamat di faktur penjualan milik distributor. Anda bisa meminjam faktur milik teman Anda sesama toko kelontong untuk melihat daftar alamat distributor sembako tersebut.

Jika Anda langsung datang ke kantor, permintaan Anda akan segera di proses dan Anda akan menjadi agen resmi distributor tersebut. meskipun Anda tidak akan langsung mendapatkan kredit limit.

4. Ajukan Kredit Limit Kepada Distributor

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi agen distributor adalah Anda bisa mendapatkan kredit limit. Kredit limit adalah batasan hutang yang bisa Anda gunakan.

Jadi Anda bisa berhutang kepada distributor dengan mengambil barang yang Anda perlukan kemudian membayarnya 1-2 minggu setelah pengiriman. Tentu saja besarnya hutang akan dibatasi oleh distributor terkait. Mereka akan melihat kemampuan toko sembako Anda terlebih dahulu.

Anda dapat mengajukan kredit limit ini setelah menjadi agen resmi mereka selama setidaknya 3-4 bulan. Dan Anda sudah bisa melakukan pembayaran dengan lancar.

Simak juga : 11 Cara menjadi agen sembako yang sukses

Tips Agar Bisa Diterima Sebagai Agen Resmi Berkredit Limit Besar

Teman saya pernah bekerja sebagai seorang admin di distributor Indomarco. Dan ini tips yang bisa Anda lakukan jika ingin menjadi distributor baik untuk Indomarco maupun distributor lain dengan batas hutang yang tinggi

A. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu dan Jangan Telat

Salah satu pertimbangan utama distributor sembako memberikan kredit limit besar adalah seberapa tepat pembayaran Anda. Apakah sering melebihi tanggal jatuh tempo atau tidak. Jika Anda sering mengalami keterlambatan dalam pembayaran, maka hal tersebut akan tercatat di sistem mereka dan akan menyulitkan Anda untuk menaikkan kredit limit Anda.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk rutin melakukan pembayaran tepat waktu saat Anda mengajukan kredit limit dalam jumlah kecil. Jika dianggap bagus, mereka tentu akan mempertimbangkan ketika Anda mengajukan kredit limit dalam jumlah besar

B. Jumlah Belanja

Hal lain yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi agen sembako yang besar adalah belanja dalam jumlah besar. Tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan toko sembako Anda.

Jika Anda masih baru dalam membuka toko sembako. Anda harus berusaha untuk mendatangkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Buatlah toko sembako Anda ramai pembeli setiap harinya.

Semakin banyak Anda menjual barang di toko, maka belanja Anda akan semakin tinggi di distributor dan Anda pun bisa mendapatkan kredit limit yang lebih tinggi.

Cara lain adalah Anda bisa mengikuti program tertentu yang diadakan oleh mereka. Sehingga Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dan bisa belanja lebih banyak.

Baca lebih lanjut tentang tips sukses membuka usaha sembako dengan modal kecil

Mencari Distributor Sembako Secara Online

aplikasi kudo1. Langsung Pesan di Situs Resmi Distributor

Sebagian distributor sudah menggunakan sistem online untuk menjual barangnya. Salah satunya adalah Indomarco, Anda bisa memesan barangnya melalui situs resminya, idmarco.com.

Setelah Anda melakukan pembayaran, barang akan dikirimkan kepada Anda esok harinya oleh pengiriman. Namun harga yang ada di situs ini berbeda dengan jika Anda menjadi agen resmi secara offline.

2. Menggunakan Distributor Online Pihak Ketiga

Selain distributor resmi yang mendapatkan barang langsung dari pabrik. Anda juga bisa kulak dari distributor lainnya yang sudah banyak dipercaya pebisnis sembako. Ada banyak distributor yang siap mengirimkan barang kepada Anda, diantaranya Kudo dan Mitra Bukalapak.

Anda dapat menginstall aplikasinya di Google Playstore. Daftarkan diri Anda menjadi mitra mereka. Baik Kudo maupun Mitra Bukalapak, mereka menjual sembako secara online dan barang tersebut bisa Anda pesan melalui aplikasi.

Mungkin harganya sedikit lebh mahal dibandingkn distributor offline. Namun ini bisa Anda gunakan jika memang stok Anda sudah habis dan Anda mau tidak mau harus mengisi stok tersebut hari itu juga.

Itulah cara mencari distributor secara online dan offline. Menemukan distributor yang tepat tentu akan memudahkan Anda dalam memajukan toko sembako Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *