10 Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari Yang Menakjubkan

14 manfaat minum air putih dipagi hariManfaat minum air putih dipagi hari ternyata banyak sekali. Apalagi bagi manusia yang didalam tubuhnya terdapat kandungan air sekitar 55%-78%. Jika hal ini tidak terpenuhi bisa mengakibatkan dehidrasi. Maka tak heran jika menyebut air sebagai sumber kehidupan makhluk hidup didunia ini.

Minum air putih tentu berbeda dengan minuman jenis lain seperti kopi, minuman bersoda atau minuman berenergi. Minuman tersebut biasanya memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan malah bisa menyebabkan banyak penyakit.

Oleh sebab itu, cukupkanlah tubuh anda dengan mengkonsumsi air putih. Terutama dipagi hari dimana keadaan perut masih kosong. Tapi jangan sampai berlebihan karena bisa menyebabkan ketergantungan.

Dilansir dari Wikipedia.org sebagaian orang beranggapan bahwa manusia butuh 8-10 gelas atau sekitar 2 liter per hari. Akan tetapi sebuah penelitian dari Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 mengemukakan bahwa mengkonsumsi 8 gelas air putih tidak terbukti membantu banyak dalam menyehatkan tubuh. Minum air putih memang menyehatkan tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan hiponatremia yakni membuat natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

Berikut 14 manfaat minum air putih dipagi hari yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat minum air putih yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Karena dipagi hari dimana perut masih dalam keadaan kosong, air putih dapat membantu menyeimbangkan limfatik yang berguna untuk meningkatkan imunitas.

Jika sistem kekebalan tubuh kuat secara otomatis dapat membuat anda terhindar dari berbagai penyakit yang dibawa oleh virus sehingga anda tidak akan mudah jatuh sakit.

2. Metabolisme Tubuh Terjaga

Apakah anda pernah mendengar diet air putih? Air putih nyatanya memang bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh mencapai sekitar 25 %. Hal ini tentunya membantu anda yang sedang melakukan diet. Karena dengan metabolisme yang terjaga, maka nutrisi yang anda konsumsi terserap dengan cepat sehingga dapat menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Mencegah Dehidrasi

Akibat kurang minum air putih adalah dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan fungsi kelainan otak seperti kurang konsentrasi dan kemampuan berfikir. Selain itu secara fisik dapat membuat orang menjadi cepat lelah, mudah sakit kepala, lemas sampai pingsan. Dan lebih parah lagi bisa menyebabkan kematian. Sudah banyak kasus orang meninggal akibat overdehidrasi.

Oleh karena itu, cukupkanlah minum air putih dalam sehari. Kebutuhan air putih disetiap daerah tentu berbeda-beda. Tergantung kondisi cuaca didaerah masing-masing. Begitupun tingkat aktifitas setiap orang. Mereka yang sering berolahraga tentu harus mengkonsumsi air lebih banyak daripada yang jarang berolahraga.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Dalam Hidup

4. Memperlancar Buang Air Besar

Manfaat minum air putih berikutnya adalah memperlancar buang air besar. Tubuh yang kekurangan cairan ternyata bisa membuat feses mengeras sehingga sulit untuk keluar. Maka dari itu, air putih bisa membantu semua yang anda makan bergerak melalui usus menuju tempat pembuangan. Meskipun sebenarnya minum air putih juga tidak akan menjamin anda mudah buang air besar jika ada masalah lain ditubuh anda seperti kurangnya serat.

5. Membersihkan Organ Perut

manfaat minum air putih bagi organ perutSalah satu manfaat air putih adalah membersihkan organ perut seperti usus besar. Apalagi jika dikonsumsi dipagi hari yang mana dapat membuang limbah berbahaya yang biasanya menumpuk dalam usus. Sehingga dapat menyerap nutrisi lebih cepat.

Karena jika usus kebanyakan limbah bisa mengakibatkan terkena kanker usus besar atau kolon yang bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita.

6. Mencerahkan Kulit

Jika ingin kulit tidak kusam lagi maka konsumsilah air minum secara teratur. Terutama dipagi hari setelah bangun tidur. Air putih dapat membantu membersihkan racun didalam darah sehingga dapat menyamarkan noda hitam yang biasa disebabkan oleh radikal bebas. Kulit anda bisa jadi tampak berseri dan bercahaya.

Baca juga : 21 Manfaat Berhenti Merokok Yang Luar Biasa Bagi Hidup Anda

7. Meningkatkan Energi

Dehidrasi bisa menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan. Segelas air putih hangat dapat membantu memperlancarnya masuknya oksigen dalam tubuh dan sel darah merah mengalir lebih lancar. Hal ini tentunya dapat membuat energi anda kembali dan anda akan lebih semangat bekerja dan memulai aktifitas.

8. Mengurangi Sakit Kepala

Sakit kepala biasa terjadi karena kurangnya cairan dan oksigen dalam tubuh. Kebanyakan disebabkan karena dehidrasi yang tentunya dapat mengganggu aktifitas anda. Minum air putih dipagi hari ternyata dapat mengurangi sakit kepala atau migrant secara alami.

9. Membuang Racun Dalam Tubuh

Manfaat minum air putih selanjutnya dapat menghilangkan segala racun didalam tubuh. Cobalah untuk membiasakan diri minum air putih dalam keadaan perut kosong dipagi hari. Agar air yang anda konsumsi dapat membuang sampah sampah dan racun melalui keringat dan air seni sehingga bisa menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Baca juga : 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

10. Mencegah Kenaikan Berat Badan

manfaat minum air putih unuk dietJika anda sedang melakukan diet ketat, air putih menjadi solusi yang cukup tepat anda konsumsi secara teratur. Mengapa demikian? Karena bisa dibilang air putih sama sekali tidak berkalori sehingga mau minum sebanyak apapun tidak akan membuat anda gemuk. Malah akan membantu anda menjaga metabolisme tubuh yang berperan dalam menurunkan berat badan lebih cepat.

11. Menumbuhkan Rambut

Kebotakan yang terjadi pada seseorang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya akibat dehidrasi. Minum air putih secara teratur dipagi hari nyatanya dapat memberikan nutrisi yang cukup pada rambut. Hal ini tentunya dapat menjaga kualias rambut agar tidak mudah rontok.

12. Mencegah Gangguan Pencernaan

Kadar asam yang meningkat didalam perut adalah penyebab utama gangguan pencernaan. Apalagi bagi para penderita maag yang mana asam lambung terasa kembali ke kerongkongan. Jika anda sudah mengalami hal seperti ini bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan cairan.

Oleh sebab itu, untuk menghindari gangguan pencernaan konsumsilah air putih dipagi hari yang dapat membantu menekan dan mengencerkan asam lambung yang mulai naik.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

13. Mencegah Batu Ginjal

Minum air putih yang cukup faktanya dapat mengencerkan asam yang juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Oleh karenanya segeralah minum air putih setelah bangun tidur agar dapat membantu meringankan kerja ginjal sehingga kesehatan ginjal anda terjaga.

14. Mengurangi Bau Mulut

Memiliki bau mulut yang tidak sedap tentunya dapat mengganggu kenyamanan anda ketika berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu cobalah untuk minumlah air putih terutama dipagi hari dimana bau mulut tidak enak setelah bangun tidur.

Banyak manfaat minum air putih yang bisa anda dapatkan. Oleh karenanya, jangan sampai anda kekurangan air putih agar anda terhindar dari segala macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...