Membuka Tabungan Emas di Pegadaian, Apakah Menguntungkan?

tabungan emas di pegadaian 2019Sebenarnya banyak orang ingin melakukan investasi dalam bentuk emas. Hanya saja harga emas yang cukup tinggi membuat sebagian orang tidak merasa mampu. Akan tetapi, hal ini sudah bisa diatasi dengan adanya tabungan emas di Pegadaian.

Sebelum kita membahas tentang tips menabung emas di Pegadaian, Kita bahas dulu apakah benar melakukan investasi emas itu menguntungkan?

Dari fakta yang ada sekarang, emas masih menjadi primadona bagi orang yang ingin berinvestasi. Alasannya harga emas tidak pernah tergerus oleh waktu. Malah bisa dibilang harga emas selalu naik setiap tahunnya. Jadi saya rasa berinvestasi emas masih sangat menguntungkan

Berbeda dengan mata uang negara seperti Rupiah atau Dollar, 30 tahun yang lalu dengan uang 1 juta rupiah Anda bisa membeli tanah beserta rumahnya, namun saat ini mungkin 1 juta hanya bisa untuk membeli ½ meter persegi tanah.

Jika di konversi menjadi mata uang, nilai emas akan terus meningkat setiap tahunnya. Namun sebenarnya yang meningkat hanya konversi mata uang saja, untuk nilainya tetap sama.

Emas tidak bisa membuat Anda kaya, namun menyimpan uang dalam bentuk emas bisa untuk mempertahankan kekayaan. Yang dimaksud disini bukan investasi emas perhiasan melainkan investasi emas batangan.

Keuntungan lain jika Anda berniat berinvestasi pada emas adalah sangat mudah dicairkan, jika terjadi saat-saat mendesak Anda bisa menguangkan emas dengan segera, berbeda dengan rumah atau kendaraan yang terkadang tidak bisa langsung dijual dengan segera.

Salah satu badan usaha terpercaya untuk membeli dan menjual emas adalah Pegadaian.

Apa sih Keuntungan Memiliki Tabungan Emas di Pegadaian

Pegadaian adalah salah satu badan usaha milik negara yang memperjual belikan emas dan memberikan kemudahan untuk memiliki emas dengan mencicil atau dengan cara menabung emas. Diantara keuntungan membeli emas di Pegadaian adalah adanya layanan tabungan emas.

Mengapa di Pegadaian ada layanan tabungan emas?

Karena tidak semua orang bisa membeli emas yang harganya cukup mahal. Sebagai contoh Harga 1 gram emas di Februari 2019 ini Rp. 699.000, untuk sebagian orang yang tidak memiliki cukup uang pasti tidak bisa membelinya langsung 1 gram. Mereka mungkin harus menabung selama beberapa bulan untuk bisa membeli emas dengan cash

Nah, yang menarik dari tabungan emas di Pegadaian ini adalah anda bisa menabung uang namun pencairannya nanti dalam bentuk emas. Batas minimum menabung emas adalah 0,01 gram atau setara dengan Rp 6.000-Rp 7000an. Jadi sekecil apapun penghasilan yang Anda dapatkan. Anda tetap bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi emas.

Baca juga : 4 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil untuk Pemula

Kredit Emas di Pegadaian

Selain tabungan emas, Anda juga bisa membeli emas di Pegadaian dengan cara kredit, emas yang disediakan Pegadaian adalah emas Antam dengan berat 5 gram, 10 gram, 20 gram, hingga 100 gram. Dan pembayaranya bisa di cicil mulai dari 2 hingga 12 bulan.

Cara kredit emas di Pegadaian ialah pertama Anda diwajibkan untuk membawa fotokopi data diri dan membayar DP sebesar 20% dari harga emas yang Anda pilih. Kemudian setelah urusan administrasi selesai Anda bisa mencicilnya setiap bulan hingga emas Anda lunas.

Cicilan emas Pegadaian bisa berubah setiap bulannya, misalkan pada bulan ini Anda membayar cicilan Rp. 450.000 maka bulan depan Anda bisa saja harus mencicil Rp. 480.000 karena mengikuti harga emas naik.

Emas Pegadaian hanya cocok untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun. Karena jika Anda menjual emas yang Anda cicil, maka kemungkinan Anda akan rugi. Sebab terdapat selisih nilai jual dan nilai beli Emas Pegadaian.

Sehingga salah satu cara favorit untuk berinvestasi pada emas bagi sebagian orang adalah dengan membuka tabungan emas di Pegadaian..

Dikutip dari Pegadaian.co.id, ada beberapa keunggulan menabung emas di Pegadaian yaitu:

  • Anda dapat menabung di Pegadaian di seluruh Indonesia
  • Memiliki petugas petugas profesional yang siap membantu Anda
  • Top up saldo tabungan bisa Anda lakukan secara online
  • Anda dapat menabung emas mulai dari 0,1 gram
  • Kemudahan dalam pencairan emas

Baca juga : Inilah Pentingnya Anda Harus Punya Perencanaan Keuangan

Bagaimana Langkah-Langkah Membuka Tabungan Emas di Pegadaian?

untung rugi menabung emasJika Anda berminat untuk menabung emas di Pegadaian, Anda bisa langsung datang ke kantor Pegadaian di dekat tempat tinggal Anda, silahkan mengantri di loket atau Anda bisa bertanya tentang prosedur pendaftaran tabungan emas.

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin menabung emas di Pegadaian yaitu:

  • Fotocopy KTP/SIM/Paspor
  • Mengisi formulir pendaftaran rekening Emas Pegadaian
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10.000
  • Dan membayar biaya penitipan emas selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000

Siapkan persyaratan ini sebelum berangkat sehingga Anda tidak mondar-mandir karena kekurangan persyaratan.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

Bagaimana Cara Top Up Tabungan Emas di Pegadaian?

Jika Anda sudah memiliki tabungan emas, yang Anda harus lakukan selanjutnya adalah menabung emas. Anda tidak perlu membeli emas terlebih dahulu di luar Pegadaian kemudian menabungnya di Pegadaian.

Karena Anda bisa langsung menabung emas di Pegadaian dengan berat minimum 0,01 gram hingga 100 gram per hari.

Anda bisa melakukannya langsung di kantor Pegadaian, di agen Pegadaian, melalui aplikasi Pegadaian digital atau Anda bisa melakukan top up melalui ATM atau Internet banking. Bank yang bisa digunakan untuk transaksi ini adalah bank BNI, BRI dan Bank Mandiri. Dengan minimum top up senilai Rp. 50.000 atau maksimal Rp. 10.000.000 setiap harinya.

Apakah Emas Dapat Ditarik? dan Bagaimana Caranya?

Selayaknya tabungan di bank, tabungan emas dapat ditarik namun dalam bentuk emas. untuk penarikan emas sendiri Anda bisa memilih beberapa ukuran kepingan. Diantaranya denga berat cetak 1, 2, 5, 10, 50, dan 100 gram.

Sayangnya untuk menarik fisik emas, Anda diharuskan membayar biaya cetak emas, adapun biayanya adalah :

  • 1 gram = Rp. 85.000
  • 2 gram = Rp. 86.000
  • 5 gram = Rp. 127.000
  • 10 gram = Rp. 177.000
  • 25 gram = Rp. 245.000
  • 50 gram = 516.000
  • 100 gram = 632.000

Karena adanya biaya ini, sebaiknya Anda menarik tabungan Anda ketika sudah mencapai berat diatas 10 gram. Karena Anda akan rugi banyak jika memaksakan diri menarik emas dengan berat 1 gram. Dan untuk penarikan fisik emas ini Anda hanya bisa melakukannya di tempat Anda mendaftar rekening emas Pegadaian.

Cara penarikannya adalah dengan melakukan pengajuan kepada pihak Pegadaian untuk penarikan fisik emas.Karena diperlukan pencetakan emas dan butuh waktu untuk pendistribusian emas ke outlet Pegadaian, maka hal ini membutuhkan waktu sekitar 1 bulan.

Cukup lama ya…

Baca juga : Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

Apakah Bisa Saldo Tabungan Emas Ditarik Sebagai Uang? Bukan Sebagai Emas

Jawabanya adalah bisa..

Jika Anda tidak berminat untuk mencetak saldo Anda menjadi emas batangan. Anda bisa mengambil saldo tabungan Anda dalam bentuk uang.

Hal ini disebut buyback atau penjualan kembali saldo emas ke Pegadaian, caranya mudah, Anda tinggal menuju ke outlet Pegadaian dan mengajukan buyback saldo emas Anda.

Saldo minimal yang bisa di buyback adalah 0,1 gram. Saat ini Februari 2019 harga emas adalah Rp. 669.000, maka minimal buyback yang bisa Anda lakukan adalah Rp. 66.900.

Saat melakukan transaksi melalui aplikasi Pegadaian Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 2.500.

Cara Mentransfer Saldo Tabungan Emas di Pegadaian ke Rekening Tabungan Orang Lain Beserta Biayanya

buku rekening tabungan emasSeperti halnya uang di rekening bank, Anda juga bisa mentransfer saldo tabungan emas Anda ke rekening lain.

Anda bisa menggunakan transfer ini untuk keperluan pembayaran pembelian atau sekedar transfer untuk keperluan keluarga Anda.

Anda bisa melakukan transfer saldo melalui outlet Pegadaian atau aplikasi Pegadaian. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 jika melakukan transfer melalui outlet dan gratis jika melalui aplikasi Pegadaian.

Transaksi minimal yang bisa Anda kirimkan adalah 1 gram.

Bagaimana Jika Saya Tidak Pernah Menabung Setelah Membuka Tabungan Emas?

Tidak semua orang bisa rutin menabung, ada yang terkendala masalah keuangan, ada pula yang terkendala rasa malas untuk menabung. Lalu jika tidak pernah diisi, apakah saldo tabungan emas akan hangus.?

Jawabannya adalah bisa jadi.

Jika sisa saldo tabungan emas Anda adalah 0,01 gram, maka otomatis tabungan Anda akan ditutup oleh pihak Pegadaian.

Saldo sisa tabungan Anda akan dipotong Rp. 30.000 sebagai biaya fasilitas titipan.

Jika saldo Anda ada banyak, Anda tidak perlu khawatir tabungan Anda akan hilang atau ditutup. Karena saldo Anda akan baik-baik saja.

Bagaimana jika saya berencana menutup tabungan emas di Pegadaian?

Jika Anda bermaksud menutup tabungan emas Anda, maka Anda akan dikenakan biaya penutupan tabungan sebesar Rp. 30.000.

Baca juga : Inilah 3+ Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Kesimpulan

Berinvestasi adalah salah satu cara untuk merencanakan masa depan dengan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi pada emas batangan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda berniat memakai Pegadaian sebagai partner investasi Anda.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan dalam menjual dan membeli emas, pencairan emas yang mudah dan cepat, outlet Pegadaian ada di seluruh indonesia. Selain itu Anda juga bisa mengakses tabungan emas Anda melalui aplikasi Pegadaian sehingga lebih mudah untuk bertransaksi.

Kelebihan lain dari investasi ini bahwa emas bisa membuat Anda tetap kaya karena, logam kuning ini tidak mengalami inflasi, sehingga tabungan emas jauh lebih baik dibandingkan dengan tabungan di bank.

Dan kekurangan dari investasi ini adalah hanya cocok untuk investasi jangka panjang. Jadi untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka pendek sangat tidak disarankan untuk menggunakan cara ini

Kekurangan yang lain adalah adanya banyak biaya yang dikeluarkan untuk menabung di Pegadaian. Mulai dari biaya buka rekening, biaya admin, dan biaya cetak emas yang lumayan mahal. Selain mahal, penarikan fisik emas dari tabungan emas Anda membutuhkan waktu 1 bulan untuk distribusinya.

Kekurangan lain adalah jika Anda menjual dalam waktu dekat, maka Anda akan mengalami kerugian akibat selisih harga jual dan harga beli emas. memang hanya berkisar 20 hingga 30 ribu per gramnya.

Jika hanya sedikit mungkin tidak akan terasa. Namun jika Anda menjual dengan jumlah yang besar maka Anda akan merasakan selisih yang sangat besar.

Demikian pembahasan tentang tabungan emas di Pegadaian. Jika niat Anda untuk investasi jangka panjang namun dana yang Anda miliki sedikit, saya rasa menabung emas di Pegadaian merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *