9 Tips Sukses Usaha Cuci Motor dan Analisa Modal Usahanya

usaha cuci motor kontan.co.id

usaha cuci motor kontan.co.id

Saat ini motor masih menjadi jenis kendaraan yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Terutama untuk masyarakat kelas menengah kebawah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengguna kendaraan bermotor pada tahun 2016 mencapai 105 juta lebih. Hal ini akan terus meningkat mengingat dalam beberapa tahun terakhir selalu naik minimal 6 juta pengguna. Tentu ini akan membuka peluang usaha tersendiri bagi para pengusaha UKM seperti pelaku usaha cuci motor.

Mengapa harus usaha cuci motor?

Anda tentu tahu, dari jutaan orang yang memiliki kendaraan bermotor. Tidak semuanya pandai merawat motor mereka. Terutama dalam hal kebersihan kendaraan. Terlebih bagi mereka yang malas-malasan untuk merawat kendaraan bermotornya. Maka dari itu usaha cuci motor menjadi salah satu peluang usaha yang masih sangat potensial.

Mengintip Prospek Usaha Cuci Motor

Fakta yang sudah saya singgung diatas, yaitu meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor dari waktu ke waktu merupakan sebuah kesempatan besar yang tidak boleh anda sia-siakan.

Dalam hal ini usaha yang sangat cocok adalah membuka usaha cuci motor. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha ini adalah sebuah bisnis yang tidak menyenangkan. Padahal tidak demikian, sudah banyak pebisnis yang mulai melirik bisnis cuci motor dan menjadikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Kenapa usaha cuci motor dibilang prospek usaha menjanjikan? Hal ini bisa dilihat dari bagaimana kondisi dan struktur alam di Indonesia. Biasanya ketika musim hujan datang, maka jalanan akan menjadi becek bahkan ada juga yang berlumpur. Sehingga motor pun akan mudah sekali kotor.

Sedangkan saat musim kemarau tiba, berbagai macam debu dan kotoran akan beterbangan. Jadi saya rasa membuka usaha pencucian motor adalah pilihan yang tepat untuk suatu bisnis.

Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih jenis usaha yang cocok untuk dijalankan. Membuka bisnis pencucian motor bisa menjadi alternatif usaha yang menjanjikan. Entah itu dijadikan sebagai usaha utama atau pun bisnis sampingan. Selain tidak memerlukan keahlian khusus, bisnis cuci motor bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Berikut ini 9 Tips menjalankan usaha cuci motor lengkap dengan rincian modal yang dibutuhkan.

1. Mendalami Keterampilan Mencuci Motor

Kalau dilihat sekilas, mencuci motor adalah pekerjaan yang mudah. Jangankah orang dewasa, anak kecil pun bisa melakukannya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ternyata tidak semua orang bisa melakukannya. Terutama untuk sela-sela mesin dan bagian mesin motor. Butuh kesabaran dan ketelitian agar motor bisa benar-benar bersih.

Oleh sebab itu, belajarlah terlebih dahulu bagaimana cara mencuci motor yang benar. Anda bisa mendatangi tempat cuci motor didaerah Anda. Perhatikan ketika mereka mencuci motor. Jika hasilnya bagus, Anda bisa meniru cara kerja mereka.

Hal yang terpenting saat mencuci motor adalah proses membersihkan dan mengeringkan. Jangan sampai terdapat suatu kesalahan yang bisa membuat cat motor lecet, tergores atau pun belang-belang.

Pengetahuan akan mesin juga perlu Anda perhatikan. Jika Anda tidak memahaminya dengan baik maka akan mengakibatkan mesin mudah rusak dan berkarat.

Disamping keterampilan mencuci yang baik. Anda juga harus belajar tentang sistem pembukuan administrasi dasar seperti pengeluaran dan pemasukan. Agar usaha Anda nantinya bisa cepat berkembang. Jika sudah memiliki beberapa keterampilan tersebut, maka Anda sudah siap untuk membuka usaha cuci motor.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

2. Pemilihan Lokasi yang Strategis

Dalam sebuah bisnis apapun, tentunya pemilihan lokasi sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan dari bisnis. Dan bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah usaha cuci motor. Tentunya Anda harus memilih sebuah lokasi yang strategis. Karena memang hal ini akan sangat berguna sekali untuk menunjang kelancaran dari usaha Anda.

Usahakan untuk mencari tempat di keramaian. Semakin banyak orang yang melihat usaha Anda. Maka akan semakin besar pula presentasi pengunjung yang datang menggunakan jasa Anda.

Tapi perlu di ingat juga bahwa pemilihan lokasi strategis tidak hanya di lihat dari keramaian saja. Melainkan dari segi persaingan sesama pengusaha cuci motor lainnya juga perlu Anda perhatikan. Memang Anda tidak perlu takut dengan sebuah persaingan usaha.

Namun, tentunya mereka sudah punya pelanggan sendiri-sendiri. Sehingga jika di awal usaha saja sudah banyak pesaing, tentu tidak akan bagus untuk kelangsungan bisnis Anda sendiri.

Jadi kembali lagi pada diri Anda bagaimana cara mengelola sebuah usaha dengan baik. Khususnya cara Anda melayani konsumen. Semakin puas konsumen dengan kinerja Anda. Maka akan semakin banyak orang yang percaya dengan Anda.

Agar lebih mudah dalam menggaet pelanggan. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih lokasi usaha yang cukup luas. Minimal 6×4 meter sehingga bisa menampung sekitar 4-6 motor.

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan tempat atau ruangan tunggu untuk menampung para konsumen yang datang. Karena mencuci motor itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sangat tidak pantas jika para pelanggan terpaksa berdiri karena tidak ada ruang tunggu.

Usahakan juga ruang tunggu tersebut jauh dari tepat pencucian motor. Kasihan juga jika para pelanggan harus terkena air cipratan cucian motor karena jaraknya yang terlalu dekat.

Baca juga : Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mudah Mengatasinya

3. Peralatan dan Perlengkapan untuk Usaha

peralatan cuci motor via automotivexist.blogspot.com

peralatan cuci motor via automotivexist.blogspot.com

Saat Anda memutuskan untuk membuka usaha cucian motor, maka Anda harus siap dengan segala alat cuci motor dan perlengkapan untuk memulai usaha. Karena akan sangat menyulitkan jika Anda mengerjakannya secara manual. Selain waktunya lebih lama, hasilnya pun tidak akan memuaskan.

Yang paling utama tentu saja Anda harus memilih lokasi yang mudah mendapatkan air. Karena modal utama dalam mencuci motor adalah air yang melimpah. Selanjutnya peralatan utama yang dibutuhkan ialah mesin cuci motor seperti kompresor dan mesin stream. Kedua alat ini akan memudahkan Anda dalam mencuci motor milik pelanggan.

Perlengkapan selanjutnya yang perlu dipersiapkan sejak awal adalah busa untuk mencuci motor, shampo motor, sikat, kain lap, kanebo, pengilap motor dan semir ban. Semua peralatan tersebut wajib ada untuk memulai usaha cuci motor sederhana.

Jika Anda punya modal lebih, Anda bisa membeli tangki snow yang bisa memberikan efek cuci salju. Para pelanggan tentu akan tertarik dengan tempat cuci motor yang menyediakan cuci salju. Biasanya tangki snow ini akan digabungkan dengan kompresor dan diberi cairan khusus untuk menghasilkan buih-buih salju.

Sebenarnya agar usaha cuci motor Anda lebih profesional dan banyak diminati konsumen. Anda bisa menyediakan sistem hidrolik agar motor bisa diangkat ke atas. Sehingga bagian-bagian bawah yang pastinya sulit bisa dibersihkan.

Namun tentu saja peralatan hidrolik membutuhkan modal yang besar. Untuk mensiasatinya, Anda bisa membuatnya sendiri secara manual seperti pada tempat usaha cuci mobil.

4. Mencari Karyawan

Membuka sebuah usaha cuci motor tidak bisa dijalankan seorang diri. Anda tetap membutuhkan karyawan untuk membantu Anda. Untuk awal-awal usaha, Anda membutuhkan tenaga karyawan sebanyak 2-3 orang. Tugas mereka tentu saja mencuci kendaraan milik para pelanggan.

Anda bisa memberlakukan sistem gaji mingguan atau bulanan. Namun, dari beberapa pemilik usaha pencuci motor yang pernah saya tanyai, mereka ada yang memberikan sistem upah pada karyawannya. Maksudnya mereka menggaji karyawan dengan sistem bagi hasil untuk setiap kendaraan yang dicuci oleh karyawan.

Pembagiannya rata-rata 70 % untuk pemilik usaha dan 30 % untuk karyawan. Namun, cara ini biasanya jika usaha pencucian motornya sudah memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak.

Karena mencuci motor merupakan tugas yang cukup berat. Tentunya Anda harus mencari karyawan laki-laki. Carilah tipe orang yang memiliki semangat kerja tinggi, ulet, pekerja keras, tidak mudah mengeluh dan teliti.

Ajarkan pada mereka bagaimana cara menggunakan peralatan cuci motor seperti kompresor dan tangki snow agar alat tersebut tidak mudah rusak karena salah pemakaian. Bimbing mereka agar bisa mencuci motor dengan cepat namun hasilnya tetap memuaskan.

Jangan pekerjakan karyawan yang malas dalam bekerja karena hanya kan menghambat usaha Anda kedepannya. Jika memang secara tidak sengaja mendapatkan karyawan tipe ini, Anda harus menegurnya disaat dia malas-malasan melayani pelanggan.

Baca juga : 14 Ide Usaha Sampingan Yang Menguntungkan Menjelang Lebaran

5. Analisa Modal Usaha Cuci Motor

ilustrasi modal usahaMembuka usaha cuci motor memang membutuhkan biaya yang lumayan besar di awal. Karena Anda harus menyewa lahan yang strategis guna memudahkan Anda dalam menggaet pelanggan. Biasanya lokasi seperti ini biaya sewanya tidak murah. Sehingga bagi Anda yang sudah memiliki lahan sendiri, patutnya bersyukur karena tidak akan memikirkan biaya sewa lagi.

Selanjutnya Anda tinggal merenovasi lahan tersebut menjadi sebuah tempat cucian motor yang bisa menarik minat para konsumen. Berikutnya Anda tinggal melengkapinya dengan peralatan cuci motor yang dibutuhkan.

Lalu berapa analisa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci motor yang cukup profesional?

Menurut Istanacarwash.com, paket peralatan cuci motor standar bisa anda dapatkan dengan modal Rp 5 – 8 juta. Sementara untuk paket peralatan cuci motor 2 hidrolik mencapai Rp 15 juta.

Berikut rincian harga dan perkiraan modal usaha cuci motor salju yang harus Anda persiapkan.

Sewa lahan : Rp 5.000.000/ tahun
Renovasi tempat : Rp 5.000.000
Kompresor udara : Rp 3.000.000
Tabung snow + selang : Rp 1.500.000
Mesin jet cleaner : Rp 500.000
Mesin steam : Rp 1.500.000
Selang spiral : Rp 300.000
Sepatu karyawan : 3 x Rp 70.000 = 210.000
Sarung tangan : 3 x Rp 30.000 = 90.000
Kanebo : 10 x Rp 15.000 = Rp 150.000
Spoon : 10 x 10.000 = Rp 100.000
Drum penampung air : 2 x Rp 200.000 = Rp 400.000
Sikat : 5 x Rp 10.000 = Rp 30.000
Ember 5 x Rp 20.000 = Rp 100.000
Spanduk nama usaha : Rp 200.000
Brosur untuk promosi : Rp 100.000
Biaya lain : Rp 500.000

Total modal awal sebesar Rp 18. 680.000

Biaya operasional bulanan

Cairan mesin snow salju : Rp 600.000
Sampo cuci motor : Rp200.000
Pengilap motor : Rp 200.000
Semir ban : Rp 300.000
Tagihan PDAM : Rp 400.000
Listrik : Rp 400.000
Bahan bakar : 200.000
Gaji 3 karyawan : 3.000.000
Biaya tambahan : 400.000

Total biaya bulanan : Rp 5.700.000

Keseluruhan modal yang harus disiapkan menjadi Rp 18.680.000 + Rp 5.700.000 = Rp 24. 380.000

Perkiraan pendapatan selama sebulan

Kita asumsikan tarif setiap cuci motor sebesar Rp 12.000. Jika dalam sehari rata-rata Anda kedatangan 25 pelanggan. Maka pendapatan kotor Anda dalam sebulan Rp 12.000 x 25 x 30 hari = Rp 9.000.000

Pendapatan bersih = pendapatan kotor – biaya operasional bulanan
Rp 9.000.000 – Rp 5.700.000 = Rp 3.300.000

Hanya dalam jangka 8 bulan Anda sudah bisa balik modal. Selanjutnya Anda tinggal menikmati hasilnya bukan.

Baca juga : 7 Tips Jitu Memilih Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula

6. Promosi dan Pemasaran

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan tentu saja mempromosikan usaha cuci motor Anda. Bagaimana orang akan mengetahui jasa cuci motor Anda jika tidak dipromosikan. Oleh sebab itu carilah strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan usaha baru Anda.

Sebagai contoh Anda bisa memasang spanduk atau banner di pinggir jalanan dekat dengan tempat cuci motor milik Anda. Buatlah kata-kata yang memikat konsumen agar mereka tertarik menggunakan jasa cuci motor milik Anda. Misalnya dengan menawarkan harga lebih murah dibandingkan tempat lain.

Disamping itu, agar para pelanggan loyal dan terus datang ke tempat cuci motor Anda. Selalu berikan tawaran yang menarik agar pelanggan selalu memutuskan untuk menggunakan jasa Anda seterusnya.

Contoh mudahnya yaitu Anda memberikan sebuah diskon sebagai harga perkenalan, hadiah dan kejutan. Misalnya dengan voucher 5 kali cuci gratis 1 kali cuci. Atau Anda bisa memberikan hadiah berupa souvenir untuk mereka yang telah datang ke tempat Anda sebanyak 5 kali.

Walaupun memang hanya berupa benda sederhana seperti sebuah pulpen, stiker, dan gantungan kunci. Tapi di lain sisi pemberian hadiah ini juga terkadang akan membuat konsumen merasa senang dengan pelayanan Anda.

Selain itu Anda bisa menjadikan hadiah tersebut sebagai media promosi yaitu dengan cara di bubuhi brand atau merk, alamat dan nomor telepon usaha Anda.

7. Perhatikan Kondisi Ruang Tunggu

Dalam menjalani sebuah usaha cuci motor, Anda juga perlu menyiapkan ruang tunggu agar konsumen merasa nyaman saat sedang menunggu giliran kendaraan mereka dicuci.

Sebisa mungkin jangan menggunakan kursi panjang yang terbuat dari kayu. Usahakan isi ruang tunggu menggunakan kursi empuk yang bisa digunakan untuk bersantai oleh konsumen.

Selain itu, sediakan pula berbagai macam media hiburan seperti, koran, majalah dan bacaan lainnya. jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda bisa memasang Televisi di dalam ruang tunggu. Kenyamanan konsumen adalah prioritas yang harus tetap dijaga oleh Anda.

Baca juga : 7 Peluang Kerja dari Rumah yang Menjanjikan dan Berpenghasilan Tinggi

8. Berikan Service yang Memuaskan

pelayanan memuaskanDalam sebuah bisnis yang bergerak dibidang jasa seperti usaha cuci motor. Pelayanan yang baik menjadi modal penting yang harus selalu Anda tampilkan. Karena memang kunci keberhasilan dari sebuah usaha yaitu bagaimana cara Anda memberikan sebuah pelayanan yang baik.

Contoh mudahnya adalah memberikan sikap yang ramah dan murah senyum ke setiap pelanggan. Percuma tempat cuci motor Anda terkesan modern dan nyaman tapi pelayanan dari Anda buruk. Tentu para pelanggan akan malas untuk datang lagi ke tempat cuci motor Anda.

Pelayanan mendasar lain yang harus Anda lakukan tentu saja kualitas hasil cucian motor. karena tujuan konsumen menggunakan jasa cuci motor agar kendaraan mereka bisa bersih sampai setiap sudut yang tidak terlihat.

Oleh sebab itu, selalu ingatkan karyawan Anda untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Mulai dari bersikap ramah sampai hasil cucian yang memuaskan. Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka akan membuat konsumen puas.

Hal tersebut sangatlah baik dalam kelancaran usaha Anda, karena memang seorang konsumen yang sudah merasa puas dengan pelayanan seperti itu tentunya tidak akan merasa bosan dan akan kembali lagi menggunakan layanan tersebut.

Baca juga : 15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

9. Mengintip Penghasilan Tambahan

Mungkin masih banyak diantara kita yang tidak menyadari, jika usaha cuci motor bisa digabungkan dengan bidang bisnis lainnya seperti mencuci helm. Tentunya hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ya walaupun pangsa pasar dari layanan ini tidak terlalu luas, tapi bisnis ini juga bisa mendulang keuntungan. Terlebih saat ini banyak orang yang enggan untuk membersihkan helm, disamping mencuci motor Anda bisa menawarkan layanan ini kepada konsumen.

Disamping itu, jangan kesampingkan fungsi ruang tunggu. Anda bisa menyediakan kulkas yang diisi dengan berbagai macam minuman botol. Sehingga para pelanggan yang ngantri bisa sekalian membeli minuman ditempat Anda. Sediakan juga cemilan seperti kue atau gorengan untuk menambah pendapatan Anda.

Nah itulah ulasan lengkap seputar peluang usaha cuci motor serta bagaimana cara menjalankannya. Bagaimana tertarik untuk mencoba usaha tersebut? Pastikan Anda sudah siap, baik dalam hal fisik maupun mental. Selamat untuk mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *