10 Kerja Sampingan Online di Rumah yang Sangat Menjanjikan

ilustrasi kerja sampingan online yang menjanjikan

Kerja Sampingan Online – Kebutuhan hidup yang semakin tinggi terkadang membuat gaji terasa tidak pernah cukup. Entah itu Anda yang bekerja sebagai seorang karyawan, pegawai negeri maupun buruh. Keinginan untuk bisa hidup layak di saat sekarang dan masa depan mengharuskan Anda untuk mencari uang tambahan di luar jam kerja.

Akan tetapi jam kerja yang begitu padat tentunya menghambat Anda untuk melakukannya. Kalaupun harus kerja malam di luar, konsekuensinya Anda tidak bisa berkumpul dengan keluarga. Kalau memaksa kerja sampingan di hari libur, anda mungkin tidak mampu karena Anda tetap membutuhkan waktu untuk istirahat dan bersantai.

Solusinya, Anda harus bisa mencari cara mendapatkan uang tambahan di sela-sela kesibukan profesi Anda. Beruntung sekarang kita hidup di jaman yang sudah modern dimana perkembangan internet sudah semakin maju. Ada banyak kerja sampingan online yang tidak banyak menyita waktu.

Yang menarik dari kerja online ini, Anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun, termasuk di rumah. Jadi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus tetap berkumpul dengan keluarga.

Berikut ini 10 kerja sampingan online 2019 dirumah yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu istirahat

1. Menjadi Blogger

ilustrasi kerja online menjadi blogger part timeMembicarakan tentang blogger jadi ingat apa yang saya alami. Sekitar awal tahun 2017 saya pernah mengalami kesulitan keuangan. Mau mencari penghasilan tambahan tidak punya banyak waktu karena terbentur jam kerja kantor. Mau kerja part time di malam hari rasanya tidak tega keluar dari rumah karena waktu itu anak saya masih kecil.

Akhirnya saya browsing di internet dan menemukan artikel tentang cara menghasilkan uang dari blog. Berhubung saya suka nulis, akhirnya saya membuat blog matahidup.com ini.

Menjadi seorang blogger memang tidak akan langsung menghasilkan uang. Anda dituntut untuk terus update artikel dan membangun blog Anda. Namun seiring berjalannya waktu, kerja keras Anda akan membuahkan hasil. Sampai saat ini penghasilan saya dari menjalani profesi blogger part time ini bahkan bisa melebihi gaji saja di kantor.

Oleh sebab itu, tidak salah jika saya memasukkan profesi ini sebagai kerja sampingan online terpercaya. Karena saya sudah membuktikannya. Selain tidak menyita banyak waktu, membuat blog juga tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan bisa dikatakan pekerjaan sebagai blogger merupakan kerja online tanpa modal jika Anda memanfaatkan situs gratisan seperti blogger.com.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Anda bisa mengikuti program periklanan PPC seperti Google Adsense yang memang menjadi pilihan favorit para blogger pemula.

Disamping itu, Anda juga bisa mendapat income pasif dari affiliate marketing, memasang iklan mandiri, menjual produk atau jasa, influencer dan lain-lain.

Yang menarik dari profesi sebagai blogger, Anda dapat mengelola beberapa blog sekaligus. Sehingga pendapatan Anda bisa berkali-kali lipat tentunya. Saya sendiri sekarang memiliki 3 blog aktif selain blog ini yang lumayan bisa memberikan tambahan penghasilan.

Jika Anda berminat melakoni profesi ini, silahkan simak artikel saya sebelumnya yakni cara mendapatkan uang dari blog, siapa tahu bisa memberikan Anda gambaran tentang kerja freelance online yang satu ini.

2. Menjadi Penulis Lepas / Content Writer

Seiring dengan semakin banyaknya orang menjalani profesi blogger. Peluang usaha sampingan yang bisa Anda coba ialah menjadi penulis lepas atau content writer.

Seperti yang saya katakan di poin sebelumnya, satu orang bisa memiliki banyak blog. Dan blog membutuhkan artikel agar bisa terus update. Menulis banyak artikel tentu menghabiskan banyak waktu. Solusinya tentu saja membeli artikel atau mempekerjakan orang lain untuk menulis artikel di blognya.

Maka dari itu, jika Anda tidak sabar ingin segera menghasilkan uang dari tulisan yang Anda buat. Menjalani profesi sebagai penulis lepas bisa menjadi salah satu kerja sambilan online untuk menambah penghasilan online.

Saya sendiri dulu juga sempat melakoni profesi ini. Sambil menunggu blog saya berkembang, saya juga menerima orderan artikel dari pemilik blog lain. Untuk artikel bahasa Indonesia panjang 500 kata bisa dipatok harga Rp 10.000 – Rp 14.000. Semakin panjang artikel harganya tentu lebih mahal.

Anda juga bisa mencari lowongan kerja online di situs seperti fastwork.id. Setelah Anda bergabung, Anda bisa menawarkan jasa menulis conten disana. Berikan deskripsi yang menarik agar klien tertarik menggunakan jasa Anda. Untuk satu penulisan disini, rata-rata orang memasang tarif mulai dari Rp 100.000.

Selain kedua cara diatas, Anda juga bisa menjadi penulis di situs-situs besar seperti UC News, Babe, Jalan Tikus, IDNTime, Nulis dan lain-lain. Situs-situs tersebut beranii membayar mahal tulisan Anda jika memang berkualitas dan banyak dibaca.

Simak juga : 20 Usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil

3. Menjadi Content Creator Youtube

ilustrasi pekerjaan sampingan menjadi youtuberSaat ini media video online Youtube telah mencuri perhatian banyak generasi milenial. Bukan hanya karena mudahnya mencari berbagai macam video yang ingin ditonton. Namun sekarang banyak orang tertarik untuk menghasilkan uang dari Youtube.

Penghasilan menjadi seorang content creator Youtube atau biasa di sebut youtuber memang sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri sudah banyak youtuber yang sukses mendapatkan gaji ratusan juta rupiah per bulan. Salah satu contohnya channel Arif Muhammad dengan Mak Betinya atau channel Mael Lee yang terkenal sebagai preman terkuat di bumi.

Bahkan sekarang para artis juga berbondong-bondong membuat channel Youtube sendiri. Seperti Anji, Deddy Corbuzier, Sule, Natasha Wilona dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa penghasilan yang didapat dari Youtube sangatlah menjanjikan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba kerja sampingan online yang satu ini. Ada banyak kategori video yang menarik dan banyak disukai pemirsa Youtube. Diantaranya video lucu, video parody, video prank, video memasak, video cover, video tutorial dan lain-lain.

Pilihlah yang sekiranya sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Siapa tahu Anda berkesempatan menjadi orang sukses dan terkenal dengan mengupload video di Youtube.

Untuk lebih jelasnya tentang profesi ini, silahkan simak artikel saya lainnya tentang cara menjadi youtuber sukses dan terkenal.

4. Mencoba Bisnis Dropship / Reseller

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam hal marketing, salah satu peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan ialah mencoba bisnis dropship atau reseller. Salah satu bisnis online ini sangat banyak diminati banyak orang.

Alasannya karena bisnis dropship mudah dijalankan dan hanya membutuhkan modal kecil. Bahkan bisa dibilang bisnis dropship merupakan kerja sampingan online tanpa modal.

Kenapa saya katakan bisnis tanpa modal?

Karena sistem kerja dropship memungkinkan Anda menjual barang kepada konsumen tanpa harus menyetok barang.

Maksudnya begini, sebagai contoh Anda jualan baju online di media sosial Facebook. Anda hanya perlu posting foto produk dari supplier dan menawarkannya ke konsumen. Anda bisa memasang harga lebih tinggi dari harga yang ditetapkan supplier.

Misalnya harga baju dari supplier Rp 100.000, Anda menjualnya ke konsumen Rp 150.000. Ketika ada pembeli yang tertarik, dia akan mengirim uang ke rekening Anda sejumlah Rp 150.000.

Selanjutnya Anda tinggal menghubungi supplier dan mengirimkan uang sesuai harga dari supplier yakni Rp 100.000. Setelah itu supplier akan mengirimkan barang langsung ke alamat konsumen atas nama toko online Anda. Jadi keuntungan yang Anda peroleh sebesar Rp 50.000.

Bayangkan jika dalam sehari Anda bisa menjual 10 produk dengan mengambil keuntungan Rp 10.000 saja. Tentu penghasilan Anda bisa mencapai Rp 100.000 dalam sehari. Dan selam sebulan Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp 3.000.000 tanpa harus keluar modal.

Itu hanya contoh kecil saja. Karena nyatanya para dropshiper yang sudah mahir malah bisa menjual 100 produk dalam sehari. Belum lagi jika mereka pintar memainkan harga, pasti keuntungan yang didapat semakin besar.

Baca juga : Cara memulai bisnis dropship dari marketplace

5. Menjadi Translator /Penerjemah Online

ilustrasi lowongan kerja penerjemah onlineBagi Anda yang mahir berbahasa asing, ada lowongan kerja online yang sangat menjanjikan. Yaitu menjadi penerjemah bahasa. Usaha sampingan ini terbilang mudah dijalankan. Tentu saja jika Anda sudah menguasai bahasa asing tertentu, terutama bahasa Inggris.

Tugas Anda hanyalah menerjemahkan tulisan seperti artikel atau makalah. Kemudian tulis kembali dalam bahasa sesuai permintaan klien.

Nah, langkah awal untuk memulai bisnis sampingan ini ialah membuat portofolio pribadi Anda. Cobalah untuk menerjemahkan artikel di internet. Setelah ditulis dengan bahasa berbeda, pasangkan naskah asli dengan naskah hasil terjemahan Anda. Buatlah beberapa naskah sebagai modal Anda untuk mencari kerja online.

Selanjutnya Anda bisa bergabung dengan komunitas atau situs yang bisa mempekerjakan keahlian Anda seperti freelancer.co.id. Di situs tersebut, Anda bisa menawarkan keahlian Anda. Sertakan portofolio yang sudah Anda buat agar calon klien tertarik menggunakan jasa Anda.

Berapa penghasilan menjadi seorang translator atau penerjemah online?

Biasanya Anda akan dibayar per halaman untuk setiap tulisan yang berhasil Anda terjemahkan. Kalau di Indonesia rata-rata tarif per halaman sekitar Rp 150.000. Jika Anda mendapat proyek hingga 10 halaman, tinggal Anda kalikan saja.

Ada juga penerjemah online yang dibayar per jam bahkan per bulan. Biasanya untuk pembayaran per bulan pastinya sudah ada kontrak terlebih dahulu. Dan tentu saja bayarannya akan lebih besar.

Oleh sebab itu, jangan sia-siakan keahlian Anda dalam berbahasa asing, karena ternyata bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang sangat menjanjikan.

6. Jasa Desain Grafis

Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam hal menggambar via computer, salah satu kerja sampingan online yang bisa Anda coba ialah membuka jasa desain grafis. Bisnis yang satu ini sekarang juga sedang di gandrungi anak-anak muda. Karena penghasilan yang didapat lumayan besar.

Anda bisa bergabung ke dalam situs-situs penyedia jasa freelance seperti guru.com, 48hourselogo, coroflot.com dan lain-lain. Kemudian buatlah portofolio dan menggungahnya di situs-situs tersebut. Tujuannya agar dapat dilihat oleh calon klien.

Ketika ada proyek datang, Anda akan mendapat pemberitahuan via email. Jika Anda menerima dan mengerjakan proyek tersebut, maka Anda akan mendapatkan bayaran. Bahkan Anda juga bisa langsung berhubungan dengan klien jika mereka cocok dengan hasil desain Anda.

Situs desain dan logo seperti 99designs.com bahkan sering mengadakan kontes untuk para desainer lepas. Setelah klien menulis rincian tentang proyek yang akan dikerjakan. Para desainer lepas akan berlomba-lomba membuat desain logo. Anda tidak perlu takut berkompetisi karena yang mengikuti kontes rata-rata juga seorang pemula seperti Anda.

Rekomendasi Artikel : 

15 Jenis peluang bisnis online terbaru dengan modal kecil

7. Menjadi Admin Media Sosial

ilustrasi kerja sampingan admin media sosialJika Anda hobi menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter, baik untuk update status atau hanya sekedar kepo melihat status orang lain, lebih baik hentikan hobi Anda ini karena tidak bermanfaat dan tentunya nggak menghasilkan.

Lebih baik cobalah mencari tambahan gaji dengan menjadi admin media sosial. Karena profesi yang satu ini bayarannya cukup besar loh. Anda bisa menjadi admin media sosial sebuah perusahaan atau instansi.

Tugas Anda adalah meningkatkan nilai jual perusahaan di mata pengunjung media sosial. Untuk itu, Anda harus rutin mengupload foto produk atau conten-conten yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Tidak sudah mencari lowongan pekerjaan menjadi admin media sosial. Cobalah kunjungi situs-situs penyedia jasa freelance. Anda akan menemukan banyak lowongan disana.

Untuk penghasilan yang Anda dapatkan bervariasi. Tergantung seberapa besar perusahaan yang menjadi klien Anda. Setidaknya Anda bisa meraup penghasilan Rp 3 juta per bulan dari kerja sampingan ini.

8. Menjadi Buzzer Media Sosial

Jika Anda memiliki puluhan ribu followers di akun media sosial seperti Instagram. Anda bisa tuh memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dari internet. Tugas Anda hanyalah mempromosikan sebuah brand atau produk dari perusahaan.

Penghasilan menjadi buzzer terutama di Instagram cukup menjanjikan loh. Bahkan untuk akun yang memiliki ratusan ribu follower, bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta per bulannya.

Meskipun begitu, untuk menjadi seorang buzzer tidak mudah. Syarat utamanya tentu saja Anda harus memiliki pengikut yang sangat banyak. Karena para pengiklan tentu akan senang jika produknya dipromosikan oleh akun yang memiliki ribuan pengikut aktif.

Karena Anda masih pemula, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada toko online yang followersnya masih sedikit. Tawarkan harga yang murah agar mereka tertarik menggunakan jasa Anda. Misalnya sekali posting produk Rp 100 ribu – Rp 200 ribu.

Yang menarik dari kerja sampingan online yang satu ini, semakin banyak jumlah followers, maka Anda bisa menaikkan tarif lebih mahal kepada para pengiklan. Dengan begitu penghasilan Anda akan lebih besar.

Simak juga : 8 Cara mendapatkan uang dari Instagram

9. Input Data Online

Kerja sampingan online input data adalah salah satu peluang bisnis tanpa modal yang mudah dijalankan dan tidak memerlukan skill khusus. Dikatakan mudah karena tugas Anda hanya memindahkan data dari satu sumber ke dalam sebuah file atau sebaliknya.

Namun Anda harus hati-hati, ketika Anda mengetik kata “input data online” di Google, akan banyak penawaran kerja input data yang akan membuat Anda tertarik. Anda jangan langsung ambil ketika ada iklan yang mengiming-imingi bayaran tinggi. Apalagi jika Anda diminta untuk memberikan informasi pribadi dan rekening bank.

Untuk itu, Anda bisa mencari lowongan pekerjaan ini di situs-situs yang sudah terpercaya seperti Sribulancer. Disana Anda akan menemukan penawaran kerja input data yang jelas asal-usulnya.

Penghasilan menjadi input data atau entri data lumayan besar. Jika Anda menemukan penawaran yang tepat, Anda bisa dibayar Rp 200 hingga Rp 400 ribu sekali menyelesaikan satu proyek.

10. Mengikuti Survey Online

Lowongan kerja freelance lainnya yang mudah dijalankan ialah mengikuti survey online. Dikatakan mudah karena tugas utama Anda hanyalah mengisi survey secara online.

Saat ini, ada banyak situs survey online yang bisa Anda coba. Namun di Indonesia sendiri, belum ada situs survey yang berani membayar dengan harga tinggi. Karena kebanyakan situs-situs tersebut mengincar negara maju seperti USA atau Inggris.

Beberapa situs survey online yang terpercaya diantaranya ClixSense, Global Test Market, iPanel, Opinion World, SurveyOn, YouGov Indonesia dan lain-lain.

Ketika Anda berhasil menyelesaikan sebuah survey dari salah satu situs diatas, Anda akan menerima sejumlah poin yang nantinya bisa Anda tukar dalam bentuk uang. Semakin banyak poin yang Anda kumpulkan, maka penghasilan Anda akan semakin besar.

Pekerjaan utama memang bisa memberikan jaminan untuk masa depan Anda. Tapi alangkah baiknya jika Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan meskipun tidak harus keluar rumah. Cobalah salah satu dari 10 kerja sampingan online diatas. Siapa tahu bisa memberikan tambahan penghasilan untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *