Jenis Jenis Investasi Menguntungkan yang Cocok Untuk Pemula

jenis jenis investasi yang menguntungkan

Investasi menjadi sesuatu yang menggiurkan di era masa kini demi terciptanya masa depan yang cerah nantinya. Apalagi bagi Anda yang memikirkan keuangan jangka panjang dan ingin mencapai finansial freedom, maka investasi sangat diperlukan. Amat sangat disayangkan jika uang yang Anda miliki hanya bernilai flat dan tidak menghasilkan keuntungan apa-apa. Apalagi saat ini ada banyak jenis jenis investasi yang bisa Anda pilih.

Pengertian investasi sendiri menurut akuntansilengkap merupakan aktivitas untuk menanamkan dana pada suatu benda atau aktivitas dalam suatu periode tertentu untuk mendapatkan peningkatan nilai berupa keuntungan.

Selama Anda memiliki dana dan kemampuan untuk menanamkannya sebagai modal, maka Anda bisa menjadi seorang investor. Ada banyak jenis investasi yang kini semakin berkembang, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu satu per satu.

Jenis Jenis Investasi yang Bagus Untuk Pemula

Menanamkan modal untuk investasi bukanlah tanpa resiko karena selain bisa menghasilkan keuntungan, berinvestasi pun bisa beresiko mengalami kerugian. Hal tersebut bisa terjadi jika Anda salah dalam memilih investasi.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami terlebih dahulu jenis jenis investasi yang kini semakin berkembang. Anda pun dapat menyesuaikan budget dan kebutuhan dengan investasi yang dipilih. Yang terpenting, jangan terlalu memaksakan untuk berinvestasi dalam jumlah besar sekiranya kebutuhan sehari-hari Anda belum mencukupi

Berikut ini beberapa investasi berdasarkan periodenya.

Investasi Jangka Pendek

Tabungan Bank

Menabung di bank merupakan salah satu jenis investasi jangka pendek yang paling mudah dan cepat dilakukan. Berapa pun Anda punya uang bisa menabungnya di bank tanpa harus ada kewajiban untuk membayar dana tetap setiap bulannya.

Jika Anda khawatir akan bunga yang menjurus dengan riba, Anda bisa memilih tabungan bank yang berprinsip syariah dengan akad wadiah (tanpa bunga dan biaya administrasi) maupun akad bagi hasil agar terhindar dari riba.

Deposito

Deposito hampir sama dengan tabungan bank. Hanya saja Anda tidak bisa leluasa mengambil investasi dana yang Anda depositkan. Pihak bank akan memberi jangka waktu tertentu kapan Anda bisa mengambil tunai uang yang di tabung.

Karena jika menarik tunai sebelum waktunya Anda dapat dikenai denda. Jumlah yang harus disetorkan pun biasanya memiliki jumlah yang lebih besar dan jumlah tetap antara bulan yang satu dengan bulan yang lainnya. Deposito syariah juga semakin berkembang dengan sistem akad bagi hasil.

Baca lebih lanjut tentang cara menabung deposito

Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan di dalam suatu perusahaan yang diberikan kepada peserta atau pemilik saham. Jika seseorang sudah memiliki saham pada suatu perusahaan, maka sudah bisa dikatakan sebagai owner.

Keuntungan pemegang saham ini adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan atau bagi hasil dari profit yang didapat oleh perusahaan yang Anda investasikan. Pilihlah saham yang berprinsip syariah dengan akad yang jelas dan tanpa riba.

Namun sebelum Anda terjun ke dunia saham, sebaiknya Anda mempelajari dengan seksama tentang investasi yang satu ini. Jangan sampai modal yang anda gelontorkan tidak memberikan keuntungan sama sekali atau malah merugi.

Investasi Jangka Panjang

Emas

Bukan rahasia umum lagi jika memiliki investasi emas merupakan salah satu investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan nilai emas selalu naik dari tahun ke tahun.

Sehingga apabila Anda membeli emas di tahun ini dengan harga sekian, maka beberapa tahun mendatang ketika Anda menjual emas tersebut harganya sudah lebih tinggi.

Selain itu, emas juga dikenal sebagai bentuk investasi yang sangat aman karena kebal inflasi sehingga nilainya selalu stabil.

Simak juga : investasi emas perhiasan vs emas batangan, mana lebih untung?

Tanah dan Bangunan

Kebutuhan akan tanah dan bangunan semakin meningkat mengingat jumlah populasi penduduk yang semakin bertambah. Menanamkan modal untuk membeli tanah dan bangunan dapat menjadi investasi yang menguntungkan karena tanah dan bangunan harganya selalu naik dari tahun ke tahun.

Apalagi jika memiliki tanah dan bangunan di kota-kota besar, besar sekali kemungkinannya nilai jualnya sangat tinggi dan naik drastis untuk beberapa tahun yang akan datang.

Baik memilih investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang keduanya sangatlah menguntungkan dibanding tidak melakukan investasi sama sekali. Memahami jenis jenis investasi sangat penting. Hal ini berguna agar Anda tahu investasi yang cocok dengan budget dan kebutuhan. Sebaiknya investasi dilakukan sedari muda sekaligus sebagai bekal untuk hari tua nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *