8 Tips Cerdas untuk Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

ilustrasi asuransi kesehatan keluarga via pixabay

Memilih asuransi kesehatan keluarga yang tepat memang bukanlah hal yang mudah. Anda tidak boleh sembarangan apalagi asal-asalan dalam memilihnya. Karena jika salah memilih, menggunakan asuransi bukannya akan mempermudah urusan Anda namun justru malah merepotkan.

Meskipun asuransi kesehatan merupakan asuransi yang paling sering dipilih oleh masyarakat. Namun, produk asuransi kesehatan biasanya mempunyai harga premi yang relatif lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa, asuransi pendidikan anak atau pun asuransi lainnya.

Oleh sebab itu, Anda harus cerdas dalam membeli asuransi kesehatan mana yang cocok untuk keluarga Anda. Sehingga niat Anda untuk berinvestasi dibidang kesehatan memberikan manfaat dan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelum Anda memilih asuransi kesehatan terbaik, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dan keuntungan jika Anda memiliki asuransi kesehatan keluarga. Dengan begitu, Anda tidak akan ragu-ragu untuk membeli produk asuransi kesehatan mulai dari sekarang.

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

ilustrasi manfaat asuransi kesehatanAsuransi kesehatan sendiri adalah salah satu jenis asuransi yang memastikan jaminan medis atau kesehatan. Dalam hal ini, orang yang dijamin hanyalah orang yang terdaftar dalam asuransi tersebut. Karena itu, penting untuk menggunakan asuransi ini dalam mengantisipasi kemungkinan masalah pada kesehatan Anda.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Sebagai penjamin kesehatan, asuransi ini sangat bermanfaat untuk membantu orang yang ditanggung ketika mengalami masalah kesehatan. Misalkan jika ia sedang sakit dan perlu secepatnya ditangani maka asuransi ini dapat membantu memudahkannya mendapat tindakan medis dengan segera.

Selain itu, biaya pengobatan juga ditanggung oleh pihak asuransi jadi keluarga tidak perlu bingung memikirkannya. Tentunya hal ini akan lebih baik jika semua anggota keluarga memiliki asuransi. Jadi tidak ada salahnya memilih asuransi kesehatan keluarga untuk memberikan jaminan secara menyeluruh.

Beberapa manfaat Anda bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga antara lain :

  • Bisa lebih fokus pada proses penyembuhan

Tidak perlu pusing masalah biaya saat salah satu anggota keluarga sedang sakit karena pihak asuransi akan menjamin semua biaya pengobatan Anda dan keluarga. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada proses pengobatan tanpa perlu memikirkan hal-hal yang lain

  • Tidak akan membebankan keluarga

Yang namanya sakit itu bisa datang kepada siapa saja. Bisa datang pada diri Anda, pasangan maupun anak-anak. Terkadang sakit tersebut juga memaksa Anda harus rawat inap dirumah sakit. Tentu biayanya tidak murah.

Namun, dengan memiliki asuransi kesehatan, jika ada anggota keluarga yang sakit tentunya tidak akan membebani anggota keluarga yang lain karena biaya pengobatan dan perawatan akan ditanggung perusahaan asuransi Anda.

  • Perencanaan keuangan lebih tertib

Biaya pengobatan saat anggota keluarga sakit merupakan salah satu sumber pengeluaran tidak terduga yang tidak disangka-sangka. Apalagi jika keluarga Anda tidak memiliki asuransi kesehatan.

Oleh sebab itu, meskipun Anda diharuskan membayar premi setiap bulannya, setidaknya kesehatan Anda dan keluarga lebih terjamin. Selain itu perencanaan keuangan Anda menjadi lebih tertib. Karena Anda pasti harus menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar premi tersebut.

Tapi itu lebih baik daripada Anda secara tidak terduga harus membayar biaya pengobatan dalam jumlah yang besar karena tidak terdaftar di asuransi.

Baca juga : 13 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bergaji Kecil

Keuntungan Asuransi Kesehatan

1. Memberikan rasa tenang dan aman ketika Anda jatuh sakit, mengalami kecelakaan atau memerlukan pemeriksaan dan perawatan khusus. Apalagi jika kondisi finansial sedang tidak mendukung maka Anda tidak perlu repot mencari dana untuk membayar biaya tersebut

2. Keuntungan yang didapatkan dari asuransi kesehatan yang paling utama adalah terbantunya biaya perawatan yang ditanggung saat berobat. Dengan menggunakan asuransi ini maka orang yang memilikinya dapat terlepas dari tanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan.

3. Orang yang ditanggung asuransi kesehatan tidak perlu khawatir tentang biaya pengobatan. Hal ini karena perlindungan asuransi kesehatan lebih spesifik jika dibandingkan asuransi jiwa. Sehingga yang tertanggung akan dijamin perlindungan tambahan dengan biaya yang lebih murah.

4. Proses pembayaran biaya selama berobat lebih mudah. Anda tidak perlu membayar secara tunai atau kartu kredit, cukup dengan menunjukkan kartu asuransi kesehatan kepada administrasi rumah sakit terkait.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Terbaik

ilustrasi asuransi kesehatan terbaikBanyaknya pihak yang menyediakan jasa asuransi tentu membuat Anda kebingungan menentukan pilihan. Namun yang perlu Anda ingat, pilihlah asuransi kesehatan yang tepat agar Anda dan keluarga mendapat perlindungan terbaik.

Untuk itu, berikut tips memilih penyedia jasa asuransi kesehatan keluarga yang terbaik :

1. Pertimbangkan Biaya Premi dengan Kondisi Keuangan

Hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan keluarga adalah biaya premi dan kondisi keuangan. Jangan sampai anggaran keuangan Anda membengkak karena salah memilih premi. Karena itu, pilih asuransi kesehatan dengan biaya premi yang sesuai kemampuan Anda.

Namun tetap pastikan bahwa biaya premi yang Anda pilih dapat mencakup semua biaya kesehatan yang diperlukan keluarga Anda. Meskipun pada dasarnya, semakin lengkap hal yang ditanggung oleh pihak asuransi maka semakin tinggi pula biaya premi yang harus dibayarkan.

Baca juga : 12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

2. Pahami Sistem Asuransi

Ada dua jenis sistem asuransi yang biasa ditawarkan perusahaan asuransi, yaitu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimburse. Dengan sistem asuransi cashless berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya selama perawatan. Tagihan akan terbayarkan hanya dengan menunjukkan kartu asuransi. Ini karena biaya pengobatan sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Sedangkan sistem reimburse akan mengharuskan Anda untuk mengurus dan membayar sendiri biaya selama pengobatan terlebih dahulu. Setelah itu, biaya yang telah Anda keluarkan nantinya akan diganti oleh pihak asuransi setelah pengajuan klaim reimburse. Kedua sistem ini harus Anda pahami sebelum menentukan perusahaan asuransi mana yang akan dipilih.

3. Perhatikan Jaringan Rumah Sakit yang Bekerja Sama

Dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan, Anda juga harus memperhatikan lebih dulu jaringan rumah sakit yang diajak bekerja sama. Semakin banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih maka itu akan semakin bagus. Hal ini karena dapat mempermudah Anda untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Sebaiknya Anda memilih asuransi kesehatan keluarga yang memiliki jaringan rumah sakit luas dengan pelayanan yang terbaik. Bahkan akan lebih baik jika Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang dapat menerima klaim dari rumah sakit yang letaknya dekat dari lokasi tempat tinggal Anda. Agar Anda dan keluarga dapat dengan mudah mengakses rumah sakit tersebut.

4. Pilih Asuransi Kesehatan Murni

ilustrasi perusahaan asuransiBiasanya saat mencari jasa asuransi kesehatan, Anda akan diberikan penawaran asuransi murni atau asuransi plus investasi (unitlink). Pilihan yang tepat untuk hal ini adalah jenis asuransi murni karena manfaat kesehatan yang didapatkan dari asuransi ini lebih besar dari asuransi plus investasi.

Apalagi jika Anda memiliki anggaran yang terbatas namun membutuhkan manfaat asuransi yang lengkap. Maka asuransi kesehatan murni adalah pilihan yang terbaik untuk Anda. Hal ini karena dana yang asuransi kesehatan murni tidak akan digunakan untuk investasi.

Baca juga : 4 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil untuk Pemula

5. Tentukan Kenyamanan untuk Anda dan Keluarga

Semua orang tentu ingin mendapatkan pelayanan kelas satu jika masuk rumah sakit. Harapannya agar sakit yang diderita bisa cepat disembuhkan. Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk membayar biayanya yang mahal.

Disamping itu, kenyamanan menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Kira-kira kamar kelas berapa yang Anda inginkan? kamar VIP atau VVIP? Namun kembali lagi pada faktor finansial Anda.

Apakah Anda mampu membayar premi untuk kamar kelas VVIP? Jika mampu, tidak masalah Anda memilih premi yang mahal. Tetapi jika Anda merasa tidak sanggup, jangan dipaksakan. Tentukan batas paling rendah yang dapat di toleransi namun tetap bisa memberikan kenyamanan.

Misalnya jika Anda tidak masalah dirawat di kamar kelas 2, maka ambillah produk asuransi kesehatan keluarga yang sesuai dengan batas kenyamanan Anda. Sehingga Anda tidak perlu membayar premi yang mahal. Dengan demikian, Anda bisa mengalokasikan uang Anda untuk kebutuhan yang lainnya.

6. Lakukan Perbandingan Antar Perusahaan Asuransi Kesehatan

Banyaknya perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan asuransi bisa Anda manfaatkan untuk membandingkan perusahaan yang satu dengan yang lain. Jangan hanya terpaku pada satu perusahaan asuransi saja, karena setiap perusahaan asuransi kesehatan pasti menawarkan berbagai macam keunggulannya tersendiri.

Jadi ada baiknya jika Anda mencari informasi tentang perusahaan asuransi lain dan membandingkan kesemuanya. Dengan begitu Anda bisa memilih asuransi kesehatan mana yang terbaik untuk keluarga Anda.

7. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Setelah Anda membandingkan dan mendapat informasi akurat tentang perusahaan-perusahaan asuransi. Langkah selanjutnya Anda teliti terlebih dahulu kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Jangan sampai Anda gampang tergiur oleh premi murah yang ditawarkan. karena belum tentu bisa memberikan jaminan kesehatan yang baik.

Bagaimanapun juga asuransi adalah produk jangka panjang. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel. Anda bisa melihat dari track record perusahaan asuransi tersebut. Mulai dari pengalaman mereka dalam menangani jasa asuransi kesehatan hingga bagaimana proses klaimnya. Jadi bacalah dengan teliti semua informasi yang tercantum dalam polis Anda.

8. Manfaatkan Asuransi Kesehatan Pemerintah

Jika Anda ingin menghemat lebih banyak biaya, tidak ada salahnya Anda mengikuti program asuransi kesehatan pemerintah seperti BPJS kesehatan. bagi Anda yang memiliki penghasilan besar, mungkin lebih memilih produk asuransi kesehatan yang bonafide.

Namun, untuk Anda yang penghasilannya masih pas-pasan, memanfaatkan asuransi kesehatan pemerintah tentunya akan lebih menghemat keuangan Anda. Toh, Anda masih bisa memilih fasilitas BPJS kesehatan kelas satu untuk menjamin kesehatan Anda dan keluarga. 

Memilih asuransi kesehatan keluarga memang dinilai lebih baik daripada asuransi perorangan. Selain akan menjamin seluruh anggota keluarga, jenis asuransi ini juga dianggap lebih mudah dan menghemat waktu dalam pengurusannya. Apalagi besaran premi asuransi keluarga juga lebih murah dibanding perorangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *