Cara Memulai Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang yang Sukses

usaha depot air minum isi ulangUsaha depot air minum isi ulang saat ini sedang banyak diminati oleh para UKM. Alasannya karena kebutuhan air minum masyarakat semakin tinggi sementara ketersediaan air yang bersih sangat sulit didapatkan. Apalagi didaerah yang jauh dari mata air pegunungan.

Meskipun peluangnya cukup besar, memulai usaha depot air minum isi ulang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bagaimanapun juga anda harus bisa menyediakan air minum yang bersih sehingga bisa mendapat kepercayaan dari masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu, anda harus mempelajari terlebih dahulu akan peluang bisnis ini. Jangan sampai anda sudah menggelontorkan banyak modal namun tidak mendapat imbal balik yang maksimal.

Cara Memulai Bisnis Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Untuk sukses dalam menjalankan bisnis ini, Anda harus memperhatikan poin-poin berikut ini.

Persiapan Modal

Modal adalah hal utama yang perlu anda persiapkan jika ingin membuka usaha air minum isi ulang. Karena usaha ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Menurut data dari erakini.com, modal untuk memulai usaha depot air minum galon sekitar Rp 28 juta.

Modal ini untuk membeli peralatan utama dalam menjalankan bisnis ini. Rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Paket lengkap depot air minum RO = Rp 21.500.000
  • 75 galon x Rp 20.000 = Rp 1.500.000
  • Motor bekas sebagai transportasi = Rp 5.000.000

Apa hanya itu?

Tentu saja masih ada biaya lain yang harus anda persiapkan seperti biaya operasional sebulan kedepan. Biaya operasional tersebut meliputi :

  1. Gaji 2 karyawan = 1.500.000
  2. Air minum untuk bahan baku = Rp 1.500.000
  3. Biaya listrik bulanan = Rp 400.000
  4. Tutup galon dan tisu = Rp 200.000
  5. Bensin = Rp 100.000

Total biaya operasional bulanan sebesar Rp 3.700.000

Ini belum termasuk jika anda harus menyewa tempat usaha. Namun, jika tempat tinggal anda cukup strategis misalnya di pinggir jalan raya. Tentu anda tidak perlu menyewa tempat lagi.

Sekarang kita hitung perkiraan pendapatan kotor yang akan anda dapatkan selama sebulan.

Katakanlah dalam sehari rata-rata anda mendapat pesanan galon isi ulang sebanyak 40 galon dengan harga Rp 6.000

40 galon x Rp 6.000 x 30 hari = Rp 7.200.000

Penghasilan bersih dalam sebulan

Pendapatan kotor – biaya operasional

Rp 7.200.000 – Rp 3.700.000 = Rp 3.500.000

Dengan pendapatan bersih seperti ini, dalam waktu 9 bulan anda sudah bisa balik modal.

Baca juga : 10 Contoh Usaha Modal 5 juta Paling Menguntungkan

Buat Proposal Bisnis yang Baik

Bagaimana jika tidak punya modal sebesar itu?

Apakah masih bisa menjalankan bisnis ini?

Masalah modal sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah jika anda tahu bagaimana cara mendapatkan modal yang baik. Misalnya join dengan teman atau mengajukan proposal bisnis pada investor.

Membuat proposal bisnis usaha depot air minum yang baik akan memudahkan Anda untuk mendapatkan investor sehingga Anda bisa mendapatkan modal dengan mudah.

Selain itu, Anda juga dapat menjelaskan visi, misi, dan pandangan Anda tentang bisnis Anda. Atau perkiraan penulisan lebih sederhana tentang biaya apa yang diperlukan untuk memulai bisnis ini.

Untuk lebih jelasnya dalam mendapatkan modal, bacalah 11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha Untuk Bisnis Anda

Temukan Lokasi yang Tepat

lokasi yang strategis via rumahdijual

lokasi yang strategis via rumahdijual

Menemukan lokasi yang tepat adalah salah satu masalah yang dihadapi pengusaha. Lokasi yang Anda pilih harus dekat dan mudah di jangkau oleh pelanggan Anda. Lokasi yang strategis akan membuat bisnis Anda lebih mudah ditemukan.

Kedekatan lokasi dengan konsumen akan mengurangi biaya transportasi seperti uang bensin dan biaya perawatan kendaraan. Pilih lokasi yang dekat dengan ruang publik seperti kantor, rumah sakit, klinik, pondok pesantren, asrama, losmen, apartemen, apartemen, rumah kos, dan sebagainya.

Namun jika anda belum mampu untuk menyewa lokasi seperti diatas. Anda tetap bisa memulainya cukup dirumah saja. Apalagi jika anda tinggal di daerah komplek perumahan padat penduduk. Anda bisa melayani kebutuhan air minum masyarakat di beberapa komplek perumahan tempat anda tinggal.

Temukan Pemasok Peralatan Tepercaya

Tugas anda selanjutnya adalah menemukan pemasok peralatan yang tepat. Tanyakan tentang kualitas, kapasitas, dan harga peralatan depot isi ulang. Jangan hanya berbicara dengan satu pemasok.

Lakukan studi kelayakan bisnis dengan memperhitungkan periode produktif dan harga alat berat dengan modal pengembalian. Jangan sampai Anda membeli peralatan yang terlalu mahal dan juga jangan membeli barang murah yang durasinya pendek.

Selain peralatan depot air minum, anda juga harus mencari pemasok air sebagai bahan utama untuk menjalankan bisnis ini. Biasanya pemasok untuk air galon isi ulang ini mengambil di daerah pegunungan. Anda tinggal mencari pemasok yang bisa menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

Daftarkan Bisnis Anda dengan Layanan Terkait

Mendaftarkan bisnis Anda ke departemen kesehatan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan begitu, bisnis Anda legal dan mendapatkan pengawasan dari departemen kesehatan.

Anda akan diberikan prosedur untuk menjaga kebersihan dan budaya kerja yang baik untuk memastikan kualitas air minum Anda.

Membuat depot Anda terlihat berkelas di mata pelanggan Anda sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli lebih dari kualitas air minum yang mereka dapatkan.

Promosikan Bisnis Anda dengan Media yang Tepat

Buat spanduk besar dengan warna yang kontras untuk memudahkan pelanggan Anda mengenali. Pilih warna yang lebih terang agar tetap terlihat di malam hari.

Jangan ragu melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook, memposting di grup whatsapp, atau menyiarkan melalui Blackberry Messenger. Sebarkan selebaran dan bagikan kontak Anda sehingga konsumen dapat dengan mudah menghubungi mereka.

Jika anda belum tahu cara promosi yang tepat, simak artikel berikut ini.

15 Cara Promosi Produk Paling Efektif dan Terbukti Berhasil

Ramah dengan Konsumen

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bisnis yang sukses selalu disertai dengan layanan yang ramah oleh pemilik dan karyawan. Sentuhan pribadi adalah faktor X yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih.

Mengetahui nama pelanggan akan membuat mereka merasa berharga dan istimewa. Membangun hubungan dengan pelanggan meningkatkan nilai konsumen sehingga loyalitas pelanggan dapat dipertahankan.

Pelanggan yang loyal bahkan bersedia membayar lebih dari produk yang mereka percayai. Mereka tidak akan dengan mudah pindah ke outlet lain dan akan mendorong bisnis Anda ke kerabat terdekat mereka.

Orang akan lebih percaya diri dalam pembahasan kerabat. Tentu ini bisa membuat bisnis Anda lebih dikenal tanpa mengeluarkan biaya promosi.

Harga Bersaing

Bisnis ini tampaknya menjawab permintaan akan minuman siap minum dengan harga terjangkau, mengapa? Karena bagi kebanyakan orang di Indonesia membeli air galon bermerek masih terlalu mahal untuk dibeli dari depo isi ulang.

Ditambah air minum adalah kebutuhan pokok yang setiap hari harus tersedia di rumah. Konsumen akan sangat peka terhadap harga sehingga selisih tiga ratus rupiah pun akan menjadi pertimbangan mereka dalam membuat pilihan.

Berikan diskon menarik sehingga pelanggan setia membeli di depot Anda. Anda dapat memberikan isi ulang gratis untuk pembelian kelima Anda atau memberi konsumen pertama Anda pinjaman galon, mengingat harga galon dapat membebani konsumen Anda.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

Layanan Respon Cepat

Pelanggan Anda adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan layanan Anda. Ada yang memang kehabisan air minum dan ada juga yang ingin stock air minum sebelum galon yang satunya habis.

Jangan menyebabkan kekecewaan konsumen dengan memperlambat distribusi galon pesanan mereka. Segera jawab pesanan mereka dengan menjelaskan waktu antar galon tersebut. Jangan sampai mereka sudah menunggu lama tapi galon tidak kunjung diantar.

Terhubung dengan Pesaing

Pesaing tidak harus menjadi tantangan yang harus Anda lewati. Mereka hanyalah sesama manusia yang harus memenuhi kebutuhan keluarganya, hanya memenangkan profesi yang sama.

Kehadiran mereka akan memotivasi diri Anda agar selalu memberikan layanan terbaik dan terus berinovasi. Sehingga bisnis Anda lebih efektif dan efisien. Tidak ada salahnya anda berkunjung ke pengusaha depot air minum terdekat untuk menjalin silaturahmi.

Sehingga ketika anda atau mereka mengalami kendala dalam menjalankan bisnis ini, bisa saling membantu satu sama lain.

Baca juga : Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mudah Mengatasinya

Kendala Umum/Kendala Bisnis Usaha Depot Air Minum

kendala usaha depot air minum via airminumisiulang.net

kendala usaha depot air minum via airminumisiulang.net

1. Mesin yang tidak memadai

Alangkah baiknya jika Anda langsung membeli peralatan depot air minum di tempat pembuatan mesin depot air minum. Ini untuk menghindari masalah sistem, karena ketidakcocokan antara sistem yang digunakan dengan berbagai hal, salah satunya dengan sumber udara.

Banyak penjual menawarkan mesin dengan harga murah, tetapi dengan sistem yang kurang profesional, seperti:

  • Tidak ada informasi tentang produk dan detail penggunaannya
  • Tanpa analisis sumber air atau pengujian sumber udara untuk digunakan dalam proses penyaringan
  • Tanpa layanan purna jual, termasuk traning dan garansi.
  • Membuat mesin dengan suku cadang yang tidak sesuai dengan standar SNI dan BPOM.

2. Bahan baku

Biasanya dapat digunakan bersama dengan udara pemasok isi ulang yang diambil dari mata air, memproses udara PDAM atau menggunakan udara tanah dalam proses. Namun, beberapa daerah terkadang kesulitan mendapat pemasok air untuk bahan baku galon isi ulang.

Hal ini tentu menjadi kendala yang cukup pelik. Karena anda jadi tidak bisa melayani pesanan jika bahan bakunya habis.

3. Persepsi masyarakat yang buruk

Sebagian masyarakat masih ada yang tidak percaya akan kualitas air minum isi ulang. Sehingga mereka lebih percaya minuman yang sudah bermerk meskipun harganya lebih mahal.

Ini karena banyak berita di media tentang penjual air isi ulang yang nakal karena ada yang menemukan bakteri Escericia Coli (E-Coli). Solusinya, Anda harus memiliki bahan air isi ulang berkualitas seperti air dari mata air. Bukan air sumur, air keran atau air di tanah.

Selain itu, filter mesin juga harus menjadi yang terbaik. Jangan lupa minta dinas kesehatan setempat untuk melakukan tinjauan. Jika lulus, Anda akan mendapatkan sertifikat tentang kelayakan air yang dijual. Tempel sertifikat di tempat yang mudah dilihat konsumen.

Dengan begitu masyarakat akan lebih percaya dengan depot air minum milik anda.

4. Peraturan Pemerintah

Pemerintah memiliki banyak aturan mengenai bisnis ini. Beberapa diantaranya; bisnis air minum isi ulang tidak boleh menggunakan galon yang sudah memiliki merek, galon tidak bisa disegel dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan strategi bisnis yang menawarkan harga lebih rendah, memesan layanan pengiriman, Reverse Osmosis (RO), pilihan usaha depot air minum untuk kualitas air yang lebih baik dan lebih sehat, dan strategi pemasaran lainnya dengan harga murah, dan tetap memprioritaskan kualitas air.

Memulai bisnis depot air minum isi ulang memang tidak bisa sembarangan.Semoga artikel ini membantu anda yang sedang berencana membuka usaha ini tapi bingung mau memulainya darimana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *