17 Bisnis untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

ilustrasi bisnis untuk mahasiswaMenjadi seorang mahasiswa dituntut untuk bisa berpikir lebih kreatif. Apalagi bagi Anda yang berstatus sebagai mahasiswa perantauan yang mana pasti membutuhkan biaya besar. Daripada Anda terus menunggu kiriman dari orang tua, ada baiknya mulailah mencari bisnis sampingan kecil-kecilan. Kalau Anda pintar membaca peluang, sebenarnya ada banyak kok peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan.

Memang benar sebagai mahasiswa tugas utama Anda adalah menimba ilmu. Akan tetapi jika Anda bisa merintis usaha sendiri di sela-sela waktu Anda pasti akan sangat menyenangkan. Kebanyakan usaha untuk mahasiswa juga tidak menyita banyak waktu.

Bagaimanapun juga memulai sebuah bisnis tidak harus ketika Anda sudah menyelesaikan pendidikan akademik. Toh, pada akhirnya Anda lulus kuliah pun tujuannya agar dapat kerjaan. Siapa tau dari usaha sampingan yang Anda jalankan sekarang, bisa menjadi bekal untuk menghadapi masa-masa setelah Anda wisuda.

Lagipula, mencari pekerjaan sekarang ini cukup sulit. Meskipun Anda membawa titel sarjana. Buktinya banyak juga lulusan universitas yang menganggur. Pada akhirnya mereka banting setir menjadi pengusaha mandiri.

Jadi lebih baik mulailah untuk belajar berbisnis dari sekarang. Anda tidak perlu mengkhawatikan masalah modal. Karena hampir merata bisnis yang saya uraian dibawah ini hanya membutuhkan modal kecil.

Berikut ini 17 bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

1. Jualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet

bisnis sampingan mahasiswa jualan pulsaNah, jika Anda mencari bisnis kecil-kecilan untuk mahasiwa yang tergolong mudah dijalankan, Anda bisa mencoba jualan pulsa elektrik dan paket data internet. Meskipun keuntungan yang didapat kecil, namun jualan pulsa tetap menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Alasannya hampir semua orang membutuhkannya. Saya yakin teman-teman kuliah Anda semuanya memiliki handphone. Tidak hanya satu, beberapa diantaranya sampai punya dua bahkan tiga. Anda bisa melayani kebutuhan pulsa mereka dan juga teman-teman kost Anda.

Jika Anda bisa memiliki 100 pelanggan saja, keuntungan yang didapat pastinya cukup besar. Apalagi untuk memulai bisnis ini Anda hanya perlu modal handphone dan mengisi saldo di agen pulsa terdekat.

Jika Anda tertarik dengan bisnis ini, silahkan baca 13 cara jualan pulsa untuk pemula.

2. Bisnis Makanan Ringan

Jangan meremehkan bisnis kecil-kecilan seperti makanan ringan. Karena jika Anda tekun, keuntungan yang didapat sangat besar loh. Anda bisa berkaca dari kesuksesan Sidik Amin Mubarok, seorang mahasiswa Universitas Padjadjaran yang sukses menjalankan bisnis keripik singkong beromset puluhan juta per bulan.

Yang membuat bisnis makanan ringan cukup menjanjikan ialah karena banyak orang suka dengan makanan yang satu ini. Apalagi mahasiswa yang terkadang harus menahan lapar saat sedang kuliah. Makanan ringan bisa menjadi pilihan untuk pengganjal perut.

Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai dengan mencoba membuat keripik. Tidak harus keripik singkong, Anda bisa menjajal keripik pisang, keripik tempe atau keripik kentang. Jika Anda tidak tahu cara membuatnya, coba Anda baca resepnya disini.

Setelah jadi dan dibungkus kecil-kecil, mulailah menjajakannya ke teman-teman kampus Anda. Tawarkan dengan harga yang terjangkau agar mereka berminat untuk membeli. Anda juga bisa menitipkan cemilan tersebut ke kantin kampus. Agar keuntungan yang didapat semakin besar.

Kalau di lingkungan kampus banyak yang suka, Anda bisa mencoba jualan di luar dengan menitipkan ke toko kelontong atau menawarkannya via media sosial. Siapa tahu dari bisnis ini, Anda bisa sukses seperti mas Sidik.

Simak juga : 17 Ide bisnis makanan ringan kekinian paling menjanjikan

3. Bisnis Catering Rumahan

Mahasiswa yang ngekost atau tinggal di kontrakan biasanya malas untuk memasak sendiri. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda dengan menyediakan jasa catering untuk mereka.

Mahasiswa indekost pasti senang jika ada orang yang bisa menjamin kebutuhan makan mereka setiap harinya. Apalagi jika harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan membeli di warung makan.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memasak, Anda bisa bekerja sama dengan ibu Anda. Biarlah ibu yang memasak, sementara tugas Anda mengantar catering ke pelanggan.

Anak tetangga rumah saja sukses menjalankan bisnis catering ini. Saat berangkat ngampus, dia sering membawa banyak nasi boks yang ternyata adalah pesanan teman-teman kampusnya. Tidak tanggung-tanggung, dia kadang sampai membawa 50 boks nasi. Itu hanya untuk makan siang saja, dia juga mengantar pesanan untuk malam hari.

Selain menjual ke sesama mahasiswa, Anda juga bisa menjualnya secara online. Posting saja masakan Anda melalui media sosial, jika ada yang pesan, Anda bisa langsung mengantarnya.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis catering lebih besar, cobalah untuk mencari pelanggan yang sedang mengadakan acara arisan, pesta ulang tahun, syukuran dan lain sebagainya. Jika makanan yang Anda sajikan memang enak, pasti banyak yang mau memesan catering dengan Anda.

Jika Anda tertarik menjalankan bisnis ini, silahkan baca cara sukses usaha catering rumahan dengan modal kecil

4. Membuka Les Privat

Usaha nntuk mahasiswa mengajar les privatBisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah membuka les privat. Saya rasa bisnis sampingan mahasiswa yang satu ini tidak harus dijalankan oleh mereka yang mengambil jurusan pendidikan saja. Jika Anda memiliki kemampuan untuk memberikan bimbingan belajar, maka Anda juga bisa mencoba bisnis ini.

Usaha ini mulai ramai ketika mendekati ujian akhir. Karena target murid Anda ialah anak-anak SD, SMP atau SMA yang sedang sibuk mempersiapkan diri untuk ujian nasional.

Untuk mendapatkan pelanggan pertama memang cukup sulit. Anda bisa menawarkan jasa Anda ini dengan cara door to door. Anda bisa membuka les privat di rumah Anda atau datang langsung ke tempat murid Anda.

Tarif untuk les privat sendiri bervariasi. Untuk tahap awal, Anda bisa memberikan tarif murah demi menarik minat orang tua murid. Mereka tentu akan senang jika ada tempat bimbel yang tarifnya tidak terlalu mahal.

Jika tidak mau repot mencari pelanggan sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan franchise pendidikan ternama di daerah Anda. Namun, penghasilan yang didapat tentu tidak sebesar jika Anda menjalankannya sendiri.

5. Jasa Fotografi

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, ada peluang bisnis untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan, yakni membuka jasa fotografi. Bisnis sampingan yang satu ini memang membutuhkan kemampuan tinggi agar bisa menghasilkan foto yang bagus.

Untuk itu, Anda mesti memperdalam keahlian Anda tersebut. Akan lebih mudah jika Anda memiliki kamera digital DSLR karena dengan kamera tersebut, hasilnya pasti lebih bagus.

Untuk menjaring konsumen, Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada keluarga dan teman-teman Anda. Berikan harga murah agar mereka tertarik, jika memang banyak yang suka, pastinya mereka akan merekomendasikan jasa Anda kepada kenalan-kenalan mereka.

Jika Anda kuliah di daerah yang banyak tempat wisata, contohnya Yogyakarta. Anda bisa tuh menawarkan jasa fotografi ke tempat wisata yang banyak dikunjungi. Biasanya para wisatawan tidak akan keberatan menggunakan jasa fotografi agar bisa mendapatkan gambar yang menarik.

Baca juga : 11 Tips ampuh membangun bisnis dari nol hingga sukses

6. Menjadi Pemandu Wisata

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, Anda berpeluang untuk menjajal bisnis menjadi pemandu wisata atau tour guide baik turis dalam negeri maupun turis luar negeri.

Namun sebelum Anda mencoba bisnis ini, sebaiknya Anda harus memiliki pengetahuan lebih tentang tempat-tempat wisata yang menarik di daerah Anda. Setidaknya Anda harus menguasai betul tentang apa saja yang ada di tempat wisata tersebut.

Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa menawarkan jasa Anda di akun media sosial atau membuat blog pribadi. Postinglah tempat-tempat wisata yang akan Anda jadikan sebagai tour guide. Berikan informasi secara rinci agar pengunjung tertarik.

7. Bisnis Jasa Travel Agen

Jika menjadi pemandu wisata tidak memungkinkan karena kemampuan bahasa asing Anda kurang, salah satu bisnis untuk mahasiswa yang memanfaatkan tempat wisata ialah jasa travel agen.

Tapi apakah mungkin anak kuliahan melakoni bisnis seperti ini?

Tentu saja mungkin, karena membuka jasa travel agen bisa dilakukan siapa saja. Untuk memulai menjalankan bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa bergabung dengan agen bisnis travel online seperti tiket.com.

Bergabung dengan agen bisnis travel akan memudahkan Anda untuk menjual tiket pesawat secara online. Anda juga dapat menjual paket tour kepada konsumen Anda.

Untuk mendapatkan konsumen, manfaatkanlah media sosial atau membuat website khusus. Konsumen yang belum tahu seluk beluk tentang tempat wisata yang ingin dikunjungi, tentu akan senang ketika ada yang bisa membantu mereka.

Rekomendasi Artikel :

7 Bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa di bulan Ramadhan

8. Servis Smartphone dan Laptop

bisnis mahasiswa jasa servis smartphoneBagi Anda yang memiliki kemampuan memperbaiki perangkat seperti smartphone dan laptop, peluang bisnis rumahan yang memiliki potensi cukup besar adalah servis smartphone dan laptop.

Usaha ini sangatlah menjanjikan jika kita melihat hampir semua orang pasti memiliki smartphone dan juga dengan laptop. Namun untuk memulainya, sebaiknya perdalam dulu kemampuan Anda dalam memperbaiki perangkat tersebut.

Anda bisa belajar secara otodidak kepada teman yang sudah ahli atau Anda juga bisa mengikuti pelatihan / khursus servis HP dan Laptop. Disamping itu, Anda juga membutuhkan peralatan perbaikan seperti tang, obeng dan lain-lain.

Tawarkan jasa Anda kepada teman-teman kuliah Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuka servis untuk orang umum.

9. Jasa Pengetikan dan Printing

Jasa pengetikan dan printing menjadi salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Alasannya banyak mahasiswa yang tidak mau direpotkan dengan tugas-tugas seperti makalah atau skripsi yang lumayan menyita waktu.

Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk Anda. Selain perangkat computer dan printer, hal lain yang harus Anda miliki adalah kemampuan dalam hal mengetik secara cepat dan benar.

Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada teman-teman Anda yang lebih suka menggunakan jasa ketik dan printing ketimbang mengerjakan tugasnya sendiri. Mereka pasti akan dengan senang hati menyerahkan tugas tersebut kepada Anda karena terkadang jika menggunakan counter pengetikan dan print diluar suka antri.

Simak juga : 12 Peluang usaha modal 500 ribu kebawah

10. Membuka Jasa Penerjemah

Peluang bisnis untuk mahasiswa yang cocok dikerjakan oleh anak-anak jurusan bahasa adalah jasa penerjemah bahasa asing. Kita tahu sendiri bahwa tidak semua orang menguasai jenis bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Prancis dan lain sebagainya.

Dan yang membuat jasa penerjemah bahasa memiliki potensi besar adalah masih belum banyak yang menggarap bisnis ini. Asalan pertama tentu saja tidak banyak orang yang memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Jadi, jika memang sudah merasa mahir, cobalah untuk menjalankan bisnis ini.

Modal yang Anda butuhkan pun tidak banyak kok. Anda hanya membutuhkan laptop atau computer dan saya yakin Anda pasti memilikinya.

Anda dapat membantu mahasiswa lain yang kesulitan dalam hal menerjemahkan bahasa asing. Bukan hanya mahasiswa saja, Anda bisa melayani jasa penerjemah bahasa untuk orang-orang umum yang membutuhkan bantuan penerjemahan.

Jika ingin pangsa pasar yang lebih besar. Cobalah menjadi penerjemah atau translator online. Anda bisa bergabung dengan situs penyedia jasa penerjemah online yang banyak tersebar di internet.

Beberapa situs yang siap menampung kemampuan Anda diantaranya Tomodes.com, Pro.com dan Translation Café. Situs-situs tersebut akan menawarkan jasa Anda kepada klien yang memerlukan penerjemahan bahasa tertentu. Untuk itu, saat mendaftar, Anda bisa memasukkan keahlian bahasa apa yang Anda miliki.

Anda akan mendapat komisi untuk setiap tulisan yang berhasil Anda terjemahkan. Komisi yang didapat tergantung seberapa sulit dan panjang tulisan yang Anda terjemahkan. Biasanya antara $10 – $50 untuk sekali pengerjaan.

Bayangkan saja jika Anda dalam sehari Anda bisa menerjemahkan 5 tulisan dengan komisi 10 dollar, tentu penghasilan yang Anda dapat cukup besar bukan.

11. Bisnis Dropship / Reseller

Sebenarnya bisnis untuk mahasiswa yang bisa menghasilkan banyak uang namun tidak terlalu menyita waktu ialah bisnis online. Kita tahu sendiri bahwa internet telah berkembang begitu pesat. Sehingga banyak orang sekarang melakukan jual beli secara online.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam menjual suatu barang namun tidak memiliki banyak modal, bisnis modal kecil yang bisa Anda jalankan ialah menjadi seorang dropship atau reseller. Bisnis ini bahkan bisa dikategorikan sebagai bisnis tanpa modal loh.

Bisnis dropship memungkinkan Anda menjual barang secara online tanpa perlu menyetok barang. Anda hanya perlu mencari konsumen, ketika ada yang ingin beli, Anda tinggal menghubungi supplier Anda, kemudian pihak supplierlah yang akan mengurus pengepakan dan pengiriman barang ke konsumen.

Untuk memulai bisnis dropship, Anda hanya perlu mencari supplier yang Anda inginkan. Banyak kok supplier produk yang tersebar di marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia. Carilah supplier yang memiliki reputasi bagus sehingga bisnis dropship Anda berjalan dengan lancar.

Setelah mendapatkan supplier, Anda tinggal mempromosikan foto produk yang diberikan supplier ke media sosial atau menjual kembali ke marketplace. Keuntungan yang Anda dapat adalah selisih harga dari supplier dengan harga yang Anda tawarkan ke konsumen.

Semakin banyak pembeli, maka keuntungan yang didapat makin banyak.Kalau Anda tertarik menjalankan bisnis ini, silahkan simak artikel lainnya tentang cara memulai bisnis dropship dari marketplace

12. Menjadi Seorang Blogger

bisnis online bloggerJika Anda tidak berminat jualan, peluang bisnis online lain yang bisa Anda coba ialah menjadi seorang blogger. Pendapatan dari hasil ngeblog sangat menjanjikan loh. Salah satu kenalan saya bahkan sudah bisa menghasilkan puluhan juta per bulan sejak dia masih SMA.

Agar sukses mendapatkan uang dari blog sebenarnya mudah, Anda harus selalu update artikel setiap harinya. Dan membuat artikel yang berkualitas juga bukan hal yang sulit. Ada banyak tutorial gratis di Google yang bisa Anda jadikan referensi.

Salah satu situs yang rekomended dalam membahas tentang tutorial blog adalah panduanim.com. Situs ini mengupas habis bagaimana cara menjadi seorang blogger yang sukses.

Penghasilan dari blogger yang paling populer ialah mengikuti jaringan periklanan PPC seperti Google Adsense. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari menjual produk sendiri, menjual jasa atau layanan, mengikuti program afiliasi, pasang iklan mandiri dan masih banyak yang lain.

Simak disini cara mudah menghasilkan uang dari blog untuk pemula

13. Menjadi Penulis Lepas

Jika Anda malas untuk membangun sebuah blog, Anda bisa menjadi penulis lepas atau content writer. Saat ini penulis lepas menjadi kerja sampingan online yang menggiurkan loh.

Alasannya banyak pemilik website yang membutuhkan artikel agar bisa terus update setiap hari. Anda bisa bergabung ke situs penyedia jasa seperti sribulancer.com untuk mendapatkan pelanggan.

Anda juga bisa menawarkan jasa Anda melalui website pribadi dan mempromosikannya via media sosial Facebook. Untuk artikel bahasa Indonesia, biasanya para content writer menawarkan harga Rp 10.000 per 300 kata. Jika memang kualitas tulisan Anda bagus, pasti akan banyak pelanggan yang order artikel.

Selain menawarkan jasa sendiri, Anda juga bisa menjadi penulis di situs-situs besar seperti Babe, UCnews, IDN Time, Jalan Tikus dan lain-lain. Situs-situs tersebut berani membayar mahal jika memang tulisan Anda bagus.

Contohnya saja di Babe, untuk satu artikel yang telah mencapai minimal 1.000 viewers, Anda akan dibayar Rp 50.000. Anda bisa melihat pengunjung situs Babe mencapai jutaan perharinya. Jadi saya rasa untuk mencapai 1.000 viewers bukanlah pekerjaan yang sulit.

Yang terpenting untuk menjadi penulis lepas, artikel yang Anda buat adalah tulisan sendiri bukan copas atau menjiplak tulisan orang lain.

14. Menjadi Youtuber

kerja sampingan mahasiswa menjadi youtuberSaat ini banyak generasi milenial yang beralih profesi menjadi seorang youtuber. Ada yang menjadikannya sebagai usaha sampingan, tapi ada juga yang memang serius dalam menjalankan profesi ini.

Hal ini bukan tanpa alasan, penghasilan menjadi content creator Youtube memang sangat fantastis. Anda bisa melihat Atta Halilintar yang bisa mendapat penghasilan Rp 1-9 Milyar per bulannya.

Untuk menjadi youtuber yang sukses memang tidak mudah. Anda dituntut untuk bisa membuat video kreatif dan disukai para pengunjung Youtube.

Beberapa kategori video yang banyak diminati pemirsa Youtube diantaranya :

  • Video lucu
  • Video Parodi
  • Video parody
  • Video prank
  • Video cover lagu
  • Video memasak
  • Video tutorial
  • Video gaming
  • Dan lain-lain

Nah, dari situ Anda bisa memulai dengan mengupload video sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca postingan saya tentang cara menjadi youtuber sukses dan terkenal. Siapa tahu bisa menjadi gambaran untuk Anda tentang bisnis online yang sedang di gandrungi ini.

15. Jasa Pembuatan Website

Bagi yang kuliah di jurusan Teknologi Informatika atau Anda memang memiliki keahlian dalam pempograman computer, ada salah satu bisnis untuk mahasiswa yang cocok untuk Anda, yaitu jasa pembuatan website.

Peluang bisnis rumahan yang satu ini memiliki prospek cerah karena saat ini banyak orang membutuhkan jasa programmer web untuk membuat website, blog pribadi atau toko online. Selain pembuatan website, Anda juga bisa menyediakan jasa optimasi website, mempercepat loading blog dan lain-lain.

Menjalani profesi ini tergolong sangat menyenangkan karena Anda bisa melakukannya dimana dan kapan saja. Ketika ada orang membutuhkan jasa Anda, maka Anda tinggal membuatkannya.

Untuk mendapat pelanggan, Anda bisa membuat website sendiri untuk mempromosikan jasa Anda. Tulis deskripsi yang menarik agar konsumen tertarik untuk menggunakan jasa pembuatan website Anda.

Simak juga : 15 Jenis peluang bisnis online terbaru dengan modal kecil

16. Bisnis Jasa Desain Grafis

Selain membuka jasa pembuatan website, contoh bisnis anak kuliahan yang hobi menggambar via computer adalah jasa desin grafis. Bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini membutuhkan kreativitas tinggi karena Anda dituntut untuk bisa menghasilkan desain gambar yang menarik.

Yang Anda perlukan hanyalah seperangkat computer dan keahlian Anda dalam menggunakan software seperti Corel Draw, Photoshop, Adobe Ilustrator dan lain-lain. Jika Anda tidak menguasai namun tertarik mencoba bisnis ini, Anda bisa belajar secara otodidak, banyak tutorial yang bisa Anda cari di Youtube.

Untuk mendapat penghasilan, Anda bisa mengikuti lomba desain grafis yang sering diadakan situs-situs seperti 99designs.com untuk situs luar negeri atau sribu.com untuk situs dalam negeri.

Kalau soal hadiah jangan tanya, Anda bisa memperoleh puluhan juta jika bisa memenanginya. Memang peserta yang mengikuti lomba desain bisa mencapai ribuan orang. Tapi Anda tidak perlu takut karena kebanyakan dari mereka juga merupakan pendesain pemula.

Saudara sepupu saja juga sering ikut kontes desain yang diadakan 99designs.com. Nyatanya meskipun masih pemula, dia sering memenangkan kontes tersebut. Ketika nama Anda sudah terkenal disana, Anda malah bisa menerima order langsung dari klien.

17. Menjual Foto Secara Online

Buat Anda yang suka fotografi dan sering mengabadikan objek apapun dalam bentuk foto. Cobalah untuk menjual hasil jepretan Anda secara online. Bisnis kecil-kecilan ini cukup potensial mengingat banyak pihak yang membutuhkan foto untuk kepentingan masing-masing. Salah satunya para blogger.

Blogger professional membutuhkan banyak foto sebagai bagian dari artikel mereka. Sementara mengambil foto di internet tidak boleh sembarangan. Karena bisa melanggar hak cipta. Oleh sebab itu, mereka harus membeli lisensinya.

Jika berminat, Anda bisa mendaftarkan di di situs penyedia foto seperti Shutterstock, iStockphoto, Fotolia, Bigstockphoto dan masih banyak yang lain. Biasanya Anda akan mendapat komisi sekitar 20%-60% berdasarkan harga foto.

Bayangkan jika banyak foto Anda yang dibeli konsumen, pastinya pundi-pundi uang akan terus mengalir. Lumayan kan buat nambah uang jajan, sukur-sukur bisa untuk membiayai kuliah.

Menjalankan bisnis untuk mahasiswa bukan hal yang dilarang. Malahan Anda bisa sekalian belajar memulai bisnis sendiri sebelum Anda lulus dan bekerja nantinya. Dengan memiliki penghasilan sendiri sejak masih kuliah, setidaknya Anda tidak terlalu banyak membebankan orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *