5 Minuman Buka Puasa Paling Menyegarkan yang Patut di Coba

minuman buka puasa

minuman buka puasa via resepbunda.co

Hal paling menyenangkan pada saat puasa adalah terdengarnya suara adzan magrib dimana tiba waktu kita untuk berbuka puasa. Anda tentu membutuhkan minuman buka puasa yang bisa menyegarkan tenggorokan. Apalagi jika seharian Anda telah melakukan aktivitas yang berat di bawah terik matahari.

Ada banyak minuman buka puasa yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari minuman kemasan berbahan pengawet, minuman takjil yang dijual di pinggir jalan atau bahkan minuman yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Namun apapun pilihan Anda, sebaiknya pilih yang sehat dan aman bagi tubuh ya.

Berikut ini 5 minuman buka puasa yang sehat untuk Anda sebagai pelepas dahaga setelah seharian menahan rasa haus karena berpuasa.

1. Es Kelapa Muda

Apa yang Anda pikirkan pertama kali saat membayangkan es kelapa muda?

Apakah aromanya yang segar, atau daging kelapa muda yang melumer di mulut Anda?

Es kelapa muda adalah salah satu minuman segar yang cocok untuk ritual berbuka puasa Anda. Karena minuman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda setelah seharian tidak mengkonsumsi cairan. Mungkin diantara sekian banyak minuman, kelapa muda adalah salah satu yang memiliki manfaat paling banyak.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Menghilangkan dehidrasi : karena elektrolit yang tinggi di dalamnya, minuman ini sangat cocok untuk menggantikan cairan tubuh Anda yang hilang saat siang hari… Bahkan karena manfaatnya sampai-sampai salah satu perusahaan minuman di indonesia membuat versi instanya bernama “hydro coco” Anda pasti sudah mengetahui nama ini
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan Ginjal
  • Membuat kulit mulus
  • Menetralisi racun
  • Menyegarkan tubuh

Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membeli kelapa muda. Mengambil air dan dagingnya dan minuman kelapa muda pun siap diminum. Anda juga bisa menambahkan gula jika Anda menyukai minuman manis.

Baca juga : Menu diet saat puasa agar berat badan cepat turun

2. Kolak Nangka Pisang

Cobalah ingat kembali saat Anda masih kecil, saat di bulan puasa Anda pasti mendapati orang tua Anda membuatkan kolak untuk Anda untuk hidangan berbuka puasa. Benar bukan?

Kolak pisang adalah salah satu minuman buka puasa tradisional yang bisa Anda pilih untuk menu berbuka puasa Anda. Selain membawa kenangan kebahagiaan di masa kecil, Anda bisa menyuguhkan rasa nikmat untuk keluarga Anda.

Ada banyak macam kolak yang biasa dimasak di Indonesia. Mulai dari kolak pisang, nangka, ketela pohon, kacang hijau dan lain-lain.

Salah satu yang paling nikmat adalah kolak nangka pisang. Kedua buah ini memiliki banyak manfaat.

buah nangka bermanfaat untuk : Meningkatkan imunitas, memperbaiki sistem imun (jadi Anda tidak gampang sakit), menyehatkan tulang dan mata. Sedangkan pisang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, baik untuk pencernaan, meningkatkan stamina, mencegah tukak lambung dll.

Cara membuatnya cukup mudah. Bahan yang harus Anda siapkan adalah nangka, pisang, daun pandan, santan, gula merah, air putih, garam. Setelah semua bahan siap, didihkan air, masukan semua bahan kecuali santan. Masak hingga buah nangka dan pisang matang, setelah itu tinggal masukan santan.

3. Es Sop Buah

Ini adalah salah satu minuman favorit orang Indonesia, karena memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan. Apalagi jika buah yang dipakai adalah favorit Anda.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat sop buah, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pinggir jalan, karena minuman ini adalah minuman yang menjamur di bulan puasa. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri, proses pembuatannya sangatlah mudah.

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah :

  • Semangka merah atau kuning
  • Nanas
  • Pepaya
  • Anggur
  • Es batu
  • Susu kental manis putih
  • Sirup
  • Vanili

Anda bisa mencampur semuanya dengan ukuran sesuai selera. Anda juga bisa menggunakan buah lain sesuai selera.

Simak juga : 9 Ide jualan untuk bulan puasa yang cocok dilakukan dirumah

4. Es Rumput Laut

Minuman selanjutnya yang cocok untuk Anda berbuka puasa adalah es rumput laut. Selain bisa menghilangkan dahaga Anda, minuman ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah meningkatkan energi, membantu menurunkan berat badan dan mempercepat penyembuhan luka.

Jika Anda sedang melakukan program diet saat puasa, maka Anda bisa memilih minuman satu ini sebagai pilihan Anda.

Cara membuatnya adalah belilah rumput laut siap pakai. Beberapa macam buah seperti apel, anggur, pepaya, melon, alpukat, dan selasih. Untuk kuah dintaranya air, susu kental manis, sirup cocopandan dan es batu.

Setelah semua bahan siap, Anda tinggal memotong-motong semua buahnya dan memasukan ke dalam mangkok, tuangkan semua bahan cair, aduk merata dan es rumput laut pun siap Anda minum saat berbuka puasa.

5. Es Tape Ketan

Mungkin jarang dari Anda yang memikirkan menu minuman ini. Jika Anda bosan dengan menu yang itu-itu saja, Anda bisa memilih es tape ketan sebagai menu berbuka Anda.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya antara lain ½ sdt vanili bubuk, 350 gram gula pasir, santan kelapa, dan 500 gram ketan hitam.

Cara membuatnya : masak ketan hitam di dalam santan sampai matang, kemudian masukan vanili, aduk merata, kemudian matikan kompor dan masukan gula. Anda bisa menambahkan juga susu. Tunggu hingga dingin kemudian Anda bisa memasukannya ke dalam kulkas.

Es tape ketan pun siap Anda sajikan

Itulah 5 minuman buka puasa yang nikmat dan menyegarkan. Anda patut mencobanya bersama keluarga dirumah untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *